Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13401 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rochani Nani Rahayu
"This study focused on papers from the proceedings of the conference of the Indonesian digital library (KPDI) within the period 0f 2013-2019, accessed from the KPDI website using the bibliometric method"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2019
020 VIS 21:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aqila Ramadhiani
"Penelitian ini berisi tentang upaya meningkatkan minat baca masyarakat dengan membangun perpustakaan digital. Penelitian ini menggunakan studi literatur, sehingga tidak memiliki lokasi yang spesifik. Pembahasan dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis bahan pustaka dari beberapa sumber seperti jurnal maupun buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat baca masyarakat perlu dicarikan solusi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menanamkan kebiasaan membaca sejak dini. Membiasakan diri membaca buku dapat dilakukan dengan menyediakan buku-buku di rumah serta membuat aturan membaca buku saat waktu luang. Selain itu, pemerintah ataupun sekolah dapat menyediakan perpustakaan serta memfasilitasi berbagai jenis buku agar minat baca masyarakat meningkat. Tak kalah penting, setiap orang harus membatasi penggunaan gadget untuk hiburan dan mulai membiasakan diri menggunakannnya untuk membaca topik yang bermanfaat. Dengan pemanfaatan teknologi ini maka membaca dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja serta tanpa buku secara fisik, untuk itu perlu dibangun perpustakaan digital dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi yang telah berkembang saat ini."
Lengkap +
Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2023
020 JPK 3:2 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rosyihan Hendrawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model implementasi interoperabilitas teknis yang diterapkan dan dikembangkan pada aplikasi perpustakaan digital Library and Archive Analysis System versi 1.0 (LARAS v 1.0) oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII- LIPI). Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menentukan mengapa PDII-LIPI mencoba mengembangkan LARAS v 1.0 dan telah mengubah aplikasi WINISIS sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LARAS v 1.0 dibuat oleh pengembang di PDII-LIPI untuk menghindari usangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dalam hal ini, adalah aplikasi perpustakaan digital. Bahkan, konflik antara pengembang dan pustakawan dalam mengembangkan LARAS v 1.0 masih ada. Model implementasi interoperabilitas teknis yang diterapkan pada LARAS merupakan kombinasi dari beberapa level model Level of Information System Interoperability (LISI). Namun demikian, dalam praktiknya, LARAS v 1.0 masih belum sempurna, terutama dari sudut pandang pengembangan sistem metadata, pengkodean, protokol komunikasi, database, dan pengindeksan."
Lengkap +
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2014
020 VIS 16:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nababan, Jane Dumatua Marta
"Pesatnya perkembangan teknologi di era modern telah mengubah cara hidup masyarakat. Budaya literasi Indonesia yang masih rendah ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup signifikan pada operasional Perpustakaan Nasional Repiblik Indonesia yang berujung pada urgensi untuk mengembangkan platform perpustakaan digital bernama iPusnas Indonesia yang masih memiliki cukup banyak permasalahan. Penelitian ini berpedoman pada metodologi design thinking yang akan digunakan sebagai kerangka utama penelitian bersamaan dengan metode konsep berpikir Six Hats Thinking untuk menyelesaikan permasalahan, yang tentunya juga didukung oleh beberapa analisis statistik lainnya dalam melakukan proses pengumpulan dan pengolahan data. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototipe high fidelity desain antarmuka iPusnas yang dihasilkan melalui beberapa kali pengujian usability dan pengukuran kepuasan menggunakan kuesioner PSSUQ.

The rapid development of technology in the modern era has changed the way people live. Especially today, Indonesian low literacy culture and the COVID-19 pandemic affect the operational of the National Library of Indonesia which leads to the urgency to develop its digital library platform, named iPusnas Indonesia that still has quite a lot of problems. This research was guided by design thinking methodology that will be used as the main framework along with the six hats thinking method to solve problems alongside with other several statistical analyses for data gathering and processing. The output of this research is in a form of user interface high fidelity prototype after several usability testing and satisfaction measurement using the PSSUQ questionnaire."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwit Ratnasari
"Skripsi ini membahas arsitektur informasi pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara terhadap informan terkait dengan pengembangan Perpustakaan Digital Universitas Terbuka.. Analisis pada perpustakaan digital didasarkan pada empat komponen dasar dalam arsitektur informasi yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan sistem pencarian. Observasi dilakukan dengan dua cara. Pertama, mengobservasi tampilan antarmuka pengguna situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka. Kedua, mengobservasi pengguna untuk mengetahui tingkat stress dalam menavigasi situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka dengan melakukan navigation stress test. Hasil penelitian menyatakan bahwa situs web Perpustakaan Digital Universitas Terbuka belum memenuhi prinsip-prinsip dalam komponen dasar arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak perpustakaan untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi pada perpustakaan digital sehingga memberikan kemudahan-kemudahan akses informasi bagi penggunanya.

