Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harjuli Surya Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah rubrik penilaian tulisan,
khususnya tulisan discussion. Rubrik ini dibuat sesuai dengan standar penilaian
pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di tingkat SMA untuk dapat
digunakan guru dalam menilai hasil tulisan siswa. Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan pada dua orang guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 8 dan 15 Kota
Tangerang diketahui bahwa bentuk penilaian terhadap hasil tulisan siswa kelas XI
IPA dilakukan dengan hanya memberikan poin atau nilai tanpa kriteria yang jelas.
Penilaian seperti ini cenderung subjektif, tidak akurat, dan tidak sesuai dengan
bentuk penilaian yang telah diamanatkan dalam KTSP. Salah satu cara untuk
mengatasi hal ini adalah dengan penggunaan rubrik penilaian. Pengembangan
rubrik ini dilakuan melalui 7 tahap pengembangan, yaitu penelitian dan
pengumpulan data awal, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba awal,
perbaikan produk awal, uji coba lapangan, dan perbaikan produk operasional.
Pada pengembangan rubrik ini diambil 16 hasil tulisan siswa. Analisis data pada
penelitian ini dilakukan dengan menganalisis dan menilai buram 1 yang ditulis
siswa, buram 2 hasil perbaikan tulisan siswa, hasil uji kuesioner dan wawancara
pertama mengenai format rubrik yang telah jadi, dan hasil uji kesioner dan
wawancara kedua mengenai manfaat rubrik dalam membantu siswa memperbaiki
tulisan pada buram 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan rubrik
dapat meningkatkan rerata nilai pada tiap kategori penilaian dan siswa
menganggap penggunaan rubrik ini efektif dalam membantu mereka memperbaiki
tulisan.

Abstract
This research aims at developing a writing assessment rubric for a discussion text.
This rubric is made in accordance with the assessment standard of the current
Senior High School curriculum, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) to
be used by the teachers. Based on observations made of two high school English
teachers at SMA Negeri 8 dan 15 Kota Tangerang , it was found that the
assessment of students' writing in class XI was done by simply giving points or
grades without any clear criteria. Such assessments tend to be subjective,
inaccurate, and are not helpful for students. One way to overcome this is to use an
assessment rubric. The development of this rubric was done through 7 stages of
development, namely research and information collection, planning, developing
premilinary forms of the product, premilinary field testing, main product revision,
main field testing, and operational product revision. The development of this
rubric is based on 16 students' writing. Analysis of data in this study was
conducted by analyzing and assessing students' writing in first and second drafts
as well as the results of the first and second questionnaires and interviews. The
results show that the use of assessment rubric can significantly increase the
students? average score for every assessment category. Furthermore, the students
consider using the rubric is effective in helping them improve their writing."
2012
T31201
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sumohadi Marsis
Jakata: Sumohadi Marsis & Asociates, 2012
372.623 SUM p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Buku ini merupakan buku latihan membaca dan menulis, dilengkapi dengan beberapa artikel bacaan dan lembar jawaban khusus. Buku ini ditulis oleh 7 orang dosen gabungan dari beberapa Universitas di Korea"
Seoul : Seongkyungkwan daehakkyo, 2012
KOR 495.71 SWP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Seong, Baek-Hyo
"Buku ini ditulis oleh Seong Baek-Hyo, berisi tentang pengajaran tulisan hanja (aksara kuno Cina) tingkat dasar bagi siswa sekolah dasar di Korea. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal dan langkah menulis"
Seoul: juntong, 1989
KOR 495.78 SEO s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Van Ghent, Dorothy
Indianapolis: Bobbs-Merrill Co., 1965
808 VAN e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Janson, Deric
"Buku ini ditulis oleh Janson Deric dan ditulis oleh Kim Jeong-Hun. Buku ini adalah buku teks bahasa Korea yang biasa dipakai guru SMA di Korea untuk kelas menulis."
Seoul: Samin, 2009
KOR 495.71 JAN n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. Kunjana Rahardi
Jakarta: Erlangga, 2012
808.066 KUN m (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nurmala Dewi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh story mapping terhadap peningkatan hasil belajar membaca dan menulis peserta didik SMP, dengan desain penelitian yang termasuk kedalam penelitian semu (quasi experiment). Untuk mengukur apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diajarkan dengan teknik story mapping dan kelas yang tidak diajarkan dengan teknik tersebut. Data penelitian dianalisis menggunakan pengujian N-gain (Normalized Gain), dan uji hipotesis menggunakan uji t (t-test). Hasil N-gain yang diperoleh menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dengan teknik story mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis dengan ukuran efek (effect size) pada klasifikasi yang tinggi. Sementara hasil t-test yang diperoleh terhadap hasil belajar membaca dan menulis adalah t-hitung > t-tabel. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berarti H0 ditolak, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar membaca dan hasil belajar menulis peserta didik pada kelas eksperimen yang diterapkan teknik story mapping,yang lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan teknik tersebut."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Normawati
Papua: Balai Bahasa Papua, 2018
374.0124 NOR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Utami
"Ada banyak cara untuk mulai belajar atau mulai menulis, atau mulai belajar menulis. Kali ini, Mari mulai dengan intuisi. Teori menyusul. Mari mulai dengan bermain. Aturan menyusul. Kosongkan pikiran kita dari beban pedoman dan nilai-nilai (segala hal itu akan datang pada waktunya). Tarik nafas dalam panjang duduk santai, kalau perlu lakukan sedikit peregangan, terutama untuk leher, bahu, dan lengan agar kamu sudah rileks. Mari iseng-iseng mencoba menulis tanpa rencana. Pejamkan mata dan abrakada kita mulai dengan kata aku atau kamu atau iya. Buka mata dan coba tulis satu paragraf awal sebuah cerita yang dimulai dengan salah satu kata ganti tadi tak usah panjang-panjang. Katakanlah satu paragraf yang terbentuk dari sekitar 10 kalimat. Buku Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis ini akan mengajarkanmu menulis mulai dari awal. Buku ini berisi materi-materi, antara lain: 1. Mulai dari intuisi, baru beranjak pada abstraksi. 2. Dimulai dan diakhiri dengan latihan. 3. Memberi latihan berpikir filosofis dalam terapan di dalam cerita (karya sastra) 4. Cocok untuk menulis sebagai sarana menemukan dan mengaktualisasikan diri yang otentik. 5. Membuktikan bahwa kita bisa menulis tanpa harus punya ide yang jelas untuk mulai (sebab menulis justru merupakan proses penjernihan ide). Buku ini sangat cocok bagi kamu yang ingin jadi penulis tapi bingung memulainya dari mana."
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2021
808.06 AYU m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9 10 11   >>