Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96454 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Evin Novianti
"Latar belakang: Tingginya kasus COVID-19 di dunia mengakibatkan 13,3-16,6 juta kematian di kawasan Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika. Di Indonesia lonjakan kematian mencapai 158.429, terbayak usia dewasa. Dampak kematian orang tua menimbulkan stress, cemas berisiko pada masalah kesehatan jiwa remaja yang lebih berat. Tujuan: menganalisis model mekanisme koping remaja yang menghadapi kehilangan orang tuaakibat COVID-19 terhadap tanda gejala stress, cemas. Metode: Penelitian tahap 1 survei pada 516 sample remaja di DKI Jakarta, dianalisa dengan SEM-PLS. Penelitian tahap 2, desain quasy eksperiment with control group menguji keefektifan model dengan sample kelompok intervensi, kontrol masing-masing 52. KuisionerZung Self Rating Anxiety Scale (SAS), Perceived Stress Scale (PSS). Analisa data mancova repeated. Hasil:Koefisien determinasi kuat (R2>0,67), stimulus fokal, stimulus kontekstual, penilaian stressor, sumber koping membentuk mekanisme koping (p-value<0,05). Terdapat perubahan tanda gejala stress, cemas pada remaja sebelum dan sesudah diterapkan model mekanisme koping pada kelompok intervensi. Simpulan: Model mekanisme koping remaja yang mengalami kehilangan orang tua efektif menurunkan tanda gejala stress, cemas. Saran: Model mekanisme koping remaja yang mengalami kehilangan orang tua dapat diimplementasikan kepada remaja dalam upaya pencegahan masalah psikososial yang lebih berat lagi, dan dapat diimplementasikan oleh guru dan perawat setingkat ahli Madya.

Background: The high number of COVID-19 cases worldwide has resulted in 13.3-16.6 million deaths across Southeast Asia, Europe, and the Americas. In Indonesia, the death toll surged to 158,429, with the majority being adults. The loss of parents has led to stress and anxiety, increasing the risk of more severe mental health issues among adolescents. Objective: To analyze the coping mechanism model for adolescents dealing with the loss of parents due to COVID-19 in relation to symptoms of stress and anxiety. Methods: The study consisted of two phases. Phase 1 was a survey involving 516 adolescent samples in Jakarta, analyzed using SEM-PLS. Phase 2 used a quasi-experimental design with a control group to test the effectiveness of the model, involving intervention and control groups of 52 participants each. The Zung Self-Rating Anxiety Scale (SAS) and Perceived Stress Scale (PSS) were used. Data were analyzed using repeated measures MANOVA. Results: The model showed a strong coefficient of determination (R² > 0.67). Focal stimuli, contextual stimuli, stressor appraisal, and coping resources significantly shaped the coping mechanism (p-value < 0.05). Changes in stress and anxiety symptoms were observed in adolescents before and after applying the coping mechanism model in the intervention group. Conclusion: The coping mechanism model for adolescents experiencing parental loss effectively reduced stress and anxiety symptoms. Recommendations: The coping mechanism model for adolescents dealing with parental loss can be implemented to prevent more severe psychosocial issues and can be applied by teachers and nurses at the associate expert level."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puspita Alwi
"Masa remaja adalah tahap perkembangan penting yang melibatkan perubahan  besar pada aspek fisik, psikologis, dan sosial. Remaja sering menghadapi tekanan tinggi dari tuntutan sekolah, keluarga, dan teman-teman, sehingga mereka rentan terhadap stres psikologis. Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat mengakibatkan masalah kesehatan mental. Individu tidak pasif ketika mengalami stres, akan tetapi mencoba untuk mengatasi kondisi tersebut dengan melakukan perilaku coping. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku coping adaptif pada remaja di DKI Jakarta beserta determinannya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional pada 314 remaja yang dipilih dengan cluster sampling dari wilayah administrasi di DKI Jakarta. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku coping adaptif pada remaja cenderung baik dengan nilai rata-rata 1,95 (skala 0-3). Perilaku coping adaptif yang paling banyak digunakan yaitu active coping dan positive reframe, sedangkan yang paling jarang digunakan yaitu emotional support dan venting. School connectedness, literasi kesehatan mental, dan ketahanan keluarga memiliki hubungan dengan school connectedness (p<0,001). Penelitian ini juga menemukan  school connectedness merupakan faktor paling dominan untuk membangun perilaku coping adaptif pada remaja (p=<0,001; ꞵ= 0,022). Penguatan school connectedness, literasi kesehatan jiwa dan ketahanan keluarga perlu dilakukan untuk mendorong perilaku coping yang lebih adaptif pada remaja.

