Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Erlina Putri Wijayanti
"Pada pertengahan tahun 1997, terjadi krisis yang melanda Thailand dan menimbulkan dampak terhadap negara - negara Asia lainnya. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami masalah yang cukup serius akibat dampak krisis finansial dan neraca pembayaran yang dimulai di Thailand pada bulan Juli 1997. Nilai tukar rupiah terhadap US dollar mengalami depresiasi sebesar 67 persen antara Juli dan Desember 1997 dan terdepresiasi kembali sebesar 118 persen antara Desember 1997 dan Desember 1998. Meskipun nilai tukar mengalami apresiasi sebesar 27 persen antara Januari 1998 sampai dengan April 1998, nilai tukar rupiah kembali terdepresiasi sekitar 83 persen antara April 1998 sampai dengan Juli 1998. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tukar rupiah berfluktuasi cukup besar sejak terjadinya krisis ekonomi. Fluktuasi bulanan nilai tukar rupiah terhadap US dollar antara Januari 1997 sampai dengan Januari 2001 dapat dilihat pada Grafik 1.1. Krisis nilai tukar tersebut menimbulkan dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu indikatornya adalah penurunan pertumbuhan PDB riil dari 9.3 persen pada tahun 1996 menjadi 4.5 persen pada tahun 1997. Pada triwulan pertama tahun 1998, PDB mengalami kontraksi sebesar 13.2 persen, dimana hampir seluruh sektor mengalami pertumbuhan negatif kecuali sektor pertanian."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
T20330
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27057
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"Latar belakang: Perubahan dimensi dari gigi sulung ke gigi tetap dapat menyebabkan maloklusi pada usia anak. Pada keadaan tersebut dapat dilakukan upaya interseptif untuk mencegah bertambah parahnya maloklusi. Usia 9-11 tahun merupakan usia yang tepat untuk dilakukan interseptif. Pemeriksaan dini pada populasi anak usia gigi bercampur diperlukan untuk mengetahui keadaan maloklusi.
Tujuan: Mengetahui gambaran maloklusi dan kebutuhan perawatan ortodonti pada anak usia 9-11 tahun di SD At-Taufiq, Cempaka Putih, Jakarta.
Metode: Digital examination dan analisis profil wajah, untuk menentukan klasifikasi maloklusi dan pengisisan kuesioner Indikator Kebutuhan Perawatan Ortodonti (IKPO), untuk mengetahui kebutuhan perawatan ortodonti anak.
Hasil: 98 subjek penelitian diperoleh maloklusi kelas I sebanyak 65,3%, maloklusi kelas II sebanyak 31,6% dan maloklusi kelas III sebanyak 3,1%. Keseluruhan populasi yang diteliti terdapat 76,5% membutuhkan perawatan ortodonti dan 23,5% tidak membutuhkan perawatan ortodonti.
Kesimpulan: Subjek dengan maloklusi kelas I paling banyak ditemukan dan sebagian besar subjek membutuhkan perawatan ortodonti.

Background: Dimensional changes from primary teeth to permanent teeth cause malocclusion in children. Interceptive can use for that situation to prevent increased severity of malocclusion. Ages for screening the child population for interceptive orthodontics is 9 to 11 years old. Early examination in mixed dentition age population needed to determine the state of malocclusion.
Purpose: Describe malocclusion and orthodontic treatment need in child 9 to 11 years old in SD At-Taufiq, Cempaka Putih, Jakarta.
Method: Digital examination and analyze of facial profile to know malocclusion and filling of questionnaires orthodontic treatment needs indicator (IKPO) to determine about children orthodontic treatment need.
Result: 98 subject there are 65,3% with class I malocclusion, 31,6% with class II malocclusion, 3,1% with class III malocclusion. From child population about 76,5% need for orthodontic treatment and 23,5% no need for orthodontic treatment.
Conclusions: Subject most found with class I malocclusions and most of subject need orthodontic treatment.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"Penelitian ini membahas mengenai implementasi kebijakan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) di Indonesia. JHT merupakan program berupa pemberian uang tunai ketika peserta memasuki usia pensiun. Dalam implementasinya, terdapat beberapa kendala yakni banyak peserta yang mengambil manfaat JHT pada usia muda. Hal ini menyebabkan adanya pergeseran filosofi JHT serta adanya perusahaan yang mendaftarkan sebagain baik program, upah dan tenaga kerjanya.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis implementasi kebijakan manfaat JHT di Indonesia dan hal yang menentukan keberhasilan implementasi kebijakan manfaat JHT tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi literature. Wawancara mendalam dilakukan terhadap beberapa informan mencakup pihak pemerintah, BPJS Ketenagakerjaan, peserta dan pemberi kerja serta LSM.
