Ditemukan 167785 dokumen yang sesuai dengan query
Thalita Alanna
"Penanganan krisis akibat masa pandemi Covid-19 mendorong perlunya adaptasi baru dalam pola hidup sehat, sehingga perusahaan membuat kampanye kesehatan kepada pegawai. Kampanye ini dilakukan melindungi pegawai dari Covid-19 serta agar perusahaan tetap dapat menjalankan kegiatan operasional di masa pandemi Covid-19. Kampanye dilakukan melalui berbagai cara, di antaranya video yang disebarkan di media sosial atau arahan melalui memorandum, poster, sosialisasi, dan Covid Ranger. Tesis ini menggunakan Desain Kerangka Pesan Komunikasi Kesehatan oleh Noar sebagai teori utama dan Perubahan Perilaku oleh Irwan sebagai teori pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma post-positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi pada video dan beberapa alat kampanye yang digunakan serta wawancara pada manajemen dan pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video kampanye belum menjadi alat kampanye yang efektif, karena hanya dibuat satu kali dan bersifat instruksional. Sistem monitoring yang disertai dengan kepemimpinan belum direalisasikan sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan protokol yang ketat.
The handling of the crisis due to the Covid-19 pandemic prompted the need for new adaptations in a healthy lifestyle, so the company created a health campaign for employees. This campaign is carried out to protect employees from Covid-19 and so that company can continue to carry out operational activities during the Covid-19 pandemic. The campaign is carried out in various ways, including videos distributed on social media or directives through memorandums, posters, outreach, and the Covid Ranger. This thesis uses the Design of Health Communication Message Framework by Noar as the main theory and Behavior Change by Irwan as the supporting theory. This study uses a qualitative approach and post-positivism paradigm. Data collection was done by observing the video and some of the campaign tools used as well as interviews with management and employees. The results of the study show that campaign videos have not become an effective campaign tool, because they are only made once and are instructional. The monitoring system accompanied by leadership has not been realized so that it becomes an obstacle in implementing strict protocols."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nadiva Inayah Hafid
"Tulisan ini mengenai layanan kesehatan publik pada masa pandemi COVID-19. Dengan berfokus pada hubungan antara penyakit tidak menular (PTM) dengan gizi kesehatan ibu dan anak, penulis menggambarkan bagaimana pemulihan kesehatan primer seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) dilakukan untuk mengantisipasi gangguan akses pelayanan kesehatan akibat pandemi COVID-19, khususnya pada pelayanan PTM dan gizi (Handoyo, dkk., 2021; KSI, 2021). Dengan menggunakan pendekatan sosial ekologi, tulisan ini membahas implementasi komunikasi perubahan sosial PN-PRIMA khususnya pada Kampanye Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Gizi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) mereka. Tulisan ini didasarkan data yang didapat dari wawancara dengan kader yang diadakan di beberapa PUSKESMAS PUSKESMAS di Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, dan Kota Depok untuk memahami implementasi dan efektivitas komunikasi perubahan sosial terhadap kesehatan PTM dan gizi. Temuan yang didapat menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan yang menghibur dan edukatif, penggunaan media interaktif, serta pembentuk opini kunci seperti tokoh masyarakat dan pemimpin daerah menjadi faktor dari efektivitas komunikasi perubahan sosial dalam kampanye kesehatan PN-PRIMA. Hal tersebut menekankan bahwa untuk menanamkan pesan-pesan kesehatan ke masyarakat dengan harapan dapat mengubah sikap dan perilaku, diperlukan berbagai pengaruh sosial yang kuat serta kegiatan stimulus menarik yang dapat mendorong penyebaran pesan dan mempengaruhi perilaku masing-masing individu.
This article is about public health services during the COVID-19 pandemic. By focusing on the relationship between non-communicable diseases (NCD) and maternal and child health nutrition, the authors describe how primary health recovery such as Community Health Centers (PUSKESMAS) is carried out to anticipate disruptions to access to health services due to the COVID-19 pandemic, especially in PTM and nutrition services. (Handoyo, et al., 2021; KSI, 2021). Using a socio-ecological approach, this paper discusses the implementation of PN-PRIMA's social change communication—what is this—especially in their Non-Communicable Diseases (NCD) and Maternal and Child Health Nutrition (KIA) Campaign. This paper is based on data obtained from interviews with kader participants held at few Community Health Centers in Bekasi District, Bandung City, and Depok City to understand the implementation and effectiveness of social change communication on NCD health and nutrition. The findings show that the implementation of entertaining and educative activities, the use of interactive media, as well as key opinion formers such as community leaders and regional leaders are factors in the effectiveness of social change communication in the PN-PRIMA health campaign. This emphasizes that in order to instill health messages in the community in the hope of changing attitudes and behavior, various strong social influences and attractive stimulus activities are needed that can encourage the spread of messages and influence the behavior of each individual."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
"Edited by Robert M. Huff, Michael V. Kline, and Darleen V. Peterson, the Third Edition of Health Promotion in Multicultural Populations offers both students and practitioners an indispensable resource on assessment and implementation guidelines for promoting health and enhancing behaviors that optimize health in any cultural community."
