Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158263 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Kayla Augusta
"Pemberitaan kejadian figur publik yang berkaitan dengan kesehatan terbukti dapat mengubah sikap hingga perilaku kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran hubungan antara percontohan selebritas dan intensi perilaku pencegahan COVID-19 dan juga melihat pengaruh mediasi persepsi risiko terhadap hubungan kedua variabel ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan 489 WNI berusia 18 – 35 tahun sebagai partisipan. Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa keberadaan percontohan percontohan tidak dapat mempengaruhi intensi perilaku pencegahan dan persepsi risiko tidak memiliki peran mediasi dalam hubungan percontohan selebritas dan intensi perilaku kesehatan preventif. Implikasi terhadap komunikasi kesehatan masyarakat di masa pandemi COVID-19 dari hasil penelitian ini didiskusikan kemudian dalam laporan ini.

Existing research suggested that the news of public figures’ health-related events can change public’s health attitude and health behavior. This study aims to provide an overview of the relationship between celebrity exemplar and the individual intention to do COVID-19 prevention behavior and also to see the mediating effect of risk perception on the relationship between these two variables. This research is an experimental research with 489 Indonesian citizens aged 18-35 years as participants. The results of the mediation analysis showed that celebrity exemplar does not affect individual preventive behavior intention and that risk perception does not have a mediating role in the relationship between celebrity exemplar and the one’s intention of health prevention behavior. The implications for public health communication during the COVID-19 pandemic from the results of this study are discussed later in this report."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Dwita Kirana
"Covid-19 merupakan fenomena penyakit menular yang membuat kelompok-kelompok tertentu mengalami kerentanan. Adapun penyakit diabetes yang dikategorikan oleh para ahli kesehatan sebagai komorbid Covid-19, sehingga menjadikannya rentan secara fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengetahuan dan persepsi risiko Covid-19 pada penderita diabetes dalam pencegahan penularan Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan studi literatur sebagai data sekunder. Kasus ini menjelaskan bahwa penderita diabetes memiliki pengetahuan Covid-19 mencakup transmisi dan pencegahan penularan. Pengetahuan melalui proses memercayai, yang mana didapat melalui media dan pengalaman. Para penderita diabetes menganggap bahwa Covid-19 sebagai sesuatu yang berbahaya dan berisiko, dalam gejala yang dapat menjadi berat dan risiko kematian. Risiko Covid-19 salah satunya konsekuensi biaya perawatan Covid-19 dan tuntutan isolasi mandiri. Para penderita diabetes menganggap penting mengetahui pencegahan penularan serta risiko yang timbul sehingga tidak mengalami kerugian. Pengetahuan dan persepsi risiko pada penderita diabetes tidak terlepas dari latar belakang sosial budaya dan ekonomi. Pengetahuan menjadi bagian dari pembentukan persepsi dalam melihat risiko.

Covid-19 pandemic is an infectious disease phenomenon that makes some certain communities become vulnerable. Diabetes found of health professionals belongs morbidity group of Covid-19, that makes diabetics physically vulnerable. This research discusses about knowledge and risk perception of Covid-19 among diabetics prevent of Covid-19 transmission. The methods used in this research were in-depth interviews and secondary data collection. This diabetic case explain that diabetics had prevention of transmission knowledge. Knowledge shaped by ways of knowing process which came from media and experience. Covid-19 consider be dangerous and risky by diabetics because the probabilities of getting severe symptoms and death. Some of those risks of Covid-19 is the cost of treatment and self-isolation. It was considered important to have knowledge, transmission, and risks of Covid-19 and diabetes to decrease loss. Knowledge and risk perception are inseparable from socioeconomic background. Knowledge become a part of perceiving risk."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andriana Kusumaningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh persepsi risiko COVID-19 dan kepatuhan intervensi nonfarmasi individu terhadap travel desire dan travel intention dalam melakukan perjalanan wisata di Indonesia. Riset diselenggarakan menggunakan kuesioner daring dengan 400 responden yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang belum pernah melakukan perjalanan wisata domestik selama pandemi COVID-19 dan berencana untuk melakukan perjalanan di tahun 2021. Data kemudian diolah menggunakan metode statistik Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko COVID-19 mempengaruhi kepatuhan individu dalam menerapkan intervensi nonfarmasi secara positif dan travel intention secara negatif. Selain itu, kepatuhan individu dalam menerapkan intervensi nonfarmasi dan travel desire mempengaruhi travel intention secara positif. Tidak ditemukan bukti yang cukup bahwa persepsi COVID-19 mempengaruhi travel desire secara negatif. Hal ini disebabkan oleh pembatasan pergerakan sosial dan intervensi nonfarmasi yang berkepanjangan sehingga individu mempersepsikan risiko COVID-19 lebih rendah dibandingkan saat awal pandemi. Selain itu, pandemi yang berkepanjangan juga menyebabkan efek pandemic fatigue pada individu yang belum pernah melakukan perjalanan wisata, bahkan di lingkup domestik, selama setahun terakhir.

