Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 183182 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kezia Tamariska Kurniawan
"Kurangnya kualitas pelayanan, sumber daya medis, dan peralatan berstandar internasional di Indonesia mendorong lebih dari dua juta penduduk Indonesia melakukan pemeriksaan kesehatan, estetika, dan pemeriksaan lanjutan ke luar negeri. Oleh karena itu, Rumah Sakit X hendak menangkap segmen ini dengan melakukan transaksi Kemitraan Operasional (Operational Partnership) dengan partner internasional. Melalui kemitraan operasional ini, semua standar layanan, tenaga kerja medis, peralatan, bahkan dokter yang dikunjungi sama dengan yang dilakukan partner internasional. Kemitraan operasional akan dilakukan melalui dua skema yaitu Joint Operatorship dan Partial Tenancy yang memiliki implikasi finansial yang berbeda. Pada skema Joint Operatorship pembagian revenue share hanya sampai level pendapatan dan dibayarkan sebagai management fee kepada partner. Sementara pada skema Partial Tenancy, partner akan membukukan langsung seluruh pendapatan yang dihasilkan namun membayar Rumah Sakit X sejumlah biaya termasuk rental, peralatan, dan lainnya. Setelah diproyeksikan dan dihitung Free Cash Flow to the Firm (FCFF), IRR proyek pada masing-masing skema dihitung menggunakan rumus Excel dan kemudian dibandingkan dengan IRR Rumah Sakit X tanpa partner yang merupakan required rate of return. Beberapa pertimbangan dilakukan untuk memilih skema yang tepat bagi Rumah Sakit X. Proyek ini dilakukan oleh divisi Investment Banking Mandiri Sekuritas yang memiliki peran sebagai penasihat keuangan untuk Rumah Sakit X di mana Penulis merupakan dedicated intern untuk proyek ini. Selama periode magang, pekerjaan yang dilakukan beragam dimulai dari penulisan Minutes of Meeting (MoM) sampai brainstorming dengan tim untuk menyelesaikan masalah klien. Selama periode magang, pengetahuan baik fundamental maupun tekninkal terkait industri banyak dipelajari yang juga berguna untuk menunjang dan mempersiapkan memasuki lingkungan kerja purna waktu.

The lack of quality services, medical resources and international standard equipment in Indonesia has driven more than two million Indonesians to undertake medical check-ups, aesthetic procedures, and follow-up examinations abroad. Therefore, Hospital X wants to capture this segment by conducting Operational Partnership transactions with international partners. Through this operational partnership, all standard services, medical personnel, equipment, even doctors visited are exactly as those of international partner. Partnership operations will be carried out through two schemes, namely Joint Operatorship and Partial Tenancy, which have different financial implications. In the Joint Operatorship scheme, revenue shares are distributed only to revenue level and paid as management fees to partner. Meanwhile, in the Partial Tenancy scheme, partner will book directly all the revenue generated but pay Hospital X a number of costs including rent, equipment, and other expenses. After projecting and calculating the Free Cash Flow to the Firm (FCFF), the project IRR in each scheme is calculated using an Excel formula and then compared with the IRR of Hospital X without partner, which is the required rate of return. Several considerations were made to choose the right scheme for Hospital X. This project was carried out by the Investment Banking division of Mandiri Sekuritas which has a role as a financial advisor for Hospital X where the author is a dedicated intern to this project. During the internship period, the work carried out varies from writing Minutes of Meeting (MoM) to brainstorming with the team to solve client problems. Both fundamental and technical knowledge related to the industry were gleaned, which is also useful for supporting and preparing to enter the full-time work environment."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bernadetha Chelvi Yuliastuti
"Tulisan ini menganalisis aspek hukum hubungan kemitraan perusahaan layanan angkutan berbasis aplikasi berdasarkan perjanjian kemitraan. Permasalahan hukum yang dibahas dalam tesis ini adalah mengenai hubungan hukum hubungan kemitraan perusahaan layanan angkutan berbasis aplikasi di Indonesia dan pelaksanaan perlindungan hukum dalam hubungan kemitraan Perusahaan layanan angkutan berbasis aplikasi di Indonesia berdasarkan perjanjiannya. Penelitian yuridis normatif ini menggunakan data sekunder. Hasil penelitian ditemukan isi perjanjian kemitraan Perusahaan layanan angkutan berbasis aplikasi yang tidak menerapkan prinsip-prinsip dalam kemitraan. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi maka perkembangan platform tidak dapat dielakkan oleh seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Perkembangan hubungan kemitraan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi (munculnya aplikasi/platform) menjadi tantangan bagi pemerintah untuk dapat memberikan peraturan yang menjadikan hubungan kemitraan sesuai dengan prinsip-prinsip kemitraan yang berlaku. Pemerintah perlu berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya untuk dapat menciptakan peraturan yang dapat menjawab tantangan hubungan kemitraan yang memberikan kesejahteraan untuk mitra.