California: Sage Publications, 2017
e20502427
eBooks Universitas Indonesia Library
Naidoo, Jenniem]
London: Bailliere Tindal Elsevier, 2011
613 NAI d
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Ibnu Akmal
"Pada masa pandemi COVID-19 ratusan perusahaan di Indonesia mengalami krisis yang berakibat pada pengurangan tenaga kerja dan bahkan bangkrut. Model bisnis direct selling merupakan jenis usaha yang dapat bertahan dan salah satunya dialami oleh Herbalife Nutrition Indonesia. Perusahaan bertumpu pada upaya adaptasi baru untuk membangun engagement melalui media sosial, yang dilakukan oleh Member Independen yang berfungsi sebagai tenaga pemasaran dan distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya membangun engagement yang dilakukan oleh Member Independen dan bagaimana perancangan pesan untuk mencapai tujuan tersebut. Perspektif teoretis yang digunakan adalah marketing communication, dengan konsep desain pesan dan consumer engagement. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Penelitian ini menunjukkan bahwa Member Independen memilliki strategi adaptasi baru dengan menggunakan media sosial sebagai instrumen utama untuk membangkitkan engagement. Kesulitan terutama ditemukan karena perubahan signifikan dalam menjangkau pelanggan yang semula tatap muka menjadi virtual, sehingga pada awalnya membutuhkan adaptasi yang relatif rumit dan menyulitkan. Adaptasi tersebut bukan hanya untuk menjangkau, melainkan juga untuk mengubah pola hidup sehat dengan berolahraga bersama secara virtual.
During the COVID-19 pandemic, hundreds of companies in Indonesia experienced a crisis that resulted in employees reduction and even bankruptcy. The direct selling business model is a type of business that can survive and one of them is experienced by Herbalife Nutrition Indonesia. The company relies on new normal adaptation efforts to build engagement through social media, which are carried out by Independent Members who function as marketing and distribution personnel. This study aims to see the efforts to build engagement made by Independent Members and how to design messages to achieve these goals. The theoretical perspective used is marketing communication, with the concept of message design and consumer engagement. The approach used is qualitative with a post-positivism paradigm. This study shows that Independent Members have a new adaptation strategy by using social media as the main instrument to generate engagement. The difficulty was mainly found because of the significant change in reaching customers from face-to-face to virtual so that initially it required a relatively complicated adaptation. The adaptation is not only to reach out but also to change healthy lifestyles by exercising together virtually. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Schiavo, Renata
San Francisco: Jossey-Bass, 2014
610.14 SCH h
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Riesmah Oktapriana
"Lebih dari satu tahun pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia dan Ibukota DKI Jakarta masih menjadi episentrum kasus COVID-19 sehingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bekerja keras dalam menanggulangi pandemi ini. Upaya menanggulangi penyebaran virus COVID-19 dibagi menjadi 2 aksi yaitu non pharmaceutical interventions dan pharmaceutical interventions. Kebijakan non pharmaceutical intervenions merupakan sebuah aksi diluar pengobatan medis dan vaksinasi yang membutuhkan keterlibatan masyarakat untuk bersama-sama menekan penyebaran virus yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan. Penelitian ini ingin menganalisa kepatuhan masyarakat dan faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19 dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan pada penelitian terdahulu dan diuji di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner di lima wilayah kota DKI Jakarta. Penelitian ini menemukan bahwa saat ini, kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di DKI Jakarta sudah baik dibandingkan awal pandemi COVID-19 (tahun 2020) dan faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan masyarakat adalah Usia, Pendidikan, Sikap, dan Komorbid, Dukungan orang lain dan lingkungan. Sedangkan faktor sanksi yang berlaku tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan di Provinsi DKI Jakarta.
