Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 212996 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Azhar Rahmatilah Addzikri
"Peningkatan jumlah investor yang terjadi pada pasar modal di Indonesia tidak terlepas dari kemudahan yang ditawarkan perusahaan sekuritas melalui penyediaan aplikasi investasi, sehingga kegiatan investasi menjadi mudah untuk dilakukan. Bibit dan Bareksa merupakan contoh aplikasi investasi pasar modal yang paling banyak digunakan saat ini. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana pengaruh dari aspek teknologi, personal dan lingkungan terhadap niat berkelanjutan untuk menggunakan aplikasi investasi dengan menggunakan studi kasus aplikasi Bibit dan Bareksa. Penelitian ini menggunakan model eksploratif dengan menggabungkan beberapa framework dan teori seperti Technology-Personal-Environment Framework, Innovation Diffusion Theory (IDT), Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Theory of Planned Behavior (TPB), dan Expectation Confirmation Model (ECM). Responden penelitian ini terdiri dari 464 orang yang pernah atau masih aktif menggunakan aplikasi Bibit atau Bareksa untuk berinvestasi. Analisis dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS- SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek personal melalui konstruk trust dan hedonic motivation dan teknologi melalui konstruk relative advantage, complexity, dan compatibility memiliki pengaruh terhadap niat keberlanjutan dalam menggunakan aplikasi investasi secara tidak langsung atau melalui konstruk lainnya yaitu perceived usefulness dan satisfaction. Penelitian ini diharapkan dapat melengkapi penelitian sebelumnya dan dapat menjadi acuan penelitian selanjutnya terkait aplikasi investasi. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak regulator dalam membuat kebijakan serta bagi perusahaan penyedia aplikasi dalam melakukan pengembangan untuk bisa fokus terhadap faktor yang dapat berpengaruh terhadap niat keberlanjutan penggunaan aplikasi oleh pengguna, terutama aplikasi Bibit dan Bareksa. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor individu dan bukan hanya menjadi suatu siklus sesaat.

The increase number of investors in the Indonesia capital market is closely linked to the ease offered by securities companies through the provision of investment applications, making investment activities easy to conduct. Bibit and Bareksa are examples of the most widely used capital market investment applications today. This study aims to analyze how technological, personal, and environmental aspects influence the sustainable intention to use investment applications, using the Bibit and Bareksa applications as case studies. This study employs an exploratory model by combining several frameworks and theories such as the Technology-Personal-Environment Framework, Innovation Diffusion Theory (IDT), Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Theory of Planned Behavior (TPB), and Expectation Confirmation Model (ECM). The respondents of this study consist of 464 individuals who have used or are still actively using the Bibit or Bareksa applications for investment. The analysis in this study is conducted using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method. The results show that personal aspects through the constructs of trust and hedonic motivation, and technology through the constructs of relative advantage, complexity, and compatibility, have an impact on the sustainable intention to use investment applications either directly or indirectly through other constructs such as perceived usefulness and satisfaction. This study is expected to complement previous research and serve as a reference for future research related to investment applications. Additionally, the results of this study are also expected to serve as an evaluation material for regulators in policymaking and for application providers in developing investment applications, especially Bibit and Bareksa, to focus on factors that can influence the sustainable intention of users to use the applications. This is hoped to increase the number of individual investors and not just be a temporary cycle. "
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafidan Musyaffa Irawan
"Peningkatan jumlah investor yang terjadi pada pasar modal di Indonesia tidak terlepas dari kemudahan yang ditawarkan perusahaan sekuritas melalui penyediaan aplikasi investasi, sehingga kegiatan investasi menjadi mudah untuk dilakukan. Bibit dan Bareksa merupakan contoh aplikasi investasi pasar modal yang paling banyak digunakan saat ini. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana pengaruh dari aspek teknologi, personal dan lingkungan terhadap niat berkelanjutan untuk menggunakan aplikasi investasi dengan menggunakan studi kasus aplikasi Bibit dan Bareksa. Penelitian ini menggunakan model eksploratif dengan menggabungkan beberapa framework dan teori seperti Technology-Personal-Environment Framework, Innovation Diffusion Theory (IDT), Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Theory of Planned Behavior (TPB), dan Expectation Confirmation Model (ECM). Responden penelitian ini terdiri dari 464 orang yang pernah atau masih aktif menggunakan aplikasi Bibit atau Bareksa untuk berinvestasi. Analisis dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS- SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek personal melalui konstruk trust dan hedonic motivation dan teknologi melalui konstruk relative advantage, complexity, dan compatibility memiliki pengaruh terhadap niat keberlanjutan dalam menggunakan aplikasi investasi secara tidak langsung atau melalui konstruk lainnya yaitu perceived usefulness dan satisfaction. Penelitian ini diharapkan dapat melengkapi penelitian sebelumnya dan dapat menjadi acuan penelitian selanjutnya terkait aplikasi investasi. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak regulator dalam membuat kebijakan serta bagi perusahaan penyedia aplikasi dalam melakukan pengembangan untuk bisa fokus terhadap faktor yang dapat berpengaruh terhadap niat keberlanjutan penggunaan aplikasi oleh pengguna, terutama aplikasi Bibit dan Bareksa. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor individu dan bukan hanya menjadi suatu siklus sesaat.

