Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 44775 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Afwan Halis
"Penelitian ini membahas strategi pembelajaran bahasa Arab di SMA Sekolah Indonesia Cairo (SIC), yang menghadapi tantangan beragamnya latar belakang siswa. Siswa SMA, umumnya anak staf KBRI, memiliki keterbatasan dalam keterampilan berbicara dan menulis dibandingkan siswa SD dan SMP yang lebih terbiasa dengan lingkungan berbahasa Arab. Pengajaran dilakukan oleh pengajar penutur asli Mesir dengan buku ajar terbitan Indonesia. Fokus penelitian ini pada kelas XI bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa mengatasi kesulitan bahasa Arab mereka. Hasil penelitian diharapkan menjadi referensi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab di sekolah serupa di luar negeri.

This study examines Arabic language learning strategies at the Indonesian School in Cairo (SIC), addressing the challenges posed by the diverse backgrounds of high school students. The students, primarily children of Indonesian Embassy staff, generally exhibit limitations in speaking and writing skills compared to elementary and middle school students, who are more accustomed to an Arabic-speaking environment. The teaching is conducted by native Egyptian instructors using textbooks published in Indonesia. Focusing on 11th-grade students, this study aims to analyze instructional strategies that can help students overcome their difficulties in learning Arabic. The findings are expected to serve as a reference for developing Arabic teaching strategies in similar schools abroad."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Azizah
"Karya ilmiah ini membahas efektivitas metode pengajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum KTSP studi kasus peserta didik kelas XI SMA Islam Terpadu Yapidh pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori keterampilan berbahasa Hermawan (2014), Al-Khuliy (2002), dan Hamid (2008), teori evaluasi hasil belajar Majid (2014), dan teori pembelajaran bahasa asing Brown (2007). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas sebuah metode pengajaran bahasa Arab, yaitu; latar belakang pendidikaan peserta didik terhadap bahasa Arab, kurikulum yang dipakai di sekolah, kapasitas dan kapabilitas pengajar, dan pendekatan pengajaran yang dipakai.

This paper discusses the effectiveness in Arabic teaching methods based on Education Unit Level Curriculum (KTSP) case study in Integrated Islamic Senior High School Yapidh Jatiasih Bekasi, West Java class XI in the first semester of the 2015/2016 academic year. This is quantitative qualitative research. The Author use theories in learning and teaching from Brown (2007), Arabic language skills theory from Hermawan (2014), Al-Khūlīy (2002), dan Hamid (2008), and evaluation concept learning from Majid (2014) as basic concept of this paper. There were four factors can influence the effectiveness in Arabic teaching methods; 1) Educational background of student in Arabic; 2) Curriculum that applied in school; 3) Teacher?s capacity and capability, and 4) Teaching approach used."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmeang, Ivonne Ruth Vitamaya Oishi
"Latar belakang: Kurikulum pendidikan dokter di Indonesia disusun berdasarkan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh seorang lulusan institusi pendidikan dokter. Salah satu upaya untuk menilai capaian kompetensi tersebut diselenggarakan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Ujian ini merupakan salah satu prasyarat untuk mendapatkan sertifikat tanda registrasi agar dapat memperoleh surat ijin praktik. Sayangnya hasil UKMPPD masih belum memuaskan. Beberapa faktor yang kemungkinan menyebabkan angka kelulusan yang rendah, antara lain: motivasi belajar dan strategi pembelajaran yang dapat diukur menggunakan Motivated Strategies of Learning Questionnaire (MSLQ).
Tujuan: Mengetahui hubungan motivasi belajar dan strategi pembelajaran dengan kelulusan uji kompetensi di Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia. Metode: penelitian analitik dengan desain potong lintang dilakukan pada seluruh mahasiswa yang mengikuti UKMPPD November 2018, 148 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik total sampling. Analisi menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil: Mayoritas responden berusia <25 tahun (54,1%), perempuan (59,5%), serta kelulusan UKMPPD sebesar 20,94%. Pada analisis univariat, variabel motivasi yang paling rendah ditemukan pada komponen kecemasan (median 3). Nilai median variabel strategi pembelajaran berkisar antara 5 dan 6. Pada analisis bivariat, nilai variabel motivasi yang memiliki hubungan dengan UKMPPD tertinggi yaitu komponen control of learning belief (r=0,232). Nilai variabel strategi pembelajaran yang memiliki hubungan dngan UKMPPD tertinggi di jumpai pada pada komponen pembelajaran dengan teman (r=0,378). Motivasi dan strategi pembelajaran mahasiswa sudah cukup baik. Namun, terdapat hubungan yang lemah-sedang antara motivasi belajar dan strategi pembelajaran dengan UKMPPD. Pada analisis multivariat menggunakan path analysis, variabel motivasi yang mempunyai pengaruh paling tinggi yaitu komponen control of learning belief (14,774). Nilai variabel strategi pembelajaran yang mempunyai pengaruh paling tinggi dijumpai pada komponen elaborasi (15,234). Motivasi mempengaruhi strategi pembelajaran, strategi pembelajaran mempengaruhi hasil pembelajaran. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mencari faktor lain yang mempengaruhi hasil UKMPPD.
Simpulan: Motivasi belajar dan strategi pembelajaran memiliki hubungan yang lemah-sedang dengan hasil pembelajaran.

