Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Fajar Fitrianto
"Penelitian ini ingin mengetahui hubungan trait kepribadian terhadap perilaku bullying. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe non experimental dan field study. Seluruh partisipan sebanyak 152 orang dengan rentang usia remaja madya. Ada dua alat ukur yang digunakan, yaitu alat ukur trait kepribadian NEO PI dari Costa dan McCrae (1992) dan alat ukur bullying yang merupakan modifikasi alat ukur bullying dari Astari (2008). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, sedangkan analisis hasil dilakukan dengan menggunakan metode statistik.
Teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis hasil adalah regresi berganda. Perhitungan regresi berganda yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Trait kepribadian memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku bullying; (2) Domain trait agreeableness dan openness memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perilaku bullying.
This study would like to re veal the correlation of trait pe rsonality and bullying behavior.This is quantitative non experimental type and field study re search. All 152 participants are middle adolescent. There are two scales use d, trait personality scales NEO PI from Costa a nd McCrae and bullying scales modified from Astari (2008). Data from this research collected by questionnaires and analyzed using statistic method.
Statistic technique to analyze data using multiple regression. Computation of multiple regression show that: (1) Trait persona lity has a significant correlation with bullying behavior; (2). Doma in trait agreeableness a nd openness has the most significant contribution with bullying behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
155.2 FAJ h
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Fajar Fitrianto
"Perkembangan teknologi informasi yang pesat memberikan banyak alternatif dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. Sistem belajar jarak jauh (distance learning) memberikan kemudahan bagi pelajar untuk tidak perlu lagi hadir dalam kelas tetapi proses belajar-mengajar dapat dilakukan di mana saja dengan mcnggunakan alat bantu komunikasi. Sistem pendidikan berbasiskan web, atau dikenal sebagai Web-Based Education System ( WBE ), menjadi pilihan yang menarik untuk melaksanakan distance learning dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet yang berkembang luas dalam masyarakat. Sistem testing, yang bersifat selftest, dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan sistem evaluasi berbasiskan web asinkron yang reliable mampu memberikan analisa terhadap hasil belajar pelajar. Sistem testing online dibuat dengan menggunakan bahasa PHP, HTML, dan javascript serta database MySQL untuk penyimpanan datanya. Sistem testing fersebut tersusun atas tiga buah subsistem yang memillki fungsi rnasing-masing yaitu sistem administrator, sistem pengajar dan sistem pelajar. Sistem administrator memiliki kemampuan untuk melakukan administrasi user. Sistem pengajar memihki akses untuk melakukan administrasi mala kuliah serta materi testing yang berhubungan dengan ma1a kuliah tersebut Sedangkan sistem pelajar merupakan peserta dari testing ini sendiri. Untuk tahap penilaian terhadap hasil testing pelajar digunakan pendekatkan model Gwo Jen Hwang sebagai kerangka pikir dalam membentuk sistem evaluasi. Evaluasi dilakukan per soal yang menjadi pertanyaan pada saat testing. Setiap soal yang berhasil dijawab oleh pelajar akan menambah poin yang diperoleh pelajar tersebut, namun dengan model Gwo Jen Hwang ini kontribusi masing-masing soal tersebut mcnjadJ berbeda-beda. Setlap soal didefinisikan bobot kontribusinya, bukan hanya bobotnya tcrhadap keseluruhan mata kuliah yang bersangkutan secara umum, namun mendetil sampai bobotnya terbadap setiap materi-materi yang menyusun mata kuliah itu. Selain itu, dengan digunakannya metodc aturan fuzzy, untuk menentukan hasil akhir evaluasi, dapat diperoleh hasil evaluasi yang mendekati kemampuan nyata dari pelajar."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39285
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library