Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Richardus Handojo Wiwoho
Abstrak :
Disertasi ini bertujuan untuk merumuskan Model Strategi Pemasaran Potensi Kawasan dan bagaimana masyarakat di sekitar lokasi berpotensi menjadi audiens sekaligus pelaku pemasaran di kawasan tersebut. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam disertasi ini. Kajian potensi kawasan menggunakan pendekatan pemasaran, sedangkan kajian potensi masyarakat menggunakan studi eksploratori dan pendekatan pembelajaran pilihan bebas (free-choice learning). Untuk studi eksploratori dipilih sepuluh informan dengan menggunakan metode wawancara semi-terstruktur. Untuk validasi dipilih seorang pakar yang memiliki otoritatif di kawasan. Muarajambi digunakan sebagai studi kasus kajian disertasi ini, dalam pengertian bukan memecahkan kasus di Muarajambi, namun Muarajambi dipilih menjadi kasus untuk studi ini.
Hasil yang diperoleh memperlihatkan Muarajambi memiliki potensi untuk menjadi: (1) Cagar budaya (Cultural heritage); (2) Cagar alam (Natural heritage); dan (3) Tempat umum (Public place). Hasil studi eksploratori memperlihatkan bahwa pengunjung datang dengan motivasimotivasi berbeda yang tergantung pada identitasnya yakni: Explorer, Experience Seeker, Facilitator, Proffesional/ Hobbyist dan Recharger.
The objective of this dissertation is to formulate the model of marketing strategy of potential area and how communities around become the audience as well as the marketers of the area. Qualitative research method was used in this dissertation. The study of potential area uses marketing approach, and the study of the audience uses exploratory study and free-choice learning approach. Ten informants were selected for the purpose of exploratory study using semi-structured interviews. An authority figure was selected for the purpose of expert validation. Muarajambi was used as a case study of this dissertation, in the sense of not solving the case in Muarajambi, but Muarajambi was chosen to be the case for this study.
The results obtained showed that Muarajambi has the potential to be: (1) Cultural heritage; (2) Natural heritage; and (3) Public place. The results of exploratory study showed that visitors come with their identityrelated motivations which are: Explorer, Experience Seeker, Facilitator, Proffesional/Hobbyist and Recharger.
Depok: Universitas Indonesia, 2014
D1927
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Richardus Handojo Wiwoho
Abstrak :
Salah satu kerajaan terbesar di Indonesia pada masa lampau adalah kerajaan Majapahit. Pada abad XIV, yaitu pa_da masa pemerintahan raja Hayam Wuruk dengan Mahapatihnya Gajah Mada, kerajaan ini telah mencapai puncak kebesaran dan keemasannya. Pada masa itu, daerah pengaruh kerajaan Majapahit meliputi hampir seluruh Nusantara dan bahkan mem_pengaruhi pula negara-negara tetangganya di Asia Tenggara dalam bentuk persahabatan. Kekuasaan dan kebesaran Majapahit pada masa itu, tanpa mengecilkan usaha yang dilakukan para penguasa sebe_lumnya dan HayamWuruk sendiri, adalah hasil perjuangan mahapatihnya, Gajah Mada. Gajah Mada sebagai patih amangkubumi kerajaan mempunyai saham yang sangat besar, dalam tugas_nya selaku tenaga pelaksana pemerintahan dan panglima ter-tinggi angkatan perang kerajaan. Pengaruh Gajah Mada tidak saja dalam masalah politis kerajaan, juga dalam hal-hal lain terlihat.Membicarakan tokoh pemimpin besar adalah suatu hal yang menarik. Apalagi kalau orang itu dalam usahanya mewujudkan ambisi pribadi, dapat mempengaruhi raja serta rakyatnya, dan berhasil pula mengangkat kerajaan ke arah kebesarannya. Tokoh Hayam Wuruk sendiri, juga merupakan persoalan...
Depok: Universitas Indonesia, 1982
S11613
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Richardus Handojo Wiwoho
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004
155.25 RHW r
Buku Teks Universitas Indonesia Library