Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 171459 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Warsito
"Pandemi COVID-19 telah menimbulkan berbagai permasalahan dan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia, yang mengakibatkan penurunan pertumbuhan ekonomi yang signifikan tahun 2020. Hal ini berdampak terhadap peningkatan kerentanan ekonomi dan mengancam ketahanan ekonomi. Penelitian ini meneliti pengaruh penerimaan pajak, suku bunga, harga minyak, harga emas, Indeks Dow Jones, dan COVID-19 terhadap nilai tukar, IHSG, dan ketahanan ekonomi serta merumuskan strategi mitigasi kerentanan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode Vector Auto Regression (VAR)/Vector Error Correction Model (VECM) dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan pajak, suku bunga, harga emas, Indeks Dow Jones, dan COVID-19 berpengaruh signifikan terhadap nilai tukar. Penerimaan pajak, suku bunga, harga minyak, Indeks Dow Jones, dan COVID-19 berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Selain itu, penerimaan pajak di masa pandemi COVID-19, suku bunga di masa pandemi COVID-19, harga minyak, Indeks Dow Jones, dan IHSG berpengaruh signifikan terhadap ketahanan ekonomi. Strategi kebijakan untuk memitigasi kerentanan ekonomi pada masa pandemi COVID-19 adalah kombinasi kebijakan fiskal, moneter, dan kesehatan dengan menjaga penerimaan pajak tidak turun serta menurunkan suku bunga dan kasus COVID-19 secara simultan.

The COVID-19 pandemic has caused various problems and negative impacts on the Indonesian economy which resulted in a significant decline in economic growth in 2020. This will increase economic vulnerability and threaten economic resilience. This study examines the effect of tax revenues, interest rates, crude oil prices, gold prices, the Dow Jones Index, and COVID-19 on exchange rates, JCI, and economic resilience and formulates strategies in order to mitigate economic vulnerability due to the COVID-19 pandemic. This study uses the Vector Auto Regression (VAR)/Vector Error Correction Model (VECM) and logistic regression method. The results showed that tax revenues, interest rates, gold prices, the Dow Jones Index, and COVID-19 had a significant effect on the exchange rate. Tax revenues, interest rates, crude oil prices, the Dow Jones Index, and COVID-19 had a significant effect on the JCI. In addition, tax revenues during the COVID-19 pandemic, interest rates during the COVID-19 pandemic, crude oil prices, the Dow Jones Index, and the JCI had a significant effect on economic resilience. The policy strategy in order to mitigate economic vulnerability during the COVID-19 pandemic is a combination of fiscal, monetary, and health policies by simultaneously keeping tax revenues from going down and reducing interest rates and COVID-19 cases."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Ghania
"Salah satu dampak pandemi COVID-19 terhadap Pekerja Migran Indonesia adalah menurunnya pendapatan Pekerja Migran Indonesia. Namun, dampak tersebut cukup bervariasi antar kelompok pekerja migran karena dipengaruhi oleh karakteristik sosial-ekonomi diantaranya; sektor lapangan kerja, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, usia, jenis kelamin serta umur. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis probabilitas penurunan pendapatan Pekerja Migran Indonesia selama COVID-19 berdasarkan karakteristik sosial-ekonomi. Unit analisis pada penelitian ini adalah 109 individu yang teridentifikasi sebagai Pekerja Migran Indonesia pada data Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) periode agustus 2020. Dengan menggunakan regresi probit, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pekerja migran yang memiliki probabilitas penurunan pendapatan yang tinggi adalah pekerja pada sektor perdagangan, hotel dan restaurant, pekerja dengan tingkat pendidikan dibawah SMA/SMK/Sederajat sedangkan pekerja migran yang bekerja sebagai teknisi dan operator dan pekerja migran dengan masa kerja 5-10 tahun memiliki probabilitas yang lebih rendah untuk mengalami penurunan pendapatan. Tidak ditemukan hasil yang signfikan mengenai perbedaan pendapatan bedasarkan jenis kelamin dan umur.