The increase number of investors in the Indonesia capital market is closely linked to the ease offered by securities companies through the provision of investment applications, making investment activities easy to conduct. Bibit and Bareksa are examples of the most widely used capital market investment applications today. This study aims to analyze how technological, personal, and environmental aspects influence the sustainable intention to use investment applications, using the Bibit and Bareksa applications as case studies. This study employs an exploratory model by combining several frameworks and theories such as the Technology-Personal-Environment Framework, Innovation Diffusion Theory (IDT), Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Theory of Planned Behavior (TPB), and Expectation Confirmation Model (ECM). The respondents of this study consist of 464 individuals who have used or are still actively using the Bibit or Bareksa applications for investment. The analysis in this study is conducted using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method. The results show that personal aspects through the constructs of trust and hedonic motivation, and technology through the constructs of relative advantage, complexity, and compatibility, have an impact on the sustainable intention to use investment applications either directly or indirectly through other constructs such as perceived usefulness and satisfaction. This study is expected to complement previous research and serve as a reference for future research related to investment applications. Additionally, the results of this study are also expected to serve as an evaluation material for regulators in policymaking and for application providers in developing investment applications, especially Bibit and Bareksa, to focus on factors that can influence the sustainable intention of users to use the applications. This is hoped to increase the number of individual investors and not just be a temporary cycle. "
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Mutiara Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh satisfaction, habit dan customer value perspectives yang dijelaskan oleh variabel perceived usefulness, perceived enjoyment dan social ties terhadap continuance intention atau intensi mahasiswa Universitas Indonesia untuk melanjutkan penggunaan aplikasi WhatsApp. Responden penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Indonesia program S1 dan D3 Vokasi yang telah menggunakan aplikasi WhatsApp minimal semenjak enam bulan terakhir. Kuesioner dalam penelitian ini adalah self administered questionnaires yang disebarkan dan diisi secara online. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM), dan pengolahan data dari 271 responden menggunakan software LISREL 8.51. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa perceived usefulness dan social ties terbukti secara signifikan memengaruhi satisfaction dan habit, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap continuance intention. Sementara perceived enjoyment terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap satisfaction, habit dan continuance intention

ABSTRACT
This study aims to analyze the effects of satisfaction, habit and customer value perspectives which explained by three variables: perceived usefulness, perceived enjoyment, social ties toward continuance intention of University of Indonesia student in using WhatsApp. Data for this research were collected from University of Indonesia active student from Bachelor (S1) and Diploma (D3) program who has using WhatsApp at least for the last six months. Self administered questionnaires in this research were distributed and filled online. This research using Structural Equation Modelling (SEM) method and 271 response were run with LISREL 8.51. The results of this research indicate that the perceived usefulness and social ties have significant effects on satisfaction and habit but have no significant effect on continuance intention. While perceived enjoyment has no significant effect on satisfaction, habit and continuance intention.
"
Lengkap +
2016
S63819
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alaydrus, Fatih Ismail
"Pesatnya perkembangan layanan streaming musik atau Music Streaming Services (MSS) membentuk kenormalan baru dalam cara kita menikmati musik. Spotify telah memimpin pangsa pasar MSS di dunia walau kompetisi semakin kuat dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Kebutuhan tersebut berkaitan erat dengan technology affordance atau apa yang layanan dapat penuhi sesuai persepsi dan tujuan penggunanya. Dengan memahami aspek technology affordance dari layanannya, Spotify dan penyedia MSS mampu menemukan solusi untuk meningkatkan retensi penggunanya serta pendapatannya keseluruhan. Penelitian yang dijalankan memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor terkait technology affordance dari layanan MSS serta pengaruhnya terhadap niat pengguna untuk tetap menggunakan dan berlangganan layanan premium dari MSS, khususnya Spotify. Penelitian mengidentifikasi technology affordance dari MSS melalui pendekatan grounded theory. Terdapat empat faktor utama technology affordance dari MSS, yaitu exploration, listening control, playlisting, serta social connectivity. Penelitian dilanjutkan dengan mengintegrasikan temuan tersebut dengan expectation-confirmation model (ECM) dan melakukan analisis kuantitatif menggunakan PLS-SEM pada 321 pengguna Spotify. Didapatkan bahwa subscription intention pengguna dipengaruhi oleh continuance intention. Selanjutnya, continuance intention dipengaruhi oleh perceived usefulness serta satisfaction dimana kedua hal tersebut dipengaruhi oleh confirmation. Terakhir, perceived usefulness dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance dari MSS dimana dua faktor affordance dengan pengaruh terbesar yaitu exploration affordance dan listening control affordance. Penelitian ini mampu dikembangkan lebih lanjut dan mampu menjadi saran praktis bagi penyedia layanan MSS dalam mengembangkan layanan yang berfokus pada pengguna.

