Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Hutagaol, Rutmauli Br
Abstrak :
Perilaku profesional di rumah sakit umum pusat rujukan di Jakarta dapat memenuhi harapan pasien sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan. Nilai menjadi landasan dalam mengarahkan perilaku seseorang sehingga mampu menampilkan sikap yang sesuai harapan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilainilai profesional perawat dalam mengarahkan perilaku perawat. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Sepuluh perawat sebagai partisipan telah dipilih dan dilakukan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode Colaizzi.
Hasil penelitian didapatkan enam tema yaitu 1) perasaan senang, bangga, dan semakin mengerti karakter pasien dalam menjalani profesi perawat; 2) banyaknya tantangan yang dihadapi dalam menjalani profesi perawat; 3) kompetensi manajer dalam menghadapi tantangan; 4) perawat memberikan pelayanan berdasarkan ilmu dan keterampilan, rasa ingin menolong dan welas kasih sebagai bentuk ibadah dan komitmen kepada profesi; 5) merasakan kepuasan dalam menajalani profesi perawat; dan 6) harapan terhadap pengembangan profesi.
Perawat yang profesional memiliki sikap yang positif dan memiliki harapan untuk pengembangan profesi. Rumah sakit tempat perawat bekerja dapat mengembangkan pendidikan dan penelitian keperawatan sehingga mampu memberikan praktik yang berbasis bukti. Manajer keperawatan dapat memberikan pelayanan yang didasari ilmu, keterampilan dan sikap sebagai bentuk ibadah dan komitmen terhadap profesi sehingga menjadi role model bagi perawat yang dipimpin.
Professional behavior at a public hospital referral center in Jakarta could meet the patients expectations, so it could provide the satisfaction to customers. Values are the basis for directing one`s behavior so that they are able to display attitudes as expected. The purpose of this study was to explore nurses professional values in directing nurse behavior. The design of this study used a phenomenological qualitative method with a purposive sampling method. Ten nurses were selected as participants and were involved in-depth interviews. Data were analyzed using the Colaizzi method.
The results obtained six themes: 1) felt happy, proud, and improved their understanding the character of patients in undergoing the nursing profession; 2) many challenges faced in undergoing the nursing profession; 3) the competency of manager in facing challenges; 4) nurses provided services based on knowledge and skills, a sense of helping and compassion, as a form of worship and commitment to the profession; 5) felt satisfaction in undergoing a nursing profession; 6) a hope of professional development.
Professional nurses have a positive attitude and have a hope for professional development. The hospitals where nurses work could develop nursing education and research so they are able to provide the evidence-based practices. The nursing managers could provide services based on knowledge, skills and attitudes as a form of worship and commitment to the profession, so the manager could be a role model for other nurses that they led.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
T53289
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hutagaol, Rutmauli Br
Abstrak :
Dokumentasi asuhan keperawatan merupakan bukti pertanggung jawaban dan pertanggung gugatan terhadap intervensi keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan diruang rawat inap.
Penelitian ini menggunakan disain kuantitatif dengan pendekatan potong lintang pada 102 perawat pelaksana dan 102 dokumentasi asuhan keperawatan yang dipilih dengan sampling purposive kemudian dilakukan random. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner gaya kepemimpinan dan observasi dokumentasi asuhan keperawatan.
Hasil riset menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara gaya kepemimpinan dengan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan (p=0,834), akan tetapi secara deskripsi kepala ruangan dengan otoriter hasil dokumentasi asuhan keperawatannya baik 80%, hal ini lebih baik dari gaya demokratik yang hanya 62,5%.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan khususnya penerapan gaya kepemimpinan terhadap kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan.
Documentation of nursing care is a testament to accountability to nursing interventions. Generally the quality of nursing care documentation in Indonesian hospitals have not yet reached optimal quality. This study aimed to identify the relationship of leadership style of head nurses with completeness of nursing care documentation.
The methodology used in this study is categorical analytic with cross sectional approach in 102 nurses and 102 documentation of nursing care. Data was collected through questionnaires spread the leadership style of the head nurses and observation of nursing care documentation.
The research showed that there was no significant relationship between leadership style with quality nursing care (p=0.834) but the description of leadership style with the results of authoritarian leadership style good dokumentation nursing care 80%, it is better than democratic style only 62.5%.
Results of this study are expected to be more increased of leadership skills in particular the application of leadership styles to completeness of nursing care documentation.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S53315
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library