Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nana Mulyana
"Pemasaran sosial untuk program kesehatan telah banyak dilakukan, namun pemasaran sosial tentang program antenatal di Indonesia belum banyak dilakukan.
Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen yang berlokasi di Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat dengan jumlah responden 122 ibu hamil melalui total sampling, Daerah intervensi adalah Puskesmas Kadungora dan Puskesmas Cikajang sebagai daerah kontrol dengan jumlah responden masing-masing 61 ibu hamil. Intervensi yang dilakukan adalah Pemasaran Sosial program antenatal dengan sasaran primer ibu hamil dan sasaran snit-under; suami, mertua, kader Posyandu, dukun beranak dan ulama.
Uji t pengetahuan antenatal dan sikap terhadap pelayanan antenatal pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah Pemasaran Sosial menunjukan adanya peningkatan yang bermakna dengan p = 0,0001. Uji t peningkatan pengetahuan antenatal dan sikap pelayanan antenatal antara kelompok intervensi dan kontrol menunjukan terdapat perbedaan yang bermakna dengan p = 0,0001. Selain itu peningkatan pengetahuan antenatal berpengaruh terhadap peningkatan sikap pelayanan antenatal dan memiliki hubungan yang bermakna dengan p 0,000001.
Pada kelompok intervensi setelah dilakukan Pemasaran Sosial antenatal terjadi perilaku pemeriksaan antenatal dengan nilai rata-rata 3,5 kali sedangkan kelompok kontrol nilai rata-rata 1,9 dan berdasarkan uji t terdapat perbedaan yang bcrmakna dengan p=0,0001. Untuk mcngetahui variabel-variabel yang berpcngaruh terhadap terjadinya perilaku dilakukan uji Regresi Logistic, dan diperoich hasil bahwa variabel daerah intervensi berhubungan bcrmakna dengan perilaku pemeriksaan antenatal (p<0,05) sedangkan variabel lain; pcngctahuan antenatal, sikap terhadap pelayanan antenatal, pekerjaan suami dan umur responden tidak memberikan efek terhadap perilaku pemeriksaan antenatal (p>0,05).
Dapat disimpulkan bahwa Pemasaran Sosial antenatal dapat meningkatkan pengetahuan antenatal, meningkatkan sikap terhadap pelayanan antenatal dan mendorong terjadinya perilaku pemeriksaan antenatal. Pendekatan Pemasaran Sosial antenatal sangat efektifuntuk meningkatkan pengetahuan antenatal dan sikap terhadap pelayanan antenatal, juga memberikan dampak terhadap perilaku pemeriksaan antenatal, Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang peranan kelompok sekunder terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku antenatal serta unsur kelompok sekunder yang paling dominan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang antenatal serta terjadinya perubahan perilaku antenatal.

Operational Research of Antenatal Check in Posyandu by using Social Marketing Strategy in Garut Regency, West-JavaSocial marketing for health program has been conducted many times, but special social marketing for antenatal program in Indonesia has not been conducted as many as for health program.
This research used quasi-exsperiment design, located in Garut Regency West-lava Province with 122 pregnant mothers as total sample. Intervention area was Kadungora Health Centre and Cikajang Health Center was control area, each 61 pregnant mother as respondents. Intervention held was social marketing about antenatal program with pregnant mothers as the primary target and the secondary target was husband, father/mother in law, Posyandu caller, traditional birth attendant and religious leader.
The t-test of knowledge and attitude about antenatal care in intervention group, before and after social marketing, showed that there was significant increase with p-0,0001. The t-test konwledge and attitude increase , between intervention and control group, showed that there was a significant difference with p = 0,0001. Besides that, the increase of antenatal knowledge influenced the increase of attitude about antenatal care and there was a significant relationship berween knowledge and attitude about antenatal (p=0,000001).
