Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Haura Syifa
"Tren adalah urutan peristiwa yang berhubungan dengan waktu dan menunjukkan perubahan variabel. Setiap penyimpangan dari tren kemudian disebut dengan Out of Trend (OOT). Adanya OOT dalam proses produksi perlu diinvestigasi. Tugas khusus ini bertujuan untuk menentukan stabilitas proses produksi injeksi Lxx dengan menentukan nilai control limit trennya. Dalam menganalisa OOT, digunakan data retrospektif produk injeksi Lxx selama tahun 2022 di PT. Sydna Farma yang kemudian diolah dengan software Minitab 20®. Proses pengujian pH produk injeksi Lxx dinilai kurang stabil karena adanya special cause, sedangkan proses pengujian kadar Fxx dalam produk injeksi Lxx dinilai stabil. Namun, kejadian special cause ini dianggap tidak signifikan karena nilai standar deviasi (SD) yang kecil (Between/Within) pada pengujian pH. Terdapat perbedaan nilai LCL dan UCL produk injeksi Lxx tahun 2022 dengan tahun sebelumnya, tetapi tidak signifikan. Hasil analisa OOT pada produk injeksi Lxx tahun 2022 menunjukkan perubahan yang tidak signifikan sehingga tidak dilakukan revisi terhadap nilai control limit pengujian pH produk dan kadar Fxx dalam produk injeksi Lxx tahun 2022. Analisis OOT perlu dilakukan secara real time dengan jumlah data yang mencukupi sehingga diperoleh grafik dan nilai control limit yang sesuai spesifikasi produk.

Trends are sequences of events that are related to time and indicate changes in a variable. Any deviation from a trend is called Out of Trend (OOT). The existence of OOT in a production process needs to be investigated. This study aims to determine the stability of the Lxx injection production process by deciding the trend control limit value. In analyzing OOT, retrospective data of 2022 for Lxx injection products at PT. Sydna Farma was used, which was then processed with Minitab 20® software. The process for the pH test of the Lxx injection product was considered unstable due to a special cause, while the Fxx assay in the Lxx injection product was considered stable. However, this special cause is considered insignificant due to the pH test's small standard deviation (SD) value (Between/Within). There is a difference in the LCL and UCL values of Lxx injection products in 2022 and the previous year, but not significant. The results of the OOT analysis of the Lxx injection products in 2022 show insignificant changes, so no revision is made to the control limit values for product pH and Fxx assay test in Lxx injection products in 2022. OOT analysis needs to be carried out in real time with sufficient data so that graphs and control limit values are obtained according to product specifications."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Syifa
"Kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang cara yang tepat untuk mendapatkan dan memilih obat dapat menyebabkan risiko kesehatan dan penyalahgunaan obat. Oleh karena itu, tugas khusus ini bertujuan untuk menyajikan data dan panduan praktis tentang cara mendapatkan dan memilih obat dengan benar di kalangan masyarakat melalui media poster yang informatif dan edukatif. Tugas khusus ini disusun melalui studi literatur mengenai penggolongan obat-obatan, cara mendapatkan dan cara memilih obat yang baik, serta cara membuat poster. Selanjutnya, informasi yang telah diperoleh dituangkan menjadi sebuah poster. Poster ini menjelaskan berbagai macam penggolongan obat beserta cara mendapatkannya. Dalam poster, diperlihatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih obat, antara lain: indikasi, kontraindikasi, efek samping, interaksi, nama, bentuk sediaan, kandungan, aturan pakai, penyimpanan, tanggal kadaluwarsa, dan penandaan pada kemasan obat. Poster edukasi dapat menjadi salah satu sarana edukasi masyarakat mengenai cara mendapatkan dan memilih obat yang baik, benar, berkualitas, dan sesuai sehingga tidak terjadi berbagai masalah kesehatan akibat kesalahan dalam memilih obat.

