Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 107756 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muthia Afra Azhim Putri Handayani
"The Ministry of Finance Regulation, PMK Number 217 Year 2022, establishes standards and guidelines for the preparation and presentation of financial reports in government at both central and local levels, aiming to enhance transparency and accountability. This report specifically concentrates on evaluating the adequacy of the review procedure at the Ministry of XYZ. The assessment focuses on the Ministry's implementation of prescribed procedural and policy standards during the third quarter of 2023, with particular focus on the effectiveness of accuracy of financial data and compliance with regulatory requirements. The findings of this evaluation not only give insight on the Ministry's adherence to established standards but also provide suggestion to improve their financial reporting practices.

Peraturan Menteri Keuangan, PMK Nomor 217 Tahun 2022, menetapkan standar dan pedoman penyusunan dan penyajian laporan keuangan pada pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Laporan ini secara khusus difokuskan pada evaluasi kecukupan prosedur peninjauan di Kementerian Keuangan. Penilaian difokuskan pada penerapan standar prosedur dan kebijakan yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan selama triwulan III tahun 2023, dengan fokus khusus pada efektivitas keakuratan data keuangan dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan. Temuan evaluasi ini tidak hanya memberikan wawasan tentang kepatuhan Kementerian Keuangan terhadap standar yang ditetapkan, tetapi juga memberikan saran untuk meningkatkan praktik pelaporan keuangan mereka."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cahya Novita Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui praktik akuntabilitas dan transparansi yang dilakukan oleh beberapa lembaga amil zakat di Jakarta dan sekitarnya (PKPU, Dompet Dhuafa, LAZISNU, dan LAZISMU) dan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemberi dana terhadap praktik akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan lembaga amil zakat. Akuntabilitas dan transparansi dalam penelitian ini difokuskan pada administrasi, keuangan dan program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan jika akuntabilitas dan tranparansi lembaga amil zakat dalam hal administrasi, keuangan, dan program sudah cukup baik. Namun dalam pengelolaannya masih banyak karyawan yang mempunyai tugas ganda, dan belum adanya sanksi/peraturan jelas akan tindak korupsi.Selain itu berdasarkan persepsi pemberi dana, praktik akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan lembaga amil zakat sangatlah penting.

This research aims to determine the accountability and transparency practices undertaken by some zakat institutions in Jakarta and surrounding areas and to find out how the perception of donors on the practice of accountability and transparency in the management of zakat institutions. Object of the research are PKPU, Dompet Dhuafa, LAZISNU, and LAZISMU. Accountability and transparency in this research focus on administrative, financial and program. The method used in this research is descriptive qualitative data collection through interviews, observation and questionnaires.
Results show if accountability and transparency zakat institutions in administration, finance, and the program is good enough. However, the management is still a lot of employees who have the dual task and the lack of sanctions / regulations would expressly corruption. Beside that based on the perception of donors, practice of accountability and transparency in the management of zakat institutions is essential.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54460
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Derian Hilman Hashfi
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prosedur audit atas pendapatan dan beban pada laporan laba rugi di PT.XYZ yang dilakukan KAP SQL dan menganalisis dengan teori terkait. Prosedur audit atas pendapatan dan beban dilakukan berdasarkan manual audit KAP SQL sebagai pedoman auditor dalam melakukan prosedur audit. Analisis terkait prosedur ini dilakukan dengan mengacu kepada teori audit yang berlaku dan Standar Audit Internasional ISA . Hasil laporan magang ini menunjukan bahwa prosedur audit atas pendapatan dan beban sebagian besar telah dilakukan sesuai dan dapat dijelaskan dengan teori yang berlaku. Selain itu, penerapan prosedur audit KAP SQL telah mengikuti manual audit yang berdasarkan pada ISA. Namun, penulis masih menemukan kelemahan dalam prosedur yang dilakukan dan terkait dengan pelaksanaan magang.