This thesis analyzes the legal aspects of partnership relationships between application-based transportation service companies based on partnership agreements. The legal issues discussed in this thesis are regarding legal relationships between application-based transportation service companies in Indonesia and the implementation of legal protection in partnership relationships with application-based transportation service companies in Indonesia based on their agreements. This normative juridical research uses secondary data. The research results found that the contents of the partnership agreement for application-based transportation service companies did not apply the principles of partnership. As technology continues to develop, platform development is inevitable for all countries, including Indonesia. The development of partnership relationships related to technological developments (the emergence of applications/platforms) is a challenge for the government to be able to provide regulations that make partnership relationships comply with applicable partnership principles. The government needs to collaborate with other stakeholders to create rules that can answer the challenges of partnership relationships that provide prosperity for partners."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifki Hansen
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kriteria keberhasilan dalam proses skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau Public-Private Partnership (PPP) pada sektor penyediaan air minum dalam perspektif stakeholder yang terlibat dalam proses skema KPBU di Indonesia. Dari proses penelitian yang dilakukan telah diperoleh sebanyak 8 (delapan) kriteria kesuksesan dan 40 faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses skema KPBU pada sektor penyediaan air minum. Berdasarkan faktor-faktor dan kriteria keberhasilan tersebut maka disusun rekomendasi yang dapat diterapkan agar penyelenggaraan skema KPBU pada sektor penyediaan air minum di Indonesia dapat berjalan sukses.

This study aims to identify the criteria of success and the factors that influence the success and success criteria in the process of the Public-Private Partnership (PPP) scheme in the water supply sector in the perspective of stakeholders involved in the process PPP scheme in Indonesia. From the research process carried out there were 8 (eight) criteria of success and 40 factors that influenced the success of the PPP scheme process in the water supply sector. Based on the factors and success criteria, recommendations can be made so that the PPP scheme in the water supply sector in Indonesia can be successful."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53194
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Kasmi
"Hubungan Pemilik proyek (owner) dan kontraktor dalam suatu proyek konstruksi memiliki peranan penting dalam keberhasilan proyek. Tidak jarang permasalahan proyek berawal dari perbedaan persepsi antara pemilik proyek dan kontraktornya yang berujung pada klaim dan dispute. Manajemen Komunikasi Proyek menjadi suatu disiplin yang dapat mengatur keselarasan hubungan komunikasi antara pihak-pihak yang terlibat di dalam proyek, termasuk antara kontraktor dan owner.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dominan dalam manajemen komunikasi proyek EPC antara kontraktor (PT.X) dan pemilik proyek pada tahap engineering yang mempengaruhi kinerja waktu, sekaligus tindakan terhadap faktor-faktor tersebut sebagai respon resiko utama.
Proses penelitian dimulai dari identifikasi faktor-faktor risiko, analisa risiko, evaluasi risiko, dan tindakan mengelola risiko (treatment atau risk response). Penelitian untuk mengetahui faktor-faktor risiko dilakukan secara kualitatif, dengan menganalisis data persepsi yang didapat dari kuisioner dengan responden manajer proyek, atau team inti proyek pada PT.X yang mempunyai pengalaman dalam proyek EPC. Analisa data diolah dengan melakukan uji Reliability, uji U Mann-Whitney, uji Kruskal-Wallis, serta pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP) dan analisa level risiko untuk mendapatkan prioritas/rangking faktor. Korelasi nonparametris dilakukan dengan korelasi Kendall Tau dan Spearman. Validasi ke pakar dilakukan baik pada tahap penentuan variabel maupun validasi hasil penelitian.
