Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177875 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fatih Yahya Anindito
"Peningkatan adopsi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) merupakan salah satu strategi utama dalam upaya dekarbonisasi sektor transportasi, yang saat ini menjadi kontributor emisi karbon terbesar kedua setelah sektor energi. Peralihan dari kendaraan berbasis mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) ke kendaraan listrik didorong oleh komitmen global maupun nasional untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE). Namun, kenaikan adopsi EV oleh masyarakat menimbulkan masalah baru berupa peningkatan jumlah limbah baterai yang apabila tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan akibat sifat toksiknya, sehingga diperlukan upaya repurpose dan recycle baterai untuk mengatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai seberapa besar dampak dekarbonisasi dari adopsi EV dengan memprediksi populasi kendaraan listrik di Indonesia hingga tahun 2060 dan memproyeksikan total limbah baterai dari adopsi EV tersebut agar pemerintah dapat mempersiapkan fasilitas pengolahan limbah baterai dalam beberapa waktu ke depan. Untuk melakukan prediksi dan proyeksi, penelitian ini menggunakan model autoregressive integrated moving average (ARIMA) untuk menangkap pola linier pada data historis populasi EV, selain itu terdapat juga model hybrid ARIMA-GRU (Gated Recurrent Unit) yang diharapkan dapat meningkatkan akurasi prediksi dengan cara mengakomodasi pola nonlinier dan dinamis yang tidak dapat ditangani oleh pendekatan statistik konvensional. Hasil prediksi menunjukkan jumlah komulatif EV hingga pada tahun 2060 sebesar 1.5 juta unit untuk HEV, 1,2 juta unit untuk BEV, dan 900 ribu unit untuk kendaraan Roda 2 elektrik. Hasil proyeksi menunjukkan bahwa emisi karbon kendaraan berhasil ditekan sebesar 3,5 kali lipat dengan penggunaan EV. Proyeksi limbah baterai pada penelitian ini yang dibangun berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa akan ada limbah baterai EV seberat 513 ribu ton yang habis masa pakainya dan dapat didaur ulang. Berdasarkan estimasi populasi EV, dilakukan proyeksi akumulasi limbah baterai dan evaluasi potensi pengurangan emisi karbon dari proses daur ulang dibandingkan produksi baterai baru berbasis material mentah. Hasil analisis menunjukkan transisi moda transportasi EV berkontribusi signifikan dalam dekarbonisasi. Selain itu pengadaan baterai dengan metode daur ulang dapat menjadi bagian integral dari strategi pengelolaan lingkungan dan pengembangan ekonomi sirkular di sektor transportasi.

The adoption of electric vehicles (EVs) is a primary strategy in the ongoing efforts to reduce carbon emissions from the transportation sector, which is the second largest contributor to carbon emissions after the energy sector. The transition from internal combustion engine (ICE) vehicles to electric vehicles is driven by global and national commitments to achieve NZE targets. However, the increasing adoption of EVs by the public has given rise to novel challenges, including an escalation in battery waste. If not managed properly, this waste can pollute the environment due to its toxic nature. Consequently, there is an imperative for initiatives aimed at repurposing and recycling batteries, in order to address the environmental repercussions of their production and utilization. The objective of this study is to provide a comprehensive overview of the decarbonization impact of EV adoption. To this end, the study predicts the population of electric vehicles in Indonesia until 2060 and projects the total battery waste from EV adoption. This information will enable the government to prepare battery waste processing facilities in the coming years. To make predictions and projections, this study employs an ARIMA model to capture linear patterns in historical EV population data. Furthermore, a hybrid ARIMA-GRU model is employed, which is expected to enhance prediction accuracy by accommodating nonlinear and dynamic patterns that cannot be addressed by conventional statistical approaches. The prediction results indicate a cumulative EV population of 1.5 million units for HEVs, 1.2 million units for BEVs, and 900,000 units for electric two-wheeled vehicles by 2060. The projection results indicate that the utilization of EVs has the potential to reduce vehicle carbon emissions by 3.5 times. The battery waste projection in this study, based on a comprehensive review of the extant literature, shows that there will be a total 513 thousand metric tons of EV battery waste that have reached the end of their useful life and can be recycled. The study was conducted with the objective of assessing the environmental impact of EV battery waste accumulation and the potential for carbon emission reduction through recycling processes compared to the production of new batteries using raw materials. The findings of the analysis suggest that the transition to EV transportation plays a substantial role in the process of decarbonization. Moreover, the procurement of batteries through recycling methodologies has the potential to become an integral component of environmental management strategies and the development of a circular economy in the transportation sector. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatih Yahya Anindito
