Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Deon Montasser
"Penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh orientasi pembelajaran dan orientasi pasar kepada keinovasian perusahaan, dilakukan dengan menggunakan metode survey kepada 96 karyawan Divisi Corporate Solutions pada PT Excelcomindo Pratama, Tbk. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier bergada dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) Orientasi pembelajaran merupakan komitmen perusahaan untuk meningatkan kemampuan perusahaan dalam beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di internal dan eksternal. Penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh perusahaan melalui kesamaan persepsi dalam mencapai tujuan bersama, keterbukaan dan adanya saling berbagi pengalaman di antara karayawan dan unit kerja; (2) Orientasi pasar merupakan ukuran dimana perusahaan memiliki kemampuan dalam mendapatkan, mengelola dan menggunakan informasi pasar untuk tujuan strategik perusahaan.
Perusahaan selalu mendengarkan informasi dari pelanggan melalui riset sehingga digunakan untuk melakukan perencanaan dan pengembangan produk/layanan terbaru untuk mengusai pasar yang dituju; (3) perusahaan selalu melakukan inovasi dalam produk dan layanan hal ini terlihat bahwa dalam kurun waktu lima tahun terjadi peningkatan dalam pengenalan produk dan layanan terbaru. Keinovasian yang dilakukan tersebut nampak pada kemampuan perusahaan untuk menghadirkan ide-ide produk dan layanan terbaru di pasar, dan memiliki cara baru dalam menyelesaikan masalah internal perusahaan; dan (4) secara statistik, orientasi pasar dan orientasi pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan positif kepada keinovasian perusahaan, namun orientasi pasar merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keinovasian perusahaan. Artinya inovasi yang dilakukan perusahaan lebih didasarkan dalam memenuhi keinginan pelanggan dan penguasaan terhadap pasar yang ingin diraih.

The purpose of this thesis is to examine the relations among learning orientation, market orientation and innovativeness in PT.Excelcomindo Pratama, Tbk, Corporate Solutions division. The study involves a questionnaire-based survey of medium-high level employees with a total of 96 respondents. The data were analyzed with double liner regression and hypothetical testing.
The research indicates four findings, (1) commitment to learning was used by the company to improve the ability to adapt with internal and external changes. (2) The company always listen from customer trough research and used the information for planning and developing new products in order to win the market. (3) firm innovativeness has proved positively with the increasing of introduction/new product in the last five years also the ability to serve new ideas products in the market and continue to provide new method of internal process. (4) The research indicates that learning orientation and market orientation has positively affects firm innovativeness. However market orientation show dominant impact in firm innovativeness which means that the innovation is drive by customer and the target market."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2007
T22731
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deon Montasser
"Ekonomi digital yang menjanjikan sedang berkembang di Indonesia. Mengingat agar tetap relevan dengan perubahan lingkungan dan mempertahankan keunggulan kompetitif, organisasi petahana harus mampu melakukan inovasi model bisnisnya secara digital. Dibandingkan dengan kompetitor start-up digital, upaya untuk berinovasi secara digital dalam penciptaan nilai dan menangkap nilai secara efektif memerlukan elemen berbeda yang sejauh ini masih kurang diteliti. Penelitian ini berupaya untuk mengisi kesenjangan pengetahuan ini dengan mengeksplorasi faktor-faktor signifikan dalam inovasi model bisnis digital bagi perusahaan-perusahaan lama di Indonesia. Dengan menerapkan analisis pemodelan persamaan struktural (SEM) pada kumpulan sampel yang terdiri dari 124 titik data yang berasal dari perusahaan publik B2C dan B2B2C di Indonesia, kami menemukan kesiapan organisasi dan kapabilitas dinamis yang mendukung TI sebagai faktor mediasi utama untuk pengembangan DBMI yang efektif. dipengaruhi oleh ketidakpastian lingkungan. Selain itu, peran pemimpin transformasional juga disoroti sebagai hal yang penting dalam mendorong kesiapan organisasi yang efektif untuk melakukan inovasi digital. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi teoretis yang penting terhadap literatur model bisnis dengan menawarkan kerangka kerja terintegrasi mengenai DBMI perusahaan mapan. Selain itu, kerangka kerja ini dapat digunakan sebagai panduan bagi para manajer yang memimpin inisiatif transformasi digital.

A promising digital economy is emerging in Indonesia. Considering that to stay relevant with the changing environment and maintain competitive advantages, incumbent organizations must be able to innovate their business models digitally. Compared to digital start-up competitors, the attempt to digitally innovate incumbent value creation, and effectively capture value require different elements which have remained under-researched so far. This research attempts to fill this knowledge gap by exploring the significant factors of digital business model innovation for incumbent companies in Indonesia. By applying structural equation modeling (SEM) analysis to a sample set of 124 data points derived from the public listed B2C and B2B2C companies in Indonesia, we founf the Organizational readiness and IT-enabled dynamic capabilities as the central mediating factor for effective development of DBMI affected by environmental uncertainties. Additionally, the role of transformational leaders has also been highlighted as important antecedent for driving effective organizational readiness for digital innovation. Overall, this research provides an important theoretical contribution to the business model literature by offering an integrated framework of antecedents concerning established firms’ DBMI. Furthermore, the framework can be used as a guide for managers leading digital transformation initiative. "
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library