In intervention group, after social marketing had been conducted, there was 3,5 times for antenatal check practice compare to control group which was only 1,9 times. Based on the t-test, there was a significant difference (p = 0,0001). To understand the variables influenced practice, logistic regression analysis was used, and the result was that intervention area variable related significantly with the practice on antenatal check (p<0,05) while the other variables like knowledge, attitude, husband's occupation and respondent age did not influence the practice of antenatal check (p>0,05),
It can be concluded that social marketing about antenatal can increase knowledge, attitude and motivate antenatal check. Antenatal social marketing approach is very effective to increase knowledge and attitude about antenatal, also influences practise about antenatal.
Further research about the role of secondary group is needed to increase knowledge, attitude and practice about antenatal and to understand the secondary group element which is very dominant in increasing knowledge, attitude and practice about antenatal.
"
Depok: Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nana Mulyana
"Sejalan dengan perkembangan teknologi, serangan terhadap dunia siber juga telah meningkat. Karenanya dibutuhkan sebuah kerangka atau model untuk memfasilitasi proses identifikasi serangan-serangan yang terjadi. Salah satu model yang dapat memfasilitasi proses identifikasi tahapan-tahapan serangan adalah Cyber Kill Chain (CKC). Cyber Kill Chain adalah sebuah model yang menggambarkan serangkaian tahapan sebuah serangan yang dilakukan terhadap sistem. Selain kerangka atau model, dibutuhkan pula sebuah alat bantu yang dapat digunakan untuk mempermudah proses identifikasi tersebut. Dalam tesis ini akan membahas proses identifikasi berdasarkan Cyber Kill Chain dengan menggunakan alat bantu berbasis platform open source yaitu Elastic Stack sebagai Security Information and Event Management (SIEM). Pemilihan penggunaan Elastic stack berdasarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi lainnya seperti Splunk, dimana penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain mendapatkan hasil bahwa Elastic stack membutuhkan waktu sekitar 1 menit 14 detik, sedangkan Splunk membutuhkan waktu sekitar 1 menit 22 detik untuk 1 Milyar berkas log. Bentuk metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan melakukan simulasi untuk melakukan identifikasi tahapan-tahapan serangan. Dari simulasi ini, kita dapat menyimpulkan bahwa menggunakan Elastic Stack dapat membantu dalam proses mengidentifikasi tahapan serangan yang terjadi pada sistem dan infrastruktur sehingga dapat membantu dalam proses penanganan yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko yang dapat diterima oleh pemilik sistem dan infrastruktur. Penelitian ini merekomendasikan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik selaku pengelola sistem informasi untuk proses pengadaan, untuk melakukan implementasi Security Information and Event Management (SIEM) menggunakan Elastic

In line with technological developments, attacks on the cyber world have also increased. Therefore we need a framework or model to facilitate the process of identifying the attacks that occur. One model that can facilitate the process of identifying stages of attack is the Cyber ​​Kill Chain (CKC). Cyber ​​Kill Chain is a model that describes a series of stages of an attack carried out on a system. In addition to the framework or model, it also needed a tool that can be used to facilitate the identification process. This thesis will discuss the identification process based on the Cyber ​​Kill Chain using open-source platform based tools, namely Elastic Stack as Security Information and Event Management (SIEM). The selection of using the Elastic stack is based on better performance compared to other technologies such as Splunk, where research conducted by other researchers found that the Elastic stack takes about 1 minute 14 seconds, while Splunk takes about 1 minute 22 seconds for 1 billion log files. . While this research is a qualitative research with a case study method by conducting simulations to identify stages of attack. From this simulation, we can conclude that using Elastic Stack can help in the process of identifying stages of attacks that occur on systems and infrastructure so that it can assist in the process of handling that must be carried out to reduce the risks that can be accepted by the system and infrastructure owner. This study gives a recomendation to Directorate Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik of Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah as the management of the information system for the procurement process, to implement Security Information and Event Management (SIEM) using Elastic Stack."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library