For more than a year the COVID-19 pandemic has taken place in Indonesia and the capital city of DKI Jakarta is still the epicenter of COVID-19 cases, therefore the DKI Jakarta Provincial Government must work hard in tackling this pandemic. Efforts to tackle the spread of the COVID-19 virus are divided into 2 actions, non- pharmaceutical interventions and pharmaceutical interventions. The non- pharmaceutical intervention policy is an action outside of medical treatment and vaccination that requires community engagement to jointly suppress the spread of the virus, namely by implementing health protocols. This study wants to analyze people compliance and what factors affect people compliance in implementing health protocols during the COVID-19 pandemic by identifying factors that affect compliance in previous studies and implemented in DKI Jakarta. This research was conducted using a quantitative approach by distributing questionnaires in five areas of the city of DKI Jakarta. This study found that currently, people compliance in implementing health protocols in DKI Jakarta increased compared to the beginning of the COVID-19 pandemic (year of 2020) and the factors that influence people compliance significantly are Age, Education, Attitudes, and Comorbidities, Support from others and the Environment."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia , 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hasibuan, M. Ramzy Kadaffi
"Penelitian ini merupakan studi tentang framing pemberitaan yang dilakukan Beritajatim.com dalam pemberitaan mengenai obat kombinasi COVID-19 yang dikembangkan Universitas Airlangga, Surabaya. Studi ini dilakukan karena peneliti percaya framing yang dilakukan media massa dapat mempengaruhi penalaran individu atas berbagai isu yang berkembang di masyarakat. Framing yang dilakukan Beritajatim.com dapat membangun kepercayaan berlebihan terhadap obat yang sebenarnya masih belum menjalani uji klinis yang layak, dan masih memperoleh catatan kritis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Pemilihan Beritajatim.com sebagai objek penelitian berdasarkan pertama, sebagai portal berita tertua di Jawa Timur yang masih terus beroperasi meski bukan berasal dari media korporasi besar. Kedua, berada di peringkat teratas lima besar portal berita Jawa Timur, dan aspek kredibilitas organisasi karena terverifikasi Dewan Pers dan beberapa pemimpinnya menjadi pengurus berbagai organisasi media. Peneliti menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki kepada objek penelitian yaitu artikel berita yang diambil secara purposive dari pembagian tiga fase peristiwa penemuan obat Unair ini. Penelitian menemukan bahwa Beritajatim.com melakukan framing dalam pemberitaannya dengan konsisten mendukung Unair dalam lewat pembingkaian “demi memenuhi pemangku kepentingan di Jawa Timur, tanpa harus memenuhi kaidah ilmiah”. Framing terjadi di semua fase pemberitaan sehingga berpotensi memberikan pemahaman informasi yang keliru kepada masyarakat.
This research is a study on news framing conducted by Beritajatim.com in reporting on the COVID-19 combination drug developed by Universitas Airlangga, Surabaya. The researcher believes that mass media framing can affect individual reasoning on various issues that develop in society. The framing carried out by Beritajatim.com can build excessive trust in drugs that have not yet undergone proper clinical trials and are still receiving a critical note from the Food and Drug Supervisory Agency of the Republic of Indonesia. The base selection of Beritajatim.com as the object of research is first, as one of the oldest news portals in East Java which is still operating even though it is not from a large corporate media. Second, being in the top five East Java news portals and the credibility aspect of the organization because of the Press Council verification and recognition of the leaders as administrators of various media organizations. The researcher used the Pan and Kosicki model framing analysis for the object of research, namely news articles that were taken purposively from the division of three phases of Unair's drug discovery event. The study found that Beritajatim.com did the framing in its reporting by consistently supporting Unair in framing "to engage stakeholders in East Java, without complying with scientific principles". Framing occurs in all phases of reporting so that it has the potential to provide the public with misinformation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
"The second edition of A Reader in Promoting Public Health brings together a selection of readings that explore and challenge current thinking in the field of multidisciplinary public health. This thoroughly updated and revised new edition addresses contemporary issues that are high on the agenda of public health, and enables the reader to understand and negotiate this broad and dynamic field of study"
London: SAGE Publications, 2007
613 POL
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
"Key Concepts in Public Health identifies fifty key concepts used across the discipline of public health in order to give the reader a broad perspective of the core topics relevant to training and practice. From epidemiology to health promotion, and ethics to leadership, the book offers an exciting guide to the multi professional field. Each entry features a snapshot definition of the concept, a broader discussion addressing the main issues and links to practice, key points relevant to the entry, case studies to illustrate the application to practice, and examples of further reading."
London: Sage Publications, 2012
e20502476
eBooks Universitas Indonesia Library