Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mulyono Gandadiputra
"

Perkenankanlah saya pertama-tama memanjatkan puji syukur ke hadhirat Allah SWT atas kurnia dan rahmat-Nya meridhoi kita untuk hadir berkumpul di sini dan kepada saya untuk menyampaikan pidato pengukuhan sebagai Guru Besar Tetap dalam mata pelajaran Psikologi pada Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Gagasan saya untuk memilih judul pidato yang berbunyi "Psikologi dan pembentukan kepribadian yang terintegrasi" timbul pertama-tama dari pengenalan saya sebagai seorang tenaga pengajar dalam bidang yang bersibuk diri dengan permasalahan hidup manusia dalam suatu negara berkembang yang sedang membangun. Seorang tenaga pengajar dari suatu universitas di negara ini hidup dalam dunia pendidikan. Ia memperoleh beban tugas untuk mendidik mahasiswa sebagai manusia muda dalam masyarakat yang sedang berkembang dengan dasar-dasar pendidikan tertentu dan arah tujuan yang tertentu pula. Tugas ini tentu akan terasa sangat berat bila pandangan diarahkan pada sifat manusia yang kompleks dan hidup dalam masyarakat yang kompleks pula.

Dalam kesempatan ini perkenankanlah saya mengemukakan pandangan-pandangan tentang asumsi-asumsi mengenai manusia, tentang pendidikan, dan tentang prospek pendidikan psikologi di Indonesia. Pandangan-pandangan yang saya kemukakan ini beranjak dari bahan-bahan bacaan, pembicaraan-pembicaraan dalam berbagai forum dan dari pengalaman pribadi selama ini.

Psikologi dewasa ini telah dianggap sebagai suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dilihat dari sudut metodologi penelitian dan sifat keilmiahannya serta dianggap sebagai salah satu ilmu yang perlu bekerja sama dengan disiplin-disiplin ilmu lainnya dalam menelaah obyek studinya yang dikenal kompleks, yaitu manusia. Di samping itu, psikologi dewasa ini telah dianggap sebagai teknologi yaitu menggunakan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan untuk menolong manusia mengatasi permasalahan-permasalahan hidup yang dihadapinya. Dewasa ini banyak sarjana yang nafkahnya tergantung pada bidang psikologi atau salah satu bidang daripadanya. Karenanya, psikologi dewasa ini telah dianggap pula sebagai suatu profesi.

Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang bersibuk diri dengan manusia. Berbagai macam teori telah diciptakan untuk menggarap kemampuan akal dan penggunaannya dalam kehidupan manusia, misalnya teori Spearman (1927), teori Piaget (1952), teori Guilford (1956) dan lain lain. Pribadi manusia juga merupakan suatu potensi yang dapat dikembangkan untuk kepentingan manusia dan lingkungannya. Sejak dari Aristoteles sampai pada Bloom, bahkan sampai dengan sekarang ini orang telah mengetahui bahwa secara teoritis semua potensi manusia dapat dikategorikan pada apa yang disebut : (1) Cognitive Psychomotor Domain (Kawasan Psiko-Gerak) yang dalam percakapan Domain (Kawasan Akal), (2) Affective Domain (Kawasan Perasaan), dan (3) kita sehari-hari barangkali sejalan dengan apa yang disebut cipta, rasa, karsa.

"
Jakarta: UI-Press, 1982
PGB 0394
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyono Gandadiputra
"ABSTRACT
The study of the relationships between superiors and their subordinates of several companies in Jakarta started with our impression that there exists a need on the part of seine executives, managers and heads of work units in these companies to actualize a form of cooperation which they call 'participative management' or 'participative style of leadership?. Frequently the people who have managerial positions like those mentioned above state that they have difficulties in carrying out what they usually call 'participative management system' or 'participative style of leadership' in the companies where they are employed. They discuss the difficulties which they have in motivating their subordinates to participate in the decision making process and the solution of problems in everyday work. However, we are not primarily interested in the people in the very lowest echelons of the organization, but our interest is specifically focused on the people in the second and the third levels of the organization. The workers in the second layer from the bottom, the so-called 'first line supervisors', will in this study be called 'subordinates', and their immediate superiors will be called 'superiors'.
Our motive for scrutinizing the relations between the first-line supervisors, or the subordinates, and their immediate super-visor or the second-line supervisors, the superiors in this study, will be dealt with in the chapter on sampling. Based on their work experience, the superiors often express the troubles they have in understanding their subordinates. They want to have subordinates who are more active in carrying out -their daily tasks, more independent in solving the problems faced in daily work situations, and more active in the process of decision making on matters concerning their daily jobs.
They expect their subordinates to show more courage in putting forward new ideas, constructive thoughts, suggestions to increase working efficiency and to improve interpersonal relations, increase production quantitatively as well as qualitatively.
They notice that their subordinates act as if they were afraid to express their opinion in an outspoken manner, produce reports of mediocre quality. And, if there are problems which, according to the superior, could be solved at the subordinate level, they are more often than not, referred to the superiors. In short, subordinates appear to be more at ease when they are directed in how to carry out their work and how to solve problems. On the other hand, when the superior makes a decision directly concerning the task of the subordinates, no subordinate will feel happy with it. They will feel as if they were not being taken into consideration, not infrequently they would feel bypassed. They feel that their opinion is not heeded and they will consider their superior authoritarian. When questioned, however, before the superior reached a solution, they will hesitate to put forward a solution and often will state that they prefer to leave the solution to the superior, and they themselves desire only to carry out the steps to the final solution as instructed by the superior."
1978
D132
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library