Intoduction: The curriculum of medical education in Indonesia is developed based on the competencies that expected to be achieved by graduates. To assess the achievement of the competencies is by conducting the National Competency Examination (UKMPPD). National Competency Examination is mandatory to obtain a license for practicing as a physician. Unfortunately, the result is unsatisfied. The success of examination might be influenced by learning motivation and learning strategies, which can be measured by Motivated Strategies of Learning Questionnaire (MSLQ).
Objective: To determine the relationship between learning motivation and learning strategy with the success of UKMPPD at Faculty of Medicine, Universitas Methodist Indonesia. Method: An analytical research with cross sectional design was performed. Respondents were all students who took the UKMPPD on November 2018, total sample was 148. The sample selection was done by non probability sampling with a total sampling technique. Data analyzing using Spearman test.
Result: The majorityof the respondents were < 25 years old (54.1%), 59.5% is female and the successfull rate of the UKMPPD was 20.94%. The lowest motivation variable was the anxiety component (median = 3). For the learning strategy variables, component was most ly scored ​​5 and 6. The highest corelation between motivation variable and UKMPPD was control of learning belief (r=0.232). Furthermore, the highest corelation of learning strategyvariables and UKMPPD was peer learning (r=0.378). Students' learning motivation and learning strategy were quite good. However, the relation between learning motivation and learning strategy toward the UKMPPD was weak-moderate. Multivariate analysis using path analysis showed that the highest motivation variable was control of learning belief (14,774). The highest learning strategy variable was the elaboration (15.234). Motivation influences learning strategy;learning strategy infleunces the UKMPPD. Further research is needed to explore other factors influence the test results.
Conclusion: Learning motivation and learning strategies show weak-modearte correlation toward learning outcomes."
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
T55524
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gina Najjah Hajidah
"Tesis ini merupakan evaluasi bahan ajar berjudul Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik (ABY) sebagai bahan ajar bahasa Arab di salah satu lembaga bahasa asing di Depok (LBA). Tolak ukur yang digunakan dalam mengevaluasi bahan ajar ini adalah kriteria evaluasi hasil sintesis dari beberapa pakar. Kriteria tersebut adalah (1) Aims, (2) content, (3) exercises, (4) Audience, dan (5) Physical Make Up. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahan ajar ABY memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara spesifik terdapat 3 hasil evaluasi seperti yang diungkapkan Litz (2005), yaitu quality, usefullnes, dan appropriateness for the context and people with whom they are being use. Secara kualitas, materi, kegiatan, dan latihan dalam ABY sudah sesuai dengan tujuan lembaga. Menarik, beragam, dan mencakup seluruh kemahiran bahasa. Kosa kata dalam ABY pun tersusun secara sistematis. Adapun kekurangannya adalah kualitas tampilan bahan ajar, kurangnya asas kebermanfaatan bagi pengguna, dan kekurangsesuaian dengan pengguna bahan ajar (peserta kursus). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ABY boleh digunakan pada program bahasa Arab di LBA Depok dengan memodifikasi dan merevisi terhadap kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini.

