Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Rafi Ichsan Firdaus Radjab
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi formatif yang komprehensif terhadap pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Komunitas Jendela Jakarta dalam proses capacity building dalam level organisasional sebagai manajemen pengelola program, level individu sebagai penerima program dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan model evaluasi CIPP, baik dari aspek konteks, input, proses, maupun produk menunjukan hasil yang kurang baik. Pada aspek konteks temuan menunjukan tidak adanya data referensi yang mendukung latar belakang dan tujuan program. Pada aspek input ditemukan bahwa kompetensi pengajar yang kurang merata dan sarana fasilitas yang belum mencukupi. Pada aspek proses terdapat hambatan dalam pembelajaran dikarenakan komitmen pengajar dan antusiasme peserta, serta kurikulum yang tidak terstruktur dengan baik. Sedangkan pada aspek produk terdapat manfaat yang dirasakan oleh peserta, namun dampak jangka Panjang belum optimal dan tidak terukur dengan baik. Lebih lanjut, proses capacity building menunjukan hasil yang kurang baik, program ini belum berhasil mengembangkan kapasitas pada tahapan perencanaan, implementasi serta tahapan monitoring evaluasi.
This study aims to conduct a comprehensive formative evaluation of the implementation of the Komunitas Jendela Jakarta Nonformal Education Program in the process of capacity building at the organizational level as program management and at the individual level as program recipients using the CIPP (Context, Input, Process, and Product) model. The results showed that based on the CIPP evaluation model, both in terms of context, input, process, and product, the results were poorly. In the context aspect, the findings show that there is no reference data that supports the background and objectives of the program. In the input aspect, it was found that the competence of teachers was not evenly distributed and the facilities were not sufficient. In the process aspect, there are obstacles in learning due to the commitment of the teacher and the enthusiasm of the participants, as well as the curriculum that is not well structured. While in the product aspect there are benefits that are felt by participants, but the long-term impact is not optimal and not well measured. Furthermore, the process of capacity building shows poor results, this program has not succeeded in developing capacity at the planning, implementation, and monitoring evaluation stages."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library