Lack of public awareness and knowledge about the right way to get and choose drugs can lead to health risks and drug abuse. Therefore, this report aims to present data and practical guidance on how to obtain and choose drugs correctly among the public through the media of an informative and educative poster. This report was prepared through a literature study on the classification of drugs, how to get and how to choose correct drugs, and how to make a poster. Furthermore, the information that has been obtained is poured into a poster. This poster explains the various classifications of drugs and how to get them. The poster shows several things that need to be considered when choosing a drug, including: indications, contraindications, side effects, interactions, name, dosage form, ingredients, instructions for use, storage, expiration date, and labeling on the drug packaging. Educational posters can be a means of educating the public about how to get and choose good, correct, quality and appropriate medicines so that various health problems do not occur due to mistakes in choosing drugs."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Syifa
"Analisis penyimpanan dan pelaksanaan pelaporan pengawasan penyaluran psikotropika merupakan isu krusial dalam upaya pengendalian dan pengawasan obat psikotropika. Penyalahgunaan, penyelewengan, atau pelanggaran dalam penyimpanan dan pelaporan pengawasan dapat menyebabkan risiko kesehatan dan masalah hukum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah yang mencakup aspek kepatuhan, serta efektivitas sistem pengawasan dan pelaporan psikotropika di KFTD Cabang Jakarta 3. Pengerjaan tugas khusus didasarkan pada Standard Operational Procedure (SOP) KFTD, laporan tugas terdahulu, dan literatur sebagai referensi dalam menyimpan dan melakukan pelaporan psikotropika. Pelaporan distribusi psikotropika dilaksanakan melalui situs e-was. Dilakukan pula observasi secara langsung terhadap gudang penyimpanan psikotropika untuk dibandingkan dengan CDOB dan SOP yang berlaku, lalu dilakukan pula praktik pelaporan psikotropika melalui e-was. Psikotropika disimpan di dalam ruangan khusus yang dilengkapi dengan jeruji besi dan CCTV. Ruangan mempunyai 2 kunci yang dipegang oleh APJ dan pegawai lain yang dikuasakan (TTK penanggung jawab logistik). Lemari penyimpanan terbuat dari bahan yang kuat, tidak mudah dipindahkan, mempunyai 2 kunci yang berbeda, dan dilengkapi dengan label.Kegiatan penyimpanan psikotropika yang dilakukan di KFTD Cabang Jakarta 3 telah menerapkan prinsip dan persyaratan CDOB, SOP KFTD, serta peraturan yang berlaku. Kegiatan pelaporan pengawasan pelaporan psikotropika dilakukan setiap 1 bulan sekali pada tanggal 10 bulan berikutnya kepada BPOM melalui situs e-was.

Analysis of storage and implementation of monitoring the distribution report of psychotropics is a crucial issue in efforts to control and supervise psychotropic drugs. Misuse, misappropriation, or breaches in storage and control report can lead to health risks and legal issues. Therefore, this report aims to analyze problems that include aspects of compliance, as well as the effectiveness of the psychotropic monitoring and reporting system at KFTD Jakarta Branch 3. The execution of this report is based on the KFTD Standard Operational Procedure (SOP), previous assignment reports, and literature as references in storing and reporting psychotropics. Distribution monitoring reports of psychotropics are carried out through the e-was website. Direct observations were also made of the psychotropics storage warehouses to be compared with the applicable GDP and SOPs, then the practice of reporting psychotropics through e-was was also carried out. Psychotropics are stored in a special room equipped with iron bars and CCTV. The room has 2 keys which are held by the responsible pharmacist and another authorized employee (pharmaceutical technician in charge of logistics). The storage cabinet is made of strong material, is not easily moved, has 2 different locks, and is equipped with labels. The psychotropics storage activities carried out at KFTD Jakarta Branch 3 have implemented GDP principles and requirements, KFTD SOPs, and applicable regulations. Psychotropic monitoring reports are carried out once a month on the 10th of the following month to BPOM via the e-was website."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Syifa
