Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Febriyani Wulandari
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas detail perubahan pengetahuan dan sikap siswa kelas VII SMP/MTs di lima sekolah kota Depok yang diberi pendidikan sebaya serta faktor apa saja yang memudahkan dan menghambat pendidik sebaya dalam menyampaikan informasi pada program Generasi Sehat Tanpa Rokok (GENSTAR). Penelitian ini menggunakan mixed method, yaitu penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dengan studi intervensi dan kualitatif untuk pendalaman dari penelitian kuantitatif dengan desain rapid assessment procedure. Hasil penelitian kuantitatif didapatkan bahwa perubahan rata-rata pengetahuan dan sikap tentang bahaya rokok dan kandungannya pada siswa kelas VII sebesar 25,4% untuk pengetahuan dan 5,8% untuk sikap. Adapun faktor yang memudahkan penyampaian informasi adalah media alat bantu dan pendampingan guru. Kondisi kelas yang berisik menjadi hambatan hampir semua pendidik sebaya dalam menyampaikan informasi. Apabila hambatanhambatan tersebut dapat diatasi, program pendidik sebaya GENSTAR akan mampu memberikan peningkatan yang lebih besar pada pengetahun dan sikap siswa yang diberi intervensi.
ABSTRACT
This study discusses the changes? detail on knowledge and attitude among 7th grade students in five schools in Depok which has been educated by peer educator as well as both the factors that facilitate and inhibit peer educators in conveying information along the program named Generasi Sehat Tanpa Rokok (GENSTAR). This study uses a mixed method, namely quantitative design using secondary data of the intervention studies, and qualitative design as an extend to the quantitative study using rapid assessment procedure. The results of quantitative research shows the average changes in knowledge and attitudes toward the dangers of smoking cigarette and its contents among 7th grade students are increased by 25.4% and 5.8%. The factors that facilitate the delivery of information are media tools and mentoring teachers. Noisy classroom conditions inhibit most of the peer educators in conveying information. If those barriers could be overcome, GENSTAR will be able to provide greater improvement in knowledge and attitudes of students who were given the intervention.;;
2016
S65213
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library