Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dyah Yasmina
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan cara yang
efektif guna mengubah tingkah laku membuang sampah. Perubahan yang
dimaksud adalah pembahan dari tingkah laku membuang sampah tidak pada
tempatnya menjadi tingkah laku membuang sampah pada tempatnya. Penelitian
ini dirancang dalam bentuk eksperimen untuk membuktikan efektlvitas tehnik
forced compliance yang digunakan di dalam penelitian Aronson, Fried & Stone
(1991; dalam Baron & Byrne, 1994) pada tingkah laku membuang sampah.
Forced compliance disimulasikan melalui tugas partisipan untuk membuat dan
merekam pidato mereka. Setelah itu, partisipan diingatkan bahwa mereka juga
pernah membuang sampah sembarangan.
Penelitian ini dilakukan dengan desain Laboratory Controlled Experiment,
Pretest-posttest Control Group Design. Eksperimen ini menggunakan 36
partisipan yang dibagi ke dalam dua kelompok eksperimen, yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol.
Kelompok eksperimen diminta untuk membuat dan membacakan pidato di
depan handycam untuk mengajak orang lain untuk membuang sampah pada
tempatnya. Peneliti membuat mereka percaya bahwa rekaman pidato mereka
akan dipertontonkan pada orang lain. Kemudian mereka diingatkan akan tingkah laku membuang sampah sembarangan yang pemah mereka lakukan.
Diharapkan mereka akan merasa munafik sebab telah mengajak orang lain
melakukan tingkah laku yang mereka sendiri pernah lalai melakukannya.
Kelompok kontrol mengalami treatment yang sama, kecuali bahwa mereka
merekam pidato dengan menggunakan tape recorder, dan mereka tidak sedang
berusaha untuk meyaklnkan orang lain. Adapun pengukuran tingkah laku untuk
menunjukkan efektivitas treatment menggunakan tes tingkah laku dengan
proyeksi verbal.
Data penelitian menunjukkan skor tes tingkah laku pada kelompok
eksperimen tidak lebih tinggi secara signifikan dari pada kelompok kontrol.
Perhitungan t test dengan menunjukkan hasil t sebedar 0,497. Dengan pengujian
signifikansi one-tail, temyata hasil tersebut tidak signifikan. Perbedaan hasil tes
tingkah laku antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak signifikan,
dengan kecenderungan hasil kelompok kontrol lebih tinggi dibandingkan hasil
kelompok eksperimen. Tehnik forced compliance pada kelompok eksperimen
temyata tidak menimbulkan disonansi kogn'itif yang lebih tinggi dibandingkan
dengan treatment yang diberikan pada kelompok kontrol untuk mengubah
tingkah laku membuang sampah.
Saran-saran yang diajukan adalah perbaikan yang perlu dilakukan Jika
hendak mengadakan penelitian serupa."
2002
S2895
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Yasmina
"Dari hasil diskusi dengan pihak Human Resources Department Bank Z, diketahui adanya keluhan dari Teller terhadap Perfomance Appraisal yang dilaksanakan oleh Bank Z. Teller menganggap performance appraisal yang ada tidak adil. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata performance appraisal yang digunakan memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain adalah: pembuatan item-item pada lembar penilaian tidak didasarkan pada analisa jabatan, sehingga ada item yang tidak terkait dengan tugas-tugas teller, ada pernyataan yang ambigu, Serta tidak adanya pelatihan untuk menyeragamkan pemahaman penilai terhadap kriteria yang tertera pada lembar penilaian. Sehingga permasalahan yang dihadapi oleh Bank Z adalah bagaimana caranya membuat performance appraisal yang lebih efektif.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis mencoba untuk mengajukan rancangan progam performance appraisal untuk teller di Bank Z. Format yang diajukan untuk digunakan adalah Behavioral Observation Scale (BOS), dan untuk menyusunnya akan dilakukan analisa jabatan dengan menggunakan Critical Incidents Technique (CIT). Ada tujuh tahapan yang diajukan untuk melaksanakan performance appraisal. Masing-masing tahapan dipecah ke dalam beberapa langkah. Ketujuh tahapan tersebut adalah; persiapan pelaksanaan, analisa jabatan dengan menggunakan CIT, penyusunan lembar penilaian dengan format BOS, sosialisasi penggunaan BOS kepada karyawan dan atasan langsungnya, pelaksanaan perfomiance appraisal, pembezian umpan balik kepada karyawan, dan evaluasi pelaksanaan perfomiance appraisal.
Diharapkan, rancangan tersebut berguna bagi pihak manajemen Bank Z untuk menyusun program performance appraisal yang efektif dan dapat diterima oleh karyawannya yang menjabat sebagai teller."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T38498
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library