This study aimed to examine the effects of COVID-19 risk perception and individual nonpharmaceutical intervention compliance on touristics travel desire and intention in Indonesia. Research was conducted using an online questionnaire with a total of 400 respondents of Indonesians who haven’t done any touristic travel in Indonesia for the past year and intended to do so in 2021. Obtained data were further processed using Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) technique with SmartPLS 3 software. Results showed that COVID-19 risk perception affects individual nonpharmaceutical intervention compliance positively and touristic travel intention negatively. Subsequently, individual nonpharmaceutical intervention compliance and touristic travel desire affect travel intention positively. There’s no sufficient evidence that COVID-19 risk perception affects touristic travel desire negatively. This is affected by extended lockdown and nonpharmaceutical intervention effect which have individuals to perceived lower risk of COVID-19, compared to the beginning of the pandemic. Furthermore, prolonged pandemic also caused pandemic fatigue among individuals who haven’t travelled, even domestically, for the past year."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ranny Rizky Fitriani
"Penelitian ini ingin meilhat pengaruh pemujaan selebriti, kesempatan bertemu selebriti, serta persepsi kongruensi antara selebriti dan produk terhadap perilaku membeli produk yang di-endorse oleh selebriti tersebut. Dalam penelitian ini, selebriti yang dimaksud adalah grup band Slank. Celebrity attitude scale (Maltby, Houran, Lange, Ashe, & McCutcheon, 2002) digunakan untuk mengukur pemujaan selebriti, kesempatan bertemu selebriti diukur dengan jarak antara domisili partisipan dengan markas grup band Slank, serta persepsi kongruensi antara selebriti dan produk diukur dengan jarak makna semantik antara konsep 'grup band Slank' dan konsep 'produk'.
Hasil penelitian yang dilakukan kepada 80 partisipan memperlihatkan bahwa tingkat pemujaan selebriti tinggi hanya membuat partisipan membeli lebih banyak pada produk tertentu. Kesempatan bertemu dengan selebriti yang rendah justru membuat partisipan membeli lebih banyak produk yang di-endorse Slank. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa persepsi kongruensi yang tinggi antara konsep grup band Slank dan produk tidak membuat partisipan lebih membeli produk tersebut. Partisipan mempersepsikan kongruensi antara konsep grup band Slank dan produk yang di-endorse Slank secara lebih tinggi dibandingkan ketika mempersepsikan kongruensi antara konsep grup band Slank dan produk sejenis yang tidak di-endorse Slank.

The aim of this present study was to examine the influence of celebrity worship level, opportunity to meet celebrity, and perception of congruence between celebrity and product toward purchasing behavior on product endorsed by celebrity. The celebrity intended in this study is Slank. Celebrity attitude scale (Maltby, Houran, Lange, Ashe, & McCutcheon, 2002) was used to measure celebrity worship, the opportunity to meet celebrity was measured by counting the distance between participant's domicilies and Slank's fanbase, and the perception of congruence between celebrity and product was measured using semantic meaning distance between 'Slank band' concept and 'product' concept.
