Ditemukan 73384 dokumen yang sesuai dengan query
Yasir Riady
"Penelitian mengenai perilaku pencarian informasi mahasiswa pascasarjana program doktor dilatarbelakangi karena rendahnya pemanfaatan mahasiswa tersebut di salah satu perpustakaan perguruan tinggi"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2013
020 VIS 15:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Yasir Riady
"Penelitian mengenai perilaku pencarian informasi mahasiswa pascasarjana program doktor bidang pendidikan bahasa ini dilatarbelakangi karena rendahnya pemanfaatan mereka di perpustakaan UNJ. Implementasi model pada penelitian ini adalah model tahapan perilaku pencarian informasi gabungan pada A stage process version of Ellis 's behavioral framework yang dikemukakan oleh Wilson yang sebelumnya diperkenalkan oleh David Ellis dalam Behavioral Model of Information Seeking Strategies. Hasil penelitian ini bahwa Model perilaku pencarian informasi mahasiswa program doktor bidang pendidikan bahasa di Universitas Negeri Jakarta yang menyusun disertasi sesuai dengan revisi model lima tahapan yaitu starting, chaining, extracting, verifying dan ending. Strategi pencarian informasi yang dilakukan mahasiswa program doktor yang sedang menulis disertasi yaitu dengan menggunakan perpustakaan, koleksi pribadi, mengakses internet, bertemu dengan narasumber, pembimbing, teman maupun mahasiswa. Hambatan yang ditemui ketika melakukan penelitian berkaitan dengan individu, antar individu serta faktor lingkungan yang menjadi hambatan terbesar karena terbatas, ketersediaan koleksi dan juga sumber informasi yang tersedia di sekitar informan.
This research is carried out because of postgraduate doctoral students of language education program's usage statistics in library is very low. This study uses A stage process version of Ellis`s behavioral framework by Wilson which is previously introduced by David Ellis in behavioral model of information seeking strategies. The result of this study reveals that the model of information seeking behavior of the postgraduate doctoral students of language education program in State University of Jakarta who wrote dissertation is suitable with the model based on five steps; starting, chaining, extracting, ver 'ing and ending. The strategies conducted by the respondents are going to the library, their own collections, Internet access, discussion with the source, advisor, friends and also their students. The barriers that they face when doing research is closely related to individual, between individuals and also environmental factors which becomes the biggest barrier due to the limited and availability of collections as well as available information source among respondents."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T37545
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Mutmainnah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan penyimpanan berbasis cloud dalam mengelola arsip pribadi digital bagi mahasiswa UI yang melaksanakan tugas akhir. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif melalui wawancara, dengan metode analisis data menggunakan analisis tematik. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei tahun 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian penyimpanan awan dalam pengelolaan arsip digital oleh mahasiswa UI yang melaksanakan tugas akhir menunjukkan bahwa mahasiswa sudah terbiasa menggunakan penyimpanan awan. Namun, pengelolaan arsip digital yang dilakukan cenderung sederhana, terutama saat memasuki dunia perkuliahan. Mahasiswa lebih fokus pada tahap penyimpanan file dengan aman dan kemudahan akses di penyimpanan awan, tanpa mengacu pada pengelolaan arsip yang lebih lanjut. Tahap-tahap pengelolaan yang dilakukan meliputi inisiasi, identifikasi, kategori sementara, pemeriksaan atau perbandingan, pemilihan, modifikasi atau penciptaan, hingga tahap kategori. Semua tahapan ini saling terkait satu sama lain. Pengelolaan arsip pribadi digital mahasiswa disesuaikan dengan pengetahuan dan kepentingan arsip masing-masing mahasiswa
This study aims to analyze the use of cloud-based storage in managing digital personal archives for UI students who are completing their final projects. The research was conducted qualitatively through interviews, with data analysis methods using thematic analysis. Data collection took place in May 2024. The results of the study show that the organization of cloud storage in managing digital archives by UI students working on their final projects indicates that students are accustomed to using cloud storage. However, the management of digital archives tends to be simple, especially when they first enter university. Students focus more on securely storing files and easy access in cloud storage, without referring to more advanced archive management. The stages of management carried out include initiation, identification, temporary categorization, examination or comparison, selection, modification or creation, and categorization. All these stages are interconnected. The management of students' digital personal archives is tailored to each student's knowledge and archival needs"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Said Muhammad Husain Al Syarif