"Pemantauan Terapi Obat (PTO) pada pasien PPOK eksaserbasi dengan hiponatremia merupakan hal penting dalam manajemen penyakit ini. Pasien dengan PPOK eksaserbasi yang mengalami hiponatremia dapat menghadapi risiko kesehatan yang lebih serius dan kompleks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terkait dengan pemantauan terapi obat pada pasien PPOK eksaserbasi.Data diperoleh secara prospektif melalui catatan rekam medik dan Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT). PTO dilakukan terhadap pasien yang didiagnosis PPOK eksaserbasi dan hiponatremia yang dirawat di ruang rawat inap teratai lantai 4 selatan RSUP Fatmawati. Data yang diperoleh terdiri dari data demografis dan klinis pasien. Dari data tersebut, dilakukan analisis kesesuaian indikasi dan dosis obat, serta Drug Related Problem (DRP) dengan metode PCNE.Terapi pengobatan pasien secara keseluruhan telah sesuai dengan indikasi dan tata laksana. DRP yang terjadi, antara lain: kemungkinan munculnya efek samping dan efek obat yang tidak optimal akibat regimen dosis dan durasi obat yang tidak sesuai. Apoteker di bidang farmasi klinis memiliki peran yang penting dalam edukasi dan pemantauan terapi obat pasien. Pemantauan terapi obat bertujuan untuk meningkatkan efektivitas terapi dan meminimalkan risiko efek samping yang mungkin muncul. Pemantauan terapi obat pada pasien perlu dilakukan sejak awal pasien masuk fasilitas pelayanan kesehatan hingga pasien pulang sehingga permasalahan yang berpotensi muncul dapat segera diintervensi dan diselesaikan.

Drug therapy monitoring in exacerbated COPD patients with hyponatremia is important in the management of the disease. Patients with COPD exacerbations who experience hyponatremia may face more serious and complex health risks. Therefore, this study aims to identify the problems associated with drug therapy monitoring in exacerbated COPD patients. Data were obtained prospectively through medical records and integrated patient progress records. Drug therapy monitoring was performed on patients diagnosed with exacerbation of COPD and hyponatremia who were treated at the Teratai inpatient room on the 4th floor south of Fatmawati Hospital. The data obtained consisted of patient demographic and clinical data. From these datas, an analysis of the suitability of drug indications and dosages, as well as Drug Related Problems (DRP) with the PCNE method was carried out. The overall treatment of the patient was in accordance with the indications and management. DRP that occurs, among others: the possibility of side effects and drug effects that are not optimal due to inappropriate dosage regimens and drug durations. Pharmacists in clinical pharmacy have an important role in educating and monitoring patient drug therapy. Drug therapy monitoring aims to increase the effectiveness of therapy and minimize the risk of side effects that may arise. Monitoring of drug therapy in patients needs to be done from the time the patient enters the health care facility until the patient returns so that problems that potentially arise can be immediately intervened and resolved."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Syifa
"Kesesuaian peresepan obat dengan formularium puskesmas adalah faktor penting dalam memastikan kualitas pengobatan pasien dan penggunaan sumber daya kesehatan secara efektif. Namun, dapat terjadi ketidaksesuaian dalam peresepan obat dengan formularium yang dapat mempengaruhi efektivitas pengobatan dan pengelolaan sumber daya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memastikan seluruh peresepan obat di Puskesmas Kecamatan Ciracas dilakukan sesuai berdasar pada formularium puskesmas. Laporan kesesuaian peresepan obat dengan Formularium Puskesmas Kecamatan Ciracas dianalisi dan diolah, lalu dibuat rencana tindak lanjutnya. Pengambilan jumlah sampel berasal dari data jumlah kunjungan resep pada bulan sebelumnya menggunakan metode Sample Size Calculator Survey monkey. Selanjutnya, dihitung persentase kesesuaian peresepan terhadap formularium puskesmas. Seluruh peresepan obat di Puskesmas Kecamatan Ciracas periode bulan Januari – April 2023 sudah sesuai formularium puskesmas dengan nilai persentase kesesuaiannya adalah 100%. Pengkajian dan peninjauan kesesuaian peresepan di puskesmas terhadap formularium diharapkan dapat dipertahankan agar obat yang diberikan sesuai dengan formularium puskesmas.

