Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gentiga Muhammad Zairin
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana strategi legitimasi dilakukan PT. Semen Indonesia Tbk dalam rangka memperbaiki legitimasi akibat pembangunan pabrik Rembang yang ditengarai merusak lingkungan. Masalah penelitian muncul akibat pengungkapan perusahaan yang kurang memadai sehingga muncul serangkaian aksi protes. Penelitian ini memiliki kontribusi untuk memahami lebih jauh bagaimana strategi perusahaan dalam menghadapi krisis legitimasi. Penelitian ini juga menggunakan data pengungkapan yang bersifat web-based dan diolah dengan software Nvivo 12 Pro yang masih jarang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teori legitimasi, terutama strategi-strategi memperbaiki legitimasi. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan triangulasi data kualitatif dan data kuantitatif, yang keseluruhannya merupakan data sekunder. Data kualitatif dalam penelitian ini merupakan hasil olah data dengan menggunakan software NVivo 12 Pro dari media pengungkapan seperti laporan tahunan, laporan keberlanjutan, websites, berita online, dan akun media sosial perusahaan. Data kuantitatif dalam penelitian ini antara lain: jumlah kata, jumlah kalimat, dan persentase pengungkapan. Temuan dalam penelitian ini adalah strategi "membantah", "justifikasi", "membuat sistem pemantauan", "mengganti personel", "merevisi praktik", dan "menghindari kepanikan" digunakan perusahaan. Strategi "meminta maaf" tidak dilakukan karena perusahaan tidak merasa bersalah. Media yang dominan digunakan adalah pernyataan melalui berita online. Penggunaan media sosial dan sustainability report justru sangat sedikit memperlihatkan upaya legitimasi, membuktikan perusahaan tidak dapat mengoptimalkan seluruh media pengungkapan yang tersedia dalam menghadapi isu yang beredar di masyarakat. ......This study aims to evaluate how the legitimacy strategy was carried out by PT Semen Indonesia Tbk to repair the legitimacy due to the construction of the Rembang plant which was suspected of damaging the environment. Research problems arose due to inadequate company disclosures, resulting in a series of protests. This research has a contribution to understanding further how the company's strategy in facing the crisis of legitimacy. This research also uses web-based disclosure data and is processed with Nvivo 12 Pro software that has never been done before. This research uses legitimacy theory, especially strategies to repair legitimacy. This study uses case studies with triangulation of qualitative data and quantitative data, all of which are secondary data. Qualitative data in this study is the result of data processing using NVivo 12 Pro software from disclosure media such as annual reports, sustainability reports, websites, online-based newspaper, and corporate social media accounts. Quantitative data in this study include the number of words, number of sentences, and percentage of disclosures. The findings in this study were the strategy of "deny", "justify", "create monitors", "replace personnel", "revise practices", and "avoid panic" were used by companies. The strategy of "excuse" is not used because the company does not feel guilty. The dominant media used is a statement through the online-based newspaper. The use of social media and sustainability report shows very minimal legitimacy efforts, meaning the company hasn't optimized all the disclosures media available.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gentiga Muhammad Zairin
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris yang membuktikan apakah terdapat pengaruh positif yang diberikan tingkat manajemen laba terhadap Causal Reasoning Intensity (CRI) direksi atas kinerja perusahaan publik di Indonesia. Kekhawatiran investor terhadap tingginya tingkat manajemen laba diprediksi akan menimbulkan masalah akuntabilitas sehingga manajemen memberikan lebih banyak alasan-alasan logis (causal reasoning) untuk memitigasi kekhawatiran investor tersebut. Tingkat manajemen laba diukur menggunakan model Kothari et al. (2005). CRI diukur dengan metode analisis konten terhadap setiap Analisis dan Pembahasan Manajemen tentang kinerja pada Laporan Tahunan perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat manajemen laba berpengaruh positif terhadap CRI direksi atas kinerja perusahaan.
ABSTRACT
This research aims to give empirical evidence to prove whether earnings management is positively associated with Management’s Causal Reasoning Intensity (CRI) on performance in Indonesian public companies. Earnings management concerns are argued to constitute accountability predicament bringing management to offer more causal reasoning to mitigate the investors’ concerns. Kothari et al. (2005) model is used to calculate discretionary accruals to measure earnings management. CRI is measured using content analysis method to each Management’s Discussion and Analysis (MD&A) related to performance in companies’ annual report. The result shows that accruals earnings management is positively associated with management’s CRI on performance.
2014
S60627
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library