Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Panca Yuliasih
"Jatuh merupakan kondisi yang tidak diharapkan. Jatuh dapat memberikan dampak yang tidak diinginkan bagi pasien maupun rumah sakit. Kepatuhan perawat menjadi penting dalam melaksanakan Standar Prosedur Operasional (SPO) pencegahan pasien jatuh. Penulisan ini bertujuan agar teridentifikasi tingkat kepatuhan perawat dalam melaksanakan pencegahan pasien jatuh di ruang rawat inap. Jumlah responden dalam penulisan ini adalah 28 perawat. Pengambilan responden dengan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan dengan kuesioner dari penelitian sebelumnya dan disesuaikan kembali dengan SPO instansi terkait. Data dikumpulkan dalam kuesioner tersebut yang terdiri dari 27 pernyataan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa kepatuhan perawat dalam pencegahan pasien jatuh di ruang rawat inap sebagian besar dikategorikan patuh dalam rentang 3,21–3,68. Hasil penulisan ini merekomendasikan perawat selalu dipertahankan kepatuhannya terhadap SPO pencegahan pasien jatuh dan selalu memberikan edukasi kepada pasien dan penunggu pasien sehingga dapat mengaplikasikan peranannya dalam upaya pencegahan pasien jatuh. Dalam melakukan pencegahan pasien jatuh diperlukan fungsi pengawasan dan kontroling secara ketat oleh kepala ruangan sebagai langkah awal mendisiplinkan perawat untuk melaksanakan pencegahan pasien jatuh. Selain itu juga diharapkan adanya program resosialisasi, pelatihan, dan motivasi secara berkala oleh kepala ruangan. Dengan demikian dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.

Falling conditions are not expected. Falling can have an unwanted impact on patients and hospitals. Nurse compliance is important in implementing Standard Operating Procedures (SOP) for preventing patient falls. This writing aims to identify the level of compliance of nurses in implementing patient fall prevention in the inpatient room. The number of respondents in this writing is 28 nurses. Taking respondents with purposive sampling technique. The analysis was carried out using a questionnaire from previous studies and readjusted to the SPO of the relevant agency. Data was collected in the questionnaire which consisted of 27 statements. The results showed that the adherence of nurses in preventing patient falls in the inpatient room was mostly adherent in the range of 3.21–3.68. The results of this paper recommend that nurses always maintain adherence to the SPO for preventing patient falls and always provide education to patients and patient caretakers so that they can implement their functions in preventing patient falls. In preventing patient falls, strict supervision and control functions are needed by the head of the room as the first step in disciplining nurses to carry out patient fall prevention. In addition, it is also hoped that there will be periodic socialization, training and motivation programs by the head of the room. Thus it can increase public confidence in the health services provided"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Panca Yuliasih
"Pandemi covid-19 telah berdampak terhadap program pendidikan keperawatan dimana praktik laboratorium tidak direalisasikan secara optimal. Hal ini penting dilakukan evaluasi untuk melihat kualitas pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil evaluasi mempengaruhi kesiapan praktik klinik. Desain penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran dan hubungan evaluasi pembelajaran praktikum daring dan kesiapan praktik klinik mahasiswa profesi Ners. Penelitian dilakukan dengan 326 sampel, diambil menggunakan quota sampling. Evaluasi pembelajaran praktikum daring diukur dengan menggunakan Evaluation Instruments and Good Practices in Online Educator menurut Chikering dan Gansom (1987) dan kesiapan praktik klinik diukur berdasarkan teori Slameto (2020) dan Casey et al (2011). Hasil analisis didapatkan adalah pembelajaran praktikum daring yang dinilai baik oleh mahasiswa berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa (p 0.001 α 0.05). Penelitian ini merekomendasikan institusi untuk melakukan interaksi dengan mahasiswa secara efektif dan merencanakan kurikulum yang lebih baik lagi agar pembelajaran dengan metode daring sesuai dengan tujuan instruksional. Dalam mencapai kesiapan yang baik, diharapkan institusi dapat melaksanakan program dengan lingkungan belajar yang tepat sehingga mahasiswa mampu menunjang kemampuannya secara kognitif, afektif, dan psikomotor. Serta hasil penelitian ini direkomendasikan mahasiswa terus belajar dalam meningkatkan kompetensinya sehingga dapat menghasilkan perawat yang berprofessional.

The COVID-19 pandemic has had an impact on nursing education programs where laboratory practices are not realized optimally. It is important to do an evaluation to see the quality of the learning that has been done. The evaluation results affect the readiness of clinical practice. The research design uses a quantitative approach with a cross sectional approach, which aims to identify the description and relationship between online practicum learning evaluation and clinical practice readiness for nursing professional students. The study was conducted with 326 samples, taken using quota sampling. Evaluation of online practicum learning was measured using Evaluation Instruments and Good Practices in Online Educator according to Chikering and Gansom (1987) and clinical practice readiness was measured based on the theory of Slameto (2020) and Casey et al (2011). The results of the analysis showed that online practicum learning which was considered good by students had an effect on student readiness (p 0.001 0.05). This study recommends institutions to interact with students effectively and plan a better curriculum so that online learning is in line with instructional objectives. In achieving good readiness, it is hoped that the institution can implement programs with the right learning environment so that students are able to support their cognitive, affective, and psychomotor abilities. As well as the results of this study, it is recommended that students continue to learn in improving their competence so that they can produce professional nurses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library