Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 192666 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Celine Lie
"Laporan magang ini ditujukan untuk mengevaluasi proses penganggaran Advertising and Promotional (ANP) yang dimulai dengan proses diskusi penetapan target penjualan periode setahun mendatang hingga akhirnya mencapai jumlah anggaran ANP yang disepakati bersama dengan Divisi Marketing dan CSP selaku pemilik anggaran ANP, dilanjutkan dengan aktivitas forecasting atas anggaran ANP selama setahun dan rincian tiap bulannya yang dilaksanakan setiap tanggal 5 tiap bulan, kemudian forecast ini akan dioperasionalisasikan setiap bulannya oleh Divisi Marketing dengan peran Divisi Finance sebagai pengawas dan pengendali anggaran ANP pada BU Sweety PT CLN Indonesia. Evaluasi ini akan berfokus pada tahapan penganggaran & forecasting serta peran anggaran sebagai pengendalian menggunakan teori penganggaran (budgeting). Evaluasi ini dilakukan dengan menganalisis penerapan tahapan-tahapan aktivitas penganggaran yang terbagi dalam tiga, yaitu identifikasi masalah dan ketidakpastian serta memperoleh informasi, mengambil keputusan di antara alternatif yang ada, dan implementasi strategi serta evaluasi performa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tahapan-tahapan proses penganggaran yang dilaksanakan BU Sweety PT CLN Indonesia telah berjalan dengan sesuai, kemudian seluruh komponen yang dibutuhkan agar peran anggaran sebagai pengendalian dapat terlaksana dengan efektif juga teridentifikasi terdapat pada BU Sweety PT CLN Indonesia. Melalui evaluasi aktivitas magang yang menyeluruh ini, penulis juga mengulas terkait refleksi diri termasuk didalamnya berbagai ilmu dan keterampilan baru yang penulis peroleh melalui pengalaman magang di PT CLN Indonesia.

This internship report is intended to evaluate the Advertising and Promotional (ANP) budgeting process which begins with the discussion process of setting sales targets for the coming year until finally reaching the ANP budget amount agreed upon with the Marketing and CSP Divisions as the owners of the ANP budget, continued with forecasting activities for the ANP budget for a year and details for each month which are carried out every 5th of each month, then this forecast will be operationalized every month by the Marketing Division with the role of the Finance Division as the supervisor and controller of the ANP budget at BU Sweety PT CLN Indonesia. This evaluation will focus on the budgeting & forecasting stages and the role of the budget as a control using budgeting theory. This evaluation is carried out by analyzing the implementation of the stages of budgeting activities which are divided into three, namely identifying problems and uncertainties and obtaining information, making decisions among existing alternatives, and implementing strategies and evaluating performance. The evaluation results show that overall, the stages of the budgeting process carried out by BU Sweety PT CLN Indonesia have been running properly, then all the components needed so that the role of the budget as a control can be carried out effectively are also identified in BU Sweety PT CLN Indonesia. Through this comprehensive internship activity evaluation, the author also reviews self-reflection including various new knowledge and skills that the author has acquired through his internship experience at PT CLN Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Bagaskara Sakti
"Laporan magang ini dibuat dengan tujuan untuk memeriksa bagaimana PT XYZ sebagai sebuah perusahaan internasional mengelola anggaran. Laporan ini membahas PT XYZ harus melakukan berbagai jenis bisnis dengan berbagai toko yang memerlukan XYZ untuk membuat sesuatu yang disebut Project Brief, kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan, dan bagaimana PT XYZ membuat aplikasi bisnis menggunakan PowerApps dan Power BI. Aplikasi bisnis tersebut memberikan keuntungan dalam proses penganggaran dan penyimpanan data.