The rapid growth of music streaming services (MSS) has shaped the new normal of how we listen to music. Spotify has been leading the global MSS market in terms of market share, even though the competition is getting tougher in fulfilling the user's needs. User's needs are heavily linked to technology affordance, which concerns what a service could afford based on the user's perception and goals. By understanding the technology affordance of their service, Spotify and other MSS providers can formulate a solution that could boost user retention and their overall revenue. The study aims to identify the technology affordance of MSS and how it affects the user’s continuance intention and subscription intention, especially on Spotify. The study identified MSS technology affordances through grounded theory approaches. There are four key technology affordances of MSS: exploration, listening control, playlisting, and social connectivity. The study continued with the integration of MSS technology affordances with expectation-confirmation model (ECM). It was found that subscription intention is influenced by continuance intention, continuance intention is influenced by perceived usefulness and satisfaction, in which these two factors are influenced by confirmation. Lastly, perceived usefulness was influenced by all of the identified MSS technology affordances, in which two factors with the greatest influence were exploration affordance and listening control affordance. The study findings could be developed for future research and stand as suggestions for MSS providers to develop user-centered services.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Ilham Rahmadi
"Pesatnya perkembangan layanan streaming musik atau Music Streaming Services (MSS) membentuk kenormalan baru dalam cara kita menikmati musik. Spotify telah memimpin pangsa pasar MSS di dunia walau kompetisi semakin kuat dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Kebutuhan tersebut berkaitan erat dengan technology affordance atau apa yang layanan dapat penuhi sesuai persepsi dan tujuan penggunanya. Dengan memahami aspek technology affordance dari layanannya, Spotify dan penyedia MSS mampu menemukan solusi untuk meningkatkan retensi penggunanya serta pendapatannya keseluruhan. Penelitian yang dijalankan memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor terkait technology affordance dari layanan MSS serta pengaruhnya terhadap niat pengguna untuk tetap menggunakan dan berlangganan layanan premium dari MSS, khususnya Spotify. Penelitian mengidentifikasi technology affordance dari MSS melalui pendekatan grounded theory. Terdapat empat faktor utama technology affordance dari MSS, yaitu exploration, listening control, playlisting, serta social connectivity. Penelitian dilanjutkan dengan mengintegrasikan temuan tersebut dengan expectation-confirmation model (ECM) dan melakukan analisis kuantitatif menggunakan PLS-SEM pada 321 pengguna Spotify. Didapatkan bahwa subscription intention pengguna dipengaruhi oleh continuance intention. Selanjutnya, continuance intention dipengaruhi oleh perceived usefulness serta satisfaction dimana kedua hal tersebut dipengaruhi oleh confirmation. Terakhir, perceived usefulness dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance dari MSS dimana dua faktor affordance dengan pengaruh terbesar yaitu exploration affordance dan listening control affordance. Penelitian ini mampu dikembangkan lebih lanjut dan mampu menjadi saran praktis bagi penyedia layanan MSS dalam mengembangkan layanan yang berfokus pada pengguna.