"Peningkatan adopsi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) merupakan salah satu strategi utama dalam upaya dekarbonisasi sektor transportasi, yang saat ini menjadi kontributor emisi karbon terbesar kedua setelah sektor energi. Peralihan dari kendaraan berbasis mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) ke kendaraan listrik didorong oleh komitmen global maupun nasional untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE). Namun, kenaikan adopsi EV oleh masyarakat menimbulkan masalah baru berupa peningkatan jumlah limbah baterai yang apabila tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan akibat sifat toksiknya, sehingga diperlukan upaya repurpose dan recycle baterai untuk mengatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai seberapa besar dampak dekarbonisasi dari adopsi EV dengan memprediksi populasi kendaraan listrik di Indonesia hingga tahun 2060 dan memproyeksikan total limbah baterai dari adopsi EV tersebut agar pemerintah dapat mempersiapkan fasilitas pengolahan limbah baterai dalam beberapa waktu ke depan. Untuk melakukan prediksi dan proyeksi, penelitian ini menggunakan model autoregressive integrated moving average (ARIMA) untuk menangkap pola linier pada data historis populasi EV, selain itu terdapat juga model hybrid ARIMA-GRU (Gated Recurrent Unit) yang diharapkan dapat meningkatkan akurasi prediksi dengan cara mengakomodasi pola nonlinier dan dinamis yang tidak dapat ditangani oleh pendekatan statistik konvensional. Hasil prediksi menunjukkan jumlah komulatif EV hingga pada tahun 2060 sebesar 1.5 juta unit untuk HEV, 1,2 juta unit untuk BEV, dan 900 ribu unit untuk kendaraan Roda 2 elektrik. Hasil proyeksi menunjukkan bahwa emisi karbon kendaraan berhasil ditekan sebesar 3,5 kali lipat dengan penggunaan EV. Proyeksi limbah baterai pada penelitian ini yang dibangun berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa akan ada limbah baterai EV seberat 513 ribu ton yang habis masa pakainya dan dapat didaur ulang. Berdasarkan estimasi populasi EV, dilakukan proyeksi akumulasi limbah baterai dan evaluasi potensi pengurangan emisi karbon dari proses daur ulang dibandingkan produksi baterai baru berbasis material mentah. Hasil analisis menunjukkan transisi moda transportasi EV berkontribusi signifikan dalam dekarbonisasi. Selain itu pengadaan baterai dengan metode daur ulang dapat menjadi bagian integral dari strategi pengelolaan lingkungan dan pengembangan ekonomi sirkular di sektor transportasi.

The adoption of electric vehicles (EVs) is a primary strategy in the ongoing efforts to reduce carbon emissions from the transportation sector, which is the second largest contributor to carbon emissions after the energy sector. The transition from internal combustion engine (ICE) vehicles to electric vehicles is driven by global and national commitments to achieve NZE targets. However, the increasing adoption of EVs by the public has given rise to novel challenges, including an escalation in battery waste. If not managed properly, this waste can pollute the environment due to its toxic nature. Consequently, there is an imperative for initiatives aimed at repurposing and recycling batteries, in order to address the environmental repercussions of their production and utilization. The objective of this study is to provide a comprehensive overview of the decarbonization impact of EV adoption. To this end, the study predicts the population of electric vehicles in Indonesia until 2060 and projects the total battery waste from EV adoption. This information will enable the government to prepare battery waste processing facilities in the coming years. To make predictions and projections, this study employs an ARIMA model to capture linear patterns in historical EV population data. Furthermore, a hybrid ARIMA-GRU model is employed, which is expected to enhance prediction accuracy by accommodating nonlinear and dynamic patterns that cannot be addressed by conventional statistical approaches. The prediction results indicate a cumulative EV population of 1.5 million units for HEVs, 1.2 million units for BEVs, and 900,000 units for electric two-wheeled vehicles by 2060. The projection results indicate that the utilization of EVs has the