Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Nediva Fiona Kaori Adam
"Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peranan teknologi Augmented Reality (AR) dalam mendukung minat belajar anak-anak di Growing Patch Daycare. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif anak-anak serta wawancara mendalam dengan tenaga pendidik. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan AR memberikan dampak terhadap proses pembelajaran, khususnya dalam menghadirkan pengalaman baru yang bersifat interaktif dan menarik perhatian anak. Meskipun tidak secara langsung meningkatkan minat belajar secara signifikan, AR berfungsi sebagai sumber belajar alternatif yang mampu merangsang rasa ingin tahu, terutama karena sifatnya yang masih relatif baru dan belum umum digunakan oleh anak-anak. Para pendidik juga mengamati bahwa teknologi ini berpotensi mendukung variasi dalam metode pembelajaran, meskipun masih memerlukan adaptasi serta pendampingan dalam implementasinya. Secara keseluruhan, AR memiliki potensi sebagai media pendukung pembelajaran yang dapat memperkaya pengalaman edukatif anak usia dini.
This study aims to explore the role of Augmented Reality (AR) technology in supporting children's learning interest at Growing Patch Daycare. Using a qualitative approach, data were collected through participatory observation of the children and in-depth interviews with educators. The findings indicate that AR contributes to the learning process by offering novel, interactive experiences that capture children’s attention. While it may not directly increase learning interest in a significant way, AR serves as an alternative learning medium that stimulates curiosity—particularly due to its relatively new and unfamiliar nature among young children. Educators also noted that AR holds potential to diversify teaching methods, though its implementation still requires adaptation and guided assistance. Overall, AR presents itself as a promising supplementary tool to enrich early childhood educational experiences."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library