Hasil dari penelitian ini yakni impementasi kebijakan manfaat JHT di Indonesia berjalan dengan baik walaupun terjadi disharmoni regulasi dan keberhasilan implementasi kebijakan manfaat JHT di Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya meliputi konten dan konteks dari kebijakan itu sendiri serta kepatuhan dari implementator dan faktual akan kondisi sosiologis masyarakat.
Kesimpulannya ialah implementasi berjalan dengan baik walaupun masih menghadapi kendala baik regulasi maupun kepatuhan sehingga perlu dilakukan revisi PP 60 tahun 2015, adanya unemployement benefit sehingga tidak mengganggu JHT dan diperlukan kinerja yang inovatif dari BPJS Ketenagakerjaan.

This study discusses the implementation of policies on benefits of Old Age Insurance (JHT) in Indonesia. JHT is a program in the form of giving cash when participants enter retirement age. In its implementation, there are several obstacles, namely many participants who took the benefits of JHT at a young age. This has led to a shift in the philosophy of JHT as well as the existence of companies that register good programs, wages and labor.
The purpose of this study is to analyze the implementation of the JHT benefit policy in Indonesia and what determines the success of implementing the JHT benefit policy. This study used a descriptive qualitative approach with data collection techniques through in-depth interviews and literature studies. In-depth interviews were conducted with several informants including the government, Employment BPJS, participants and employers as well as NGOs.
The results of this study are that the implementation of JHT benefit policies in Indonesia goes well even though there is disharmony in regulation and the successful implementation of JHT benefit policies in Indonesia is strongly influenced by various things including the content and context of the policy itself and the implementer`s compliance and factual sociological conditions.
The conclusion is that implementation is going well even though it still faces both regulatory and compliance constraints so it needs to be revised PP 60 in 2015, the existence of unemployement benefits so that it does not interfere with JHT and innovative performance is needed from BPJS Ketenagakerjaan.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
T52930
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"
ABSTRACT
Old-Age Insurance (JHT), which is intended for workers entering the old age, is now widely claimed when workers are still in their early age discussing the implementation of the policy on benefits of Old Age Insurance (JHT) in Indonesia. This study discusses the implementation of policies on benefits of Old Age Insurance (JHT) in Indonesia. JHT is a program in the form of giving cash when participants enter retirement age. In its implementation, there are several obstacles, namely many participants who took the benefits of JHT at a young age. This has led to a shift in the philosophy of JHT as well as the existence of companies that register good programs, wages and labor. The purpose of this study is to analyze the implementation of the JHT benefit policy in Indonesia and what determines the success of implementing the JHT benefit policy. This study used a descriptive qualitative approach with data collection techniques through in-depth interviews and literature studies. In-depth interviews were conducted with several informants including the government, BPJS Employment, participants and employers as well as NGOs. The results of this study, namely the implementation of the JHT benefit policy in Indonesia goes well despite disharmony of regulations and the successful implementation of the JHT benefit policy in Indonesia is strongly influenced by various things including the content and context of the policy itself and compliance with implementers and factual sociological conditions of the community. The conclusion is that implementation is going well even though it still faces both regulatory and compliance constraints, so it needs to be revised PP 60 in 2015, the existence of unemployment benefits so that it does not interfere with JHT and innovative performance is needed from BPJS Ketenagakerjaan."
Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, 2019
351 JBP 11:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"Penyimpanan obat menjadi salah satu faktor penting dalam pengelolaan obat di apotek karena dengan penyimpanan yang baik dan efisien, pelayanan obat kepada pasien dapat dilakukan dengan tepat guna serta hasil guna. Namun, penyimpanan yang tidak efisien dapat membuat obat cepat rusak atau tidak terdeteksinya obat kadaluwarsa. Tugas khusus ini bertujuan untuk melakukan simulasi penyimpanan obat non padat, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai (BMHP) berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 73 Tahun 2016 di Apotek Roxy Poltangan. Metode yang digunakan melalui observasi serta simulasi. Tata cara penyimpanan obat non padat, alat kesehatan, dan BMHP dikumpulkan melalui observasi langsung. Selain itu, dilakukan simulasi perbaikan penyimpanan sesuai dengan peraturan di atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyimpanan obat non padat terdiri dari sediaan non padat oral yang meliputi sirup dan drop. Sediaan non oral meliputi salep, krim, gel, injeksi dan infus, ovula dan suppositoria, tetes mata, tetes telinga, inhalasi, nebulasi, dan insulin. Penyimpanan obat non padat, alat kesehatan, dan BMHP yang sesuai PMK No.73 Tahun 2016 meliputi penyimpanan di wadah asli pabrik, high alert, penyimpanan sesuai suhu, tempat penyimpanan obat dipisahkan dengan barang kontaminan, dan FEFO. Penyimpanan berdasarkan bentuk sediaan, alfabetis, dan LASA masih belum sesuai. Kesimpulan dari tugas khusus ini adalah penyimpanan obat non padat, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai (BMHP) di Apotek Roxy Poltangan masih belum sesuai namun sudah diperbaiki sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 73 Tahun 2016.

Drug storage is an important factor in drug management in pharmacies because with good and efficient storage, drug services to patients can be carried out effectively and efficiently. However, inefficient storage can make drugs spoil quickly or expired drugs cannot be detected. This special assignment aims to simulate the storage of non-solid drugs, medical devices, and consumable medical materials (BMHP) based on Minister of Health Regulation (PMK) Number 73 of 2016 at the Roxy Poltangan Pharmacy. The method used is through observation and simulation. Procedures for storing non-solid drugs, medical devices, and BMHP were collected through direct observation. In addition, storage repair simulations were carried out according to the regulations above. The results showed that storage of non-solid drugs consisted of oral non-solid preparations which included syrup and drops. Non-oral preparations include ointments, creams, gels, injections and infusions, ovules and suppositories, eye drops, ear drops, inhalation, nebulization and insulin. Storage of non-solid drugs, medical devices, and BMHP in accordance with PMK No. 73 of 2016 includes storage in original factory containers, high alert, storage according to temperature, where drugs are stored separately from contaminants, and FEFO. Storage based on dosage form, alphabetical, and LASA is still not appropriate. The conclusion from this special assignment is that the storage of non-solid drugs, medical devices, and consumable medical materials (BMHP) at the Roxy Poltangan Pharmacy is still not appropriate but has been repaired in accordance with Minister of Health Regulation (PMK) Number 73 of 2016."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"PT SamMarie Tramedifa menjadi salah satu subdistributor obat dan alat kesehatan yang telah mendapatkan sertifikat CDOB oleh BPOM sehingga terjamin mutu pelayanannya. Adanya waktu serah terima yang cukup lama ataupun interval waktu pengiriman ke outlet yang berbeda-beda membuat peneliti tertarik untuk melakukan analisis terhadap alur penyaluran obat berdasarkan interval waktu dan faktor-faktor yang memengaruhinya di PT SamMarie Tramedifa. Tugas khusus ini bertujuan untuk menganalisis alur penyaluran obat di PT Sammarie Tramedifa selama periode Desember 2022. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi interval waktu dari proses penyaluran obat dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data interval waktu dari setiap tahap penyaluran obat dikumpulkan dan dianalisis Selain itu, wawancara dengan pihak terkait di perusahaan ini dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi alur penyaluran obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi interval waktu dalam alur penyaluran obat dari PT Sammarie Tramedifa ke outlet SamMarie Wijaya, RSIA SamMarie Basra, dan Apotek Jacoebson. Beberapa tahap mengalami keterlambatan yang dapat mempengaruhi kelancaran keseluruhan proses. Faktor-faktor yang mempengaruhi alur penyaluran obat antara lain pengerjaan dalam pencetakan SPB yang kurang efisien dan penerimaan CCP yang memakan waktu lama. Kesimpulan dari tugas khusus ini adalah alur penyaluran obat di PT SamMarie Tramedifa sudah mengikuti pedoman CDOB dimulai dari proses penerimaan pesanan obat hingga pengiriman obat.

