Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 134380 Document(s) match with the query
cover
Nicholas Gilbert Samudi
"Kota yang padat dengan kendaraan dapat memiliki faktor kecelakaan dan ketidaknyamanan yang tinggi. Kecelakaan dapat terjadi karena kondisi jalan, pola pengemudi ataupun pengemudi yang berada disekitarnya, begitu juga dengan kenyamanan di jalan. Untuk menyelesaikan masalah keselamatan dan kenyamanan pada kondisi jalan, data terkait pergerakan mobil yang lebih detil perlu didapatkan untuk mencari akar masalah pada jalanan dan meningkatkan kualitas berkendara pengemudi dan penumpang. Hal ini juga dilakukan sebagai langkah sebuah kota maju menjadi sebuah smart city dalam bidang transportasi. Data yang berpengaruh dapat berupa lokasi mobil dan akselerasi perangkat sebagai cara mengetahui pergerakan mobil secara realistis. Pengumpulan data ini akan menggunakan modul accelerometer ADXL345 dan GPS modul NEO-6M. Data yang dikumpulkan perlu dikirim pada kesempatan yang ada agar tidak menumpuk pada perangkat terlalu lama. Pengiriman data ini akan dilakukan dengan ESP32 yang juga berfungsi sebagai tempat logic utama perangkat. Konsep IoT akan digunakan sebagai dasar dari perancangan alat ini. Setelah melakukan perancangan dan perakitan alat, kami melakukan pengambilan data pada Jalan Arteri Kelapa Gading. Sesudah itu, kami melakukan perbandingan data dari alat dan rekaman kegiatan. Kami dapat melakukan identifikasi dan menghubungi kegiatan yang terjadi pada video dengan grafik data yang dihasilkan. Alat yang dihasilkan mampu mengidentifikasi pergerakan kendaraan ke kiri dan kanan, peningkatan kelajuan atau perlambatan kendaraan, dan tentunya perubahan elevasi pada jalanan.

A city densely populated with vehicles has a high accident and poor driving quality factor. These accidents or poor driving quality may be caused by bad roads, poor driving or even surrounding drivers. To solve safety and quality issues on the road and increase driving experience, data regarding vehicle movement must be gathered. This is also done as a step forward for a city to evolve into a smart city in transportation. Relevant data is concluded to be in the form of location and acceleration data to know the car movement realistically. These data can be gathered with the ADXL365 accelerometer and the NEO-6m GPS Module. To prevent the data from piling up in the device, the collected data must be sent every chance it gets. The data will be sent via ESP32 with will also act as the main logic module for this device. This transmission will be done with the IoT concept in mind. After designing and developing the device, we tested the device and gathered data on Jalan Arteri Kelapa Gading. Afterwards, by comparing the data we got from the device with the footage of the activity, we could identify and connect activities we saw on the video with those that show up on the graph. Our device shows that it can identify movements to the left and right, acceleration or deceleration of the vehicle, and a difference in elevation on the road."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nababan, Donald Johannes Anderson
"ABSTRAK
Di dalam pelaksanaan pemberian pelayanan angkutan umum, setiap kendaraan
umum yang beroperasi untuk memberikan pelayanan perlu diuji kelaikan jalannya
untuk menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dan juga perlindungan
lingkungan hidup. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk Unit Pengelola
Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) yang melakukan pelayanan uji
kendaraan bermotor, lebih dikenal dengan istilah uji kir, agar kendaraan bermotor
yang akan digunakan di jalan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, termasuk
persyaratan ambang batas emisi gas buang dan tingkat kebisingan yang harus
dipenuhi. Salah satu dari 3 (tiga) UP PKB yang masih beroperasi saat ini adalah UP
PKB Pulogadung. UP PKB Pulogadung melaksanakan pengujian kendaraan
bermotor secara berkala setiap 6 (enam) bulan untuk tiap kendaraan dan
menghasilkan suatu kapasitas layanan bulanan yang diharapkan dapat mendukung
terlaksananya pengujian kendaraan bermotor secara berkala yang memadai untuk
wilayah DKI Jakarta. Hasil dari penelitan ini dengan menggunakan analisa
perencanaan kapasitas menunjukkan bahwa UP PKB Pulogadung secara rata-rata
saat ini hanya dapat memenuhi 87% dari kapasitas yang dibutuhkan sehingga perlu
diberikan tambahan fasilitas untuk waktu yang akan datang pada pos uji visual 1
dan lajur uji mekanis. Selain itu didapat juga model kapasitas layanan bulanan (y)
menggunakan analisa regresi liner yaitu: y = -5691 + 49x1 + 714x2 + 2138x3
dengan variabel bebas jumlah jam kerja (x1), jumlah pos pada uji visual 1 (x2) dan
jumlah lajur uji mekanis (x3).