"Tujuan penelitian ini mendeskripsikan minat mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan angkatan aktif tahun 2020 terhadap infopreneurship dan menganalisis keterampilan kewirausahaan mahasiswa karena rendahnya niat kewirausahaan di kalangan mahasiswa Indonesia. Mahasiswa ini dipilih sebagai sebagai subjek penelitian menggunakan total sampling dikarenakan penulis memungkinkan penelitian untuk dilakukan secara lebih terfokus dengan sumber daya yang ada dan relevan. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB), sehingga mengeksplorasi bagaimana sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku mahasiswa mempengaruhi minat mahasiswa untuk terlibat dalam infopreneurship. Kuesioner online disebarkan kepada mahasiswa untuk mengidentifikasi minat mahasiswa menjadi infopreneurship dan dianalisis dengan interpretasi data menggunakan sekala likert. Hasilnya menunjukan bahwa adanya sikap positif terhadap infopreneurship dan dukungan sosial dari lingkungan sekitar berkontribusi signifikan terhadap minat mahasiswa untuk terlibat dalam infopreneurship. Namun, kendala yang dihadapi adalah kurangnya kepercayaan diri dan keterampilan bisnis yang optimal serta menunjukan mahasiswa memiliki keterampilan kewirausahan dasar yang kuat dalam keterampilan teknis, TIK, dan literasi informasi untuk menjadi infopreneur. Penelitian ini memberikan temuan untuk menekankan pentingnya integrasi pendidikan kewirausahaan dan literasi informasi dalam kurikulum ilmu perpustakaan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional di bidang bisnis berbasis informasi di buktikan dengan rata-rata tertinggi pada butir "Saya ingin menjadi bos bagi diri saya sendiri" adalah 3.33 pada skala Likert 4 poin, menunjukkan keinginan kuat mahasiswa untuk menjadi mandiri dan memimpin usaha mereka sendiri.
This study examines to describe the interest of the 2020 active class of Library Science Study Program students towards infopreneurship and analyze students' entrepreneurial skills due to the low entrepreneurial intentions among Indonesian students. These students were chosen as research subjects using total sampling because the author allows the research to be carried out in a more focused manner with existing and relevant resources. This research uses the Theory of Planned Behavior (TPB) approach, thereby exploring how students' attitudes, subjective norms, and behavioral control influence students' interest in getting involved in infopreneurship. An online questionnaire was distributed to students to identify students' interest in becoming infopreneurs and analyzed by interpreting the data using a Likert scale. The results show that positive attitudes towards infopreneurship and social support from the surrounding environment make a significant contribution to students' interest in getting involved in infopreneurship. However, the obstacles faced are a lack of self-confidence and optimal business skills, as well as showing that students have strong basic entrepreneurial skills in technical skills, ICT, and information literacy to become infopreneurs. This research provides findings to emphasize the importance of integrating entrepreneurship education and information literacy into the library science curriculum to prepare students to become professionals in the information-based business field, evidenced by the highest average score on the item "I want to be my own boss" which is 3.33 on a 4-point Likert scale, indicating a strong desire of students to be independent and lead their own businesses."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ricky Rahmatullah
"Penelitian ini membahas mengenai perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami penggunaan ChatGPT dalam proses pencarian informasi mahasiswa dan membandingkan penggunaan ChatGPT pada mahasiswa bidang sains teknologi dengan sosial humaniora untuk keperluan pencarian informasi. Data pada penelitian ini didapatkan melalui wawancara semi terstruktur terhadap dua orang informan yang terdiri dari satu mahasiswa saintek dan satu mahasiswa soshum. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis penggunaan ChatGPT oleh mahasiswa berdasarkan model perilaku pencarian Ellis untuk kemudian dilakukan perbandingan perilaku pencarian informasi antara mahasiswa saintek dengan mahasiswa soshum. Hasil dari analisis data menyebutkan bahwa tidak ditemukan perbedaan signifikan antara mahasiswa saintek dan soshum dalam menggunakan ChatGPT pada proses pencarian informasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah diskusi, yakni teori perilaku pencarian informasi saat ini belum mampu mengakomodasi penggunaan AI sebagai sumber informasi, sehingga perlu adanya pengembangan teori perilaku pencarian informasi dengan memasukkan peran AI ke dalam proses pencarian informasi.