This thesis is an evaluation of teaching materials entitled of Al-'Arabiyyah Baina Yadaik (ABY/Arabic in Front of You) as an Arabic language teaching materials in one foreign language institute in Depok (FLI). The benchmarks used in evaluating of the teaching materials are the evaluation criteria resulted by the synthesis of several experts. Those criteria are (1) Aims, (2) Content, (3) Exercises, (4) Audience, and (5) Physical Make Up. The findings of this study point out that there are advantages and disadvantages of ABY teaching materials have. Specifically, there are three results of evaluation as Litz described (2005), that are the quality, usefulness, and appropriateness for the context and people with whom they are being use. In quality, the materials, activities, and exercises in ABY are in accordance with the institution objectives. It is interesting, diverse, and covers the entire language proficiency. The containing vocabularies in ABY is also arranged systematically. As for its weakness are concerning with the display quality of teaching materials, lack of usefulness principle to users, and less appropriateness for materials users (course participants). Thus, it can be concluded that the ABY teaching materials can be used in the Arabic language course at FLI to modify and revise the weakness found in this study."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T39121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Fitriyatul Azizah
"Skripsi ini membahas tentang efektivitas dan persentase keberhasilan metode pengajaran yang digunakan pada pengajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas X di SMA Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Jakara Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan sebagai metode utama dalam menganalisis data pada skripsi ini adalah metode gabungan, yaitu gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Kemahiran bahasa Arab yang diajarkan di SMA Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan terdiri dari kemahiran mendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, kemahiran menulis dan gramatika. Teori yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah teori-teori metode pengajaran yang ditulis oleh Al-Basyir, Parera, Spolsky, Hamid dan Hermawan.
Hasil penelitian ini merupakan deskripsi mengenai metode pengajaran yang digunakan, tingkat keefektifan metode pengajaran yang digunakan dan persentase keberhasilan metode pengajaran bahasa Arab yang digunakan pada kelas X di SMA Islam A-Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data yang dianalisis merupakan data yang berasal dari hasil evaluasi belajar pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, kuesioner, wawancara, diskusi dan observasi.

This final assignment discusses about the effectiveness and percentage of successful teaching methods used in teaching Arabic language based on curriculum 2013 in class X Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Islamic High School South Jakarta in the second semester of academic year 2014/2015.
The method used as the primary method of analyzing data in this research is combined method which combining qualitative method and quantitative method. Arabic language proficiency which taught in Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Islamic High School South Jakarta consists of finesse hearing, speaking skills, reading skills, writing skills and grammar. The theories which used in this final assignment are the theories written by Al-Basyir, Parera, Spolsky, Hamid and Hermawan.
Results of this research is the description of the teaching methods used, the effectiveness of the teaching methods used and the percentage of success of Arabic language teaching methods used in class X A-Azhar 1 Kebayoran Baru Islamic High School South Jakarta in the second semester of academic year 2014/2015. The data analyzed is the data derived from the results of the evaluation study in the second semester of academic year 2014/2015, questionnaires, interviews, discussion and observation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65703
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Sina
"Skripsi ini menjelaskan tentang metode pengajaran kemahiran bahasa Arab yang digunakan di pondok pesantren modern Kafila International Islamic School (KIIS) Kramat Jati Jakarta Timur. Pembahasan kemahiran bahasa ini mencakup kemahiran mendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah (MTS) Kafila International Islamic School Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini sebagian besar adalah metode kuantitatif, namun metode kualitatif juga digunakan sebagai pendukung dalam menganalisis data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini merupakan deskripsi mengenai metode empat kemahiran bahasa Arab yang digunakan oleh pengajar pondok pesantren modern Kafila International Islamic School Jakarta serta penjabaran tingkat pemahaman seluruh siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah (MTS) Kafila International Islamic School Jakarta terhadap empat kemahiran bahasa Arab tersebut.