Hasil analisa data menunjukkan terdapat delapan faktor-faktor dominan yang berpengaruh terhadap kinerja waktu proyek EPC yang dilakukan PT. X, antara lain : Keterlambatan penyelesaian pekerjaan (design) dan aktivitas berikutnya yang diakibatkan oleh jangka waktu persetujuan dari pemilik proyek terhadap dokumen yang diajukan oleh kontraktor tidak dibatasi atau melebihi batas waktu yang disepakati, Terjadi penyimpangan informasi dan timbulnya idle time akibat alur informasi dan koordinasi yang berbelit-belit dari kontraktor ke owner, Timbulnya idle time (waktu tunggu) akibat kurang jelasnya alur approval dari kontraktor ke owner, dan Terjadinya idle time akibat gambaran Informasi yang disampaikan tidak jelas. Dari analisa korelasi nonparametris terlihat bahwa factor risiko tersebut berkorelasi menurunkan kinerja waktu proyek.

The Relation between owner and the contractor in a construction project, shows important role to performance of project. Not rarely, problems of project is caused by difference of perception between owner and the contractor of which resulting claim or dispute. Recently, Management Communications of Project becomes a discipline that is able to control compatibility of communications among stakeholders concerned in project, including contractor and the owner.
The objective of this research is to know dominant factors in communications management of EPC Project between the contractor ( PT.X) and the owner during phase of engineering influencing time performance, and to find the risk respond of them.
Research process started from identifying risk factors, risk analysis, risk evaluation, and action ( or treatment of risk response). The risk factors research try to find out qualitatively, by analyzing the perception data as the result of the questioners to the project manager, the core team of the EPC project company in Indonesia and whom had the experienced in EPC. The data is processed by descriptive statistic, Mann-Whitney U test, Kruskal-Wallis test, and Analytic Hierarchy Process (AHP) in order to have the priority factor, and continued with validation to expert.
Data analysis results, there are eight dominant factors which have significant effect to time performance of project, Delay of design process and activities caused unlimited time or expired status to approval documents, Interrupted informations and idle time caused complicated flow of information and coordination beetween contractor and the owner, and idle time caused the detail information is unclear. This research performs that risk factor may influence the time performance, relatively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
R.01.08.48 Kas i
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Kasmi
"Hubungan Pemilik proyek (owner) dan kontraktor dalam suatu proyek konstruksi memiliki peranan penting dalam keberhasilan proyek. Tidak jarang permasalahan proyek berawal dari perbedaan persepsi antara pemilik proyek dan kontraktornya yang berujung pada klaim dan dispute. Manajemen Komunikasi Proyek menjadi suatu disiplin yang dapat mengatur keselarasan hubungan komunikasi antara pihak-pihak yang terlibat di dalam proyek, termasuk antara kontraktor dan owner.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dominan dalam manajemen komunikasi proyek EPC antara kontraktor (PT.X) dan pemilik proyek pada tahap engineering yang mempengaruhi kinerja waktu, sekaligus tindakan terhadap faktor-faktor tersebut sebagai respon resiko utama. Proses penelitian dimulai dari identifikasi faktor-faktor risiko, analisa risiko, evaluasi risiko, dan tindakan mengelola risiko (treatment atau risk response). Penelitian untuk mengetahui faktor-faktor risiko dilakukan secara kualitatif, dengan menganalisis data persepsi yang didapat dari kuisioner dengan responden manajer proyek, atau team inti proyek pada PT.X yang mempunyai pengalaman dalam proyek EPC. Analisa data diolah dengan melakukan uji Reliability, uji U Mann-Whitney, uji Kruskal-Wallis, serta pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP) dan analisa level risiko untuk mendapatkan prioritas/rangking faktor. Korelasi nonparametris dilakukan dengan korelasi Kendall Tau dan Spearman. Validasi ke pakar dilakukan baik pada tahap penentuan variabel maupun validasi hasil penelitian.