The result from 80 participants shows that the level of celebrity worship only makes the participants to purchase more in certain products. In contrary, low opportunity to meet celebrity makes the participants to purchase more on products endorsed by Slank. Result from this study also shows that the high perception of congruence between Slank band and product does not make participants buy that product. Participant perceive higher in congruency between concept of Slank band and products endorsed by them, compare to congruency between concept of Slank band and other similar products not endorsed by them."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
659.1 RAN p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Halsha Damira Putri
"Salah satu sektor strategis yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 adalah pariwisata. Berbagai wilayah tujuan pariwisata nasional Indonesia mengalami tantangan ekonomi dan kesulitan yang luar biasa. Penyesuaian strategi komunikasi dibutuhkan demi membantu sektor-sektor terdampak untuk bertahan dan bangun dari kesulitan yang dialami selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risk communication message terhadap travel intention melalui risk perception dan information seeking. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan survei melalui penyebaran kuesioner terhadap 125 responden secara online untuk mengumpulkan data. Data diolah menggunakan software SPSS & AMOS. Hasil penelitian menunjukan risk communication message berpengaruh positif terhadap travel intention dan information seeking penerimanya. Risk communication message berpengaruh negatif terhadap risk perception. Selanjutnya risk perception berpengaruh negatif terhadap travel intention. Information seeking berpengaruh positif terhadap travel intention.  Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa risk communication message secara langsung mempengaruhi travel intention. Selain itu, risk communication message juga mempengaruhi travel intention melalui faktor yang memediasi, risk perception dan information seeking. Faktor-faktor tersebut selanjutnya harus diperhatikan oleh organisasi terkait, seperti pengelola bandara, maskapai penerbangan, travel biro, ataupun perusahaan pemesanan tiket,  dalam menarik niat konsumen untuk melakukan perjalanan.

Tourism is one of the most affected sectors by the COVID-19 pandemic. Many Indonesia's national tourism destinations were experiencing serious economic challenges and difficulties. Communication strategy adjustment has been deemed necessary to help the affected sectors to survive amid challenging situations due to the pandemic.  This study aims to examine the effect of risk communication messages on travel intention through risk perception and information seeking. This study uses a quantitative approach by conducting online surveys to 125 respondents. SPSS & AMOS software used to process the collected data. The results showed that risk communication messages have a positive correlation on the travel intention and information seeking . However, it has negative correlation on risk perception. Furthermore, risk perception has a negative correlation on travel intention. In addition, information seeking has a positive correlation on travel intention. The study also showed that, risk communication messages directly affect travel intention. In addition, risk communication messages also affect travel intention through mediating factors, risk perception and information seeking. These factors must then be considered by related organizations, such as airport managers, airlines, travel agents or ticket booking companies, in attracting consumers to travel."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laurencia Vania Calista Buulolo
"Sebagian besar kaum emerging adult setidaknya mengetahui bahaya dari COVID-19, tetapi belum tentu semuanya berkeinginan untuk mematuhi himbauan menetap di rumah. Hal ini diprediksi oleh perbedaan persepsi risiko yang dimiliki, mengingat mereka tidak termasuk kelompok yang rentan berdampak parah jika terinfeksi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengetahuan tentang COVID-19 mempengaruhi intensi kaum emerging adult menetap di rumah selama masa pandemi dengan dimediasi oleh adanya persepsi risiko tertular COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dan bersifat non-eksperimental. Data diperoleh dengan kuesioner self-report (N = 308) dan dianalisis menggunakan Hayes PROCESS Macro model 4. Hasil indirect effect menunjukkan bahwa persepsi risiko memediasi penuh hubungan antara pengetahuan dengan intensi (ab = .08; 95% CI [.04, .14]). Mengetahui hal-hal seputar COVID-19 terlebih dulu membentuk persepsi bahwa individu berisiko tertular COVID-19, sebelum pada akhirnya memunculkan intensi untuk menetap di rumah. Dengan ini, dibutuhkan pesan kesehatan masyarakat yang efektif untuk memperluas pengetahuan emerging adult terkait bahaya COVID-19, sehingga mereka menyadari bahwa mereka tetap berisiko tertular dan perlu menetap di rumah selama masa pandemi sebagai implementasi perlindungan kesehatan diri maupun orang sekitar.