potential to reduce vehicle carbon emissions by 3.5 times. The battery waste projection in this study, based on a comprehensive review of the extant literature, shows that there will be a total 513 thousand metric tons of EV battery waste that have reached the end of their useful life and can be recycled. The study was conducted with the objective of assessing the environmental impact of EV battery waste accumulation and the potential for carbon emission reduction through recycling processes compared to the production of new batteries using raw materials. The findings of the analysis suggest that the transition to EV transportation plays a substantial role in the process of decarbonization. Moreover, the procurement of batteries through recycling methodologies has the potential to become an integral component of environmental management strategies and the development of a circular economy in the transportation sector. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suhesti Herawati
"Meningkatkan penetrasi sumber energi terbarukan dalam bauran pembangkit listrik dan menghapus penggunaan batu bara dianggap sebagai langkah penting untuk mengurangi emisi di sektor energi. Mengingat peran Indonesia sebagai produsen bahan bakar fosil yang signifikan, studi ini bertujuan untuk menyelidiki peran gas bumi sebagai bahan bakar transisi dalam sektor energi Indonesia dengan menggunakan Versatile Data Analyst – The Integrated MARKAL-EFOM System (VEDA-TIMES) untuk optimasi sistem energi. Berbagai skenario dievaluasi, termasuk skenario business as usual (BAU) dengan dan tanpa batasan jatah karbon, skenario yang berfokus pada peningkatan penetrasi energi terbarukan (RPS), dan skenario penghentian penggunaan batu bara (CPO) dengan batasan jatah karbon. Dalam skenario BAU, pembangkit listrik batu bara tanpa batasan lingkungan akan mencapai 69% dari sistem, turun hanya sebesar 24% dalam skenario RPS pada tahun 2060. Peningkatan peran gas bumi meningkat pada skenario CPO dengan batasan jatah karbon, terutama antara tahun 2035 dan 2055, sebesar 34.1% dari total produksi listrik pada puncaknya. Meskipun demikian, dengan meningkatnya bauran energi terbarukan seperti solar utility scale dan geothermal, serta teknologi penyimpanan baterai, peran gas bumi secara bertahap mengalami penurunan, menegaskan peran gas sebagai bridge fuel menuju dekarbonisasi yang lebih luas.

Enhancing the portfolio of renewable energy sources and phasing out coal are essential measures for reducing emissions in the power sector. Considering Indonesia's role as a notable fossil fuels producer, this study investigates the role of natural gas as a bridge fuel in Indonesia's power sector, employing a Versatile Data Analyst – The Integrated MARKAL-EFOM System (VEDA-TIMES) for energy system optimization. Various scenarios are assessed, including a business-as-usual scenario (BAU) both with and without carbon budget constraints, a scenario focusing on increasing renewable energy penetration (RPS), and a coal phase-out scenario (CPO) with carbon budget constraints. In the BAU scenario, unabated coal power plants will comprise 69% of the system, decreasing by only 24% in the RPS scenario by 2060. The importance of natural gas becomes more pronounced in the CPO and carbon budget constraint scenarios. As coal is phased out, natural gas reaches its highest share in 2045, accounting for 34.1% of the power generation mix. However, its contribution declines post 2050 as solar utility-scale and battery storage expand. This trend underscores a broader shift toward decarbonization, positioning natural gas as a crucial bridge fuel in meeting energy needs while renewable technologies mature."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Adiel Insani
"Picogrid adalah jaringan listrik skala kecil yang digunakan untuk memasok beban kecil seperti penerangan, kipas, dan pengisian baterai pada laptop atau smartphone di sebuah ruangan. Picogrid memiliki beberapa kelebihan seperti mengurangi kerugian konversi karena beban terhubung langsung ke sumber daya dan mengurangi biaya dengan sumber daya independen dari jaringan. Picogrid yang kami usulkan dipasok oleh baterai dari kendaraan hibrida yang akan mencapai akhir siklus hidupnya. Baterai kendaraan hibrida akan memiliki beberapa kemampuan untuk menyimpan dan menyediakan energi untuk aplikasi kehidupan kedua.
Dalam tesis ini, penulis menggunakan baterai NiMH untuk picogrid. Karena generasi picogrid berasal dari komponen energi terbarukan seperti sel surya, yang sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sehingga produksi listrik yang dihasilkan tidak stabil dan bahkan berhenti sama sekali, sehingga perlu dilengkapi dengan baterai yang berfungsi sebagai penyimpanan energi listrik juga. untuk menjaga catu daya listrik agar beban menjadi kontinyu.
