Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Debora Irene Christine
"Kompetisi global menuntut negara untuk melakukan manajemen reputasi dengan strategis. Guna melakukannya, diperlukan kajian yang komprehensif mengenai potensi internal negara dan posisinya saat ini (current condition) dalam percaturan global. Audit reputasi negara dengan menganalisa bingkai pemberitaan terhadap negara dalam media massa global mampu memberikan pemahaman mengenai persepsi publik global tentang negara dan membantu proses identifikasi aspek-aspek reputasi Indonesia yang sudah baik dan yang harus diperbaiki. Dengan melakukan analisis framing, penelitian ini hendak melihat bagaimana pemberitaan mengenai Indonesia yang diangkat oleh harian The Wall Street Journal memengaruhi konstruksi reputasi Indonesia secara global. Hasil yang didapatkan bahwa Indonesia mendapatkan penekanan positif pada potensi ekonominya dan penekanan negatif pada kinerja pemerintah yang merupakan penghambat kemajuan negara.
Global competition endorses a country to strategically manage its reputation. In order to do it, one needs to make a comprehensive study of a country's internal potential and its current condition in global world. Conducting country's reputation audit by analysing global mass media's news frames can result in an understanding of global public's perception of the country and thus, becoming an adequate base to create a nation brand. By conducting framing analyses, this research will see how the news presented by The Wall Street Journal daily affect the construction of Indonesia's reputation globally. The result obtained shows that Indonesia gets the positive emphasis on its potential economy and negative emphasis on its government's performance which is considered to be the obstacle of nation development effort."
Depok: [Universitas Indonesia, ], 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Debora Irene Christine
"Media massa sebagai salah satu perangkat negara yang berperan penting dalam pembangunan nasional dan memiliki kekuatan untuk memengaruhi persepsi publik selayaknya memberitakan isu kemiskinan dengan porsi dan kemasan yang sesuai sehingga mampu menampilkannya secara komprehensif. Di Indonesia, media massa belum melihat isu kemiskinan sebagai isu yang penting untuk dibahas secara komprehensif dan mendalam. Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana media massa Indonesia membingkai isu kemiskinan. Lebih jauh, hasil temuan dianalisa dengan menggunakan konsep agenda publik, agenda media, dan konteks sosial budaya Indonesia.
In Indonesia, mass media plays a significant role in national development and has the strengh to influence public perception as well. Thus, mass media should have been conveyed the poverty issue to the public comprehensively. By far, mass media in Indonesia not yet considered poverty as one of important issues to be discussed and reported deeply with comprehensively manner. The purpose of the study is to see how mass media in Indonesia frame the poverty issue using several concepts which are public agenda, media agenda, and the context of Indonesia’s social culture. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library