This internship report is created in order to examine how PT XYZ as an international company manages its budget. This report discusses how PT XYZ has to do various types of business with various outlets which require the creation of what the company calls Project Brief and how PT XYZ created business applications using PowerApps and Power BI in order to assist the creation of Project Brief. The business applications provide advantage in the budgetary process and in data recording."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anggita Kinasih
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan memberikan usulan perbaikan mekanisme pengendalian anggaran dari tahap penyusunan, penggunaan sampai tahap evaluasi anggaran terbentuknya laporan tunggal dalam aktivitas kerja KOI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan 2 dua tahap: i pemetaan kebutuhan akun anggaran dan ii analisis aktivitas pengendalian internal dan kelemahannya untuk setiap proses penganggaran: penyusunan, penggunaan dan evaluasi. Hasil yang didapat adalah usulan mekanisme pengendalian anggaran dari tahap penyusunan, penggunaan dan evaluasi anggaran yang didalamnya terdapat aktivitas pengendalian untuk memitigasi risiko kelemahan pengendalian internal. Enam poin kebijakan dalam usulan mekanisme penganggaran antara lain perubahan struktur chart of account COA akuntansi atas hasil evaluasi kebutuhan informasi pelaporan, perubahan struktur organisasi, penambahan fungsi anggaran ke dalam sistem akuntansi, penyediaan saldo cash reserve dari pendapatan sponsor dan sumbangan, peningkatan transparansi pada informasi anggaran, dan peningkatan proporsi pendapatan pada sponsor dan sumbangan.

ABSTRACT
This research aims to provide the proposed improvement of the budgetary control mechanisms during the preparation, the realization until evaluation phase of budget formation of a single report for KOI. The research methodology used is a case study with a descriptive qualitative approach. Data analysis is performed in two phases i mapping on budget account and ii analysis of internal control activities and its weaknesses for each of the stages in the budgeting process preparation, realization and evaluation. The result is a proposed mechanism of budgetary control and reporting, including its evaluation stage to mitigate the risk of internal control weaknesses. Six policies in the proposal budget mechanisms are gap analysis and its resulting changes in chart of account, changes in organizational structure, adjustment in the accounting system to include budgetary functions, provision of cash reserve balances from sponsorship and donation, increased transparancy in budget information, and increased revenue proportion from sponsorship and donation."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Linna Astuti
"Penelitian ini mencoba untuk menjelaskan mengenai faktor - faktor penentu struktur modal pada perusahaan yang saham-sahamnya termasuk dalam Indeks LQ45. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah beberapa faktor penentu struktur modal seperti profitability, company’s size, tangibility, liquidity of assets, dan assets turnover dapat mempengaruhi struktur modal perusahaan di Bursa Efek Indonesia, dan apakah perilaku struktur modal perusahaan sesuai dengan teori struktur modal yang ada. Penelitian menggunakan leverage (total debt to total asset) sebagai proksi dari struktur modal. Sampel penelitian diambil dari saham - saham yang secara konsisten tercatat pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2009 - 2014 serta perusahaan yang bergerak pada industri non keuangan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan antara leverage dengan profitability (+) untuk data panel tahun 2009 - 2014. Company’s size (+) untuk data panel tahun 2009 - 2014. Likuiditas asset (-) untuk data panel tahun 2009 - 2014. Assets turnover (-) untuk data panel tahun 2009 - 2014. Sedangkan untuk variable tangibility tidak memberikan hasil yang signifikan pada data panel tahun 2009 - 2014.

This research investigates into the determinant factors of capital structure from the companies which are listed in Index LQ45. The purpose of this research is to examine how determinant factor of capital structure like profitability, company’s size, tangibility, liquidity of assets, and assets turnover influence the capital structure of listed companies in Indonesia Stock Exchange and to examine whether the behavior of companies’ capital structure follows the theory of capital structure. In this research, capital structure is represented by leverage (total debt to total assets). Sample of research was derived from stocks that was consistently listed in Index LQ45 Indonesia Stock Exchange from 2009 - 2014 and non-finance industry. The data was examined using balanced panel data and multiple regression linear method. The study has shown that profitability, company’s size, liquidity of assets, and assets turnover are significant in explaining variation in leverage of the listed companies non-finance industry in LQ45 from 2009 - 2014, while tangibility is insignificant in explaining variation in listed companies non-finance industry in LQ45 from 2009 - 2014.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59676
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arindha Purwandari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari transparansi dan remunerasi direksi terhadap biaya ekuitas dan biaya utang. Transparansi dan remunerasi direksi adalah bagian dari corporate governance. Sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 62 perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013. Hasil penelitian membuktikan bahwa transparansi hanya berpengaruh secara signifikan terhadap biaya ekuitas namun tidak berpengaruh signifikan terhadap biaya utang, di mana semakin tingginya tingkat transparansi maka biaya ekuitas menjadi semakin kecil. Sedangkan, remunerasi direksi berpengaruh secara signifikan terhadap biaya ekuitas dan biaya utang, di mana semakin tingginya tingkat remunerasi maka biaya ekuitas dan biaya utang menjadi semakin kecil.