ABSTRACT
In the implementation of the provision of public transport services, each public
transport operating to provide the services needs to be tested its roadworthiness to
ensure the traffic and road transport safety as well as the environmental protection.
The Provincial Government of Special Capital Territory of Jakarta forms a
Management Unit of Motor Vehicle Inspection (UP PKB) performing the service
of motor vehicle inspection, so that the motor vehicle that will be used in the road
meets its technical requirements and roadworthiness, including a threshold
requirement of exhaust gas emissions and the noise level that must be met. One of
the three (3) Management Unit of Motor Vehicle Testing (UP PKB) which is still
in operation today is UP PKB Pulogadung. UP PKB Pulogadung carries out the
periodic vehicle inspection on a regular basis every 6 (six) months for each vehicle
and generates a monthly service capacity that is expected to support the
implementation of periodic motor vehicle testing which is sufficient for the Special
Capital Territory of Jakarta. The results of this research by using capacity planning
analysis show that the UP PKB Pulogadung on average at this time only able to
meet 87% of the capacity needed, so it is necessary to be given additional facilities
for the future on the post of visual test 1 and mechanical inspection lane. In addition,
it also obtained the monthly service capacity model (y) using linear regression
analysis which is: y = -5691 + 49x1 + 714x2 + 2138x3 with independent variable
of total working hours (x1), the number of posts in the visual test 1 (x2) and the
number of mechanical test line (x3).
"
2016
T46049
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwanto
"Permasalahan transportasi dalam logistik untuk masa depan terus berkembang. Terutama di kota-kota yang terdapat pada negara berkembang, dimana pertumbuhan warung-warung atau disebut nanostores sangat pesat ditambah dengan perkembangan belanja online, menyebabkan jumlah pelanggan dalam industri pengiriman meningkat pesat. Dengan jumlah tujan pengiriman yang terus meningkat, muncul beberapa masalah dalam transportasi. Setiap pihak dalam sebuah sistem logistik memiliki tujuan umum yang sama yakni mengurangi biaya transportasi dan waktu pengiriman yang tepat.
Dalam transportasi sendiri, ada banyak faktor yang mempengaruhi biayanya. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi biaya adalah jarak total yang dilalui untuk mencapai semua tujuan pengiriman. Total jarak itu sendiri bisa diubah dengan mengubah rute pengiriman. Dengan tujuan pengiriman yang semakin banyak, kombinasi rute yang memungkinkan juga akan semakin banyak. Ada satu permasalahan terkait pemilihan rute yang sering dibahas, yakni Vehicle Routing Problem. Penelitian ini akan membahas model untuk mendapatkan solusi optimal dari Vehicle Routing Problem khususnya jika jumlah pelanggan yang dilayani mendekati 40.000 pelanggan.

Transportation in logistics for the future is evolving. Especially in cities of developing countries which with the rapid growth of nanostores and online shopping, the number of customers in delivery services increased rapidly. With the number of destination keep increasing, emerges some problems in logistic transportation. Every member in logistic party have mutual goal to decrease the transportation costs and have the delivery on time.
In transportation itself, there are many factors that influence the costs. One factor that greatly influence the costs is total distance needed to cover all the destination target. Total distance itself can be manipulated by changing the route of the delivery. With more destination target, there will be also more combination of route. There is one popular problem that discussed about route selection, which is Vehicle Routing Problem. This paper will discuss the model to obtain the optimal solution of the Vehicle Routing Problem which will obtain the minimum total distance if the number of destination target is approaching 40.000 customers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Millatina Mirrah Putri
"Ledakan bisnis e-commerce di Indonesia terus mendorong tumbuhnya permintaan pada sektor logistik dan pergudangan. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sepenuhnya oleh perusahaan logistik, namun kinerja logistik Indonesia yang buruk masih menghambatnya. Masalah yang paling mendesak bagi logistik Indonesia adalah kemacetan lalu lintas yang parah, kemacetan ini telah menghabiskan biaya sebesar miliaran rupiah dalam setahun. Makalah ini menawarkan kerangka kerja bagi perusahaan logistik untuk menyusun strategi, dengan menemukan rute distribusi yang optimal sambil mempertimbangkan bahwa waktu tempuh adalah suatu variabel yang dipengaruhi oleh kemacetan.

