Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Julyarni
"Jumlah penduduk perkotaan cenderung meningkat setiap tahunnya, hal tersebut berdampak pada meningkatkan masalah kesehatan pada masyarakat perkotaan. Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang lazim dialami oleh masyarakat perkotaan di dunia. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk menggambarkan masalah psikososial keputusasaan pada masyarakat perkotaan yang mengalami diabetes mellitus. Intervensi yang dilakukan untuk masalah psikososial keputusasaan yaitu mengembangkan harapan positif, melatih kemampuan positif dalam diri klien dan pemberian infomasi sesuai kebutuhan klien. Hasil dari penerapan intervensi ini menunjukkan bahwa mengembangkan harapan positif dan melatih kemampuan positif pada klien mampu secara efektif menurunkan gejala keputusasaan.
The urban population is increasing every year, it has an impact on improving the health problems in urban communities. Diabetes mellitus is a common disease which is experienced by the urban communities in the world. The aim of this essay is to describe the psychosocial problem, hopelessness, in urban communities who suffered from diabetes mellitus. Interventions for hopelessness psychosocial problem are developing positive expectations, positive skill enchancement within the client and providing information as per client requirements. The result of the implementation of this intervention showed that developing positive expectations and positive skill enchancement to the client could effectively decrease the hopelessness symptoms."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Julyarni
"Perkembangan internet yang semakin pesat menyebabkan semakin mudah diaksesnya internet oleh masyarakat, salah satunya yaitu permainan daring yang merupakan hal yang cukup diminati remaja saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain permainan daring dengan kecerdasan emosional remaja usia 13-17 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik-korelatif secara cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa SMP Al-Khairiyah 1 dan SMA Al-Khairiyah Jakarta dengan teknik consecutive sampling. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif yang bermakna antara intensitas bermain permainan daring dengan kecerdasan emosional (r= -0,33; p= 0.004). Penelitian ini merekomendasikan perlu dikembangkannya suatu program untuk mengoptimalkan kecerdasan emosional remaja di sekolah maupun komunitas, dengan harapan kegiatan bermain permainan daring dapat diminimalkan.
The development of internet which is rapidly increasing, causing it more easily accessible by people, one of it is online game which is preferable by adolescents at this time. The purpose of this study was to explore the relations between online gaming intensity and emotional intelligence of adolescents age-range 13-17. This study used correlative-analytical with cross sectional design approach. The sample of this study were 60 students in Al-Khairiyah 1 Junior High School and Al-Khairiyah Senior High School, Jakarta through consecutive sampling. Statistical test which was used in this study was Pearson Correlation test. This study result showed that there was a significant negative relations between online gaming intensity and emotional intelligence (r= -0,33; p= 0.004). This study recommends that a program to optimize adolescents? emotional intelligence need to be developed in school and community, with expectation that online gaming activity can be minimized."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S59416
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library