This studies discuss about the impact of transparency and director’s compensation on cost of equity and cost of debt. Transparency and director’s compensation are the parts of corporate governance attributes. Sample of this studies are 62 nonfinancial companies that are listed in Indonesia Stock Exchange (IDX). The result of this studies proven that transparency only has a significant impact to cost of equity, but no significant impact to cost of debt, whereas the transparency increasing, cost of equity becomes lower. Meanwhile, director’s compensation has a significant impact to cost of equity and cost of debt, whereas the performance based remuneration increasing, cost of equity and cost of debt becomes lower.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59672
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widyani Ayuningtyas
"Skripsi ini membahas mengenai faktor-faktor apa yang diduga berpengaruh terhadap tingkat realisasi belanja modal pemerintah daerah. Belanja modal merupakan belanja pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat, sehingga sangat penting untuk direalisasikan. Faktor yang diduga berpengaruh terhadap tingkat realisasi belanja modal pemerintah daerah yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat realisasi pendapatan asli daerah (PAD), tingkat realisasi dana bagi hasil (DBH), tingkat realisasi dana alokasi umum (DAU), tingkat realisasi dana alokasi khusus (DAK), pemilihan langsung kepala daerah (pilkada), umur adminstratif daerah, dan pergantian kepala daerah. Ruang lingkup penelitian ini adalah 32 provinsi di Indonesia yang diteliti dalam kurun waktu 2004-2013. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan pengujian hipotesis dilakukan melalui regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat realisasi pendapatan asli daerah, tingkat realisasi dana bagi hasil, dan tingkat realisasi dana alokasi khusus berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat realisasi belanja modal pemerintah daerah, sedangkan pemilihan langsung kepala daerah berpengaruh negatif. Tiga variabel lainnya, yaitu tingkat realisasi dana alokasi umum, umur administratif daerah, dan pergantian kepala daerah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat realisasi belanja modal pemerintah daerah.
This thesis discusses about factors affecting the level of realization of local governments‟ capital expenditure. Capital expenditure is the amount spend in order to improve regional development and communities welfare, so it is important to be realized. The factors used in this study consist of the level of realization of regional income (PAD), the level of realization revenue-sharing (DBH), the level of realization of general allocation fund (DAU), the level of realization of specific allocation fund (DAK), governor election, administrative age, dan leader change. The scope of this study is 32 provinces in Indonesia for the fiscal year 2004-2013. The method used in this study is quantitative method and the hypotheseses are tested using panel data regression. The result shows that the level of realization of regional income, the level of realization revenuesharing, and the level of realization of specific allocation fund have significant positive effect on the level of realization of local governments capital expenditure, meanwhile governor election has significant negative effect. The other three variables, which are the level of realization of general allocation fund, administrative age, and leader change have no significant effect on the level of realization of local governments capital expenditure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62861
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Rezeki Perdana Putra
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan atas tata kelola dana hibah pemilu kada di KPU Provinsi DKI Jakarta pada pemilu kada tahun 2012 dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban. Tesis ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan dana hibah pemilu kada tahun 2012 di KPU Provinsi DKI Jakarta dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, namun tidak sesuai dengan dua Peraturan Menteri Keuangan PMK terkait karena pengelola dana hibah di KPU Provinsi DKI Jakarta tidak mengetahui adanya mekanisme yang diatur dalam kedua PMK tersebut.Tesis ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan atas tata kelola dana hibah pemilu kada di KPU Provinsi DKI Jakarta pada pemilu kada tahun 2012 dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban. Tesis ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan dana hibah pemilu kada tahun 2012 di KPU Provinsi DKI Jakarta dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, namun tidak sesuai dengan dua Peraturan Menteri Keuangan PMK terkait karena pengelola dana hibah di KPU Provinsi DKI Jakarta tidak mengetahui adanya mekanisme yang diatur dalam kedua PMK tersebut.