Hasil analisa data menunjukkan terdapat delapan faktor-faktor dominan yang berpengaruh terhadap kinerja waktu proyek EPC yang dilakukan PT. X, antara lain : Keterlambatan penyelesaian pekerjaan (design) dan aktivitas berikutnya yang diakibatkan oleh jangka waktu persetujuan dari pemilik proyek terhadap dokumen yang diajukan oleh kontraktor tidak dibatasi atau melebihi batas waktu yang disepakati, Terjadi penyimpangan informasi dan timbulnya idle time akibat alur informasi dan koordinasi yang berbelit-belit dari kontraktor ke owner, Timbulnya idle time (waktu tunggu) akibat kurang jelasnya alur approval dari kontraktor ke owner, dan Terjadinya idle time akibat gambaran Informasi yang disampaikan tidak jelas. Dari analisa korelasi nonparametris terlihat bahwa factor risiko tersebut berkorelasi menurunkan kinerja waktu proyek.

The Relation between owner and the contractor in a construction project, shows important role to performance of project. Not rarely, problems of project is caused by difference of perception between owner and the contractor of which resulting claim or dispute. Recently, Management Communications of Project becomes a discipline that is able to control compatibility of communications among stakeholders concerned in project, including contractor and the owner.
The objective of this research is to know dominant factors in communications management of EPC Project between the contractor ( PT.X) and the owner during phase of engineering influencing time performance, and to find the risk respond of them. Research process started from identifying risk factors, risk analysis, risk evaluation, and action ( or treatment of risk response). The risk factors research try to find out qualitatively, by analyzing the perception data as the result of the questioners to the project manager, the core team of the EPC project company in Indonesia and whom had the experienced in EPC. The data is processed by descriptive statistic, Mann-Whitney U test, Kruskal-Wallis test, and Analytic Hierarchy Process (AHP) in order to have the priority factor, and continued with validation to expert.
Data analysis results, there are eight dominant factors which have significant effect to time performance of project, Delay of design process and activities caused unlimited time or expired status to approval documents, Interrupted informations and idle time caused complicated flow of information and coordination beetween contractor and the owner, and idle time caused the detail information is unclear. This research performs that risk factor may influence the time performance, relatively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S35287
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Waryaningsih
"[Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Servant Leadership dan Team Effectiveness pada Kepala Seksi dan Kepala Ruangan di Rumah Sakit X Penelitian tersebut didasari pertimbangan bahwa masih ada kesenjangan Kompetensi Kepemimpinan Kelompok pada Kepala Seksi dan Kepala Ruangan di Rumah Sakit X serta belum tercapainya target kinerja pada semua unit kerja . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Servant Leadership dan Team Effectiveness ( r = 0,64 dan p lebih kecil dari 0,05). Responden dalam penelitian ini sebanyak tujuh puluh orang, mereka merupakan bawahan dari Kepala Seksi dan Kepala Ruangan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Servant Leadership Questionnare (SLQ) yang diadaptasi dari Barbuto & Wheeler (2006) dan Team Effectiveness Questionnare (TEQ) dari Larson & LaFasto (1989). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengusulkan program intervensi untuk meningkatkan Servant Leadership melalui Pelatihan Coaching dan Servant Leadership kepada manajer sebagai atasan dari Kepala Seksi dan Kepala Ruangan di Rumah Sakit X. Hasil pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Coaching dan perilaku Servant Leadership atau kepemimpinan yang melayani bagi para manajer. Selanjutnya para manajer diharapkan mampu melakukan Coaching kepada Kepala Seksi dan Kepala Ruangan, terutama dalam menerapkan kepemimpinan yang melayani sehingga efektivitas tim akan meningkat.;The purpose of this research is to examine the relationship between Servant Leadership and Team Effectiveness on Section Heads and Heads of Nurses in Hospital X. This research is based on the fact that there is a gap in leadership competencies cluster on Section Heads and Heads of Nurses as well as unachieved performance target in all units. This research shows that Servant Leadership is significantly related to Team Effectiveness (r=0,64, p<0,05). Data collected from 70 respondents, they are subordinate of the Section Heads and Heads of Nurses. Instruments used