Tesis ini menentukan desain konfigurasi pikogrid yang ideal untuk beban yang membutuhkan daya rendah dan komponen yang akan digunakan dalam pikogrid, apakah komponen tersebut dapat diandalkan atau tidak. Ini juga menentukan kinerja baterai NiMH yang digunakan dalam picogrid melalui tes pengisian dan pemakaian, apakah kinerja baterai masih sama dengan kinerja pada kondisi awalnya atau kinerja telah menurun dan juga menentukan apakah pikogrid tersebut cocok untuk daerah terpencil atau tidak.

Picogrid is a small-scale electricity grid that is used to supply small loads such as lighting, fans, and charging batteries on a laptop or smartphone in a room. Picogrid has some advantages such reduce the conversion losses because the load is connected directly to the power source and reduce cost with independent power source from grid. The picogrid we propose is supplied by the battery from hybrid vehicle which will reach their end of life cycle. Hybrid vehicle battery will have some capability to store and provide energy for second life application.
In this thesis, the author uses NiMH battery for a picogrid. As the picogrid generation is from renewable energy components like solar cells, which is strongly influenced by environmental conditions so that the production of electricity produced is unstable and even stops altogether, so it needs to be equipped with batteries that function as electrical energy storage as well as to maintain electrical power supply to the load become continuous.
The thesis determines the design a picogrid configuration that is ideal for a load that requires low power and the components that will be used in the picogrid, whether the components are reliable or not. It also determines the performance of the NiMH battery used in the picogrid through the charging and discharging test, whether the performance of the battery is still the same as the performance at its initial condition or the perfromance has been degraded and also determines whether the picogrid is suitable for a remote area or not.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Markus Aminius Gielbert
"Intergovernmental Panel Climate Change (IPCC) menargetkan dunia untuk membatasi kenaikan temperatur secara global hingga 1,5°C diatas level era praindustri pada tahun 2050. Untuk mencapai target tersebut, dunia harus mengurangi emisi CO2 hingga mencapai Net Zero Emission (NZE). Indonesia berkomitmen untuk mencapai NZE pada tahun 2060 yang dinyatakan COP 26. Penelitian ini bertujuan membangun model bottom-up dari sistem energi Indonesia, mencakup sektor pembangkit listrik dan sektor pengguna untuk mengembangkan perencanaan jangka panjang dekarbonisasi melalui optimisasi single objective menggunakan piranti lunak TIMES. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi dekarbonisasi sektor pengguna meliputi: elektrifikasi untuk seluruh sektor pengguna, penggunaan teknologi yang lebih efisien, penggunaan hidrogen pada sektor transportasi dan industri, dan penerapan CCS serta penggunaan bahan bakar biomassa untuk sektor industri. Untuk sektor pembangkit listrik diperlukan pembangunan PLTS utilitas sebesar 495 GW yang didampingi dengan penggunaan power-to-gas dan baterai. Disamping itu teknologi BECCS juga diperlukan untuk dapat mencapai NZE 2060. Penurunan emisi GRK pada NZES mencapai 33.882,1 Mt CO2 – eq atau sebesar 69% dari baseline CPS. Untuk mencapai NZE 2060, biaya investasi yang harus disiapkan untuk sektor pembangkit listrik adalah sebesar 1.187 miliar USD dan untuk sektor industri adalah sebesar 1.056 miliar USD.

The Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) targets the world to limit global temperature increase to 1.5°C above pre-industrial level by 2050. To achieve this target, the world needs to reduce CO2 emissions to reach Net Zero Emission (NZE). Indonesia is committed to achieving NZE by 2060, as stated in COP 26. This research aims to develop a bottom-up model of Indonesia's energy system, including the power generation sector and the demand sector, to develop long-term decarbonization planning through single-objective optimization using the TIMES software. The results of this research show that the decarbonization strategies for the demand sector include electrification across all user sectors, adoption of more efficient technologies, utilization of hydrogen in the transportation and industrial sectors, and the implementation of CCS and biomass fuel use in the industrial sector. For the power generation sector, the development of utility-scale solar PV installations of 495 GW is required, accompanied by the use of power-to-gas and battery . In addition, BECCS technology is also necessary to achieve NZE 2060. The GHG emissions reduction in the NZES amounts to 33,882.1 Mt CO2-eq, or 69% reduction from the CPS baseline. To achieve NZE by 2060, an investment cost of 1,187 billion USD is needed for the power generation sector and 1,056 billion USD for the industrial sector."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Izzu Farhan Fajri
"ABSTRAK
Pertumbuhan kendaraan meningkat signifikan hingga empat kali lipat membuat
penggunaan bahan bakar meningkat drastis, termasuk subsidi bahan bakar di sektor
transportasi darat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proyeksi jumlah
moda transportasi darat, kebutuhan energi, emisi CO2 yang dihasilkan dan alternatif
kebijakan yang efektif untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi CO2 di tahun
2035. Melihat perubahan penggunaan energi dunia berubah drastis dalam 20 tahun,
maka proyeksi dilakukan sampai dengan tahun 2035 dengan asumsi bahwa seluruh
variabel dinilai masih berlaku. Dengan melihat kondisi data yang tersedia,
keragaman moda transportasi, jenis kendaraan, efisiensi dan faktor penggerak
lainnya maka proyeksi kebutuhan dilakukan dengan pendekatan engineeringeconomic
sehingga proyeksi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan seluruh
faktor dan pengaruh atas simulasi skenario kebijakan dapat terlihat dengan jelas.
Dengan melakukan pemodelan energi maka diperoleh proyeksi pertumbuhan
kendaraan di tahun 2035 meningkat sebesar 158% dibandingkan tahun 2012
menjadi 149,2 juta kendaraan dengan kebutuhan energi final sebesar 180,3 juta kilo
liter dan emisi CO2 sebesar 423,79 juta ton. Skenario 4 yaitu peralihan moda
transportasi pribadi menjadi transportasi masal memberikan penghematan energi
dan reduksi emisi terbesar dalam periode tahun 2013-2035 yaitu 5,32% dan 5,83%.

ABSTRACT
Vehicle growth increased significantly up to fourfold causing the fuel consumption
increased dramatically including fuel subsidies in the land transportation sector.
This study aims to obtain projected number of land transport modes, energy
demand, CO2 emissions and effective policy alternative to reduce energy
consumption and CO2 emissions in the year 2035. Because of worldwide energy
use changed dramatically in the past 20 years, the projection is done up to year 2035
with assumption that all variables are still considered valid. Considering data
availability, diversity of transportion modes, type of vehicle, efficiency and other
driving factors, energy projection is calculated using engineering-economic
approach as the projection can be made by considering all the factors and the impact
of the simulated policy scenarios can be seen clearly. The results of energy
modeling are as follows: the projected growth of vehicles in year 2035 increased
by 158% over year 2012 to 149.2 million vehicles with the final energy
consumption of 180.3 million kilo liters and CO2 emissions amounted to 423.79
million tons. The Scenario 4 which is the switching from personal transportation
into mass transportation policy give the bigest energy savings and emission
reductions in period of 2013-2035 by 5.32% and 5.83%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42051
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Anindito
"ABSTRAK
Kemacetan lalu lintas Jakarta yang parah mendorong akan dibutuhkannya moda transportasi publik yang baru dan memadai. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan PT MRT Jakarta untuk membangun, mengembangkan, mengoperasikan, memelihara, dan mengelola bisnis di area sekitar koridor MRT dengan tujuan mengatasi masalah kemacetan Jakarta yang semakin kronis. PT MRT Jakarta telah didirikan sejak 2008 dan pekerjaan konstruksinya tengah berlangsung, dimana diharapkan akan memulai operasinya pada Maret 2019. Menjelang penyelesaian proyek ini, perlu dikembangkannya sistem tiket MRT Jakarta yang baik. Saat ini, MRT Jakarta merencanakan penggunaan e-ticketing sistem untuk operasinya. Dengan telah dimulainya proses pengembangan sistem tiket ini, penelitian ini bertujuan untuk mengulas dan menganalisa kesiapan proyek MRT, khususnya mengenai model bisnis sistem e-tickting nya dengan kemungkinannya untuk berintegrasi atau interoperabilitas dengan moda transportasi publik lainnya di wilayah Jakarta.

