Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Natania
"Kenaikan cukai rokok merupakan isu kompleks yang menjadi perdebatan setiap tahunnya. Pasalnya, keputusan pemerintah sering kali ditangkap dari berbagai macam perspektif yang berbeda, khususnya dalam media. Hal ini terlihat dari fakta bahwa industri rokok memiliki kekuatan dalam memengaruhi isi media. Selain itu, ditemukan bahwa media menunjukkan bias keberpihakan terhadap industri rokok. Berangkat dari hal tersebut, penulis melakukan analisis teks dengan metode framing pada pemberitaan wacana kenaikan cukai rokok di media daring Kompas.com, Detik.com, dan TribunNews.com. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat pola berbeda dari ketiga media. Namun, ketiganya masih menunjukkan keberpihakan terhadap industri tembakau. Secara spesifik, keseluruhan pemberitaan media Detik.com merepresentasikan perspektif industri. Sementara itu, Kompas.com dan TribunNews.com masih memperlihatkan perspektif pemerintah sebagai argumen tandingan.

The increase of cigarette tax is a complex issue which becomes a debate every year. This is because governments' decisions are often captured from different perspectives, especially in the media. This can be seen from the fact that the cigarette industry has the power to influence media content. In addition, it was found that the media showed biases in favor of the cigarette industry. Coming from this concern, the author conducted a text analysis using the framing method on the news report about the increase in cigarette excise tax in the online media, which is Kompas.com, Detik.com, and TribunNews.com. From the analysis conducted, found that there was a different pattern of the three media. However, the three media still show favoritism with the tobacco industry. Specifically, all coverage in the Detik media represents the perspective of the cigarette industry. Meanwhile, Kompas and TribunNews still show the government's perspective as a counter argument."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nikita Jacey Natania
"

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap salah satu aspek psikologis penggunanya, yaitu kepuasan tubuh (body satisfaction), dengan menggabungkan dasar teori Tripartite Influence Model of Body Dissatisfaction dan teori Stimulus-Organism-Response, dan juga memodifikasi dengan penambahan faktor-faktor pemicu (stimulus) dari model dasar, yaitu aktivitas yang berkaitan dengan video penampilan fisik (photo-based activity), motivasi untuk terlihat baik dari media sosial (appearance motivation) dan literasi media sosial pengguna (social media literacy). Objek dari penelitian ini merupakan media sosial TikTok, sebagai salah satu media sosial berbasis gambar (photo-based) dengan subjek penelitian pengguna TikTok yang berbasis di Indonesia dan memiliki rentang umur 17 – 26 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan metode gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan melalui penyebaran kuesioner dengan hasil 507 responden dan diolah menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi SPSS AMOS. Kemudian, untuk kualitatif dilakukan dengan mewawancarai 32 responden dan dianalisis dengan metode content-analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upward appearance comparison dipengaruhi oleh photo-based activity dan appearance motivation, sedangkan untuk thin-ideal internalization dipengaruhi oleh appearance motivation dan social media literacy. Upward appearance comparison dan thin ideal internalization comparison memberikan dampak buruk terhadap body satisfaction penggunanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penelitian selanjutnya dalam topik pengaruh media sosial terhadap persepsi tubuh penggunanya, serta bagi pihak media sosial TikTok dalam usahanya menciptakan lingkungan media sosial yang sehat bagi penggunanya.


This research was conducted to analyze the effect of media social on human's perception of their body image, specifically on body satisfaction, by combining a theoretical basis of the Tripartite Influence Model of Influence model and the Stimulus-Organism-Response theory, and also by modifying the stimulus factors, which are photo-based activity, appearance motivation, and social media literacy. The object of this research is TikTok, a photo-based social media, with the research subject of TikTok users based in Indonesia with age ranges from 17 to 26. This research was conducted with a mixed method, combining quantitative and qualitative approaches. The quantitative data was acquired by distributing questionnaires with the results of 507 respondents and was processed through Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method with the help of the SPSS AMOS application. As for the qualitative approach, the data was acquired by interviewing 32 respondents, and the answers were analyzed using a content-analysis method. This research indicated that upward appearance comparison is affected by photo-based activity and appearance motivation, as thin-ideal internalization is affected by appearance motivation and social media literacy. Both upward appearance comparison and thin-ideal internalization can be harmful to body satisfaction. Through the findings from this research, we hope to contribute to future research on related topics and for TikTok as the social media provider to create a healthier social media environment for their users

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kana Agatha Natania
"Tokopedia sebuah perusahaan teknologi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dalam strategi bisnisnya, Tokopedia menerapkan strategi pemasaran salah satunya yaitu sales promotion. Melalui komentar pengguna selama program sales promotion, perusahaan dapat mendapatkan informasi dari perspektif pengguna yang dapat bermanfaat bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki respons pengguna melalui komentar di media sosial terhadap program sales promotion Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode text mining untuk mengolah data yang didapatkan dari media sosial. Data yang digunakan yaitu 13.921 komentar Twitter antara 1 Januari 2021 dan 1 Desember 2021. Data tersebut kemudian dilakukan analisis konten menggunakan word frequency, part of speech tagging, co-occurrence matrix, core-periphery analysis, dan network analysis. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi kata-kata yang sering muncul dan berpengaruh serta mengidentifikasi tema dalam jaringan. Kata berpengaruh yang teridentifikasi terkait dengan Tokopedia monetary promotion benefits, dapat digunakan untuk strategi pemasaran dan aktivasi jaringan di media sosial. Selain itu tema-tema yang muncul dalam jaringan adalah multi-product promotion, Gojek and Tokopedia sales promotion collaboration, Tokopedia monetary promotion benefit , viral content, referral ,dan PLN promotions. Tema tersebut dapat memberikan informasi yang berharga bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnisnya.

Tokopedia, an Indonesian technology company that specializes in E-Commerce, has seen significant growth. Tokopedia implements a marketing strategy, specifically a sales promotion, as part of their business strategy. During the sales promotion program, the company can gain insights from the user perspective that might be valuable to the company. The objective of this study was to investigate at user response to Tokopedia's sales promotion program through social media comments. Text mining techniques are used in this work to analyse data from social media. The data utilized were 13,921 Twitter comments between January 1, 2021, and December 1, 2021. The data was then analysed using word frequency, part of speech tagging, co-occurrence matrix, core-periphery analysis, and network analysis. This study was successful in identifying frequent and influential words, as well as network themes. Influential words that appeared are associated with Tokopedia monetary promotion benefits that could be used for marketing strategies and network activation on social media. Furthermore, this research identifies the network's themes which are, multi-product promotion, Gojek and Tokopedia sales promotion partnership, Tokopedia monetary promotion advantage, viral content, referrals, and PLN promotions which could provide valuable information for the company to improve their business performance. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carolline Natania
"Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh foreign ownership, foreign board members, cross-listing, dan internationalization terhadap CSR disclosure. Penelitian ini mengambil 66 perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode regresi data panel random effect. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada foreign ownership terhadap peningkatan CSR disclosure, sedangkan pada foreign board members, cross-listing, dan internationalization tidak terbukti memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan CSR disclosure di perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

This study examines whether foreign ownership, foreign board members, cross-listing, and internationalization provide enhancement CSR disclosure. The research used 66 non-financial firm listed on Indonesia Stock Exchange for the period 2015-2019. The hypothesis testing using the random effect panel data regression method. The empirical result shows that foreign ownership help companies to raise their CSR disclosure. While, foreign board members, cross-listing, and internationalization have insignificant effect of enhancement CSR disclosure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library