Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bintang Cahya Dwi Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai kemampuan siswa Sekolah Menengah Atas SMA dalam keterampilan menulis, khususnya keterampilan menulis teks naratif. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana instruksi tugas tersebut dapat mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Action Research , terdiri atas 2 tahap yang masing-masingnya terdapat 2 kegiatan menulis, yaitu menulis bebas dan menulis dengan kendala constraints . Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua intervensi yang dilakukan memiliki hasil belajar yang berbeda. Penggunaan constraint dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Akan tetapi, dalam kegiatan menulis dengan kendala perlu pertimbangan yang baik, agar kendala tersebut dapat memfasilitasi siswa dan tidak menghambat pekerjaan siswa. Secara umum, hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa instruksi tugas yang memberikan kebebasan dapat membantu siswa dalam proses belajar, dan penggunaan kendala yang tepat dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

ABSTRACT
This study focuses on the instruction of writing task of high school students, especially in narrative writing skill. The research aims to find out how the instruction of the task affects the students rsquo learning process. By implementing an action research approach consisting of two stages, the results showed better result in constraint used writing rather than free writing. However, in constraints used writing task, considerations in providing thoughtful constraints are needed to facilitate students rsquo learning. In general, the result of this study support the idea that task assignments giving freedom of choice in writing help students in the learning process, and providing appropriate constraints help students achieve even better learning outcomes."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T49959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parera, Jos Daniel
Jakarta: Erlangga, 1987
808.049 922 PAR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
The, Liang Gie
Yogyakarta: Andi, 2002
411 THE t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nurfika Wijayanti
"Sesuai dengan pedoman yang tercantum pada Kurikulum 2004, pengajaran kemahiran menulis Bahasa Inggris di SMA di Indonesia dilakukan dengan menggunakan ancangan genre. Ancangan genre adalah ancangan pengajaran kemahiran menulis yang berfokus pada penulisan teks yang berterima dalam konteks sosial-budaya. Namun, pengajaran kemahiran menulis yang menggunakan ancangan ini mengabaikan proses revisi yang dibutuhkan pada pembuatan suatu tulisan, sehingga tulisan yang dibuat siswa belum baik. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memadukan penggunaan ancangan genre dengan ancangan proses. Ancangan proses adalah ancangan pengajaran kemahiran menulis yang banyak memberikan perhatian pada proses revisi yang dibutuhkan dalam pembuatan suatu tulisan.
Penelitian ini mengambil kelebihan-kelebihan yang dimiliki ancangan proses dan ancangan genre serta menggunakannya pada pengajaran kemahiran menulis teks genre naratif, eksposisi analitis, dan laporan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada ketiga teks genre tersebut. Penelitian dilakukan pada 32 orang siswa kelas XI yang di setiap akhir sesi pengajaran satu genre teks diberikan kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai keefektifan penggunaan ancangan proses genre pada pemelajaran menulis genre teks. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis buram pertama yang ditulis siswa, buram ketiga yang ditulis siswa, dan hasil uji kuesioner mengenai pendapat siswa tentang keefektifan penggunaan ancangan proses genre.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan ancangan proses genre dapat meningkatkan rerata nilai tulisan pada tiap genre yang diajarkan dan siswa mengganggap penggunaan ancangan proses genre efektif untuk membantu pemelajaran menulis.

In congruence with the guidelines of the 2004 curriculum, the teaching of English writing skills in high schools throughout Indonesia uses the genre approach. The genre approach is a way to teach writing skills which concentrates on the writing of texts that are in accordance with the sociocultural context of the society. However, the teaching of writing skills using this approach ignores the revision process that is crucial when writing, thus making the result unsatisfactory. One method to surmount this matter is to integrate the genre approach with the process approach. The process approach is a method to teach writing that pays attention to the revision process which is fundamental towards the creation of fine writing.
This thesis employs the advantages of both the process and genre approaches and applies the process genre approach towards the teaching of narrative text, analytical exposition, and report, which is ultimately aimed at improving the writing proficiency of students. The subjects of this study were 32 year-11 students. They were given questionnaires at the end of every writing session. The questionnaires are used to gather the students? opinion about the effectiveness of using the process genre approach in the study of writing. Data analysis in this study is done by examining the outcome of the students? first and third drafts, as well as the questionnaires.
The findings show that the use of the process genre approach in teaching writing can significantly increase the students? average scores of every writing genre. Moreover, the students consider this practice effective in assisting to write narrative text, analytical exposition, and report."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T26648
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ana Rosida
"Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan struktur dua buah puisi: Night oleh Blake dan She Walks in Beauty oleh Byron. Ada tiga fokus penelitian, yakni tema, majas, dan pencitraan. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dan juga teori pendekatan struktural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyair tersebut menggunakan tema, majas, dan pencitraan. Ada banyak jenis majas dan pencitraan dalam puisi tersebut. Pada puisi Night, hanya ada empat majas, yaitu (a) simile, (b) personifikasi, (c) metafora, dan (d) hiperbola dan menggunakan (1) visual, (2) auditory, (3) taktil, dan (4) kinestetik sebagai pencitraan. Pada puisi She Walks in Beauty, Byron menggunakan (a) simile, (b) personifikasi, dan (c) litotes sebagai majas dan pencitraannya adalah (1) visual dan (2) kinestetik. Puisi Night dan She Walks in Beauty menunjukkan perbedaan dan persamaan yang berkaitan dengan gaya penulisan penyairnya. Blake adalah penyair yang subjektif sedangkan Byron adalah penyair yang objektif dalam menulis. Kedua penyair tersebut menggunakan alam dengan cara yang berbeda untuk membangun tema, majas, dan pencitraan. Blake menggunakan alam untuk menggambarkan dua tempat yang berbeda dan Byron menggunakan alam untuk menggambarkan karakter wanita."
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
810 JEN 6:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Trelease, Sam Farlow
Baltimore: The Williams & Wilkins, 1958
808.066 TRE h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rottenberg, Annette T.
New York: St. Martin, 1988
808 ROT e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Young, Felina C.
Jakarta: IPWI, 1999
808.02 YOU f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gere, Anne Ruggles
New York: Macmillan, 1985
808.042 GER w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
McQuade, Donald
New York: Alfred A. Knopf, 1983
808.0427 MCQ t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>