ABSTRACT
This thesis aims to analyze the conformity with the legislation on the governance of the election grant funds at the KPU Provinsi DKI Jakarta in the 2012 local elections in terms of budgeting, administration, and accountability. This thesis uses descriptive analysis method with case study research design. The result of this research is the management of the 2012 local election grant in KPU Provinsi DKI Jakarta in terms of budgeting, administration, and accountability has been in accordance with the Minister of Home Affairs Regulation, but not in accordance with the two Regulations of the Minister of Finance PMK related to the grants management in the KPU Provinsi DKI Jakarta is not aware of any mechanisms regulated in both PMK."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asa Belani Cesarima Basuki
"Kompetisi bisnis membawa perusahaan kepada perkembangan bisnis yang diikuti dengan peningkatan produktivitas beserta tantangannya. Perkembangan tersebut perlu diakomodasi dengan sistem informasi yang dapat mengintegrasikan seluruh bagian dan unit bisnis perusahaan. Sistem informasi yang umum diterapkan perusahaan adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Penerapan ERP dapat memberikan manfaat bagi perusahaan termasuk meningkatkan produktivitas. Proses pengembangan sistem yang kompleks menjadi tantangan. Kompleksitas tersebut tidak hanya dari aspek teknis, melainkan aspek penerimaan pengguna juga berperan. Teknologi dikatakan berhasil jika diterima oleh penggunanya. Evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui penerimaan pengguna sehingga dapat dilakukan pengembangan dan penyempurnaan sistem. PT ABC mengadopsi ERP sejak akhir tahun 2022, diawali dengan penggunaan modul Planning and Budgeting Cloud Service (PBCS) pada proses penyusunan Rancangan Kerja Anggaran (RKA) untuk tahun anggaran 2023. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengunaan PBCS dalam proses penyusunan RKA di PT ABC dari sudut pandang penggunanya. Rerangka penelitian menggunakan empat variabel kunci dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi. Analisis dilakukan dengan triangulasi hasil kuesioner dan wawancara kepada pengguna PBCS di PT ABC. Hasil berdasarkan keempat variabel UTAUT, penggunaan PBCS dalam penyusunan RKA PT ABC telah berjalan dengan baik.