One of the impacts during  COVID-19 Pandemic experienced by Indonesian Migrant Workers is the income loss of Indonesian Migrant Workers, the impact is varied between groups of migrant workers depending from socio-economic characteristics which include the employment sector, education level, type of work, age, gender and tenure. This study aims to analyze the income loss probability of Indonesia Migrant Worker based on socio economics during COVID-19. The unit of analysis in this study is 109 individuals identified as Indonesian Migrant Workers in National Labor Force Survey (SAKERNAS) data for the period of August 2020. Using probit regression, the results of this study indicate that migrant workers who have high probability of income loss is the migrant worker  in trade, hotels and restaurants sectors workers with education level below SMA/SMK/equivalent. Meanwhile, migrant workers who work as technicians and operators, and migrant workers who works for 5-10 years have a lower income loss probability during pandemic. Meanwhile, there are no significant results regarding differences in income based on gender and age."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Siti Hajar
"Penelitian ini membahas tentang strategi optimalisasi layanan e-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di masa pandemi COVID-19. Selama masa pandemi COVID-19, Perpusnas menyatakan peningkatan seluruh layanan daring perpustakaan hingga tiga kali lipat dari sebelumnya. Perpusnas menyediakan layanan akses terbuka secara gratis ke terbitan lokal maupun internasional melalui portal e-Resources. Namun selama tahun 2020, data statistik menunjukkan terjadi penurunan jumlah pengunjung portal e-Resources. Adapun tujuan penelitian ini adalah menemukan strategi Perpusnas dalam mengoptimalisasikan layanan e-Resources di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, serta pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara online dengan pustakawan Perpusnas serta observasi daring terhadap layanan koleksi digital e-Resources. Hasil penelitian menunjukkan strategi Perpusnas dalam mengoptimalkan pemanfaatan e-Resources yaitu bimbingan pemustaka online, kerja sama dengan perguruan tinggi, promosi di media sosial, dan layanan Tanya Pustakawan Virtual.

This study discusses the strategy for optimizing e-Resources services for Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) during the COVID-19 pandemic. During the COVID-19 pandemic, Perpusnas stated that all online library services have increased three times from before. Perpusnas provides free open access services to local and international publications through the e-Resources portal. However, during 2020, statistical data shows a decrease in the number of visitors to the e-Resources portal. The purpose of this research is to find the Perpusnas's strategy in optimizing e-Resources services during the COVID-19 pandemic. This research method is a qualitative approach with a case study method, as well as data collection carried out by online interviews with National Library librarians and online observations of e-Resources digital collection services. The results show that the National Library of Indonesia's strategies in optimizing the use of e-Resources are online user guidance, collaboration with universities, promotion on social media, and the Ask a Librarian servic"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Santoso
"Pada kondisi tertentu, terutama di masa krisis, strategi momentum konvensional atau relative strength momentum telah mengakibatkan momentum crash sehingga menghasilkan return yang negatif. Beberapa peneliti telah mengembangkan strategi momentum baru yang lebih efektif untuk mempertahankan kinerja pada periode krisis yang memiliki volatilitas yang ekstrem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti kinerja dari alternatif baru dari strategi momentum tersebut di masa Covid-19 yang merupakan salah satu periode krisis yang berpotensi mengakibatkan momentum crash. Penelitian ini menggunakan Fama-French three factors asset pricing model untuk menghitung abnormal return yang dihasilkan dari strategi-strategi tersebut di pasar modal Indonesia, khususnya pada saham-saham LQ45. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa strategi baru: absolute strength momentum efektif untuk menghasilkan abnormal return yang positif di masa Covid-19, secara khusus pada periode momentum crash dan pemulihan; sementara untuk strategi baru yang lainnya terbukti tidak efektif untuk diimplementasikan. Penelitian ini berkontibusi terhadap kajian yang sudah ada dengan menganalisis hasil dari alternatif baru strategi momentum tersebut agar investor dapat mengoptimalkan return portofolio mereka di masa krisis.

In some circumstances, especially in the crisis period, conventional or relative momentum strategy has led to momentum crash and therefore give rise to a negative return. Many researchers have developed new effective momentum strategies to withstand the extreme volatility in the crisis period. The purpose of this study is to examine the outcome of the new momentum strategy alternatives during Covid-19, one of the potential crisis periods that could potentially lead to a momentum crash. This study uses the Fama-French three factors asset pricing model to calculate the abnormal return generated by those strategies in the Indonesia Stock Exchange, specifically LQ45 stocks. This study shows that the new strategy: absolute strength momentum, could effectively generate the positive abnormal return during Covid-19, specifically in momentum crash and recovery period. Meanwhile, the other new strategies have proven not effective to be implemented. This study contributes to the existing literature by analyzing the outcome of new momentum strategies for investors to optimize their portfolio return during the crisis period. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meiti Ramadani
"Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh aktivitas ekonomi regional melalui banyaknya perusahaan terhadap pariwisata domestik pada masa pandemi COVID-19, dengan memperhitungkan hubungan spasial antar provinsi di Indonesia. Analisis spasisal dilakukan dengan menggunakan Moran’s I test dan Spatial Durbin Model. Hasil penghitungan nilai Moran’s I signifikan positif, menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan kunjungan wisnus antar provinsi. Variabel utama usaha dan kepadatan berpengaruh signifikan negatif, sedangkan variabel tenaga kerja berpengaruh signifikan positif terhadap jumlah kunjungan wisnus di suatu provinsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah dengan aktivitas ekonomi regional tinggi kurang diminati wisatawan nusantara (wisnus) pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Selain itu, faktor-faktor lain yang mempengaruhi pariwisata domestik adalah tenaga kerja dan kepadatan penduduk.