ABSTRACT
Jakarta rsquo s severe congested traffic has urged the presence of new modes for its public transport. Provincial Government of DKI Jakarta establish a PT MRT Jakarta to build, develop, operate, maintain, and manage the business around the MRT corridor in order to overcome Jakarta rsquo s most chronic traffic congestion. PT MRT Jakarta has been established since 2008 and its construction already underway and expected to begin their operation in March 2019. Toward the project completion, the ticketing system of MRT Jakarta need to be develop in a firm fashion. At current state, MRT Jakarta rsquo s ticketing will be utilizing e ticketing system. With the system is already took place for its development, this study review and analyze the readiness of the MRT Project, especially for business models for its e ticketing systems with the possibility to integrate or interoperability with other public transportation modes in greater Jakarta."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Widayanti
"Transportasi sebagai salah satu penyebab utama dari emisi gas rumah kaca telah mendorong permasalahan lingkungan akibat emisi gas buang kendaraan dan permasalahan ekonomi akibat meningkatnya jumlah bahan bakar bensin yang masih disubsidi oleh pemerintah sampat saat ini. Kebijakan transisi BBM ke BBG saat ini menjadi salah satu solusi yang menjanjikan, namun belum sepenuhnya dapat dilaksanakan di Jakarta, karena kurangnya infrastruktur BBG dan kurangnya koordinasi investasi infrastruktur dari beberapa pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, perusahaan penyedia infrastruktur, dan transportasi umum. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi Co-Benefits dari perbaikan lingkungan, penghematan ekonomi, dan komposisi investasi bagi para pemangku kepentingan menggunakan teori permainan kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan transisi BBM ke BBG mampu mengurangi 333.688 ton emisi CO2 per tahun dengan presentase pengurangan sebesar 31% dibandingkan dengan menggunakan BBM dan nilai penghematan ekonomi sebesar Rp.2.160.183.150.000, -. Harga converter kit yang harus dibayar oleh transportasi umum adalah sebesar Rp.14.585.000, -dengan subsidi dari pemerintah sebesar Rp.480.000, - dan subsidi dari perusahaan penyedia infrastruktur sebesar Rp.935.000, -. Sementara untuk pembangunan SPBG, pemerintah perlu menginvestasikan sebesar Rp.17,5 miliar dan perusahaan penyedia infrastruktur sebesar Rp. 69,8 miliar. Selanjutnya, kebijakan transisi BBM ke BBG harus segera di implementasikan untuk mendapatkan Co-Benefits dari segi ekonomi, lingkungan, dan mutual benefits dari para pemain

ABSTRACT
Transportation as a major source of greenhouse gas (GHG) emissions has led to enviromental issue caused by the produced emissions and economic issue due to the increasing amount of gasoline fuel that is still subsidized by government. The gasoline to gas fuel transition policy becomes one of promising solutions, yet has not been fully implemented in Jakarta, regarding to the lack of gas fuel infrastructure and investment coordination among several stakeholders, namely government, infrastructure providers, and private public transportation. Therefore, this research was conducted to address co-benefits of environmental improvement, economic savings, and investment allocation for involved players using cooperative game theory. The result shows that gasoline to gas fuel transition policy could reduce 333.688 ton of CO2 emissions per year or 31% reduction compared with conventional fuel, IDR2.160.183.150.000,- in term of economic savings. The converter kit price to be paid by public transportation is IDR14.585.000,-. Government needs to subsidize IDR.480.000,- and infrastructure provider company subsidizes IDR.935.000,-. While refueling gas station needs to be invested by government at level of IDR.17,5 billion and infrastructure provider company at level of IDR.69,8 billion. In the light of the study, gasoline to gas fuel transition policy needs to be implemented to gain Co-Benefits in terms of economy, environment, and mutual benefits among actors"
Depok: 2015
T44505
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nicholas Rogelio
"Transportasi umum kereta antar kota menjadi salah satu transportasi yang banyak diminati karena bisa mengurangi kemacetan dan jarak tempuh yang jauh serta bisa mengangkut orang dalam jumlah yang banyak. Pada kenyataannya, bahan bakar yang digunakan adalah diesel yang Smenghasilkan emisi gas karbon. Emisi gas karbon bisa meningkatkan pencemaran udara dan efek rumah kaca. Sebagai solusi, penggunaan kombinasi sumber energi pada sistem kereta hibrid sudah dilakukan dan dikembangkan dalam beberapa dekade ini. Sumber energi listrik dalam bentuk baterai atau sel bahan bakar hidrogen dalam bentuk fuel cell menjadi energi utama dalam penggerak kereta. Sebagai tambahan, untuk memenuhi kebutuhan daya kereta yang disesuaikan juga bisa ditambahkan sumber energi lain seperti ultra/super capacitor ataupun diesel. Oleh karena itu, pada sistem kereta hibrid ini diperlukan EMS (Energy Management System) untuk mengatur keluaran dan penggunaan energi yang dipakai secara optimal. Metode pengendalian yang digunakan adalah MPC (Model Predictive Control) yang memungkinkan strategi perencanaan dan pengoptimalan penggunaan energi dari berbagai sumber daya. Pada metode optimasi MPC terdapat cost function yang akan diminimalisir dan dioptimalkan dengan berbagai constraints.