The rapid growth of music streaming services (MSS) has shaped the new normal of how we listen to music. Spotify has been leading the global MSS market in terms of market share, even though the competition is getting tougher in fulfilling the user's needs. User's needs are heavily linked to technology affordance, which concerns what a service could afford based on the user's perception and goals. By understanding the technology affordance of their service, Spotify and other MSS providers can formulate a solution that could boost user retention and their overall revenue. The study aims to identify the technology affordance of MSS and how it affects the user’s continuance intention and subscription intention, especially on Spotify. The study identified MSS technology affordances through grounded theory approaches. There are four key technology affordances of MSS: exploration, listening control, playlisting, and social connectivity. The study continued with the integration of MSS technology affordances with expectation-confirmation model (ECM). It was found that subscription intention is influenced by continuance intention, continuance intention is influenced by perceived usefulness and satisfaction, in which these two factors are influenced by confirmation. Lastly, perceived usefulness was influenced by all of the identified MSS technology affordances, in which two factors with the greatest influence were exploration affordance and listening control affordance. The study findings could be developed for future research and stand as suggestions for MSS providers to develop user-centered services.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vito Ammar Gozali
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan investasi reksa dana pada Generasi Z di platform investasi Bibit di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 100 responden pengguna aplikasi Bibit yang berdomisili di DKI Jakarta dan lahir pada rentang tahun 1996-2012.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi reksa dana pada Generasi Z di platform investasi Bibit di DKI Jakarta. Artinya, semakin baik tingkat literasi keuangan seseorang, maka semakin baik pula keputusan investasi yang diambilnya. Hal ini dapat diartikan bahwa generasi Z yang memiliki pemahaman yang baik tentang konsep-konsep keuangan, produk investasi, dan risiko yang terkait, cenderung membuat keputusan investasi yang lebih rasional dan terinformasi. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok responden dengan literasi keuangan tinggi dan rendah dalam hal keputusan investasi mereka. Responden dengan literasi keuangan tinggi cenderung membuat keputusan investasi yang lebih baik dibandingkan dengan responden dengan literasi keuangan rendah.


This study aims to analyse the effect of financial literacy on mutual fund investment decisions among Generation Z on the Bibit investment platform in DKI Jakarta. The research employed a quantitative approach with 100 respondents who are Bibit app users domiciled in DKI Jakarta and born between 1996-2012. The results showed that financial literacy has a significant effect on mutual fund investment decisions among Generation Z on the Bibit investment platform in DKI Jakarta. This means that the better a person's level of financial literacy, the better their investment decisions. This can be interpreted that Generation Z who have a good understanding of financial concepts, investment products, and related risks, tend to make more rational and informed investment decisions. Furthermore, this study also found that there are significant differences between groups of respondents with high and low financial literacy in terms of their investment decisions. Respondents with high financial literacy tend to make better investment decisions compared to respondents with low financial literacy.

 

"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Isti Safira
"Social distancing yang diterapkan untuk mitigasi penyebaran COVID-19 menyebabkan terjadinya pengurangan interaksi tatap muka antar individu. Hal ini menyebabkan beralihnya pertemuan langsung menjadi pertemuan virtual, sehingga terjadi peningkatan dalam penggunaan aplikasi video conference untuk berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference pada masa yang akan datang, termasuk saat era new normal maupun setelah pandemi COVID-19 berakhir. Penelitian ini merupakan modifikasi dari expectation confirmation model (ECM), model yang terbukti dapat menyelidiki niat berkelanjutan sistem informasi. Responden terdiri dari 556 pengguna aplikasi video conference dalam tiga bulan terakhir. Analisis dilakukan dengan metode partial least square SEM dengan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa confirmation (konfirmasi ekspektasi), perceived ease of use (kemudahan), perceived usefulness (kebermanfaatan), service quality (kualitas layanan), way to express affection (mengekspresikan kedekatan), dan system quality (kualitas sistem) berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction (kepuasan). Kemudian, perceived usefulness (kebermanfaatan) dan satisfaction (kepuasan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap continuance intention (keberlanjutan) penggunaan aplikasi video conference. Penelitian ini dapat membantu penelitian sebelumnya untuk menganalisis faktor yang memengaruhi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference.