This research describes Arabic skills teaching used in Modern Boarding School Kafila International Islamic School (KIIS) Kramat Jati, East Jakarta. This research includes language proficiency of listening, speaking, reading, and writing skill in teaching Arabic subjects. The research was conducted on students in the third grade of Junior High School Kafila International Islamic School Jakarta.
The research method used in this paper is quantitative. Besides, qualitative method is used also as a support in analyze the data obtained.
The result of this research are descriptions of the method of four skills Arabic language used in Modern Boarding School Kafila International Islamic School Jakarta and the comprehension level of all students in the third grade of Junior High School Kafila International Islamic School Jakarta about the four skills of the Arabic language.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1171
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Myers, Judith Gillespie
"Are you disappointed to find out that your learners can't retain what you taught? Don't let your many hours of preparation time, and well presented materials go down the drain. Here are five simple steps to help you capture your learner's attention and keep it, organize and group formation for maximum retention, use mnemonic devices to enhance learner memory, use rehearsals to improve retention, and enhance transfer of learning."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press;, ], 2005
e20435719
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Rizki Ridwan
"Skripsi ini membahas mengenai metode pembelajaran Bahasa Arab melalui media audiovisual. Konsep yang digunakan sebagai landasan teori adalah konsep Metode Langsung dari Richards dan Rodgers dan teknik pengajaran Bahasa Arab dari Shini, untuk menganalisis korpus data utama, yaitu VCD Bahasa Arab untuk Pemula produksi PT. Granada Investa Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan sumber dari buku cetak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan teknik pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan dalam media audiovisual tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi metode dan teknik pembelajaran Bahasa Arab melalui media audiovisual yang terbagi dalam pengajaran empat keterampilan, yaitu keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis, serta kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran dalam korpus tersebut.
This undergraduate thesis would explain about Arabic learning method by audiovisual media. Concept of Direct Method by Richards & Rodgers and Arabic teaching techniques from Shini are basic theory of this undergraduate thesis, I use these theories to analyze primary source (VCD Bahasa Arab untuk Pemula). This undergraduate thesis conducted by library research from books.
The purposes of this research are to figure out method and teaching techniques of Arabic learning on this audiovisual media. This research obtain some results, the first one is identify of Arabic method and learning techniques by audiovisual media including four skills: listening, speaking, reading, and writing skill, and strength and weakness of learning method on this audiovisual media.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S335
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Iyus Rosdiana
"Skripsi ini menjelaskan tentang metode pengajaran bahasa Arab Mustaqilli yang diterapkan di lembaga kursus bahasa Arab Depok Arabic Center. Penerapan metode Mustaqilli ini meliputi kemahiran mendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini sebagian besar adalah metode kuantitatif, namun metode kualitatif juga digunakan sebagai pendukung dalam menganalisis data yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menggabarkan penerapan serta keefektifitasan metode pengajaran bahasa Arab Mustaqilli di lembaga kursus bahasa Arab Depok Arabic Center. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi penerapan metode Mustaqilli pada empat kemahiran bahasa Arab serta penjabaran tingkat efektifitas metode pengajaran bahasa Arab Mustaqilli.

This research describes Arabic teaching method Mustaqilli in Arabic Course Institute Depok Arabic Center. The application of Mustaqilli method includes language proficiency of listening, speaking, reading, and writing skill. The research method used in this paper is quantitative. Besides, qualitative method is also used as a support in analyze the data obtained. The purpose of this research is to explain and describes the application and efectivity of Arabic teaching method Mustaqilli in Arabic course institute Depok Arabic Center. The result of this research are descriptions Arabic teaching methods of four skills Arabic language and the efectivity level of the teaching method Mustaqilli.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62150
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afdol Tharik Wastono
"Nomina diptotes bahasa Arab dalam tataran sintaksisnya dapat diklasifikasikan berdasarkan kelas kata bends dan kelas kata sifat serta memiliki hukum tertentu yang menyangkut masalah ketakrifannya. Dalam fungsi gramatikal, nomina diptotes bahasa Arab yang berkasus genitif dapat menduduki/menempati semua gatra; baik gatra inti maupun gatra tambahan. Analisis dilakukan dengan mengemukakan teori-teori yang dikemukakan oleh para linguis, baik secara umum maupun secara linguistik Arab (tradisional atau modern) dan juga secara linguistik Barat sebagai perbandingan. Setelah teori diperoleh, maka analisis dilakukan berdasarkan landasan teori yang dipakai sebagai dasar pembahasan. Tujuan analisis adalah untuk memperoleh suatu gambaran yang kelas tentang diptotes genitif dalam tataran sintaksis dan segala permasalahannya dalam gramatika bahasa Arab.

Arabic diptotes nouns in their syntax can be classified based on the class of bends and adjectives and have certain laws concerning their definition. In grammatical function, Arabic diptotes nouns in the genitive case can occupy all gatra; both core gatra and additional gatra. The analysis is carried out by presenting theories put forward by linguists, both in general and in Arabic linguistics (traditional or modern) and also in Western linguistics as a comparison. After the theory is obtained, the analysis is carried out based on the theoretical basis used as the basis for the discussion. The purpose of the analysis is to obtain a class picture of genitive diptotes in the syntax level and all its problems in Arabic grammar.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>