in this research are Servant Leadership Questionnaire (SLQ), adapted from Barbuto & Wheeler (2006) and Team Effectiveness Questionnaire (TEQ), by Larson & LaFasto (1989). Based on this finding, researcher proposes an intervention program to enhance Servant Leadership through Coaching and Servant Leadership Training to the managers as the superior of the Section Heads and Heads of Nurses. These training results are expected to enhance the managers’ ability in coaching and in displaying behaviors that reflect Servant Leadership. Furthermore, managers are expected to coach the Section Heads and Heads of Nurses, especially in implementing the servant leadership which will ultimately improve the team effectiveness, The purpose of this research is to examine the relationship between Servant Leadership and Team Effectiveness on Section Heads and Heads of Nurses in Hospital X. This research is based on the fact that there is a gap in leadership competencies cluster on Section Heads and Heads of Nurses as well as unachieved performance target in all units. This research shows that Servant Leadership is significantly related to Team Effectiveness (r=0,64, p<0,05). Data collected from 70 respondents, they are subordinate of the Section Heads and Heads of Nurses. Instruments used in this research are Servant Leadership Questionnaire (SLQ), adapted from Barbuto & Wheeler (2006) and Team Effectiveness Questionnaire (TEQ), by Larson & LaFasto (1989). Based on this finding, researcher proposes an intervention program to enhance Servant Leadership through Coaching and Servant Leadership Training to the managers as the superior of the Section Heads and Heads of Nurses. These training results are expected to enhance the managers’ ability in coaching and in displaying behaviors that reflect Servant Leadership. Furthermore, managers are expected to coach the Section Heads and Heads of Nurses, especially in implementing the servant leadership which will ultimately improve the team effectiveness]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44005
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yan Indra Gunawan
"Kinerja proyek dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah kebijakan perusahaan, kompetensi manajemen proyek dan tingkat maturity manajemen proyek. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor kebijakan perusahaan, kompetensi manajemen proyek, dan tingkat maturity manajemen proyek terhadap kinerja proyek, maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui metode survey kuesioner, dan selanjutnya data diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kebijakan perusahaan, kompetensi manajemen proyek, dan tingkat maturity manajemen proyek terhadap kinerja proyek adalah sebesar 10,95%, sedangkan sisanya 89,05 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang diteliti.

Project performance influence by a lot of factors, which are company policy, project management competence, and project management maturity. This study aims is to know how company policy, project management competence, and project management maturity influence project performance. This study was conducted by survey questionnaire, than further processed with Partial Least Square. The results show that the influence of company policy, project management competence, and project management maturity to project perform;Project performance influence by a lot of factors, which are company policy, project management competence, and project management maturity. This study aims is to know how company policy, project management competence, and project management maturity influence project performance. This study was conducted by survey questionnaire, than further processed with Partial Least Square. The results show that the influence of company policy, project management competence, and project management maturity to project perform.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T43272
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jihaniar Mahiranisa
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas mengenai peran Humas dalam hubungan kemitraan antara startup transportasi dengan mitranya dari perspektif employer branding, dengan studi kasus pada hubungan PT X, salah satu startup transportasi terbesar di Indonesia, dengan mitra pengemudi motornya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa peran Humas dalam manajemen startup transportasi dalam hubungan kemitraan perlu ditingkatkan untuk membangun hubungan kemitraan yang kuat dan solid, terutama dalam hal interaksi informal dengan mitra sehari-hari, menjaga kestabilan sistem di aplikasi, dan menjalin hubungan baik dengan komunitas mitra, baik melalui tongkrongan mitra maupun grup WhatsApp.