Adolescence is a critical developmental stage involving significant changes in physical, psychological, and social aspects. Teenagers often face high pressure from school, family, and friends, making them vulnerable to psychological stress. Poorly managed stress can lead to mental health problems. Individuals are not passive when experiencing stress; they try to cope with the condition through coping behaviors. This study aims to analyze adaptive coping behaviors in adolescents in DKI Jakarta and their determinants. The research uses a quantitative method with a cross-sectional design involving 314 adolescents selected through cluster sampling from administrative areas in DKI Jakarta. Data were collected through self-administered questionnaires. The results show that adaptive coping behaviors in adolescents tend to be good, with an average score of 1.95 (scale 0-3). The most frequently used adaptive coping behaviors are active coping and positive reframing, while the least used are emotional support and venting. School connectedness, mental health literacy, and family resilience are associated with school connectedness (p<0.001). The study also found that school connectedness is the most dominant factor in building adaptive coping behaviors in adolescents (p=<0.001; ꞵ= 0.022). Strengthening school connectedness, mental health literacy, and family resilience needs to be done to encourage more adaptive coping behaviors in adolescents."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Pandemi COVID-19 menyebabkan seseorang terus menerus tinggal di rumah dan melakukan jaga jarak sehingga memengaruhi aktivitas seksual dan tingkat stres. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain cross-sectional dan bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas seksual dan tingkat stres penduduk usia dewasa selama pandemi COVID-19. Sampel penelitian ini yaitu 279 penduduk usia dewasa yang memiliki pasangan di Jakarta Timur dengan teknik sampling berupa purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen SAQ dan PSS-10. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar penduduk usia dewasa melakukan aktivitas seksual selama pandemi COVID-19 (62,7%). Alasan penduduk tidak melakukan aktivitas seksual terbanyak yaitu belum menikah dan tidak tertarik dengan seks. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar penduduk usia dewasa mengalami stres sedang selama pandemi COVID-19 (62,7%). Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat terkait gambaran aktivitas seksual dan tingkat stres pada usia dewasa selama pandemi COVID-19. Diharapkan untuk pelayanan keperawatan dapat memberikan edukasi mengenai aktivitas seksual dan manajemen stres selama pandemi COVID-19.

The COVID-19 pandemic causes people to continue to stay at home and practice social distancing, which affects sexual activity and stress levels. This study is a quantitative study using a cross-sectional design and aims to describe the sexual activity and stress levels of the adult population during the COVID-19 pandemic. The sample of this study is 279 adult population who have a partner in East Jakarta with a purposive sampling technique. This study used the SAQ and PSS-10 instruments. The results showed that most of the adult population engaged in sexual activity during the COVID-19 pandemic (62.7%). Most of the population's reasons for not engaging in sexual activity are unmarried and not interested in sex. The results showed that most of the adult population experienced moderate stress during the COVID-19 pandemic (62.7%). This research is expected to provide benefits related to the description of sexual activity and stress levels in adulthood during the COVID-19 pandemic. It is hoped that nursing services can provide education about sexual activity and stress management during the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia;;;, 2021
S-Pdf;;;
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwita Laksmi Sentari
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997
S2550
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryani Cahya Ningrum
"Ansietas merupakan gangguan mental paling umum di antara remaja usia 10 sampai dengan 17 tahun di Indonesia, yaitu sekitar 3,7%. Prevalensi siswa yang mengalami Stres akademik adalah 67%. Pet attachment yang memiliki fungsi sebagai stres reduksi dianggap dapat menjadi salah satu koping untuk mengatasi stres akademik dan ansietas pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pet attachment dengan tingkat stres akademik dan ansietas pada remaja. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan pendekatan cross-sectional, dengan teknik total sampling dan melibatkan 339 siswa SMA yang didapatkan melalui skrining. Instrument yang digunakan untuk mengukur pet attachment adalah Lexingtong Attachment of Pet Scale, stres akademik diukur menggunakan Education Stress Scale for Adolescents, dan Ansietas diukur menggunakan Depression Anxiety Stress Scale 21. Analisis data bivariat dilakukan dengan menggunakan uji statistik chi square untuk menganalisis hubungan pet attachment dengan stres akademik dan fisher exact untuk menganalisis hubungan pet attachment dengan ansietas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pet attachment dengan tingkat stres akademik dan ansietas pada remaja (p < 0,01) dan didapatkan bahwa pet attachment yang tinggi cenderung menghasilkan stres akademik yang berat dan ansietas yang sedang. Disarankan remaja dapat menemukan strategi koping yang sesuai dengan kepribadian dan keadaannya, agar tidak menjadi stresor baru.