E-commerce boom in Indonesia continues to drive the growth of logistic warehousing demand. This opportunity should be fully utilized by logistic companies, but Indonesia rsquo s poor logistic performance hinders it. The most pressing matter for Indonesian logistic is their severe traffic congestion that cost billion of rupiah a year. This paper offers a framework for logistic companies to devise a strategy, by finding the optimal distribution route while considering that travel time is a variable that rsquo s affected by traffic jam."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kenia Trideria
"Transportasi merupakan komponen penting di dalam manajemen logistik perusahaan dimana manajemen logistik berperan dalam menentukan jalur distribusi yang berdampak pada biaya logistik. Diperlukan penentuan jalur distribusi yang baik dan pemanfaatan kendaraan yang dimiliki secara maksimal untuk meminimumkan nilai biaya logistik dari segi jarak tempuh kendaraan serta meningkatkan nilai pelayanan kendaraan agar mampu melayani seluruh permintaan yang ada.
Penelitian ini berfokus kepada perancangan Vehicle Routing Problem, yaitu permasalahan untuk menentukan rute terbaik bagi kendaraan dengan pertimbangan berbagai variasi elemen yang akan menghasilkan jalur rute terpendek dengan memeperhitungkan kapasitas kendaraan dengan objek kendaraan dinas berpenumpang pada perusahaan minyak dengan kantor pusat yang berlokasi di Jakarta yang memiliki kunjungan rutin harian pada 4 titik lokasi.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan perancangan model Vehicle Routing Problem dengan metode eksak berupa column generation sehingga dihasilkan 22 jalur rute distribusi optimal terhadap 354 permintaan yang memberikan dampak efisiensi pada biaya logistik perusahaan.

Transportation is an important component in the logistics management of the company in which logistics management plays a role in determining the distribution channels that have an impact on logistics costs. It is necessary to determine the good distribution channels and the maximum utilization of owned vehicles to minimize the logistics costs in terms of vehicle mileage and increase the value of vehicle services to be able to serve all existing reservations.
This study focuses on designing a Vehicle Routing Problem, which is a problem to determine the best route for vehicles by considering various elements that will produce the shortest route by calculating the capacity of vehicles.
This research is carried out as a study case in a company located in Jakarta that has daily visit routine to 4 locations as business meeting. By using the exact method of Vehicle Routing Problem, which is column generation, 22 optimal distribution routes are generated from 354 types of requests that will influence the companys logistics costs.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Mirza Farhan
"

Saat ini Indonesia menjadi menjadi pasar terbesar bagi industri cat di wilayah Asia Tenggara sejak periode tahun 2021, dengan tingkat urbanisasi sebesar 57,3%. Kondisi backlog rumah di Indonesia saat ini tergolong masih sangat tinggi, yaitu mencapai 11,4 juta berdasarkan kepemilikan rumah, adapun rasio angka pernikahan baru yang tinggi serta pertumbuhan middle class menyebabkan jumlah permintaan rumah serta kepemilikan properti pun semakin bertambah. Tren positif peningkatan jumlah permintaan rumah dan kepemilikan properti ini menjadi suatu kabar baik bagi banyak industri yang menyokong keberlangsungan pembangunan infrastruktur, termasuk industri cat. PT X merupakan salah satu perusahaan produsen cat yang memiliki fasilitas cabang (depot distributor) di Kota Cirebon yang masih menggunakan sistem pengiriman langsung dan belum menggunakan model optimasi, sehingga seringkali proses distribusi melebihi dari waktu operasional yang tersedia. Selain itu, PT X Cirebon juga mengalami kendala seperti terbatasnya jumlah kendaraan, waktu pendistribusian yang terbatas, serta lokasi pelanggan yang tersebar dan berjauhan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Vehicle Routing Problem (VRP) dengan tujuan menghasilkan rute distribusi yang memiliki total jarak dan waktu perjalanan terpendek dalam memenuhi permintaan pelanggan serta menggunakan kendaraan yang seminimal mungkin, sehingga dapat meminimalkan biaya transportasi secara keseluruhan. Hasil dari perhitungan optimasi yang dijalankan yaitu terdapat beberapa perubahan; diantaranya dapat menurunkan jarak tempuh dan waktu tempuh kendaraan masing-masing hingga 23% dan 22%, serta menghasilkan total penghematan hingga Rp3.682.311 pada beberapa skenario yang telah ditentukan.