ABSTRACT
This internship report aims to describe the audit procedures of revenue and expense on PT.XYZ rsquo;s income statement and try to analize with related theory. Audit procedures of revenue and expense are executed based on audit manual KAP SQL as a guidance for auditor performing audit procedures. The analysis of those procedures are taken according to audit theories and International Audit Standard ISA . The result of this internship report shows that mostly the audit procedures of revenue and expense have been properly executed and can be explained by audit theories. Besides, KAP SQL have been conducted the audit procedures based on audit manual which referred to ISA. But, the author still find weaknesses both on the procedure and the internship program executed."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Asriana Eka Putri
"Laporan magang ini bertujuan untuk menganalisis prosedur tata cara verifikasi laporan keuangan dengan PMK 177 tahun 2015 dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2015. Laporan magang ini juga bertujuan untuk menganalisis tahapan verifikasi laporan keuangan yang dilakukan oleh Sekretariat Jenderal Kementan RI. Dalam rangka mendapatkan informasi dan data verifikasi laporan keuangan, penulis melakukan aktivitas magang di Biro Keuangan dan Perlengkapan Sekretariat Jenderal Kementan RI. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses verifikasi laporan keuangan yang dilakukan oleh Kementan RI telah sesuai dengan PMK 177 dan Permentan 43, meskipun masih terdapat beberapa kelemahan dalam proses pelaksanaan seperti ketidakefektifan waktu kerja. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa tahapan verifikasi laporan keuangan dan laporan hasil verifikasi yang disusun oleh Setjen Kementan RI telah sesuai dengan standar penyusunan laporan keuangan kementerian negara/lembaga dan prosedur verifikasi akuntansi pemerintah yang terkait.

This internship report aims to analyze procedures for verification of financial statements with PMK 177 of 2015 and Minister of Agriculture Regulation Number 43 of 2015. This internship report also aims to analyze the stages of financial statement verification applied by the Secretariat General of the Ministry of Agriculture. In order to obtain information and data, the author conducted the internship activities in Finance and Equipment Bureau of the Secretariat General of the Ministry of Agriculture. The analysis show that the financial report verification process applied by the Ministry of Agriculture complies with PMK 177 and Permentan 43, although there are still some weaknesses in the implementation process such as the ineffectiveness of work time. The analysis also show that the stages of financial statement verification applied and verification report prepared by the Secretariat General of the Ministry of Agriculture are appropriate to the standards of the preparation of financial statements of state ministries/institutions and related government accounting verification procedures."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Hans Felix Walker
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi praktik pengelolaan keuangan di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), sebuah entitas nonlaba yang berperan penting dalam komunitasnya. Dengan menggunakan metode studi kasus dan desain single-case, penelitian ini berfokus pada satu unit analisis untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pengelolaan keuangan gereja. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk memahami proses dan kejadian yang terjadi di lapangan, dengan melibatkan wawancara dengan pegawai biro keuangan sinode dan jemaat aktif, serta studi dokumentasi laporan keuangan dan dokumen terkait selama 2024. Penelitian ini juga mencakup teori akuntabilitas dan transparansi sektor publik berdasarkan Pedoman Umum Governasi Sektor Publik Indonesia (PUG-SPI) yang diterbitkan oleh Komisi Nasional Kebijakan Governasi (KNKG) tahun 2022, serta mengevaluasi bagaimana penerapannya atas indikator-indikator akuntabilitas dan transparansi di GKPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas dan transparansi belum dilakukan secara optimal. Pengelolaan keuangan Sinode GKPS, yang mencakup penerimaan, pengeluaran, pencatatan, dan pelaporan, telah mengikuti SOP dalam Peraturan Penatalayanan GKPS tahun 2004. Namun, pelaporan keuangan membutuhkan penyusunan SOP tambahan sesuai standar ISAK 335 untuk entitas berorientasi nonlaba. Evaluasi akuntabilitas mengungkapkan upaya GKPS dalam menerapkan prinsip-prinsip PUG-SPI KNKG 2022, meskipun implementasinya belum maksimal. Pengelolaan keuangan Sinode GKPS perlu ditingkatkan dengan cara memperkuat komunikasi, melibatkan jemaat dalam pengambilan keputusan strategis, dan meningkatkan peran serta Pengurus Majelis Jemaat dalam seluruh proses pengelolaan dan pengawasan program-program pelayanan Sinode Transparansi keuangan, meskipun telah dilakukan, juga belum mencapai optimalisasi. Transparansi keuangan Sinode GKPS terkendala oleh kurangnya sosialisasi prosedur keuangan gereja kepada jemaat, sehingga pemahaman mereka terhadap kebijakan dan proses pengambilan keputusan masih terbatas. Rekomendasi penelitian ini mencakup adopsi ISAK 335 sebagai standar pelaporan, peningkatan keterlibatan jemaat dalam pengambilan keputusan, optimalisasi peran Pengurus Majelis Jemaat (PMJ), serta pemanfaatan platform komunikasi seperti situs web, media sosial, dan diskusi terbuka untuk menjelaskan tata kelola keuangan kepada jemaat. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan jemaat serta efektivitas pengelolaan keuangan Sinode GKPS.

