Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Indra Kurnianto K.
"Sebagai sebuah partai pemenang PEMILU tahun 1999 dengan peroleh suara mencapai 35 % dari total suara,maka secara otomatis menjadikan PDI-P menjadi partai pemenang PEMILU tahun 1999.Padahal partai PDI-P merupakan salah satu partai baru walaupun dari sejarah diketahui bahwa partai ini merupakan pecahan dari partai PDI semasa orde baru,banyak partai yang merupakan pecahan dari partai lama namun PDI-P adalah salah satu yang berhasil memperoleh suara yang cukup signifikan pada PEMILU tahun 1999. Tak terasa sudah hampir 4 tahun sejak pemilu 1999 hal ini menandakan bahwa masa PEMIT sudah hampir dekat. Setiap partai peserta PEMILU tahun 2004 sudah tentu ingin memperoleh dukungan suara sebanyak-banyaknya,sehingga hampir dapat dipastikan tingkat persaingan pada PEMILU 2004 akan lebih ketat ditambah lagi akan diterapkan sistem pemilihan langsung baik pada calon anggota legeslatif maupun calon presiden.Dengan diterapkan pola PEMILU seperti itu maka partai-partai khususnya PDI-P harus mulai menerapkan startegi marketing yang baik agar tetap mampu survive pada PEMILU 2004. Disisi lain pihak PDI-P saat ini sedang menghadapi banyak persoalan baik yang bersifat internal organisasi seperti kasus kasus KKN yang diduga melibatkan oknum-oknum kader PDI-P maupun persoalan eksternal partai seperti konflik dengan partai lain ,semua hal tersebut secara tidak langsung akan dapat mempengaruhi penilaian baik dari pendukung maupun dari non-pedukung yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat perolehan suara Dihadapkan dengan keadaan seperti itu maka. PDI-P diharapkan dapat melakukan analisa perspsi bagaimana pendapat masyarakat terhadap PDI-P,dengan diketahui bagaimana persepsi dari masyarakat maka dapat dijadikan sebgai input dalam menyusun strategi marketing yang baik.Dalam penelitian ini akan diketahui bagaimana persepsi dari dua buah kelompok yaitu kelompok mahasiswa serta kelompok simpatisan PDI-P terhadap attriut dari PDI-P. Dari hasil analisa Attitude toward Object (Ao) diketahui bahwa nilai dari kelompok simpatisan sedikit lebih tinggi dari nilai kelompok mahasiswa,kemudian dari hasil analisa semantic differential ditemukan adanya persamaan dalam melihat kepentingan attribut pemilihan partai serta adanya kesamaan dalam memandang attribut PDI-P. Yang membedakan antara kelompok mahasiswa dengan kelompok simpatisan PDI-P adalah nilai yang diperoleh keompok PDI-P cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan nilai yang diperoleh oleh kelompok mahasiswa. Hasil analisa cluster menunjukan bahwa ada sebagian dari kelompok mahasiswa yang memandang baik terhadap PDI-P ,serta ada sebagian dari kelompok simpatisan PDI-P yang memandang PDI-P dengan buruk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
S19428
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library