This study aims to investigate the how the regional economic activity measured as the agglomeration of companies affects domestic tourism during the Covid-19 pandemic, taking into account the spatial relationship between provinces in Indonesia. Spatial analysis was carried out using Moran’s I test and Spatial Durbin Model. The value of Moran’s I significantly positive, indicating that there is a link of tourists visits between provinces. The main variables of companies and density have a significant negative, while the labor variable has a significant positive on the number of domestic tourist visiting in a province. The results confirm that areas with high regional economic activity were less attractive to domestic tourist during the Covid-19 pandemic in Indonesia. In addition, other factors that affect domestic tourism are labor and population density."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thanthowie Jauharie
"Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang diminati oleh banyak orang, karena dilakukan oleh manajer investasi sehingga investor dapat merasa lebih aman. Reksadana saham merupakan jenis reksadana yang dapat memberikan return terbesar. Namun reksadana tidak terlepas dari risiko sistematis atau faktor ekonomi makro seperti IHSG, Nilai Tukar, inflasi, dan kasus Covid-19 yang berpengaruh terhadap kinerja reksadana. Terdapat 172 sampel reksadana saham yang diuji menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah IHSG dan nilai tukar berpengaruh signifikan negative, inflasi berpengaruh signifikan positif sedangkan kasus Covid-19 tidak berpengaruh signifikan pada Kinerja reksadana saham di Indonesia.