Business competition drives business development, which followed by increased productivity and its challenges. This development needs to be accommodated with an information system that can integrate all parts and business units of the company. A common information system applied by companies is Enterprise Resource Planning (ERP). ERP implementation can provide benefits for companies, including increasing productivity. The complex process of system development is a challenge. This complexity is not only from the technical aspect, but also the aspect of user acceptance. Technology is said to be successful if it is accepted by its users. Evaluation needs to be carried out to determine user acceptance so that system development and improvement can be carried out. PT ABC has adopted ERP since the end of 2022, starting with the use of the Planning and Budgeting Cloud Service (PBCS) module in the preparation of the Work Budget Plan for the 2023 budget year. This study was conducted to evaluate the use of PBCS in the preparation of RKA at PT ABC from the perspective of its users. The research framework uses four key variables from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), namely performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions. Analysis was carried out by triangulating questionnaire results and interviews with PBCS users at PT ABC. The results based on the four UTAUT variables, the use of PBCS in the preparation of PT ABC's RKA has been running well."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Maulida Zahiyyaturraihan Tsani
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas proses pengendalian anggaran promosi serta praktik penerapan anggaran fleksibel pada analisis varians PT HO khususnya dalam saluran penjualan ritel tradisional. Evaluasi didasarkan pada teori pengendalian anggaran Atrill & McLaney (2021) serta teori anggaran fleksibel Datar & Rajan (2021) dan dibandingkan kesesuaiannya berdasarkan pengamatan langsung di PT HO. Aktivitas promosi PT HO terdiri dari lima jenis kegiatan yaitu potongan harga produk, pembayaran rak produk di toko-toko, pemberian insentif performa penjualan kepada salesman, pemberian hadiah gratis setiap pembelian produk, dan biaya acaraacara yang terkait dengan penjualan produk. Proses pengendalian anggaran dilakukan melalui tiga aktivitas yaitu pelaporan penyerapan anggaran pada tingkat aktivitas yang dilakukan dua kali dalam satu bulan, rekonsiliasi penyerapan anggaran, serta pembuatan laporan analisis over/under anggaran dengan memperhitungkan jumlah penjualan yang berhasil dibukukan setiap akhir kuartal. Hasil dari evaluasi pada laporan ini menyimpulkan bahwa tahapan proses pengendalian anggaran yang dilakukan oleh PT HO serupa dengan tahapan proses pengendalian anggaran yang disebutkan oleh Atrill & McLaney (2021) dan sudah cukup efektif. Dalam proses analisis varians pun sudah menyeluruh baik secara kuantitatif (memperhatikan jumlah anggaran) hingga kualitatif (memperhatikan alasan dibalik terjadinya varians anggaran). Adapun rekomendasi yang diberikan adalah untuk mempertahankan cara kerja yang dilakukan saat ini, namun pemberian laporan penyerapan anggaran dilakukan secara terpisah untuk masing-masing penanggung jawab anggaran serta perlunya membuat kesepakatan sumber data yang digunakan sebagai acuan untuk kedua pihak. Serta perlunya memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang khusus untuk anggaran over/under yang dialihkan ke kuartal berikutnya.

This internship report aims to evaluate the effectiveness of the promotion budget control process as well as the practice of implementing flexible budgets in PT HO's analysis of variance, especially in traditional retail sales channels. The evaluation was based on Atrill & McLaney's (2021) budget control theory and Datar & Rajan's (2021) flexible budget theory and compared its suitability based on direct observations at PT HO. PT HO's promotional activities consist of five types of activities, namely product price discounts, product shelf payments in stores, providing sales performance incentives to salesmen, giving free gifts for every product purchase, and costs for events related to product sales. The budget control process is carried out through three activities, namely reporting on budget absorption at the activity level which is carried out twice a month, reconciling budget absorption, and making over/under budget analysis reports by taking into account the number of sales that have been successfully recorded at the end of each quarter. The results of the evaluation in this report conclude that the stages of the budget control process carried out by PT HO are similar to the stages of the budget control process mentioned by Atrill & McLaney (2021) and are quite effective. The variance analysis process has also been thorough both quantitatively (taking into account the amount of the budget) to qualitative (taking into account the reasons behind the occurrence of budget variances). The recommendations given are to maintain the current way of working, but the budget absorption reports is carried out separately for each budget holder and the need to make an agreement on the source of data used as a reference for both parties. As well as the need to have a specific accountability mechanism for over/under budgets that are transferred to the next quarter. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Febri Noviardi
"Laporan Magang ini mengenai proses penyusunan anggaran pada PT. Mega Finance untuk tahun 2014. PT. Mega Finance merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa kredit sepeda motor. Penulis melakukan praktek magang di perusahaan tersebut selama kurang lebih 3 bulan yang pada prakteknya penulis membantu menyusun anggaran tersebut dengan melakukan perhitungan ? perhitungan pada format anggarannya. Proses penyusunan tersebut dimulai dari menerima data, memasukkan format data dalam perhitungan anggaran, memasukkan perhitungan anggaran pada format total anggaran, menyerahkan format anggaran total pada kepala divisi, meminta persetujuan direksi, dan sampai pada anggaran tersebut dipresentasikan ke grup.

This Internship report the budgetary process at PT. Mega Finance for the year 2014. PT. Mega Finance is a company engaged in credit services motorcycles. The author did an internship at the company for at least 3 months in practice authors helped to draft the budget by doing the calculations on the budget format. The preparation process starts from receiving the data, insert data format in the budget calculations, enter the calculation of the total budget in the budget format, submit the form at the head of the division of the total budget, the board of directors for approval, and until the budget is presented to the group."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>