A decrease in face-to-face encounters between people is caused by social distancing that is applied to reduce the spread of COVID-19. This has led to the switch from direct meetings to virtual meetings, leading to an increase in the use of applications for video conferencing to communicate. The goal of this study is to explore the factors affecting satisfaction and the decision to continue using video conferencing applications in the future, even after the COVID-19 pandemic ends during the new normal period. This research is a modification to the expectation confirmation model (ECM), a model that has been proven to analyze the sustainable intention of information systems. The respondents consisted of 556 users of video conferencing applications in the last three months. The analysis was performed using the partial least square SEM method with SmartPLS 3. The findings of this study show that confirmation, perceived ease of use, perceived usefulness, service quality, way to express affection, and system quality have a positive and significant effect on satisfaction. Then, perceived usefulness and satisfaction have a positive and significant effect on continuance intention of video conferencing applications. This study enriches previous researches to analyze the factors that influence satisfaction and intention to continue using video conferencing applications."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Muhammad
"ABSTRAK
Piranti lunak aplikasi perangkat mobile (mobile applications/App) telah mengalami pertumbuhan sejalan dengan penggunaan smartphones pada beberapa tahun ini. Diantara banyaknya kategori mobile Apps, social Apps adalah kategori yang mengalami pertumbuhan tertinggi pada 2013. Dengan banyaknya penelitian mengenai intensi perilaku dari penggunaan mobile Apps dengan hal-hal yang mempengaruhinya, penelitian mengenai intensi keberlanjutan penggunaan (continuance intention) masih menjadi hal yang penting untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer value perspectives, yang terdiri dari perceived usefulness, perceived enjoyment, dan social ties, terhadap continuance intention baik secara langsung, maupun dengan mediasi dari satisfaction dan habit. Sampel penelitian ini adalah 141 orang yang menggunakan Instagram dalam sebulan terakhir dengan ketentuan jenis penggunaan; dan dikumpulkan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik convenience, judgemental, dan snowball sampling. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness berpengaruh langsung terhadap continuance intention; perceived enjoyment berpengaruh baik langsung maupun melalui satisfaction dan habit; dan social ties berpengaruh tidak langsung melalui habit.

ABSTRACT
Mobile application software (mobile applications/App) has grown in conjunction with the use of smartphones in recent years. Among numerous categories of mobile Apps, social Apps were one of those with the greatest growth in 2013. Despite abundant research on users? behavior intention of mobile Apps, continuance intention is still an important thing to investigate. This study aims to analyze the effect of customer value persepectives, consist of perceived usefulness, perceived enjoyment, and social ties, towards continuance intention directly or by the mediation of satisfaction and habit. The sample are 141 users of Instagram which using Instagram at least for the last one month, with the specific conditions of usage; and gathered through non-probability sampling method using convenience, judgmental, and snowball sampling technique. The data was processed using Structural Equation Modelling. The results shows that perceived usefulness has a direct effect on continuance intention, with no indirect effect; perceived enjoyment has both direct and indirect effect through satisfaction and habit; and social ties has indirect effect through habit with no direct effect."
Lengkap +
2016
S62776
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Venska Aurell Dominica
"Perkembangan pesat aplikasi mobile telah menjadi bagian penting dalam mendukung berbagai aktivitas, termasuk di industri telekomunikasi. Perusahaan pada industri telekomunikasi di Indonesia sendiri memiliki tantangan dalam menjaga tingkat customer churn yang tinggi. Faktor utama penyebab tingginya customer churn pada industri telekomunikasi adalah rendahnya tingkat customer experience dan loyalitas pelanggan yang rendah. Meskipun berbagai fitur telah dihadirkan oleh aplikasi mobile telekomunikasi seperti MyTelkomsel sebagai upaya peningkatan customer experience dan loyalitas pelanggan, tingkat kehilangan pelanggan di industri ini masih tinggi, sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor kualitas layanan mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile service quality terhadap continuance intention pengguna aplikasi MyTelkomsel, yaitu aplikasi mobile telekomunikasi dari provider seluler dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Dalam meneliti hal tersebut, tim peneliti menggunakan SERVQUAL theory, konstruk inertia, dan continuance intention yang diadaptasi dari berbagai penelitian terdahulu. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 487 responden dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Square structural Equation Modelling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4, sementara data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile service quality yang terdiri dari dua dimensi, yaitu application quality dan outcome quality berpengaruh terhadap continuance intention. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan telekomunikasi, terkhusus pihak pengembang, mengenai aspek mobile service quality pada aplikasi mobile telekomunikasi apa saja yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan niat keberlanjutan penggunaanya.