Mutual funds are one type of investment that many people are interested in, because they are carried out by investment managers where investors can feel more secure. There are seven types of mutual funds, stock mutual funds are the type of mutual funds that can provide the biggest returns. However, mutual funds cannot be separated from system risk, the purpose of this study is to analyze the effect of macroeconomic factors such as inflation, exchange rates, JCI, and the case of Covid-19 on the return of stock mutual funds in Indonesia. A sample of 172 mutual funds were selected using purposive sampling technique and tested in this study, data were collected from Thompson Reuters and Bank Indonesia. The method used in this research is multiple linear regression analysis. The result of this research is JCI and exchange rate have a negative significant effect and inflation have a positive significant effect on equity mutual funds performance in Indonesia, while the covid-19 cases has no significant effect on equity mutual fund performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zilzikridini Wijayanti
"Latar Belakang: Permintaan pasien terhadap penerapan Teledentistry di dunia mengalami peningkatan lima kali pada masa pandemi COVID-19. Pasien di berbagai kelompok umur memiliki kepuasan yang tinggi terhadap Teledentistry.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam menggunakan Teledentistry dan mendapatkan informasi tentang hubungan kepuasan masyarakat dengan usia, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman, komunikasi, kemudahan, kenyamanan, keandalan, dan manfaat Teledentistry bagi pasien.
Bahan dan Metode: Penelitian cross-sectional ini dilakukan pada tahun 2022. Penelitian ini menggunakan kuesioner daring mandiri yang disebarkan menggunakan media sosial. Kuesioner terdiri dari faktor sosiodemografi, dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan dalam menggunakan Teledentistry. Uji analisis faktor digunakan untuk menentukan komponen yang berkontribusi sampai pada tingkatan kepuasan.
Hasil: Kepuasan masyarakat dalam menggunakan Teledentistry di masa pandemi COVID-19 memiliki tiga kategori tingkatan kepuasan, yaitu tiga responden berjenis kelamin perempuan yang memiliki tingkatan kepuasan moderat (skor 68-88), 137 responden berjenis kelamin laki-laki puas dalam menggunakan Teledentistry (skor 89-109), dan 135 responden berjenis kelamin perempuan sangat puas dalam menggunakan Teledentistry (skor 110-130). Penelitian ini menemukan terdapat 12 kombinasi pemodelan yang dapat berasosiasi secara signifikan dengan kepuasan masyarakat dalam menggunakan Teledentistry selain jenis kelamin dan pendidikan.
Kesimpulan : Kepuasan masyarakat dalam menggunakan Teledentistry di Indonesia hampir sama dengan kepuasan pasien di berbagai negara. Rasa puas dalam menggunakan Teledentistry dapat meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Background: Patient demand for the application of Teledentistry in the world has increased five times during the COVID-19 pandemic. Patients in various age groups have high satisfaction with Teledentistry.
Objectives: Determine the level of community satisfaction in using Teledentistry and obtain information about the relationship of community satisfaction with age, gender, education, experience, communication, convenience, comfort, reliability, and benefits of Teledentistry for patients.
Materials and Methods: This cross-sectional study was conducted in 2022. This study used an independent daring questionnaire distributed using social media. The questionnaire consisted of sociodemographic factors, and factors related to satisfaction in using Teledentistry. The factor analysis test is used to determine the components that contribute to the level of satisfaction.
Results: Community satisfaction in using Teledentistry during COVID-19 pandemic has three categories of satisfaction level, namely three female respondents who have a moderate level of satisfaction (score 68-88), 137 male respondents are satisfied in using Teledentistry (score 89-109), and 135 female respondents were very satisfied in using Teledentistry (110-130). This study found that there are 12 combinations of modeling that could be significantly associated with community satisfaction in using Teledentistry other than gender and education.
Conclusions: Community satisfaction in using Teledentistry in Indonesia is almost the same as patient satisfaction in various countries. Satisfaction in using Teledentistry can increase access to dental and oral health services.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivana
"Sebelum terjadinya pandemi COVID-19 di tahun 2020, Indonesia telah mengalami kesenjangan upah antar gender. Namun, pandemi COVID-19 yang terjadi pada tahun 2020 memiliki potensi untuk memperdalam jurang kesenjangan akibat adanya dampak yang tidak proporsional antar gender. Studi sebelumnya menemukan bahwa kesenjangan upah antar gender di Indonesia tidak dapat dijelaskan dengan perbedaan karaketristik yang dapat diobservasi, baik dari sisi karakteristik modal manusia ataupun jenis pekerjaan, melainkan terdapat kontribusi yang lebih besar dari faktor yang tidak dapat diobservasi terhadap kesenjangan upah antar gender yang terjadi. Dengan menggunakan data pooled cross-section dari SAKERNAS bulan Agustus tahun 2019 dan 2020, studi ini menganalisis seberapa besar pengaruh dari faktor unexplained gap, dimana terdapat indikasi diskriminasi, terhadap besar kesenjangan upah antar gender di Indonesia pada masa pandemi COVID-19. Studi ini menggunakan metode dekomposisi Oaxaca-Blinder untuk melakukan dekomposisi besar efek dari explained gap dan unexplained gap terhadap kesenjangan upah antar gender. Hasil studi ini menunjukkan bahwa pada masa pandemi, terjadi peningkatan kesenjangan upah antar gender dengan unexplained gap masih berperan besar dalam menentukan kesenjangan upah antar gender di Indonesia. Berdasarkan sektor pekerjaan, studi ini menemukan bahwa pandemi yang terjadi di tahun 2020 memiliki dampak berupa penurunan upah pekerja, baik di sektor formal maupun informal. Lebih lanjut, fenomena sticky floor masih secara konsisten terjadi di masa pandemi tahun 2020.

Prior to the COVID-19 pandemic in 2020, Indonesia had experienced a gender gap in earnings. However, the COVID-19 pandemic that occurred in 2020 has the potential to deepen the gap due to disproportionate impact between genders. Previous studies found that the gender wage gap in Indonesia cannot be explained by observable characteristics, both in terms of human capital characteristics or types of work, but that there is a greater contribution from unobservable factors to the gender wage gap that occurs. Using pooled cross-sectional data from SAKERNAS August 2019 and 2020, this study analyses the influence of unobservable factors, where there are indications of discrimination, on the gender wage gap during COVID-19 pandemic. This study uses Oaxaca-Blinder decomposition method to perform a large decomposition of the effects of the explained and unexplained gaps on the gender wage gap. The results show that during the pandemic, there is a slight increase in gender wage gap and the unexplained gap still plays a major role in determining the gender wage gap in Indonesia. Based on the employment sector, this study found that the pandemic that occurred in 2020 had an impact in the form of a decrease in the wages of workers, both in the formal and informal sectors. Furthermore, the sticky floor phenomenon has consistently occurred during the pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Rahmawati
"Ketahanan nasional suatu bangsa tidak pernah lepas dari segala bentuk ancaman yang memerlukan penanganan yang tepat. Di masa pandemi Covid-19, yang menjadi tantang besar tidak hanya Covid-19 melainkan juga sebaran disinformasi terkait Covid-19 yang disebut sebagai disinfordemik. Penyebaran disinformasi terkait vaksin Covid-19 yang masif di media sosial, seperti Twitter, jika tidak cepat segera ditangani, maka akan menjadi kendala dalam upaya pemerintah menanganggulangi pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memahami fenomena dengan menganalisis gejala dan interaksi sosial yang kompleks yang sedang terjadi. Sedangkan untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan analisis isi. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu laporan Isu Hoax terkait Vaksin Covid-19 periode Oktober 2021-Desember 2021. Hasil penelitian ini, menemukan tiga hal, yakni pertama, disinformasi yang tersebar di Twitter dapat di kelompokkan ke dalam tiga kategori, yakni rekayasa digital, otoritas medis terkait efek vaksin dan kandungan vaksin, dan otoritas non medis terkait efek vaksin. Sedangkan untuk kategori teknik propaganda, disinformasi di Twitter dapat di kelompokkan ke dalam tiga teknik propaganda, yaitu teknik transfer, teknik testimoni, dan teknik name-calling. Kedua, secara umum akar permasalahan masifnya penyebaran disinformasi di media sosial adalah kelemahan kognitif. Ketiga, penyebaran disinformasi yang masif di media sosial menjadi indikator ancaman ketahanan informasi.