This thesis describes about information architecture on Open University Digital Library website. The research usesqualitativeapproach with observation and interview method associated with the development of Open University Digital Library. Analysis of the digital library is based on four fundamental components of an information architecture include organization system, labeling system, navigation system, and search system. Observation carried out in two ways. First, observe the user interface of the Open University Digital Library website. Second, observe the user to determinate the level of stress in navigating at Open University Digital Library website by conducting navigation stress test. The result of this research showed that the digital library website of Open University Digital Library not met the fundamental components of an information architecture. To put one thing in a nutshell, the librarian needs to improve and develop theirquality of digital library to provide easy-access to information for its users."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45771
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sanyoto
"Penelitian mengenai pemanfaatan dokumen digital pada salah satu partner IndonesiaDLN, dilakukan dari bulan April 2002 hingga bulan Februari 2003. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan dokumen digital, jenis koleksi dokumen digital, jenis profesi pengguna, penyebaran pengguna, dan pemanfaatan dokumen digital.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung ke tempat penelitian, dan pengumpulan data tertulis. Cara menganalisa data dijelaskan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan dokumen digital di lndonesiaDLN dapat diimplementasikan ke Perpustakaan Universitas Terbuka yang se_dang nnengembangkan sistem digital. Koleksi dokumen digital perpustakaan digital ITB dimanfaatkan oleh 3,05% dari total 15.321 sivitas akademika ITB atau 7,12% dari total keseluruhan 6573 anggota perpustakaan digital ITB, dan tersebar di lebih 100 kota di Indonesia dan di 53 negara.Hambatan yang ada dalam penyebaran dokumen digital, di samping kurangnya prasarana teknolagi pendukungnya juga berkaitan dengan kebijakan masing_masing institusi dalam mengelola dokumen digitalnya. Belum ada perubahan perilaku pencarian dokumen yang significant dengan adanya peralihan dari sistem manual ke sistem digital."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15419
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tennant, Roy
New York: Reed Press, 2004
025.002 TEN m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Robertus Nursuksma
"LONTAR adalah aplikasi library online milik UI yang digunakan internal untuk kepentingan UI. Saat ini kinerja dari LONTAR dikeluhkan oleh para pengguna karena lambat pada periode waktu tertentu. Hal ini memicu keingintahuan penulis untuk mengetahui dan mencoba mengukur kinerja dari LONTAR. Pengujian kinerja dilakukan dengan memanfaatkan tools dari Rational yaitu Rational Robot dan Rational TestManager. Pengujian ini menganggap aplikasi LONTAR, beban jaringan dan database LONTAR sebagai satu kesatuan objek pengujian, dengan kata lain tidak melakukan segregasi faktor penyumbang cepat-lambatnya response time yang dirasakan oleh pengguna. Penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk mengetahui persentase atau nilai beban kinerja yang disumbangkan oleh komponen-komponen seperti jaringan, struktur aplikasi dan server LONTAR terhadap kinerja LONTAR. Pengukuran kinerja telah dilakukan pada aplikasi dalam mode read-only yaitu pada fungsi pencarian dari LONTAR, dan dijalankan pada periode dimana sistem dalam keadaan minim gangguan dari luar yaitu malam hari. Kesimpulan yang didapatkan adalah kinerja LONTAR dan jaringan pada malam hari masih cukup baik, oleh karena itu terdapat kemungkinan kinerja yang lambat disebabkan oleh faktor lain yang hanya muncul pada saat non-malam hari seperti bandwith jaringan yang berkurang dan sebagainya. Hal-hal ini membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan tidak akan dibahas pada laporan proyek akhir ini.

