Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ghina Syukriya Maharani
"Penelitian ini bertujuan melihat kontribusi relasi parasosial terhadap tingkat well-being remaja penggemar idola K-Pop di Indonesia. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat kontribusi yang signifikan dari relasi parasosial terhadap well-being. Penelitian dilakukan menggunakan metode korelasional regresi dengan teknik analisis simple regression pada 566 partisipan WNI berusia 15–19 tahun yang merupakan penggemar K-Pop. Alat ukur yang digunakan adalah Parasocial Interaction Scale Short Version untuk relasi parasosial dan EPOCH (Engagement, Perseverance, Optimism, Connectedness, dan Happiness) untuk well-being. Penyebaran kuesioner dilakukan secara daring menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi parasosial (M =2.90, SD = 0.39) berkontribusi secara positif dan signifikan sebesar 3.4% terhadap well-being (M = 3.04, SD = 0.47), F(1, 566) = 20.09, p < 0.001, R2 = 0.034. Kesimpulannya, hasil penelitian mendukung hipotesis, yaitu relasi parasosial berkontribusi terhadap tingkat well-being remaja penggemar idola K-Pop di Indonesia. Implikasi penelitian ini adalah penambahan pengetahuan terkait kontribusi yang dapat diberikan oleh relasi parasosial terhadap well-being.

This study aims to examine the contribution of parasocial relationship to Indonesian adolescence K-Pop idol fans’ well-being. The hypothesis stated that there is a significant contribution of parasocial relationship to well-being. This study was conducted using correlational regression method on 566 Indonesia citizens aged 15–19 years old who are K-Pop fans. The measuring instrument used is Parasocial Interaction Scale Short Version for parasocial relationship and EPOCH (Engagement, Perseverance, Optimism, Connectedness, and Happiness) for well-being. The questionnaire was distributed online using Google Form. Result showed that parasocial relationship (M = 2.90, SD = 0.39) positively contributed as significant as 3.4% to one’s well-being (M = 3.04, SD = 0.47), F(1, 566) = 20.09, p < 0.001, R2 = 0.034. In conclusion, the result of this study supports the hypothesis that parasocial relationship contributed to Indonesian adolescence K-Pop idol fans’ well-being. The implication of this study is to gain more knowledge related to the contribution of parasocial relationship to well-being."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Syukriya Maharani
"Seiring meningkatnya ekspektasi terhadap sektor perbankan di Indonesia, perusahaan memerlukan strategi yang efektif untuk membangun human capital yang loyal dan mampu melampaui tugas rutin guna mencapai hasil optimal. Perilaku ekstra ini, dikenal sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB), menjadi fokus penelitian ini. Penelitian menganalisis pengaruh persepsi CSR terhadap OCB karyawan Gen Z di industri perbankan Indonesia, dengan komitmen afektif, psychological capital (PsyCap), dan motivasi prososial sebagai mediator, menggunakan metode Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB- SEM). Survei online dari 262 responden dianalisis, menunjukkan bahwa persepsi CSR tidak signifikan terhadap OCB secara langsung (t-value 1,44), namun signifikan terhadap komitmen afektif (t-value 9,17), PsyCap (t-value 11,11), dan motivasi prososial (t-value 8,33). PsyCap menjadi mediator paling efektif (nilai mediasi 0,444) dibandingkan komitmen afektif (0,147) dan motivasi prososial (0,132). Sehingga Hasil ini menekankan pentingnya program CSR dalam meningkatkan PsyCap untuk mendorong OCB, dengan implikasi praktis berupa pelatihan yang mendukung optimisme, resiliensi, efikasi diri, dan harapan karyawan. Kontribusi penelitian ini mencakup wawasan teoretis tentang hubungan CSR dan OCB serta rekomendasi strategis bagi perusahaan dalam membangun perilaku ekstra peran karyawan.

This study aims to examine the mechanisms linking Corporate Social Responsibility (CSR) perceptions with Organizational Citizenship Behavior (OCB) among Generation Z employees in Indonesia's banking sector, focusing on the mediating roles of psychological capital, affective commitment, and prosocial motivation. While Generation Z demonstrates high concern for social and environmental issues, paradoxically, they exhibit the lowest levels of OCB among all generations. Data were collected through an online survey of 230 Generation Z employees in the Indonesian banking sector who had worked for at least 6 months. The study employs Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) for data analysis. The findings reveal that CSR perceptions positively influence OCB through the mediation of psychological capital, affective commitment, and prosocial motivation. These findings provide insights for banking institutions in designing effective CSR strategies to enhance OCB among Generation Z employees, while contributing to the literature by explaining the psychological mechanisms linking CSR to OCB. Practical and theoretical implications are discussed, along with suggestions for future research."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library