Currently, Indonesia is the largest market for the paint industry in the Southeast Asia region since 2021, with an urbanization rate of 57.3%. The condition of the home backlog in Indonesia is currently still very high, reaching 11.4 million based on home ownership, while the ratio of the high number of new marriages and the growth of the middle class has caused the number of demand for houses and property ownership to increase. This positive trend of increasing the number of demand for houses and property ownership is good news for many industries that support the sustainability of infrastructure development, including the paint industry. PT X is one of the paint manufacturing companies that has a branch facility (distributor depot) in Cirebon City that still uses a direct delivery system and has not used an optimization model, so often the distribution process exceeds the available operational time. In addition, PT X Cirebon also experienced obstacles such as the limited number of vehicles, limited distribution time, and customer locations that scattered and far apart. In this study, researchers used a Vehicle Routing Problem (VRP) approach with the aim of producing distribution routes that have the shortest total distance and travel time in meeting customer demand and using vehicles to a minimum, so as to minimize overall transportation costs. The result of the optimization calculations carried out is that there are several changes; among other things, it can reduce the mileage and travel time of vehicles by 23% and 22%, respectively, and result in total savings of up to Rp3,682,311 in several predetermined scenarios.
 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audrey Adhisty
"Kecelakaan transportasi dapat terjadi dimana saja. Di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, tahun 2014 terdapat 82 kecelakaan dan per bulan Agustus 2015 sudah mencapai 96 kasus. Kecelakaan didominasi oleh kendaraan bermotor roda dua. Studi ini bertujuan melihat gambaran dan interaksi faktor yang mempengaruhi keselamatan transportasi kendaraan bermotor roda dua di Kampus UI. Studi bersifat deskriptif analitik dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menghasilkan bahwa kondisi fisik dan sosial di Kampus UI Depok belum cukup adekuat mengakomodasi keselamatan pengendara. Pengendara umumnya memiliki kemampuan dan keterampilan namun cenderung agresif dan tidak taat aturan. Faktor tersebut berinteraksi meningkatkan risiko dari kecelakaan di Kampus UI Depok.

Transportation accidents can happen everywhere In Universitas Indonesia UI Depok Campus there are 82 accidents in 2014 and per August 2015 it has been increased to 96 cases The accidents dominated by two wheeled motor vehicle This study shows a descriptive analysis of factors and their interaction related to two wheeled transportation safety in UI Depok Campus It is a descriptive analytics study with qualitative approach The results are physical and social environment in UI Depok Campus are not adequate enough to accommodate the riders and although the riders have good skill and ability they still have negative personality related to aggression and obedience These factors interact and increase risk of the accidents in UI Depok Campus.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S62738
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The book entitled Advancements in Smart City and Intelligent Building is the Proceedings of the International Conference on Smart City and Intelligent Building (ICSCIB 2018) held in Hefei, China, September 15-16, 2018. It contains 58 papers in total categorized into 8 different tracks, on Building Energy Efficiency, Construction Robot and Automation, Intelligent Community and Urban Safety, Intelligentialization of Heating Ventilation Air Conditioning System, Information Technology and Intelligent Transportation Systems, New Generation Intelligent Building Platform Techniques, Smart Home and Utility, and Smart Underground Space, which cover a wide range areas of smart cities and intelligent buildings.
ICSCIB2018 provided an international forum for professionals, academics, and researchers to present the latest developments from interdisciplinary theoretical studies, computational algorithm developments and engineering applications in smart cities and smart buildings. This academic event featured many opportunities to network with colleagues from around the world in a wonderful environment. Its program covered invitation and presentations from scientists, researchers, and practitioners who have been working in the related areas to establish platforms for collaborative research projects in these fields. The conference invited leaders from industry and academia to exchange and share their experiences, present research results, explore collaborations and to spark new ideas, with the aim of developing new projects and exploiting new technology in these fields, and bridge theoretical studies and emerging applications in various science and engineering branches."
Singapore: Springer Nature , 2019
e20505608
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Dhiyaaul Auliyaa
"ABSTRAK
Sistem monitoring kendaraan saat ini telah banyak diterapkan pada industri otomotif dalam bentuk dashboard yang mampu menampilkan berbagai indikator mengenai kondisi mobil. Akan tetapi, dashboard yang ada saat ini hanya menampilkan data mengenai kendaraan melalui port OBD saja. Untuk menguji kenyamanan dan keamanan kendaraan diperlukan tambahan sensor-sensor yang di pasang di berbagai tempat pada kendaraan. Agar dashboard kendaraan dapat menampilkan data yang di dapat dari sensor-sensor tersebut, digunakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai Main Unit Data Collector. Perangkat tersebut berperan untuk mengumpulkan data dari sensor dan port OBD. Data yang terkumpul kemudiam dikirimkan ke perangkat Android dengan metode socket programming. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa penggunaan Main Unit Data Collector yang dipadukan dengan metode socket programming sebagai protokol komunikasi mampu menghasilkan dashboard kendaraan yang menampilkan data tentang kondisi kendaraan secara lebih komprehensif dan real-time, dimana data mampu ditampilkan dengan sampling time sebesar 185.1454 milidetik.