Most emerging adults are at least aware of the dangers of COVID-19, but not all of them are willing to comply with stay-at-home orders. This is predicted by the differences in their perception of risk, considering that they are not classified as a group that is vulnerable to severe impacts if infected by COVID-19. This study aims to see how COVID-19 knowledge affects emerging adults’ stay-at-home intention during the pandemic, which is mediated by the risk perception of contracting COVID-19. This study used a cross-sectional, non-experimental design. Data were obtained by self-report questionnaire (N = 308) and analyzed using Hayes PROCESS Macro model 4. The indirect effect result showed that risk perception fully mediates the relationship between knowledge and intention (ab = .08; 95% CI [.04, .14]). Knowing things about COVID-19 forms the perception that individual is at risk of contracting COVID-19, before finally raising the intention to stay at home. Therefore, an effective public health message is needed to expand emerging adults’s knowledge regarding the COVID-19’s dangers, so they realize that they are also at risk of contracting the virus and need to stay-at-home during the pandemics as an implementation of protecting the health of themselves and those around them."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Gozi Ataya
"Upaya masyarakat dalam menghindari perilaku yang berisiko untuk terinfeksi COVID-19 dan mencari informasi mengenai faktor yang mempengaruhinya penting untuk menghentikan penularan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor persepsi individu dan juga faktor Karakteristik Individu terhadap perilaku berisiko COVID-19 pada masyarakat di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di Provinsi Jawa Barat pada tanggal 14-21 Juli 2021 dan menggunakan desain studi cross sectional, dengan total 544 responden terkumpul dengan kuesioner google form berisikan pertanyaan mengenai persepsi individu dan perilaku berisiko terkait COVID-19 yang disebarkan secara online yang disebarkan melalui sosial media (Instagram, line, telegram, dan lainnya). Data akan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan software aplikasi uji statistik. Hasil penelitian menggunakan uji Chi Square menunjukan bahwa variabel persepsi kerentanan (p-value=0,001; OR=1,809; CI 95%=1,287-2,541), persepsi keparahan (p-value=0,000; OR=2,132; CI 95%=1,514-3,002), persepsi manfaat (p-value=0,000; OR=1,854; CI 95%=1,319-2,607), persepsi hambatan (p-value=0,000; OR=0,364; CI 95%=0,277-0,517) dan efikasi diri (p-value=0,001; OR=2,128; CI 95%=(1,496-3,028) memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku berisiko COVID-19. Sedangkan variabel jenis kelamin (p-value=0,044; OR=1,479; CI 95%=1,010-2,166) dan tingkat pendidikan (p-value=0,004; OR=0,610; CI 95%=0,434-0,858) adalah faktor karakteristik individu yang memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku berisiko COVID-19. Perilaku berisiko terkait COVID-19 pada masyarakat di Provinsi Jawa Barat, Indonesia memiliki hubungan yang signifikan dengan persepsi kerentanan, persepsi keparahan, persepsi manfaat, persepsi hambatan, efikasi diri, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan.