ABSTRACT
The focus of this study is the role of PR in the partnership relationship between startup transportation with its motorcycle drivers from the perspective of employer branding, with case studies on PT X rsquo s relationship, one of the largest transportation startup in Indonesia, with its motorcycle drivers. This research is a qualitative research with descriptive design. The results suggest that the role of Public Relations in transportation startup management in partnership relationship needs to be improved to build strong and solid partnerships, especially in terms of informal interaction with its motorcycle drivers, maintaining systems stability in application, and establishing good relationship with the drivers communities, via driver rsquo s hang out places and WhatsApp group owned by each drivers communities. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Haryo Yudo Prabowo
"Standar Akreditasi Rumah Sakit merupakan penilaian sejauh mana rumah sakit sudah melaksanakan program keselamatan pasien sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1691 Tahun 2011. Rumah Sakit X belum sepenuhnya melaksanakan pelayanan berbasis keselamatan pasien.
Penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dilanjutkan metode kualitatif bertujuan melihat persiapan Rumah Sakit X dalam menghadapai Akreditasi Bidang Keselamatan Pasien tahun 2016.
Pada penelitian ini dihasilkan kuesioner keselamatan pasien berdasarkan Standar Akreditasi Rumah Sakit 2012. Uji Reliabilitas menghasilkan 65 pernyataan kuesioner menjadi 47 pernyataan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan 17 komponen penilaian dari Standar Akreditasi Rumah Sakit 2012 masih harus ditingkatkan pelaksanaannya di Rumah Sakit X.

Hospital Accreditation Standards is an assessment for hospitals to implement patient safety programs in accordance with the Regulation of the Minister of Health No. 1691 of 2011. Hospital X wasnot yet fully implementing patient safety based on the Hospital Accreditation 2012.
Descriptive research with quantitative method continued by qualitative method was implemented to study the preparation of Hospital X which will undergo Accreditation in 2016.
The research also developed questionnaire on Patient Safety based on The Hospital Accreditation 2012. Reliability test was done with the result of that 47 out of 65 questionnaires were reliable. The research found 17 points of The Hospital Accreditation 2012 still need improvement in implementation at Hospital X.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T46648
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Saptari
"Penelitian ini berfokus pada "Hubungan Antara Sikap Terhadap Penilaian Kinerja Dan Motivasi Kerja Pada Perawat Pelaksana di Rumah Sakit X". Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat non-eksperimental dengan disain analisis korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 191 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua alat ukur yaitu skala pengukuran "Sikap Terhadap Penilaian Kinerja" dan alat ukur "Motivasi Kerja". Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan korelasi Pearson's Product Moment.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar perawat pelaksana di rumah sakit X memiliki sikap yang positif terhadap penilaian kinerja artinya mendukung terhadap penilaian kinerja meskipun berada pada rentang positif yang lemah (59-79). Motivasi kerja sebagian besar perawat pelaksana di rumah sakit X tergolong cukup artinya mempunyai semangat bekerja yang cukup dan bekerja secara efektif. Hubungan antara "Sikap Terhadap Penilaian Kinerja" dan "Motivasi Kerja" pada perawat pelaksana di rumah sakit X menunjukan adanya hubungan yang signifikan.
Penelitian ini masih memerlukan penelitian lanjutan dimana akan lebih baik lagi apabila dilakukan pada beberapa rumah sakit di Jakarta, sebaiknya penelitian dilihat juga per-unit, sebaiknya alat ukur "Sikap Terhadap Penilaian Kinerja" dan "Motivasi Kerja" diuji kembali terhadap sampel yang lebih besar.

This research focus on "Relationship Between Attitude to Performance Appraisal and Work Motivation of The Nursing Staff at X Hospital". This research belongs to quantitative especially non-experiment with correlation analysis. Sample for this research is 191 person and using purposive sampling. I used two measurement for data collection, there are measurement scale for attitude to performance appraisal and the other one is work motivation. Statistic descriptive technique and correlation Pearson's Product moment there are for data analysis.
Conclusion from this research is majority of nursing staff at the X hospital have a positive attitude to performance appraisal, it means their give support to performance appraisal even though the range is low (59-79). A lot of nurse have enough work motivation for doing an effective job. They have significant relationship between performance appraisal and work motivation.
This research still needed further research where it could be better doing at many hospital in Jakarta, and research will be better if doing at each department. The measurement will be better if the sample bigger."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>