The national resilience of a nation can never be separated from all forms of threats that require proper handling. During the Covid-19 pandemic, the big challenge is not only Covid-19 but also the spread of disinformation related to Covid-19 which is known as disinfordemic. The massive spread of disinformation related to the Covid-19 vaccine on social media, such as Twitter, if not handled quickly, will become an obstacle in the government's efforts to tackle the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative descriptive method to understand the phenomenon by analyzing the symptoms and complex social interactions that are happening. Meanwhile, to analyze the research data using content analysis. This study uses secondary data, namely reports on Hoax Issues related to the Covid-19 Vaccine for the period October 2021-December 2021. This study found three things: first, disinformation spread on Twitter can be grouped into three categories: digital engineering, medical authorities regarding the effects of vaccines and vaccine contents, and non-medical authorities regarding the effects of vaccines. As for the category of propaganda techniques, disinformation on Twitter can be grouped into three propaganda techniques: transfer, testimonial, and name-calling. Second, in general, cognitive weakness is the root cause of the massive spread of disinformation on social media. Third, the massive spread of disinformation on social media is an indicator of the threat to information security."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Nur Oktaviani
"Pelayanan pengaduan pada masa pandemi menjadi sangat penting untuk dilakukan, yang tujuannya adalah membantu menjaga kualitas pelayanan publik yang diterima masyarakat. Dalam masa pandemi COVID-19, penyelenggaraan pelayanan publik, termasuk pelayanan pengaduan, memiliki tantangan tersendiri. Hal ini karena pemberlakuan berbagai kebijakan untuk menanggulangi penyebaran virus COVID-19. Salah satu lembaga negara yang memiliki tugas untuk mengawasi pelayanan publik dan menerima laporan masyarakat terkait pelayanan publik adalah Ombudsman RI. Sepanjang tahun 2020, Ombudsman RI hanya mampu menyelesaikan sebanyak 43,04% laporan masyarakat. Untuk menjaga kualitas pelayanan pengaduan Ombudsman RI agar tetap maksimal, dibutuhkan manajemen pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengaduan Ombudsman RI pada masa pandmei COVID-19 ditinjau dari konsep Best Practice Complaint Management yang dikemukakan oleh Johnston dan Mehra (2002). Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivist dan pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman RI hanya memenuhi delapan dari dua belas dimensi Best Practice Complaint Management. Sedangkan dua dimensi lainnya belum terpenuhi secara optimal dan dua dimensi lainnya belum terpenuhi.

Complaint services during the pandemic are crucial to help maintain the quality of public services received by the community. However, the execution of public services during the COVID-19 pandemic, including complaint services, has its challenges. These are due to the implementation of various policies to cope with the spread of the COVID-19 virus. In this case, Ombudsman RI exists as one of the state institutions in charge of public services supervising and receiving public reports related to public services. However, Ombudsman RI was only able to complete 43.04% of public reports throughout 2020. Therefore, complaint management is required to maintain the quality of the Ombudsman RI complaint service to remain optimal. This study aims to determine the complaint management of Ombudsman RI during the COVID-19 pandemic in terms of the Best Practice Complaint Management concept proposed by Johnston and Mehra (2002). This study uses a post-positivist approach, and data collection is carried out through interviews and literature study. The results showed that the Ombudsman RI only met eight of the twelve dimensions of Best Practice Complaint Management. While two dimensions have not been fulfilled optimally and the other two dimensions have not complied."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>