Anxiety is the most common mental disorder among adolescents aged 10 to 17 years in Indonesia, which is around 3.7%. The prevalence of students experiencing academic stress is 67%. Pet attachment which has a function as a stress reducer is considered to be one of the copings to overcome academic stress and anxiety in adolescents. This study aims to analyze the relationship between pet attachment and the level of academic stress and anxiety in adolescents. The method used to analyze data is to use a cross-sectional approach, with total sampling technique involving 339 high school students obtained through screening. The instrument used to measure pet attachment is the Lexingtong Attachment of Pet Scale, academic stress is measured using the Education Stress Scale for Adolescents, and Anxiety is measured using the Depression Anxiety Stress Scale 21. Bivariate data analysis was performed using chi square statistical tests to analyze the relationship between pet attachment and academic stress and fisher exact to analyze the relationship between pet attachment and anxiety. The results of this study indicate that there is a significant relationship between pet attachment and the level of academic stress and anxiety in adolescents (p < 0.01) and it is found that high pet attachment tends to produce severe academic stress and moderate anxiety. It is suggested that adolescents can find coping strategies that suit their personality and circumstances, so as not to become new stressors. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Erna Hartatik
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres terhadap kebiasaan merokok pada remaja di SMU Muhammadiyah 15 Slipi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan jumlah responden 56 orang. AIat pengumpul data berupa kuisioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa bivariat menggunakan uji statistik chi-square.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara stres dengan kebiasaan merokok pada remaja di SMU Muhammadiyah 15. Penelitian ini merekomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan stres terhadap kebiasaan merokok pada remaja dengan meneliti seluruh aspek yang mempengaruhi stres pada remaja, meliputi lingkungan sosial, keadaan, dan tumbang remaja.

This study aims to determine the relationship between stress on the smoking habits of teenagers in SMU Muhammadiyah 15 Slipi. Design research is used descriptive korelasional number of respondents with 56 people. Tools such as data collectors kuisioner. Analysis of the data used is bivariat analysis using the test statistics chi-square.
Results of research concluded that no meaningfill relationship between stress with smoking habits in SMU Muhamrnadiyah 15 Slipi. This study recommends to do further research on the relationship of stress on adolescent smoking behavior with examining all aspects that affect the stress on youth, including social environment, circumstances, and upset teenager.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5653
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vinesia Febrianti
"Saat duduk di kelas 12 SMA, siswa akan mendapatkan banyak tuntutan akademis yang dapat menyebabkan stres. Untuk mengatasi stres tersebut, diperlukan penggunaan coping yang tepat. Salah satu hal yang berhubungan dengan penggunaan coping adalah goal orientation yang dimiliki individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara jenis goal orientation dengan gaya coping adaptif terhadap stres terkait sekolah pada siswa kelas 12 SMA. Adapun partisipan ini berjumlah 284 partisipan yang berasal dari SMA di Jabodetabek. Pengukuran dilakukan dengan Achievement Goal Questionnaire-Revised dan Coping Across Situation Questionnaire-Revised. Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mastery-approach goal r=0,219.