This study aims to evaluate financial management practices within the Simalungun Protestant Christian Church (GKPS), a nonprofit entity that plays a significant role in its community. Using a case study method and single-case design, the research focuses on a single unit of analysis to provide an in-depth understanding of the church’s financial management. A descriptive qualitative approach was employed to examine processes and events in the field, involving interviews with staff from the synod’s financial bureau and active congregants, as well as document analysis of financial reports and related documentation over the past year.The study also reviews theories of accountability and transparency in the public sector, as outlined in the the General Guidelines for Public Sector Governance in Indonesia (PUG-SPI) published by the National Commission on Governance Policy (KNKG) in 2022. It evaluates how these principles are applied to the indicators of accountability and transparency within the GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun). The findings indicate that the implementation of accountability and transparency has not been optimally achieved. The financial management of the GKPS Synod, which includes revenue, expenditures, recording, and reporting, has adhered to the Standard Operating Procedures (SOP) outlined in the GKPS Management Regulation of 2004. However, financial reporting requires the preparation of additional SOPs in accordance with ISAK 335 standards for non-profit entities. The evaluation of accountability reveals GKPS's efforts to apply the principles of PUG-SPI KNKG 2022, although its implementation has not been maximized.The financial management of the GKPS Synod needs improvement by enhancing communication, involving the congregation in strategic decision-making, and increasing the participation of the Congregational Assembly Board in all processes of managing and supervising the Synod's service programs. Although financial transparency has been pursued, it has not yet reached optimal levels. The financial transparency of the GKPS Synod is hindered by a lack of socialization regarding the church's financial procedures to the congregation, resulting in limited understanding of policies and decision-making processes.The recommendations of this research include adopting ISAK 335 as the reporting standard, increasing congregation involvement in decision-making, optimizing the role of the Congregational Assembly Board (PMJ), and utilizing communication platforms such as websites, social media, and open discussions to explain financial governance to the congregation. These steps are expected to enhance the congregation's trust and the effectiveness of financial management within the GKPS Synod."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Christmas Irianto
"Laporan magang ini menjelaskan perlakuan akuntansi dan prosedur auditatas liabilitas imbalan pasca kerja PT XYZ berdasarkan PSAK 24 (Revisi 2013) serta analisis dampak atas adopsi PSAK 24 (Revisi 2013) yang berlaku sejak 1 Januari 2015 terhadap akun-akun terkait imbalan pasca kerja. Auditor melakukan restatement terkait imbalan pasca kerja sejak tahun 2013 pengujian internal control pemeriksaan independensi dan objektivitas pakar manajemen. Pengakuan atas imbalan pasca kerja dibuat melalui Auditor Journal Entries sedangkan untuk pengungkapan juga masih belum sesuai dengan PSAK 24 (Revisi 2013). Berdasarkan penilaian materialitas, akun liabilitas imbalan pasca kerja bernilai material terhadap laporan keuangan PT XYZ sehingga perlu dilakukan penyesuaian akibat adopsi PSAK 24 (Revisi 2013).