Conformity of drug prescriptions with the district health center formulary is an important factor in ensuring the quality of patient treatment and the effective use of health resources. However, there may be discrepancies in drug prescribing with the formulary which can affect the effectiveness of treatment and resource management. Therefore, this study aims to ensure that all drug prescriptions at the Ciracas District Health Center are carried out according to its formulary. Reports on the conformity of drug prescriptions with the Ciracas District Health Center Formulary were analyzed and processed, then a follow-up plan was made. Data collection for the number of samples came from the number of prescription visits in the previous month using the Sample Size Calculator Survey monkey method. Next, the percentage of conformity of prescriptions to the formulary was calculated. All drug prescriptions at the Ciracas District Health Center for the period January - April 2023 are in accordance with the puskesmas formulary with a percentage value of conformity of 100%. It is expected that it will be possible to maintain the suitability of prescriptions at the district healt center to the formulary so that the drugs given are in accordance with its formulary."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Syifa
"COVID-19 merupakan penyakit menular pada saluran pernapasan yang muncul sejak akhir tahun 2019. Salah satu upaya dalam menangani COVID-19 adalah melalui vaksinasi. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dapat dirasakan oleh sebagian penerima vaksin COVID-19. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kejadian ikutan pasca vaksinasi COVID-19 dan faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian tersebut di Puskesmas Kelurahan Jatiwaringin-Jati Cempaka. Penelitian observasional dengan desain cross-sectional dilakukan melalui kuesioner daring. Kuesioner penelitian yang digunakan telah melalui uji validasi. KIPI vaksin COVID-19 diamati pada 200 responden penelitian yang menerima vaksin Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna. Sebagian besar responden mengalami KIPI setelah menerima vaksin COVID-19. KIPI vaksin COVID-19 yang paling banyak dilaporkan adalah nyeri/pegal pada tempat suntikan (19,29%), peningkatan rasa kantuk (12,89%), lelah/lesu/kurang bertenaga (10,22%), demam (9,51%), nyeri sendi/otot (7,73%), serta meriang/menggigil dan sakit kepala (6,13%). Kejadian ini paling umum dialami penerima vaksin Moderna, setelah penyuntikan dosis ketiga, perempuan, berusia < 60 tahun, memiliki indeks massa tubuh (IMT) rendah-normal < 25, dan dengan komorbid. KIPI vaksin COVID-19 dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jenis dan dosis vaksin mempengaruhi kejadian ikutan demam, lokal, neuromuskular-skeletal, dan saraf. Jenis kelamin dan komorbid mempengaruhi kejadian ikutan lokal. Usia mempengaruhi kejadian ikutan demam dan neuromuskular-skeletal, sedangkan IMT tidak mempengaruhi seluruh kejadian ikutan pasca vaksinasi COVID-19 yang diamati.

COVID-19 is an infectious disease of the respiratory tract that has emerged since the end of 2019. One of the efforts to deal with COVID-19 is through vaccination. Adverse Events Following Immunization (AEFI) can be perceived by some recipients of the COVID-19 vaccine. This study aimed to analyze the side effects of COVID-19 vaccination and the factors influencing the incident at Jatiwaringin-Jati Cempaka Community Health Center. An observational study with a cross-sectional design was conducted through an online questionnaire. The research questionnaire used has gone through a validation test. The COVID-19 vaccine AEFI was observed in 200 study respondents who received Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, and Moderna vaccines. Most of the respondents experienced AEFIs after receiving the COVID-19 vaccine. The most commonly reported adverse events were pain/soreness at the injection site (19.29%), increased drowsiness (12.89%), fatigue/lethargy/lack of energy (10.22%), fever (9, 51%), and joint/muscle pain (7.73%). The events were most common in Moderna vaccine recipients, people after the third dose injection, women, people aged < 60 years, people with a low-normal body mass index (BMI) < 25, and people with comorbidities. The COVID-19 vaccine AEFI can be influenced by several factors. The type and dose of vaccine affected the incidence of fever, local, neuromuscular-skeletal, and nervous system events. Gender and comorbidities affected local events. Age affected the incidence of fever and neuromuscular-skeletal events, while BMI did not affect any observed adverse events following COVID-19 vaccination."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library