Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Badratun Nafis
"Pendahuluan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab keterlambatanpengembalian buku di UPT Perpustakaan USK. Penelitian ini diperlukan sebagai acuan evaluasi perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan pengembalian dan sebagai wujud continuesimprovement pada layanan sirkulasi perpustakaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meminimalisir keterlambatan pengembalian buku oleh pemustaka dan meningkatkan kedisiplinan dan kualitaslayanan sirkulasi perpustakaan. Metode Penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan ialah survei. Populasi dalam penelitian ini ialah jumlah pemustaka yang terlambat mengembalikan buku tahun2017 berjumlah 6.101 orang, jumlah sampel ditetapkan berdasarkan dari rumus slovin 375 sampel, namun yang terkembali utuh yaitu sebanyak 373 kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakaninstrumen dengan mengedarkan kuesioner yang berisi 5 pertanyaan. Teknik analisis data padapenelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dan Pembahasan. Berdasarkan hasil survei, rata-rata penyebab keterlambatan pengembalianbuku ialah karena lupa dengan 227 responden (60,9%), pilihan jawaban tidak mau mengembalikanbuku tepat waktu karena masih membutuhkan koleksi tersebut adalah sebanyak 78 orang (20,9%). Penyebab ketiga responden memilih alasan lainnya sebanyak 26 orang (7%), alasan karena bukudipinjam teman sebanyak 21 orang (5,6%). Responden yang memilih karena kehilangan strukpeminjaman sebanyak 13 orang (3,5), sedangkan yang menyatakan bahwa koleksi hilang dan baruditemukan sebanyak 5 orang (1,3%), pemustaka yang menyatakan tidak sempat mengembalian bukusebanyak 3 orang (0,8%). Rata-rata jawaban yang mendominasi, pemustaka lupa mengembalikanbuku sesuai dengan jadwal sehingga terlambat dan terkena sanksi denda. Kesimpulan. Penyebab pemustaka sering terlambat mengembalikan buku ialah lupa, dalammenindaklanjuti hasil tersebut perpustakaan dapat menimalisir penyebab keterlambatan denganmemanfaatkan pengembangan UILIS mobile, dengan menambahkan notifikasi sebelum jatuh tempominimal satu hari sebelumnya agar pemustaka lebih disiplin dan tidak terlambat mengembalikan buku."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:1 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Badratun Nafis
"Pendahuluan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur persepsi pustakawan terhadap gaya kepemimpinan trasformasional pimpinan melalui empat aspek ciri-cirinya, yang terdiri dari;(1) Pengaruh Ideal;(2) Motivasi Inspirasional;(3)Stimulasi Intelektual;dan (4)Perhatian Individual di UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Metode Penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa statisktik deskriptif dan berbentuk persentase. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah survey. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dengan mengedarkan kuesioner yang dibuat menggunakan skala likert agar peneliti dapat mengukur persepsi pada penelitian ini. Instrumen berjumlah 27 kuesioner dengan 20 pertanyaan, yang terdiri dari keempat aspek gaya kepemimpinan transformasional. Hasil dan Pembahasan Hasil dari kuesioner dari keempat aspek yang didapat ialah;(1) Pengaruh Ideal berkategori sangat baik, dengan presentase 90,37%. Aspek ini merupakan aspek yang mendapatkan nilai tertinggi dari aspek-aspek lainnya.;(2) Motivasi inspirasional juga berkategori sangat baik, dengan presentase 87,11%.;(3)Stimulasi intelektual memperoleh hasil dengan kategori baik, dengan presentase 84,30%.;(4)Perhatian individu mendapatkan nilai yang paling rendah dari ketiga aspek lainnya, akan tetapi masih berkategori baik, dengan presentase 82,37%. Kesimpulan. Persepsi pustakawan terhadap gaya kepemimpinan transformasional pimpinan UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala dari keempat aspek memperoleh total skor 2.3 23 dari skor maksimal2. 700 dengan presentase 86,04%(sangat baik)"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2020
020 VIS 22:2 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library