Inter-city train public transportation is one of the most popular transportations because it can reduce congestion and long distances and transport large numbers of people. In reality, the fuel used is diesel which produces carbon gas emissions. Carbon gas emissions can increase air pollution and the greenhouse effect. As a solution, the use of a combination of energy sources in hybrid train systems has been carried out and developed in recent decades. Electrical energy sources in the form of batteries or hydrogen in the form of fuel cells become the main energy in driving the train. In addition, other energy sources such as ultra/super capacitors or diesel can also be added to fulfill the power requirements of the train. Therefore, this hybrid train system requires an EMS (Energy Management System) to optimally manage the output and use of energy used. The control method used is MPC (Model Predictive Control) which enables strategic planning and optimization of energy use from various resources. In the MPC optimization method, there is a cost function that will be minimized and optimized with various constraints."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fadhlur Rahman
"Pada studi penelitian ini akan dilihat peranan limbah kepiting yang dimanfaatkan menjadi kitosan digunakan sebagai adsorbent logam berat kobalt. Berdasarkan struktur kitosan gugus OH dan gugus amina dapat berfungsi sebagai pengkelat logam kobalt. Sampel yang digunakan penelitian berasal dari sampel dari limbah baterai lithium ion. Pada proses pembuatan kitosan dihasilkan derajat deasetilasi sebesar 69,48%. Menggunakan proses demineralisasi dengan HCl 1 Molar, selama 1 jam pada temperatur 60°C. Kemudian deproteinasi dengan NaOH 1 Molar, selama 2 jam pada temperatur 70°C. Dan deasetilasi dengan NaOH 50%, selama 45 menit, temperatur 100°C. Pada keseluruhan proses kecepatan pengadukan 500 rpm dengan perbandingan S/L 1:15. Sebelum diolah partikel cangkang kepiting dihancurkan sampai berdiameter kurang dari 1 mm. Penambahan H2O2 20% pada leaching saat kondisi 1 atm dan 27°C menghasilkan 85% kobalt terleaching. Proses ini menggunakan asam sulfat sebesar 2M, dengan solid/liquid 1:50, H2O2 20% (v/v), waktu kontak 150 menit. Kondisi optimum adsorpsi logam kobalt pada 1 atm dan 27°C adalah pH 5,5; perbandingan S/L 1:50; waktu kontak 2 jam. Dengan kondisi ini jumlah kobalt teradsorp sebanyak 960 ppm. Sedangkan pada proses desorpsi menggunakan asam sulfat kondisi optimum berada pada pH 0,5; dan waktu kontak 1 jam. Pada kondisi ini jumlah kobalt terdesorpsi mencapai 100%.

In this study shown role of crab shells changed into chitosan adsorbent of cobalt. Based on the structure chitosan has ?OH groups and ?NH2 groups as chelating agent. The sample for his study taken from lithium ion battery waste. Chitosan produced with degree deasetilation 69,48%. First of all crabs shell crushed untill the diameter particle less than 1mm. It demineralised with HCl 1 Molar, for 1 hour at 60°C. Then, deproteinised with NaOH 1 Molar, for 2 hours at 70°C. And deasetilised with NaOH 50%, for 45 minutes at 100°C. Overall process stirred at 500 rpm with solid:liquid 1:15. Addition of H2O2 20% in leaching lithium ion battery waste at 1 atm and 27°C results 85% cobalt leached. This process takes sulfuric acid 2M, H2O2 20% (v/v), with solid:liquid 1:50, for 150 minutes, and at ambient condition (25° C and 1 atm). The optimum conditions for cobalt adsorption at 1 atm and 27°C, is pH 5,5; solid:liquid 1:50; for 2 hours. At this condition 960 ppm cobalt adsorbed onto chitosan. For the desorption process with sulfuric acid has optimum condition at pH 0,5; and desorption time for 1 hour. At this rate 100 % chelated cobalt desorped."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S49768
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>