PT SamMarie Tramedifa is one of the drug and medical device sub-distributors that has received a CDOB certificate from BPOM so that the quality of its services is guaranteed. The existence of long handover times or time intervals for delivery to different outlets made researchers interested in analyzing the flow of drug distribution based on time intervals and the factors that influence it at PT SamMarie Tramedifa. This special assignment aims to analyze the drug distribution flow at PT Sammarie Tramedifa during the December 2022 period. The main focus of this research is to evaluate the time intervals of the drug distribution process and identify the factors that affect the efficiency of the process. The research method used is observational research with qualitative and quantitative approaches. Time interval data for each stage of drug dispensing was collected and analyzed. In addition, interviews with stakeholders in this company were conducted to understand the factors that influence the flow of drug dispensing. The results showed that there were variations in time intervals in the flow of drug distribution from PT Sammarie Tramedifa to SamMarie Wijaya outlets, RSIA SamMarie Basra, and Jacoebson Pharmacy. Some stages experience delays that can affect the smooth running of the entire process. Factors that affect the flow of drug distribution include the process of printing SPB which is less efficient and takes a long time to receive CCP. The conclusion from this special assignment is that the flow of drug distribution at PT SamMarie Tramedifa has followed the CDOB guidelines starting from the process of receiving drug orders to drug delivery."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"Bagian pengawasan mutu PT Finusolprima Farma Internasional melaksanakan CPOB yang salah satunya berkaitan dengan memperbaharui dokumen spesifikasi, metode analisis, dan catatan hasil pemeriksaan bahan baku sesuai dengan kompendial terbaru oleh BPOM. Pembuatan dokumen spesifikasi, metode analisis, dan catatan hasil pemeriksaan ini pun juga diperlukan untuk mempermudah analis dalam melakukan pengujian rutinitas. Salah satu bahan baku yang digunakan oleh PT Finusolprima Farma Internasional yakni Piridoksin HCl. Tugas khusus ini bertujuan untuk merevisi spesifikasi, metode analisis, dan Catatan Hasil Pemeriksaan (CHP) Piridoksin HCl berdasarkan Farmakope Indonesia VI di PT Finusolprima Farma Internasional. Proses revisi dilakukan berdasarkan perubahan Farmakope Indonesia VI dan perbaikan internal yang ditetapkan oleh PT Finusolprima Farma Internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesifikasi, metode analisis, dan CHP Piridoksin HCl mengalami pembaharuan acuan ke kompendial Farmakope Indonesia Edisi VI. Kesimpulan dari tugas khusus ini adalah selesainya penyusunan revisi spesifikasi, metode analisis, dan CHP Piridoksin HCl sesuai dengan kompendial Farmakope Indonesia Edisi VI.

The quality control department of PT Finusolprima Farma Internasional carries out GMP, one of which is related to updating document specifications, analytical methods, and records of raw material inspection results in accordance with the latest compendial by BPOM. Preparation of specification documents, analysis methods, and records of inspection results is also needed to make it easier for analysts to carry out routine tests. One of the raw materials used by PT Finusolprima Farma Internasional is pyridoxine HCl. This special assignment aims to revise the specifications, analysis methods, and Inspection Notes (CHP) of Pyridoxine HCl based on the Indonesian Pharmacopoeia VI at PT Finusolprima Farma Internasional. The revision process was carried out based on changes to the Indonesian Pharmacopoeia VI and internal improvements established by PT Finusolprima Farma Internasional. The results showed that the specifications, analytical methods, and CHP Pyridoxine HCl underwent an updated reference to the Indonesian Pharmacopoeia Edition VI compendial. The conclusion of this special assignment is the completion of the preparation of revised specifications, analytical methods, and CHP Pyridoxine HCl in accordance with the Indonesian Pharmacopoeia Edition VI compendial."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"Kejadiaan obat yang merugikan, kesalahan pengobatan dan reaksi obat yang merugikan dalam proses pelayanan kefarmasian dapat terjadi karena beban kerja, komunikasi yang kurang baik, sistem distribusi dan peran tenaga farmasi yang belum maksimal. Berkaitan dengan hal ini, tenaga farmasi termasuk apoteker memiliki kewajiban untuk melaksanakan pelayanan informasi terkait penggunaan obat secara tepat, aman, dan rasional. Tugas khusus ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan informasi obat (PIO) di Instalasi Farmasi Puseksmas Kecamatan Ciracas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap proses PIO yang dilakukan oleh tenaga farmasi, wawancara dengan apoteker, dan dokumen terkait pelayanan informasi obat. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi kegiatan pelayanan informasi obat secara aktif dan pasif di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi Puskesmas Kecamatan Ciracas sudah dilakukan melalui PIO aktif dan pasif. Kesimpulan dari tugas khusus ini adalah pelayanan informasi obat (PIO) di Instalasi Farmasi Puskesmas Kecamatan Ciracas sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Permenkes No.74 Tahun 2016.