This study discusses the information seeking behavior of students using ChatGPT. The research aims to understand the utilization of ChatGPT in the information seeking process of students and compare its usage between STEAM and social sciences and humanities (SSH) students. Data for this study were obtained through semi-structured interviews with two informants, one from the STEAM field and one from the SSH field. The data were analyzed using qualitative descriptive methods, analyzing the usage of ChatGPT by students based on Ellis' information seeking behavior model, followed by a comparison of information seeking behavior between STEAM and SSH students. The results of the data analysis indicate that there were no significant differences in the usage of ChatGPT between STEAM and SSH students in the information seeking process. The study generates a discussion highlighting the current inadequacy of information seeking behavior theories to accommodate the role of AI as an information source. Therefore, there is a need for the development of information seeking behavior theories that incorporate the role of AI in the information seeking process."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dian Masniari
"Penelitian ini membahas pencarian informasi mahasiswa Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sumber informasi sejarah untuk penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan lima informan. Model penelitian ini menggunakan gabungan model perilaku pencarian informasi Ellis dan Intervening Variable milik Wilson. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi Ilmu Sejarah menggunakan arsip berbagai jenis, buku, jurnal, narasumber, dan internet. Lokasi yang paling sering dikunjungi adalah Perpustakaan Universitas, Perpustakaan Nasional dan Arsip Nasional Indonesia. Perilaku pencarian informasi dengan enam tahapan dari Ellis tidak semuanya dilakukan informan. Hambatan yang dihadapi adalah personal, interpersonal hingga lingkungan.
This research analyzes information seeking behavior of students of Historical Science in Faculty of Humanities, University Indonesia. In complete the needs of historical information sources in thesis writing. This research uses qualitative descriptive method, by using five informants. This research also combines information seeking behavior model of Ellis and intervening variables of Wilson. The results shows that historical science’s students use various archive for data that they need as primary source, books, journals, resource persons, and internet. Location which is often visited by informants are UI’s library, national library, national archive of Indonesia. Informants not use all stages of the six stages in information seeking behavior. The informants also face personal, interpersonal and environmental barriers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46816
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Abdul Fattah Robbani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi serta perilaku pencarian informasi mahasiswa tingkat akhir Program Studi Arkeologi Universitas Indonesia dalam penelitian skripsi. Penelitian ini juga mencoba untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa arkeologi baik pada saat penelusuran informasi maupun mengakses sumber-sumber informasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan observasi dalam memperoleh informasi dari informan. Penelitian ini menggunakan model dari perilaku pencarian informasi yang dikemukakan oleh Ellis yang selanjutnya ditambahkan oleh Wilson untuk mengidentifikasi keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa Program Studi Arkeologi memiliki kebutuhan informasi berdasarkan topik penelitian yang diteliti. Mahasiswa arkeologi melakukan tahapan-tahapan pencarian informasi sesuai dengan model perilaku pencarian informasi Ellis.
Lokasi dari objek arkeologi yang diteliti menjadi hambatan yang paling banyak ditemui pada penelitian mahasiswa Program Studi Arkeologi.
This study aims to identify information needs and information seeking behavior of their final year students of Archaeological Studies Program, Universitas Indonesia in the research thesis. The study also tries to identify the obstacles encountered both archeology student at the time of the search of information and access to sources of information. This study is a qualitative study using interviews and observations in obtaining information from informants. This study uses a model of information seeking behavior expressed by Ellis are then added by Wilson to identify the real situation. The results of this study indicate Archaeological Studies Program students have a need for information based on research topics studied. Archeology students doing the stages of information search in accordance with a behavioral model of information retrieval Ellis. The location of archaeological object under study into the barriers most commonly found in the research students of Archaeology."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69775
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurul Khadijah Az-Zahra
"Tugas akademik yang diberikan guru dapat menimbulkan kebutuhan informasi siswa. Untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut, siswa dapat melakukan pencarian informasi dengan cara yang berbeda-beda satu sama lain. Diketahui pada SMAIT As-Syifa Boarding School yang merupakan sekolah berbasis Islami, terdapat tambahan mata pelajaran mengenai ajaran Islam yang dapat menimbulkan kebutuhan informasi yang lebih luas dan beragam. Ditemukan pula bahwa kebutuhan dan perilaku pencarian informasi siswa belum diketahui dengan pasti. Adapun literatur yang tersedia tentang kebutuhan dan perilaku pencarian informasi di sekolah berasrama berbasis Islami masih belum banyak. Penelitian ini mencakup bahasan kebutuhan informasi siswa SMAIT As-Syifa dalam memenuhi tugas, perilaku pencarian informasi dalam memenuhi kebutuhan tersebut, serta hambatan dalam pencarian informasi yang dibutuhkan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi literatur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memenuhi tugas, mayoritas siswa membutuhkan informasi untuk mata pelajaran IPA atau IPS, membutuhkan internet dan situs internet, memanfaatkan buku referensi, serta melakukan pencarian informasi mendalam dan menyusun hasil temuan informasi yang relevan. Selain itu, siswa merasa kebingungan ketika tidak dapat menemukan informasi yang dibutuhkan, serta kesulitan dalam mengakses komputer atau laptop.