12th graders can have academic demands that will result in stress. A suitable coping style is needed to manage that stress. One of the factors that relate to an individuals coping style is their goal orientation. This study aims to find the relationship between type of goal orientation and adaptive coping style related to school related stress among 12 th graders. The participants of this study were 284 students from high schools in Greater Jakarta Area. The measurements used were Achievement Goal Questionnaire Revised and Coping Across Situation Questionnaire Revised. Based on this study, a significant relationship was found between mastery approach goal r 0,219, p 0,05 and performance approach goal r 0,147, p 0,05 with active coping. Thus, no relationship was found between mastery avoidance goal r 0,036, ns and performance avoidance goal r 0,092, ns with active coping, as well as between mastery approach goal r 0,046, ns , mastery avoidance goal r 0,010, ns , performance approach goal r 0,031, ns , and performance avoidance goal r 0,081, ns with internal coping. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susanti Niman
"Banjir musiman menjadi stressor yang dialami oleh remaja yang tinggal di daerah rawan bencana banjir. Remaja merasakan ansietas sebagai dampak psikologis akibat banjir. Self efficacy dibutuhkan oleh remaja dalam menghadapi banjir musiman. Disertasi ini membahas pengembangan model koping untuk meningkatkan self efficacy dan mengatasi ansietas yang selanjutnya diimplementasikan pada remaja usia 13 – 18 tahun di daerah rawan bencana banjir Kabupaten Bandung Jawa Barat. Tujuan penelitian menganalisis model koping untuk meningkatkan Self efficacy dan mengatasi ansietas pada remaja di daerah rawan bencana banjir. Metode penelitian exploratory sequential mixed methods dengan dua tahap. Tahap 1 penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi dan pengembangan model. Partisipan pada penelitian kualitatif berjumlah 15 remaja usia 13-18 tahun. Kriteria sampel tinggal di daerah rawan banjir dengan kriteria sedang-tinggi dan pernah mengalami banjir. Tahap 2 penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen pre and post test control group design. Sampel penelitian masing – masing kelompok 104 responden yang dipilih secara purposive sampling. Kriteria inklusi usia 13-18 tahun, tinggal di daerah rawan banjir dengan kriteria sedang-tinggi, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR/Pramuka, bersedia mengikuti kegiatan secara lengkap. Kegiatan penelitian dilaksanakan selama 1 bulan dan alat ukur yang digunakan menggunakan instrumen coping self efficacy dan Screen for Children Anxiety Related Emotion Disorder. Analisa data dilakukan menggunakan uji bivariat dan multivariat. Hasil penelitian tahap 1 didapatkan 5 tema utama dan hasil tahap 2 terdapat perubahan self efficacy dan ansietas pada kelompok yang mendapatkan intervensi model koping dukungan remaja.Penelitian menyarankan bahwa model koping dukungan remaja dapat diaplikasikan oleh dinas kesehatan, badan penanggulangan bencana daerah, perawat puskesmas, guru bimbingan konseling, orang tua dan remaja; Penelitian lanjutan dibutuhkan untuk menguji model dukungan remaja pada kondisi bencana alam yang lain.

Seasonal floods are a stressor experienced by adolescents who live in flood-prone areas. Adolescents feel anxiety as a psychological impact due to flooding. Adolescents need self-efficacy in dealing with seasonal floods. This dissertation discusses the development of coping models to increase self-efficacy and overcome anxiety which will then be implemented in adolescents aged 13-18 years in flood-prone areas, Bandung Regency, West Java. The research objective is to analyze coping models to increase self-efficacy and overcome anxiety in adolescents in flood-prone areas. The exploratory sequential mixed methods research method with two stages. Phase 1 qualitative research with phenomenological design and model development. The participants in the qualitative study were 15 adolescents aged 13-18 years. The criteria for the sample live in flood-prone areas with medium-high criteria and have experienced flooding. Phase 2 is a quantitative study with a quasi-experimental design with pre and post-test control group design. The research sample for each group is 104 respondents selected by purposive sampling. Inclusion criteria are 13-18 years old, living in a flood-prone area with medium-high criteria, participating in PMR/Scout extracurricular activities, and being willing to participate in the full activity. The research activity was carried out for one month, and the measurement tools used were coping self-efficacy instruments and the Screen for Children Anxiety Related Emotion Disorder. Data analysis was performed using bivariate and multivariate tests. The results of the first phase of the research found five main themes. The results of the second stage showed changes in self-efficacy and anxiety in the group that received the intervention of the adolescent support coping model. Research suggests that health offices can apply the coping model for youth support, regional disaster management agencies, primary health nurses, guidance and counselling teachers, parents and adolescents; Further research is needed to test the model of youth support in other natural disaster conditions."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kamilia Rahadyani
"Siswa yang berada di tingkat akhir sebuah jenjang, seperti siswa kelas 12 SMA, memiliki kecenderungan stres akademik yang tinggi. Hal ini disebabkan karena siswa di tingkat akhir menerima frekuensi ujian lebih tinggi dan mencemaskan masa depan yang jauh lebih dekat, sehingga permasalahan stres akademik menjadi permasalahan penelitian. Di samping permasalahan tersebut, peneliti menemukan
manfaat mindfulness untuk para siswa, seperti membantu meningkatkan resiliensi dan membantu regulasi emosi, sehingga peneliti juga ingin mencari tahu cara untuk membantu para siswa memiliki kondisi mindfulness. Expressive writing
adalah cara untuk menurunkan stres akademik dan berpeluang menciptakan kondisi mindfulness. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh expressive writing terhadap stres akademik dan mindfulness pada siswa kelas 12 SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe pre-experimental design berjenis one-group pre-test post-test design serta dilaksanakan secara luring. Pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner dari alat ukur Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) dan Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ). Total partisipan adalah 27 siswa kelas 12 SMA yang berumur 17 dan 18 tahun (M = 17.22). Hasil penelitian menunjukkan terdapat
pengaruh expressive writing terhadap penurunan stres akademik (t(26) = 7.26, p < 0.05) dan tidak berpengaruh pada kenaikan mindfulness.