The rapid development of mobile applications has become an essential part of supporting various activities, including in the telecommunications industry. Companies in the Indonesian telecommunications industry face the challenge of maintaining high customer churn rates. The main factors causing high customer churn in the telecommunications industry are the low level of customer experience and low customer loyalty. Although various features have been introduced by mobile telecommunication applications like MyTelkomsel in an effort to improve customer experience and loyalty, the rate of customer loss in this industry remains high. Therefore, a deep understanding of the factors influencing the quality of mobile services is necessary. This study aims to analyze the impact of mobile service quality on the continuance intention of MyTelkomsel users, which is the mobile application of the largest cellular provider in Indonesia. To investigate this, the research team employs the SERVQUAL theory. constructs inertia, and continuance intention adapted from previous studies. Quantitative data was collected through a questionnaire completed by 487 respondents and qualitative data through interviews with 30 informants. The quantitative data was analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method through the SmartPLS 4 software, while the qualitative data was analyzed using content analysis. The results of this study indicate that mobile service quality, comprising two dimensions: application quality and outcome quality, affects continuance intention. These findings are expected to provide insights for telecommunications service providers, especially developers, on which aspects of mobile service quality in mobile applications can be enhanced to increase users' continuance intention."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Romauli, Irene Pixelyne
"Jumlah investor reksa dana di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Namun, jika dibandingkan dengan total populasi penduduk, jumlah tersebut masih terbilang sangat kecil. Digitalisasi industri investasi dalam bentuk aplikasi reksa dana diketahui dapat meningkatkan jumlah investor reksa dana di Indonesia. Namun, pengadopsian aplikasi reksa dana disebutkan sangat bergantung pada kemampuan aplikasi tersebut dalam memenuhi kebutuhan investor. Untuk mengukur kemampuan tersebut, digunakan perspektif teori task-technology fit yang juga menjadi dasar tujuan penelitian ini, yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan aplikasi investasi reksa dana. Penelitian dilakukan menggunakan metode covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) untuk mengolah data yang diperoleh dari survei daring yang diisi oleh 421 responden valid. Hasil analisis membuktikan bahwa task characteristic investor reksa dana adalah mengelola akun investasi, melakukan transaksi, dan memperoleh informasi. Sedangkan technology characteristic aplikasi reksa dana adalah bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, aman, dan transparan. Hasil analisis juga membuktikan bahwa faktor task characteristic dan technology characteristic memengaruhi task-technology fit; faktor task-technology fit memengaruhi perceived ease of use dan perceived usefulness; faktor perceived risk memengaruhi perceived ease of use; faktor perceived ease of use memengaruhi perceived usefulness dan behavioural intention to use; dan faktor perceived usefulness memengaruhi behavioural intention to use. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi kekosongan penelitian mengenai intrumen investasi reksa dana dari perspektif task-technology fit serta memberi implikasi praktikal bagi investor sebagai panduan dalam menganalisis aplikasi investasi reksa dana serta bagi pelaku industri reksa dana untuk mengembangkan aplikasi yang memenuhi kebutuhan investor reksa dana di Indonesia.

The number of mutual fund investors in Indonesia has increased significantly every year. However, when compared to the total population, this number is still very small. Digitalization of the investment industry in the form of mutual fund applications is known to increase the number of mutual fund investors in Indonesia. However, the adoption of the mutual fund application is said to be highly dependent on the ability of the application to meet the needs of investors. To measure this ability, the perspective of task-technology fit theory is used which is also the basis for the purpose of this study, namely to analyze the factors that influence user intentions in using mutual fund applications. The study was conducted using the covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) method to process data acquired from an online survey filled out by 421 valid respondents. The results of the analysis prove that the task characteristic of a mutual fund investor is to manage investment accounts, perform transactions, and obtain information. Meanwhile, the technology characteristic of the mutual fund application is that it can be used anytime and anywhere, is safe, and transparent. The results of the analysis also prove that the task characteristic and technology characteristic factors affect task-technology fit; task-technology fit factors affect perceived ease of use and perceived usefulness; perceived risk factors affect perceived ease of use; factors perceived ease of use affect perceived usefulness and behavioral intention to use; and perceived usefulness factors affect behavioral intention to use. This research is expected to fill the gaps in research on mutual fund investment instruments from a task-technology fit perspective as well as provide practical implications for investors as a guide in analyzing mutual fund applications as well as for mutual fund industry players to develop applications that meet the needs of mutual funds investors in Indonesia."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>