Academic tasks from teachers can stimulate students’ information needs. To fulfill it, students can search for information in different ways amongst the students. It is known at SMAIT As-Syifa Boarding School which is an Islamic-based boarding school, there are additional subjects of Islamic teachings which can lead to more diverse and broad information needs for students. It was also found that students’ needs and behavior in seeking information to fulfill tasks were not known. Moreover, the literature on information needs and information-seeking behavior in Islamic boarding schools that available is still quite a few. This study discussed the information needs of SMAIT As-Syifa students in fulfilling academic tasks, information-seeking behavior conducted to meet these information needs, as well as barriers when seeking information to meet these information needs. The method used descriptive quantitative, and the data collection techniques used questionnaires, literature studies, and documentation. The sampling technique used random sampling technique. The findings revealed that in fulfilling the tasks, the majority of students needed information on science or social studies subjects, needed the internet and internet sites, used reference books, conducted in-depth searches and compiled information search results. Apart from that, they felt confused when they did not find the information needed, and troubled to access computers or laptops."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Satrio Arismunandar
Yogyakarta: Genta Press, 2005
371.81 SAT b
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Kadek Beni Sudianingsih
"Kemampuan akses ke internet dan pemanfaatan saluruh fasilitasnya nternerlukan keterampilan khusus, karena jika seseorang mencoba mencari informasi dalarn internet, maka is akan diliadapkan pada berbagai macam silos inioimasi. Oleh karena itu diperlukan kemampuan pencarian infonnasi melalui internet. Melalui PDPT, Mahasiswa baru UI telah diberikan bekal untuk menghadapi metode belajar yang diterapkan di perguruan tinggi. Salah satu jenis pembelajaran yang diberikan dalam PDPT adalah pembelajaran melalui media komputer dimana mahasiswa dituntut untuk dapat menggunakan teknologi komputer untuk mencari dan mengolah informasi. Dengan latar belakang inilah penulis ingin mencari tahu sejauh mana penggunaan internet oleh mahasiswa UI yang telah mengikuti PDPT. Tujuan darn penelitian ini adalah untuk inengetahui penggunaan internet dan pemahaman mahasiswa mengenai internet oleh mahasiswa psikologi UI yang telah mengikuti program PDPT dan juga untuk mengetahui dampak positif program PDPT terhadap penggunaan internet oleh mahasiswa. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai penggunaan internet oleh mahasiswa yang telah mengikuti PDPT dan menjadi sumber infonnasi bagi penyelenggara PDPT terkait dengan penerapan Computer Mediated Learning (CML). Subjek penelitian adalah mahasiswa di Fakultas Psikologi UI Depok. Subjek ini dipilih mengingat Fakultas Psikologi merupakan fakultas yang pertama kali memberikan PDPT kepada mahasiswanya, yakni sejak tahun 2002. Metode penelitian yang dipakai adalah metode studi kasus. Setelah dilakukan pengambilan sampel berdasarkan rumus Stavin, jumlah sampel yang didapat untuk penelitian ini sebanyak 80 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan secara kcbetulan (accidental sampling), yaitu mahasiswa angkatan 2002 sarnpai dengan 2004 yang ditemui pada saat penyebaran kuesioner pada tanggal 11 sampai dengan 18 Juli 2005. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu berupa SPSS 13.0 for Windows. Dari penelitian ini diketahui bahwa tingkat penggunaan internet oleh mahasiswa yang telah mengikuti PDPT tinggi. Hal ini terlihat dengan intensitas penggunaan yang cukup sering. Meskipun sering menggunakan internet, mahasiswa tidak sepenuhnya rnempercayai sumber-sumber yang terdapat di internet. Bagi mereka sumber informasi yang terdapat di perpustakaan merupakan sumber yang paling dapat dipercaya. Sebelum mengikuti PDPT, mahasiswa telah mengenal internet cukup lama, sehingga pemaharnan mereka mengenai penggunaan internet tidak banyak bertambah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15462
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library