Adverse drug events, medication errors and adverse drug reactions in the pharmaceutical service process can occur due to workload, poor communication, distribution system and the role of pharmacists who have not been maximized. In this regard, pharmacists including pharmacists have an obligation to carry out information services related to drug use in an appropriate, safe and rational manner. This special assignment aims to evaluate drug information services (PIO) at the Ciracas District Health Center Pharmacy Installation. The research method used is observational research. Data was collected through direct observation of the PIO process carried out by pharmacists, interviews with pharmacists, and documents related to drug information services. The aspects that were evaluated included active and passive drug information service activities at the Ciracas District Health Center. The results showed that drug information services at the Ciracas District Health Center Pharmacy Installation had been carried out through active and passive PIOs. The conclusion of this special task is that the drug information service (PIO) at the Ciracas District Health Center Pharmacy Installation has been carried out properly in accordance with Permenkes No.74 of 2016."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"Aspergiloma sering ditemui pada pasien-pasien paska tuberkulosis paru, namun sangat jarang terjadi pada ibu hamil. Oleh karena itu, pemantauan terapi obat pada pasien aspergilloma paru bekas TB penting untuk dilakukan. Tugas khusus ini bertujuan untuk menganalisis pemantauan terapi obat pada pasien ibu hamil dengan aspergilloma paru bekas TB di RSUP Persahabatan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan memilih pasien di ruang rawat inap berdasarkan kondisi dan obat-obatan pasien. Data yang dikumpulkan meliputi Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT), SOAP dokter, perawat, dan apoteker, daftar terapi obat yang diterima pasien selama dirawat, dan hasil pemeriksaan laboratorium pasien. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai masalah terkait obat dan rekomendasi terapi pada pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien diberikan Itrakonazol 1 x 200 mg yang diindikasikan untuk aspergilloma paru serta untuk mengurangi gejala simptomatiknya yakni hemoptisis diberikan asam traneksamat inj, fitomenadion, dan adona sementara batuk nya diberikan N-asetilsistein 3 x 200 mg. Selain itu, masalah terkait obat (DRP) yang terjadi pada pasien ibu hamil dengan aspergilloma paru bekas TB ini meliputi menerima obat salah dan ketidakpatuhan (stok obat kosong), serta peneliti memberikan rekomendasi untuk penggantian terapi obat kodein menjadi N-Asetilsistein. Kesimpulan tugas khusus ini adalah terdapat masalah terkait obat pada pasien ibu hamil dengan aspergilloma paru bekas TB di RSUP Persahabatan.

Aspergilloma is often found in post-pulmonary tuberculosis patients, but it is very rare in pregnant women. Therefore, monitoring of drug therapy in patients with ex-TB pulmonary aspergilloma is important to do. This special assignment aims to analyze the monitoring of drug therapy in pregnant women with ex-TB pulmonary aspergilloma at Persahabatan General Hospital. The implementation method is carried out by selecting patients in the inpatient room based on the patient's condition and medications. The data collected includes the Integrated Patient Development Record (CPPT), SOAP of doctors, nurses and pharmacists, a list of drug therapy received by the patient while being treated, and the results of the patient's laboratory examinations. Data analysis was carried out descriptively to provide an overview of drug-related problems and therapeutic recommendations for patients. The results showed that the patient was given Itraconazole 1 x 200 mg which was indicated for pulmonary aspergilloma and to reduce the symptomatic symptoms namely hemoptysis was given tranexamic acid inj, fitomenadion, and adona while the cough was given N-acetylcysteine 3 x 200 mg. In addition, drug-related problems (DRP) that occur in pregnant women with ex-TB pulmonary aspergilloma include receiving the wrong drug and non-adherence (empty drug stock), and researchers providing recommendations for changing codeine drug therapy to N-Acetylcysteine. The conclusion of this special assignment is that there are drug-related problems in pregnant women with ex-TB pulmonary aspergilloma at Persahabatan Hospital."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>