Students who are in the final year of a level, such as 12th grade high school students, have a tendency to be high academic stress. This is because students in their final year receive higher frequency of exams and worried about a much closer future, so the academic stress is the research problem. In addition to these research problem, researcher found the benefit mindfulness for tudents, such as helping increase resilience, helping emotion regulation, so researcher want to
looking for the way for helping student have a state of mindfulness. Expressive writing is a way to reduce academic stress and have the opportunity to create a state of mindfulness. This study aimed to look at the effect of expressive writing on academic stress and mindfulness in grade 12th high school students. This research is a quantitative research with a type of pre-experimental design type one-group pre-test post-test design and carried out offline. Research data collection using questionnaires from Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) and Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) measuring instruments. The total participants were 27 grade 12th high school students aged 17 and 18 years (M = 17.22). The results showed that there was an effect of expressive writing on reducing academic stress (t (26) = 7.26, p < 0.05) and no effect on increasing mindfulness.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Astri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi hubungan antara stres dan religiusitas pada dewasa muda beragama Islam. Hipotesis pada penelitian ini adalah akan ada korelasi negatif antara stres dan religiusitas. Ada 101 dewasa muda beragama Islam yang berpartisipasi dan mengisi kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sesuai dengan hipotesis, terdapat korelasi negatif yang signifikan antara stres dan religiusitas. Ditinjau dari dimensi-dimensi religiusitas, stres juga berkorelasi positif dengan dimensi ritualistic. Beberapa asumsi telah dimunculkan untuk memberikan penjelasan mengenai penemuan dalam penelitian. Pertama, religiusitas dapat menjadi suatu faktor pelindung terhadap stres, sehingga mengurangi risiko munculnya stres. Kedua, religiusitas mungkin telah digunakan sebagai suatu strategi coping yang efektif sehingga membantu individu dalam menanggulangi stres. Ketiga, ritual keagamaan yang dapat memberikan efek relaks (relaxing effect) pada tubuh diasumsikan sebagai suatu sumber dari ketenangan dan kenyamanan yang lebih nyata dibandingkan dengan dimensi lainnya.

This aim of the currentewsearch was to examine the relationship between stress and religiosity. In the research, it was hypotesized that there would be a negative correlation between stress and religosity within muslim young adults. There were 101 muslim young adults who participated and completed the questionnaires.
The results revealed that, supporting the hypotesis, there was a significant negative correlation between stress and reigiosity. Investigating the religiosity dimensions, it was also foun that there was a significant negative correlation between stress and ritualisticdimesnsions. several assumption have been derrived in order to explain the findings. Firstly, religiosity could be a protective factor towards stress, and thus decreases the liklihood of stress to occur. Secondly, religiosity might be used as an effective coping strategy and it helps individuals to cope with stress. Thirdly, religious rituals that have their relaxing effect to the body, might act as a real source of comfort compared to the other dimensions."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
155.904 2 KRE h
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>