ABSTRACT
The vehicle monitoring system has now been widely applied to the automotive industry in the form of a dashboard that capable of displaying various indicators that give information about the condition of the car in realtime. However, the current dashboard only displays data about the vehicle through the OBD port only. To test the comfort and safety of the vehicle, additional sensors that are installed in various places on the vehicle are needed. In order to vehicles dashboard displays the data obtained from that other sensors, a Main Unit Data Collector device is used to collect sensor data and then send the data to an Android device. The data is sent by using socket programming method. From the research conducted it was found that the use of the Main Unit Data Collector that combined with the socket programming method used for its communication protocol can produce vehicle dashboards that display more comprehensive and real-time data, where is capable of displays data with a sampling time of 185.1454 milliseconds."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Frans A.
"Penelitian ini memeriksa masalah transportasi yang dihadapi oleh kota Sukabumi menggunakan metode wawancara, survey, maupun tinjauan dokumen. Perhatian khusus diberikan pada aspek aksesibilitas, dampak, efisiensi ekonomi, dan kesetaraan sosial. Hal yang dikaji dalam aspek aksesibilitas mencakup akses mobil, akses pedestrian, akses transportasi umum, dan konektivitas jalan. Hal yang dikaji dalam aspek dampak mencakup parkir, persaingan dengan PKL, penggunaan lahan, dan bersepeda. Hal yang dikaji dalam aspek efisiensi ekonomi mencakup klasifikasi kendaraan dan pengutamaan moda tertentu. Hal yang dikaji dalam aspek kesetaraan sosial mencakup pembagian manfaat jalan dan dampak bagi PMKS. Studi dilakukan dengan memeriksa kebijakan yang relevan kemudian mengamati implementasinya di lapangan melalui wawancara, observasi, survey, dan analisis kuantitatif.
Hasil dari perbandingan antara implementasi dan kebijakan adalah gap yang kemudian dicarikan solusinya oleh peneliti. Masalah- masalah yang ditemukan antara lain laju pertumbuhan kendaraan yang lebih tinggi dari kapasitas jalan, pertumbuhan jumlah PKL yang lebih tinggi dari pertumbuhan pedestrian, rasio angkutan umum terhadap jumlah penduduk yang semakin tinggi dan menjauh dari rasio ideal, peningkatan jumlah penduduk yang lebih cepat dari peningkatan panjang jalan, peningkatan jumlah kendaraan yang lebih cepat dari penambahan jumlah titik parkir, prevalensi penyakit jantung dan obesitas yang lebih tinggi dari rata-rata provinsi dan nasional, dan jumlah anak jalanan yang semakin tinggi. Solusi terintegrasi yang ditawarkan oleh peneliti adalah pengembangan bus kota (transportasi massal) sekaligus reduksi jumlah kendaraan roda empat di dalam kota.

The study examined the transport problems faced by Sukabumi using interviews, surveys, and review of documents. Special attention is given to aspects of accessibility, output, economic efficiency, and social equity. It is studied in the aspects of accessibility include car access, pedestrian access, access to public transport, and street connectivity. It is studied in the output aspect includes parking, competition with street vendors, land use, and cycling. It is studied in the economic efficiency aspects include vehicle classification and prioritization of certain modes. It is studied in aspects of social equality includes highway benefit- sharing. It is studied in aspects of social equality include benefit sharing highway and output for PMKS. The study was conducted by examining the relevant policy implementation on the ground then observed through interviews, observation, surveys, and quantitative analysis.
The results of the comparison between the implementation and the policy is the gap then look for a solution by researcher. The problems were discovered, among others, the growth rate of the vehicle higher than the capacity of the road, the growing number of street vendors higher than the growth of the pedestrian, the ratio of public transport to the higher number of people and away from the ideal ratio, the increase of population faster than the increase in path length, an increase in the number of vehicles that are faster than the addition of a parking spot, the prevalence of heart disease and obesity are higher than the provincial and national average, and the number of street children is increasing. Integrated solutions offered by researchers is the development of a city bus (mass transport) as well as a reduction in the number of four-wheel vehicles in the city.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>