This report describes the accounting and auditing procedures of post employment benefit liability on PT XYZ based on PSAK 24 (Revision 2013) and effect of PSAK 24 (Revision 2013) adoption which is effective since January 1 2015 to the post employment benefit related accounts. Auditor made restatement on post employment benefit since 2013 and testing on internal control and management experts indepency and objectivity. The recognition of post employment benefit is made through Auditor Journal Entries whereas for the disclosures havent been based on PSAK 24 (Revision 2013). Based on materiality test, post employment benefit liability account is material to the PT XYZ financial statement so adjustments are needed due to the adoption of PSAK 24 (Revision 2013)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ivy Felissa Haris
"Laporan ini membahas tentang salah satu kegiatan magang selama melaksanakan program magang di KAP ABC, yaitu evaluasi atas perhitungan ulang, pemeriksaan tata bahasa, dan format penulisan laporan keuangan klien PT XYZ. Perhitungan ulang dan pemeriksaan tata bahasa serta format penulisan bertujuan untuk memastikan bahwa laporan keuangan yang disajikan bebas dari kesalahan, baik kesalahan matematis maupun kesalahan penulisan atau
pengetikan. PT XYZ merupakan perusahaan berbentuk perseroan yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan pensiun bagi personel pemerintahan. Evaluasi dilakukan berdasarkan tiga kategori, yaitu 1) kesesuaian antara tujuan praktik perhitungan ulang dengan kerangka evaluasi dari tujuan perhitungan, 2) metode yang digunakan pada praktik perhitungan
dengan kerangka evaluasi dari metode perhitungan ulang, dan 3) kesesuaian antara tujuan praktik pemeriksaan tata bahasa dan format penulisan laporan dengan kerangka evaluasi dari tujuan pemeriksaan tata bahasa dan format penulisan laporan. Berdasarkan hasil evaluasi, praktik perhitungan ulang serta pemeriksaan format penulisan dan tata bahasa yang dilaksanakan di KAP
ABC telah sesuai dengan kerangka evaluasi yang berlaku.

This report discusses one of the internship activities during the internship program at KAP ABC, namely the evaluation of recalculation, grammar and writing formats checking of client PT XYZ’s financial statements. Recalculation and grammar and writing formats checking ensure
that the financial statements presented are free from both mathematical errors and writing or typing errors. PT XYZ is a firm in the form of a company engaged in the insurance of old-age savings and pensions for government personnel. The evaluation was carried out based on three
categories, namely 1) the suitability of the purpose of the recalculation practice with the evaluation framework of the calculation goal, 2) the method used in the calculation practice with the evaluation framework of the recalculation method, and 3) the suitability between the purpose
of the grammar and writing formats checking with an evaluation framework for the purpose of grammar and writing formats checking. Based on the results of the evaluation, the practice of recalculation and examination of the writing and grammar formats carried out at KAP ABC was in accordance with the applicable evaluation framework
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hafidz Ridho Ansori
"Penelitian ini mengkaji penerapan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) oleh Yayasan Baitul Maal XYZ (YBM XYZ). Lembaga zakat menghadapi tantangan utama dalam memastikan pengelolaan dana yang amanah dan sesuai syariah. Penelitian bertujuan mengevaluasi penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas di YBM XYZ pada 2023. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif, mengandalkan wawancara semi-terstruktur dan analisis dokumen seperti laporan keuangan dan laporan program tahunan. Hasil penelitian menunjukkan YBM XYZ memenuhi 15 dari 17 indikator transparansi, dengan kekurangan pada penggunaan SIMBA (Sistem Informasi dan Manajemen BAZNAS) yang lebih terintegrasi dan ketiadaan sertifikasi ISO. Meski demikian, lembaga ini mempublikasikan laporan keuangan secara rutin dan menyediakan akses informasi yang mudah. Pada akuntabilitas, YBM XYZ memenuhi semua indikator, dengan efisiensi penggunaan dana operasional sebesar 10% dari total dana yang dihimpun, lebih rendah dari batas nasional 12,5%. Dana ZIS dialokasikan secara efektif untuk lima pilar utama: sosial, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan dakwah. Penelitian merekomendasikan peningkatan teknologi seperti SIMBA dan memperluas basis penghimpunan dana. Studi ini menjadi panduan bagi lembaga zakat lainnya untuk meningkatkan tata kelola transparan dan akuntabel.

