Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cut Sarah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap perilaku knowledge sharing. Berdasarkan hasil uji regresi berganda pada 92 karyawan dengan menggunakan Multifactor Leadership Questionnaire (Form 5x-Short), Organizational Climate Instrument, dan Knowledge Sharing Behavior Questionnaire menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap knowledge sharing, dimana sumbangan paling signifikan berasal dari iklim organisasi (r = 0,511**, p<0,01). Kemudian peneliti merancang intervensi untuk meningkatkan iklim organisasi pada dimensi fairness yang memberikan sumbangan terbesar. Fairness yang dipersepsikan rendah karena penilaian atasan yang dianggap tidak adil. Oleh karena itu, intervensi effective performance feedback workshop diberikan kepada para atasan untuk meningkatkan persepsi fairness bawahannya yang diharapkan akan meningkatkan perilaku knowledge sharing bawahan. Hasil uji signifikansi perbedaan pre-test dan post-test menunjukkan intervensi signifikan meningkatkan dimensi iklim organisasi yaitu persepsi fairness sehingga terdapat peningkatan pula pada knowledge sharing (t = -4,733*, p<0,05). Hasil ini mengimplikasikan bahwa penting untuk memberikan feedback secara berkala agar karyawan menampilkan perilaku knowledge sharing yang diharapkan.
This study is aimed to analyze the effect of leadership and organizational climate toward knowledge sharing behaviors. Based on multiple regression test to the 92 employees using Multifactor Leadership Questionnaire (Form 5x-Short), Organizational Climate Instrument, and Knowledge Sharing Behavior Questionnaire showed a significant effect of leadership and organizational climate toward knowledge sharing, in which the most significant contribution came from organizational climate (r = 0.511**, p <0,01). Then the researcher designed intervention to improve organizational climate dimension of fairness as biggest contribution. The low perceived fairness was considered because of unfair superior rating. Hence, the effective performance feedback workshop intervention was given to supervisors to improve the perception of fairness on their subordinates and expected to enhance knowledge sharing behaviors. The result of the significance test on the difference between pre-test and post-test showed that the given intervention could improve the dimension of organizational climate that was the perception of fairness so that there was improvement knowledge sharing (t = -4.733 *, p <0,05). This result implies that it is important to give the employee feedback on a regular basis in order to show the expected knowledge sharing behaviors.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T35919
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Sarah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian mengenai hubungan gaya kepemimpinan dengan kepuasan kerja telah banyak dilakukan sebelumnya pada berbagai organisasi. Namun, hubungan kedua variabel tersebut pada organisasi sekolah masih sedikit diteliti. Penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan yang dikemukakan Bums (1978) yaitu gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional lebih efektif dan berdampak terhadap kepuasan keija lebih baik daripada gaya kepemimpinan transaksional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah yang dipersepsikan guru dengan kepuasan keija guru SD Negeri di Langsa (Aceh Timur). Penelitian ini menggunakan adaptasi alat ukur Job Satisfaction Survey dari Spector (1997) dan Multifactor Leadership Questionnaire- Form 5X dari Bass dan Avolio (1997). Seratus guru dari lima sekolah di Langsa berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kepuasan keija guru dengan nilai korelasi 0,489 dan signifikan pada los 0,01. Selain itu, tidak ditemukan hubungan antara gaya kepemimpinan transaksional dengan kepuasan kerja guru. Penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan kepuasan keija pada guru dengan pemimpin transformasional dan transaksional, dimana tingkat kepuasan keija yang lebih tinggi ditemukan pada guru yang mempersepsikan kepala sekolahnya sebagai pemimpin transformasional.
ABSTRACT
Research on the relationship of leadership style and job satisfaction have been done earlier in many organizational settings. However, relationship between these two variables at the school organization is still little investigated. This study uses the theory of leadership presented Bums (1978), namely transformational'and transactional leadership style. Several previous studies showed that transformational leadership style is more effective and resulted in better job satisfaction than transactional leadership style. This study aims to examine the relationship between leadership style of principal perceived with the teacher job satisfaction in Langsa (East Aceh). Results obtained through the use of measuring instruments adapted ffom Job Satisfaction Survey by Spector (1997) and the Multifactor Leadership Questionnaire-Form 5X by Bass and Avolio (1997). One hundred teachers ffom five elementary schools in Langsa participate in this research. Results showed that there was a significant relationship between transformational leadership style of school principals with teacher job satisfaction. The result of this research shows that correlation between principal transformational leadership style and job satisfaction of teachers is 0,489 and significant at los 0,01. In addition, no relationship was found between transactional leadership style and job satisfaction of teachers. This study also shows there is differences in teachers' job satisfaction with transformational and transactional leadership, where the level of higher job satisfaction was found in teachers who perceive the principal as a transformational leader.
2010
S3633
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library