The community's efforts to avoid behaviors that are at risk of being infected with COVID-19 and seek information that influence it are important to be exposed to transmission. This study aims to analyze the relationship between individual perception factors and individual characteristic factors on COVID-19 risk behavior in West Java Province. This research is a quantitative study conducted in West Java Province on July 14-21 2021 and uses a cross sectional study design, with a total of 544 respondents collected using a google form questionnaire containing questions about individual perceptions and risk behaviors related to COVID-19 distributed online. distributed through social media (Instagram, line, telegram, and others). The data will be analyzed by univariate and bivariate using statistical test application software. The results of the study using Chi Square showed that the variable perception of vulnerability (p-value = 0.001; OR = 1.809; 95% CI = 1.287-2.541), perceived severity (p-value = 0.000; OR = 2.132; 95% CI = 1.514-3.002 ), perceived benefits (p-value=0.000; OR=1.854; 95% CI=1.319-2.607), perceived barriers (p-value=0.000; OR=0.364; 95% CI=0.277-0.517) and self-efficacy (p -value=0.001; OR=2.128; 95% CI=(1.496-3.028) has a significant relationship with COVID-19 risk behavior. Meanwhile, gender (p-value=0.044; OR=1.479; 95% CI=1.010 - 2.166) and education level (p-value = 0.004; OR = 0.610; 95% CI = 0.434-0.858) are individual characteristic factors that have a significant relationship with risk behavior for COVID-19. 19. -19 in the community in West Java Province, Indonesia has a significant vulnerability, perceived severity, perceived benefits, perceived barriers, self-efficacy, gender, and level of education"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Deco Praha
"Pilihan politik dan gejala polarisasi massa di Indonesia mungkin berhubungan dengan perilaku masyarakat dan persepsi risiko mereka. Kami ingin mengetahui hubungan tersebut melalui studi kombinasi regresi panel dan OLS yang menguji dampak indikator hasil pemilihan presiden tahun 2019 terhadap hasil pencarian beberapa kata kunci via mesin pencari Google yang merepresentasikan persepsi risiko. Studi kami menemukan bahwa perolehan suara
Jokowi pada pemilu 2019 berasosiasi secara signifikan dengan persepsi risiko masyarakat selama awal pandemi Covid-19. Estimasi kata kunci yang berkaitan dengan corona, bantuan sosial, dan PSBB melalui kontrol kasus Covid-19 menunjukan provinsi dengan pangsa suara Jokowi semakin tinggi berhubungan dengan pencarian informasi masyarakat yang semakin rendah. Seiring waktu, hasil estimasi lain terkait kata kunci vaksinasi justru menunjukan hubungan positif dimana provinsi dengan pangsa suara Jokowi yang semakin tinggi berhubungan dengan pencarian masyarakat yang juga semakin tinggi. Sedangkan hasil regresi untuk perubahan kunjungan tidak esensial dan kata kunci yang terkait dengan kondisi ekonomi memberikan hasil yang tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa pilihan politik mungkin signifikan dalam membentuk persepsi risiko awal individu yang mempengaruhi reaksi mereka terkait kebijakan selama krisis kesehatan dan ekonomi yang tidak terduga.

Political choice and the mass polarisation symptoms in Indonesia may be related to mass behavior and risk perception. We want to estimate its association through a combination of panel regression and OLS studies that examine the impact of the 2019 presidential election (pilpres) on the search results of several keywords via the Google search engine representing risk perception. Our study found that Jokowi's vote gains in the 2019 elections were significantly associated with public risk perceptions during the early Covid-19 pandemic. Each keyword estimations related to corona, social assistance (bansos), and PSBB through covid-19 case-control show that provinces with a higher share of Jokowi's vote are associated with lower public information searches. Over time, the estimation result related to the keyword vaccination showed a positive relationship. The province with a higher share of Jokowi's vote was related to the higher search for the society. At the same time, regression for non-essential visits and keywords related to economic conditions give insignificant results. These findings suggest that political choices may significantly shape individuals' initial risk perceptions, influencing their issues and policy-related reactions during unexpected health and economic crises"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizki Paranto
"Penelitian ini menjelaskan tentang gambaran pengetahuan, sikap, persepsi risiko, dan perilaku pencegahan COVID-19 pada mahasiswa S1 Universitas Indonesia angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang diikuti sebanyak 118 responden dengan mengisi kuesioner daring menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan responden tentang pencegahan COVID-19 sudah tinggi, tetapi masih rendah mengenai jaga jarak dan kontak erat. Responden pada umumnya memiliki sikap positif dalam mencegah COVID-19, tetapi masih terdapat 28% responden yang takut ketika ingin melakukan tes PCR. Sebagian besar responden mempersepsikan COVID-19 sebagai penyakit yang serius dan khawatir ketika mendengar informasi tentang COVID-19. Responden telah melakukan sebagian besar perilaku pencegahan COVID-19 dengan baik, seperti etika batuk, memakai masker ke luar rumah saat pandemi dan di tempat keramaian, menjaga jarak di tempat keramaian, dan mencuci tangan dengan sabun setelah dari tempat keramaian, sebelum makan, dan sesudah makan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan COVID-19. Perlu meningkatkan edukasi atau sosialisasi yang efektif dan konsisten dan menguatkan penerapan perilaku pencegahan yang masih kurang, terutama menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun minimal 40 detik.