This study examines the implementation of transparency and accountability in managing Zakat, Infak, and Sedekah (ZIS) funds by the XYZ Baitul Maal Foundation (YBM XYZ). Zakat institutions face significant challenges in ensuring trustworthy and Sharia-compliant fund management. The study aims to evaluate the application of transparency and accountability principles in YBM XYZ during 2023. A case study method with a qualitative approach was employed, utilizing semi-structured interviews and document analysis, including financial and program reports. The findings reveal that YBM XYZ fulfilled 15 out of 17 transparency indicators, with gaps in the use of SIMBA (BAZNAS Information and Management System) and the absence of ISO certification. However, the institution regularly publishes financial reports and provides accessible information for stakeholders. On accountability, YBM XYZ met all the set indicators, demonstrating operational efficiency by allocating only 10% of total funds to operational costs, below the national limit of 12.5%. ZIS funds were effectively distributed across five main pillars: social, education, economy, health, and religious outreach. The study recommends adopting advanced technology such as SIMBA and expanding the fundraising base. This research provides practical insights for YBM XYZ and serves as a guide for other zakat institutions to enhance transparent and accountable governance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhiyanisa Hanifa Sutejo
"Laporan magang ini membahas evaluasi proses reviu strategi pemasaran yaitu promosi product bundling yang dilakukan PT XYZ selama Semester 2 (dua) tahun 2022. PT XYZ adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG), sehingga bentuk strategi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan pangsa pasar perusahaan. Evaluasi proses reviu dilakukan menggunakan kerangka evaluasi manajemen strategis perusahaan dari David & David (2023). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah prosedur evaluasi yang tidak diimplementasikan oleh PT XYZ, namun objektif perusahaan telah tercapai. Proses reviu promosi product bundling PT XYZ dapat dikembangkan lebih baik dengan penggunaan komponen evaluasi kualitatif seperti persepsi konsumen pada brand dan membandingkan hasil dengan kompetitor. Selain itu, laporan magang ini juga membahas refleksi diri selama menjalani kegiatan magang di PT XYZ. Kesimpulan dari refleksi diri menunjukkan bahwa kegiatan magang memberikan banyak pembelajaran bagi penulis mengenai penerapan ilmu akuntansi. Terdapat beberapa komponen yang harus ditingkatkan seperti kemampuan mempresentasikan hasil, pemahaman industri dan kedisiplinan diri.

This internship report discusses the evaluation of the marketing strategy review process for product bundling promos carried out by PT XYZ during the second half of 2022. PT XYZ is a multinational company engaged in Fast Moving Consumer Goods (FMCG), so an effective marketing strategy is needed to increase the company's market share. The review process is evaluated using the company's strategic management evaluation framework by David & David (2023). The evaluation results show that there are several steps that PT XYZ did not implement, however, the company's objectives have been achieved. PT XYZ's promo product bundling review process can be better developed using qualitative evaluation components such as consumer perceptions of the brand. In addition, this internship report also discusses self-reflection while undergoing internship activities at PT XYZ. The conclusion from self-reflection shows that the internship provides a lot of learning for the writer regarding applying accounting knowledge. Several components must be improved, such as delivering results, industry understanding, and self-discipline."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Anregia Violla
"Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP ABC atas akun pendapatan PT XYZ untuk laporan keuangan yang berakhir 31 Desember 2019. Pendapatan PT XYZ berasal dari penjualan unit alat berat, penjualan suku cadang alat berat, dan penjualan jasa perbaikan dan pemeliharaan unit alat berat. Evaluasi dilakukan pada prosedur vouching dan pengujian cut-off pada akun pendapatan. Evaluasi bertujuan untuk menguji kesesuaian prosedur audit KAP ABC dengan teori dan standar audit yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur audit atas pendapatan PT XYZ yang telah dilakukan KAP ABC telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku.

ABSTRACT
The aim of this internship report is evaluating the audit procedure conducted by KAP ABC on the revenue account of PT XYZ for financial statement ended 31 December 2019. PT XYZ`s revenue was obtained from the sales of heavy equipment units, sales of heavy equipment spare parts, and sales of service repair and repair services and heavy
equipment unit maintenance. Evaluation was performed on revenue vouching procedures and cut-off testing. The evaluation aims to test the compliance of KAP ABC audit procedures with applicable auditing theory and standards. Based on the results of the evaluation, the audit procedure on PT XYZ`s revenue has been conducted by the KAP ABC in accordance with the prevailing audit theories and standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>