Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mahardhika Annisa Tuzzuhro
Abstrak :
Keluarga yang berasal dari status sosial ekonomi menengah ke bawah cenderung kurang memiliki pemahaman pengasuhan yang positif sehingga berisiko menghambat pencapaian perkembangan anak, khususnya pada periode kritis usia anak 3-5 tahun. Diperlukan intervensi untuk meningkatkan pemahaman pengasuhan positif, salah satunya dengan psikoedukasi. Studi ini bertujuan untuk melihat efektivitas psikoedukasi sebagai metode intervensi dalam meningkatkan pemahaman pengasuhan positif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 14 orang ibu berlatar belakang sosial ekonomi menengah ke bawah. Psikoedukasi dilakukan selama tiga sesi secara daring. Pengukuran pemahaman mengenai pengasuhan positif dilakukan sebanyak tiga kali, yakni sebelum psikoedukasi, segera setelah psikoedukasi selesai dan 10 hari setelah intervensi. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan adanya perbedaan skor yang signifikan antara sebelum dan sesudah psikoedukasi diberikan (p < 0,05). Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mengenai pengasuhan positif yang dimiliki oleh ibu setelah mengikuti psikoedukasi. Sementara itu, terdapat penurunan pemahaman ibu setelah 10 hari dilakukan intervensi. Penelitian ini terbatas hanya pada ranah kognitif saja, disarankan agar dapat ditingkatkan ke ranah afektif hingga psikomotor. ......Families in middle-to-low socioeconomic status tend to have less comprehension about positive parenting, which may hinder child optimal development, especially in critical age i.e. 3 to 5 year old. Psychoeducation is one of interventions which is needed to improve comprehension of positive parenting to children. This study aims to find the effectiveness of psychoeducation in improving comprehension of positive parenting. This study design is one group pretest-posttest design. Subjects of this study are 14 mothers with middle-to-low socioeconomic status background. The psychoeducation was held for three sessions through video conference. The data were collected 3 times, before the intervention, immediately after the intervention, and 2 weeks after the intervention. Data analysis using Wilcoxon Signed-Rank Test shows significant score difference between before and after psychoeducation was provided (p < 0,05). This indicates increasing score of positive parenting related understanding in mothers after attending the psychoeducation. However, there was derivation score of mothers' comprehension in 10 days after the intervention. This study limited to cognitive area, next can be elevated into affective or psychomotor area.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library