This research explained about the description of knowledge, attitude, risk perception, and behavior of COVID-19 prevention among undergraduate students of University of Indonesia Batch 2020. This research used the quantitative method with cross-sectional study. Sampling was carried out by purposive sampling technique that were joined by 118 respondents with filling out an online questionnaire based on Google Form. The results showed that the respondent’s knowledge about COVID-19 prevention was high, but still low regarding physical distancing and close contact. In general, respondents have a positive attitude in preventing COVID-19, but there are still 28% who are afraid to do a PCR test. Most of the respondents perceived COVID-19 as a serious disease and were worried when they heard information about COVID-19. Respondents have done most of the prevention of COVID-19 well, such as cough etiquette, wearing masks outside the house during pandemic and in crowded places, maintaining distance in crowded places, and washing hands with soap and after going to crowded places, before and after eating. The results showed that there was no significant association between knowledge, attitude, and behavior of COVID-19 prevention. It is necessary to increase effective and consistent education or socialization and strengthen the implementation of prevention behavior that still lack, especially maintaining distance and washing hands with soap for at least 40 seconds."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Resti Dwi Hasriani
"Bus merupakan salah satu moda transportasi yang paling diminati masyarakat Indonesia, namun angka kecelakaan bus di Indonesia cukup tinggi. Kondisi jalanan yang macet, membuat frustasi dan stress menjadi pemicu perilaku pengemudi bus yang berisiko dan berbahaya seperti perilaku aggressive driving. Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi risiko kecelakaan dengan intensi perilaku pengemudi bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) di PO “X” tahun 2015. Pengumpulan data dilakukan secara cross sectional dengan menggunakan instrumen kuesioner Driver Stress Inventory (DSI), Driver Coping Questionnairre (DCQ), dan kuesioner persepsi risiko.
Hasil yang diperoleh secara umum persepsi risiko kecelakaan pengemudi bus AKAP memiliki kecenderungan baik (60,5%) di atas rata-rata populasi penelitian, hasil pengukuran intensi perilaku untuk parameter yang bersifat positif (meningkatkan keselamatan) antara lain hazard monitoring, fatigue proneness, task focus, dan reappraisal cenderung sedang pada rata-rata populasi penelitian. Sedangkan pengukuran intensi bersifat negatif (meningkatkan risiko kecelakaan) antara lain agresi, dislike of driving, confrontive coping, emotional focus, dan avoidance memperoleh hasil kecenderungan sedang pada rata-rata populasi penelitian, namun variabel thrill seeking dengan kecenderungan tinggi diatas rata-rata populasi penelitian.

Bus is one of the most favored mode of transportation the people of Indonesia, but the number of bus accidents in Indonesia is quite high. Traffic jam, frustrating and stressful situations to trigger bus driver risky behavior and dangerous as aggressive driving behavior. This is one of the causes of accidents. This study aims to determine the relationship between risk perception and behavior intention of bus driver inter-city inter-province (AKAP) in the PO "X" in 2015. The data was collected with cross sectional approach using questionnaire Driver Stress Inventory (DSI), Driver Coping Questionnairre (DCQ), and risk perception questionnaire.
The results obtained accidents risks perception of AKAP bus driver generally had a good tendency (60.5%) above the average of the population study, results for positive parameters (increased safety) of the behavioral intention measurement, among others hazard monitoring, fatigue proneness, task focus, and reappraisal likely to moderate in the population study average. While the measurement of negative intentions (increasing the risk of accidents) among others aggression, dislike of driving, confrontive coping, emotional focus, and avoidance obtain results tendencies were on average the population study, however thrill-seeking variables with a high propensity above the average population study.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>