LONTAR is a digital online library which is owned and has been used internally by University of Indonesia. Currently, LONTAR's performance has been critized by its users because of slow response time. Performance test has been conducted with Rational Robot and Rational TestManager. The test assumed the following components: LONTAR application, network and database as a single tested object. Each component contributions to overall system performace has not been investigated yet. Performance test was conducted on the application in read-only mode by testing the inquiry function from LONTAR. It relates to the select operation which cost less than update and deletion in the system, and logicaly faster than those operations. To reduce disturbance on the system, the testing was conducted in the night time when network load is relatively small and the application is not too busy serving the users. The result of performance test is LONTAR's performance is still on acceptable condition. This rises the possibility from another factors which might affect the performance on day time, such as low bandwith because of viruses and worms. Those hidden factors would need to be investigated in more detail which beyond the scope of this final project."
Lengkap +
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizatu Mukminah
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pemanfaatan koleksi digital oleh siswa di Perpustakaan
MAN Insan Cendekia Serpong. Tujuannya untuk mengetahui apakah koleksi
perpustakaan digital telah dimanfaatkan dan hambatan apa yang dihadapi
pemustaka dalam memanfaatkan layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan dengan
penyebaran kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
layanan koleksi digital di perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong sudah
dimanfaatkan siswa untuk memenuhi kebutuhan informasi. Namun, pemustaka
masih menemukan hambatan dalam layanan tersebut yaitu kurangnya kecepatan
koneksi, kurang lengkap koleksi dan jumlah komputer yang terbatas. Hasil
penelitian ini menyarankan pembenahan dari segi layanan dan kemampuan
pustakawan.

ABSTRACT
This under graduate thesis discusses the use of digital collections by students in
the Library of MAN Insan Cendekia Serpong. This study aims to determine
whether the digital library collection has been utilized and the obstacles faced
users in utilizing such services. This study uses a quantitative method with a case
study approach. The data obtained by questionnaires and interviews. Based on the
results of the study show a collection of digital services in libraries MAN Insan
Cendekia Serpong been used to meet the information needs of students. However,
users still find obstacles in such services is the lack of connection speed, less
complete collection and a limited number of computers. The results of this study
suggest improvements in terms of service and the ability of librarians"
Lengkap +
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vivit Wardah Rufaidah
"evaluasi didefinisikan sebagai proses sistematies untuk menentukan kegunaan, manfaat, nilai dan harga dari sesuatu. Dalam perpustakaan digital evaluasi berarti proses untuk menentukan apakah maksud dan tujuan dari perpustakaan digital dapat tercapai. TLA adalah satu cara untuk mengetahui secara menyeluruh bagaimana pengguna menggunakan atau memanfaatkan suatu perpustakaan digital. Sistem Transaction logging biasanya merupakan sebuah fitur sistem otomosi perpustakaan yang dapat digolongkan dalam 2 kategori: 1) Sistem yang menghitung transaksi yang mereka lakukan, dan 2) sistem yang menyimpan teks hasil transaksi.Selain mengevaluasi menggunakan transaction log analysis (TLA), Online survey dapat juga dijadikan komplemen pada penggunaan suatu web site atau situs. TLA dapat merekam perilaku pengguna pada saat online dan survey dapat merekam motivasi, tujuan, sikap dan tingkat kepuasan. Dengan mengkombinasi transaction log analysis dan online survey pencatatan akan lebih komprehensif. Dengan menghimpun data dengan pencatatan/logs diharapkan dapat membantu kita mengetahui apa yang pengguna perpustakaan digital lakukan di perpustakaan kita, dan kemudian dapat membuat kebijakan mengenai bagaimana mempertemukan kebutuhan pengguna dengan meningkatkan kualitas pencarian dengan memperbaiki setiap interface pada sistem kita. Transaction log analysis akan sangat berguna bila digunakan untuk mengkaji perilaku pengguna perpustakaan digital atau situs yang kita punya. Dari pencatatan tersebut kita dapat mengevaluasi perpustakaan digital atau situs yang kita miliki dengan mengetahui dari pencatatan tersebut, siapa pengguna kita, informasi apa yang pengguna butuhkan, bagaimana perilaku pencarian/akses pengguna, mengapa pengguna memerlukan informasi tersebut."
Lengkap +
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>