Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Maria Theresia M. Elsina
"Pendahuluan: Pencapaian perkembangan inisiatif anak prasekolah dapat dilihat dari pencapaian tugas dan aspek perkembangan inisiatif anak prasekolah. Tercapainya tugas perkembangan pada setiap anak prasekolah akan membawa keberhasilan dan kebahagiaan. Hal ini juga dapat membantu anak lebih mudah menyelesaikan tugas perkembangan tahap selanjutnya. Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan case series. Hasil: penelitian ini menunjukkan peningkatan tugas perkembangan inisiatif dan aspek perkembangan setelah diberikan terapi kelompok terapeutik, psikoedukasi keluarga, dan peran kader kesehatan jiwa. Kesimpulan: Terapi kelompok teraputik, psikoedukasi keluarga, dan peran kader kesehatan jiwa dapat meningkatkan aspek perkembangan anak prasekolah dengan pendekatan model adaptasi Stuart dan transpersonal caring Watson. Rekomendasi: rapi kelompok teraputik, psikoedukasi keluarga, dan peran kader kesehatan jiwa dapat menjadi dasar dalam upaya peningkatan perkembangan inisiatif anak prasekolah.
Introduction: The achievement of preschool development initiatives can be seen from the spirit of the task and aspects of preschool development initiatives. The achievement of developmental tasks in every preschool child will bring success and happiness. This can also help children more easily complete the next stage of developmental tasks. Method: Quantitative research design with a case series approach. Results: this study shows an increase in developmental initiative tasks and developmental aspects after being given therapeutic group therapy, family psychoeducation, and the role of mental health cadres. Conclusion: Therapeutic group therapy, family psychoeducation, and the role of mental health cadres can improve aspects of the development of preschool children with the Stuart adaptation model approach and Watson's transpersonal caring. Recommendations: therapeutic group arrangements, family psychoeducation, and the role of mental health cadres can be the basis for efforts to increase initiatives for the development of preschool children."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas ndonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Maria Theresia M. Elsina
"Pendahuluan: Skizofrenia merupakan gangguan kejiwaan kronis yang ditandai dengan distorsi kognitif dan penarikan sosial. Gejala postif skizofrenia adalah halusinasi, sedangkan gejala negatif skizofrenia adalah defisit perawatan diri. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental pre-post test with control group menggunakan teknik purposive sampling yang dianalisis menggunakan univarat dan bivariat. Hasil: penelitian ini menunjukkan penurunan tanda dan gejala dan peningkatan kemampuan klien halusinasi dan defisit perawatan diri, serta peningkatan kemampuan pelaku rawat dalam merawat klien dengan halusinasi dan defisit perawatan diri setelah mendapatkan tindakan keperawatan generalis, terapi kognitif dan psikoedukasi keluarga. Kesimpulan: Tindakan keperawatan generalis, terapi kognitif dan psikoedukasi keluarga dapat menurunkan tanda dan gejala dan meningkatkan kemampuan klien halusinasi dan defisit perawatan diri, serta meningkatkan kemampuan pelaku rawat dalam merawat klien dengan halusinasi dan defisit perawatan diri Rekomendasi: Tindakan keperawatan generalis, terapi kognitif dan psikoedukasi keluarga direkomendasikan sebagai upaya dalam proses pemulihan klien skizofrenia dengan halusinasi.
Introduction: Schizophrenia is a psychiatric disorder characterized by cognitive distortion and social withdrawal. Symptoms after schizophrenia are hallucinations, negative symptoms of schizophrenia are self-care deficits. Methods: The research design used was a quasi-experimental pre-post test with control group using purposive sampling technique which was analyzed using univariate and bivariate methods. Results: This study showed a decrease in signs and symptoms and an increase in the client's ability to hallucinate and self-care deficit, as well as an increase in the ability of caregivers to treat clients with hallucinations and self-care deficits after receiving self-care, cognitive therapy and family psychoeducation. Conclusion: Actions involving generalists, cognitive therapy and family psychoeducation can reduce signs and symptoms and improve the client's ability to hallucinate and self-care deficits, as well as improve the ability of caregivers in caring for clients with hallucinations and self-care deficits Recommendation: General treatment measures, cognitive therapy and education family is recommended as an effort in the recovery process of schizophrenic clients with hallucinations."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library