Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Imas Mulyani
Abstrak :
Neonatus yang memiliki penyakit yang mengancam jiwa dan bersifat progresif, memerlukan perawatan paliatif. Perawatan secara aktif dan total diberikan menurut tanda dan gejala. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi gambaran lima kasus asuhan keperawatan paliatif dan akhir kehidupan di NICU dengan Model Konseptual Sistem dan mengidentifikasi hasil implementasi Evidence-Based Nursing edukasi mengenai perawatan neonatus dengan kondisi paliatif dan akhir kehidupan. Teori Model Konseptual Sistem Betty Neuman dapat diterapkan pada neonatus dalam kondisi paliatif dan akhir kehidupan yang membutuhkan perawatan secara holistik. Hasil gambaran asuhan keperawatan yang dilakukan yaitu Pasien 1 neonatus kondisi diagnosis medis Gemelli conjoined twin diencephali dipus dibrachius. Pasien 2 neonatus dengan diagnosis medis extreme preterm NEC grad III. Pasien 3 neonatus dengan diagnosis medis very preterm extremely low birth weight dengan perburukan marker infeksi dan anemia normositik normokrom. Pasien 4 neonatus dengan diagnosis medis PDA besar post ligasi. Pasien 5 neonatus dengan diagnosis medis polycystic kidney.Diagnosis keperawatan yang terdapat pada kelima bayi tersebut adalah masalah respirasi. Intervensi sekunder dan tersier dilakukan dalam pencegahan dampak dari tanda dan gejala yang dialami bayi. Evaluasi yang didapatkan kelima bayi meninggal, hanya satu bayi meninggal dengan rekonstitusi kesejahteraan tinggi. Implementasi penerapan edukasi kepada perawat didapatkan hasil terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol, setelah dan sebelum dilakukan edukasi (p value 0.000). Berdasarkan penelitian ini mengindikasikan pentingnya edukasi perawat mengenai panduan prosedur perawatan akhir kehidupan pada neonatus dan panduan skoring tingkat keparahan serta tingkat risiko kematian pada neonatus sebagai pencegahan terjadinya dampak dari tanda dan gejala kondisi paliatif pada neonatus berdasarkan evidence-based practice. ......Neonates with life-threatening and progressive disease require palliative care. Active and total care is given according to signs and symptoms. The purpose of this study was to identify five cases of palliative and end of life nursing care in the NICU using the Systems Conceptual Model and to identify the results of the implementation of Evidence-Based Nursing education regarding neonatal care with palliative and end of life conditions. The theory of the Betty Neuman Systems Conceptual Model can be applied to neonates in palliative and end-of-life conditions who require holistic care. The results of the nursing care description carried out were Patient 1 neonate with a medical diagnosis of Gemelli conjoined twin diencephali dipus dibrachius. Patients with 2 neonates with a medical diagnosis of extreme preterm NEC grad III. Patient 3 neonates with medical diagnosis of very preterm extremely low birth weight with worsening infection markers and normochromic normocytic anemia. Patient 4 neonates with medical diagnosis of post ligation large PDA. Patients with 5 neonates with a medical diagnosis of polycystic kidney. The nursing diagnosis found in these five babies was respiratory problems. Secondary and tertiary interventions are carried out in preventing the impact of the signs and symptoms experienced by the baby. The evaluation obtained from the five babies died, only one baby died with high welfare reconstitution. The implementation of the application of education to nurses showed that there were significant differences in knowledge and skills between the intervention group and the control group, after and before the education was carried out (p value 0.000). Based on this research, it indicates the importance of educating nurses regarding guidelines for end-of-life care procedures in neonates and guidelines for scoring severity and risk of death in neonates as prevention of the impact of signs and symptoms of palliative conditions in neonates based on evidence-based practice.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Imas Mulyani
Abstrak :
Selama dalam situasi pandemi COVID-19 semua kegiatan dilakukan di rumah, hal ini dapat mempengaruhi orang tua dalam menstimulasi tumbuh kembang anak selama di rumah saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi perilaku orang tua dalam menstimulasi tumbuh kembang anak usia balita di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur kepada 13 orang tua (ayah atau ibu) yang memiliki anak usia balita. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Desember 2021 di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan mengeksplorasi apa saja yang orang tua lakukan dalam menstimulasi tumbuh kembang anak selama masa pandemi COVID-19. Pada penelitian didapatkan tujuh tema yaitu (1) memfasilitasi keseharian anak dengan buku-buku; (2) memberikan izin penggunaan waktu layar; (3) menambah permainan di rumah; (4) jalan-jalan berkeliling; (5) memandirikan anak dengan membiasakan protokol kesehatan; (6) anak ikut dan meniru kegiatan orang tua; dan (7) memberikan makanan seimbang dan tidur yang cukup. Meskipun dalam kondisi terbatas, dalam penelitian ini tergambar orang tua melalui pembelajaran, pengalaman dan modifikasi selalu berusaha menstimulasi tumbuh kembang anaknya di rumah, dengan prinsip memelihara dan melindungi untuk mencapai ketahanan keluarga. Penting bagi berbagai institusi pelayanan keperawatan untuk lebih menfasilitasi dan mensosialisasikan bahwa keperawatan anak tidak hanya untuk anak-anak yang sakit. ...... During the COVID-19 pandemic all activities are carried out at home, this situation can affect parents in stimulating their child's growth and development while at home. The purpose of this study was to explore the behavior of parents in stimulating the growth and development of children under five during the COVID-19 pandemic. This study used descriptive qualitative method. Data was collected by semi-structured interviews with 13 parents (fathers or mothers) who have children under five. This research was conducted from February to December 2021 in the DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi areas. Data analysis used descriptive qualitative analysis, by exploring what parents did to stimulate children's growth and development during the COVID-19 pandemic. The research found seven themes, namely (1) facilitating children's daily life with books; (2) grant screen time usage permission; (3) add games at home; (4) walking around; (5) make children independent by getting used to health protocols; (6) children participate and imitate parents' activities; and (7) provide a balanced diet and adequate sleep. Although in limited conditions, this study illustrates that parents through learning, experience and modification always try to stimulate their child's growth and development at home, with the principle of nurturing and protecting to achieve family resilience. It is important for various nursing service institutions to further facilitate and socialize that pediatric nursing is not only for sick children.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library