Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Nur Aisyah
Abstrak :
ABSTRAK
Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit kronis seumur hidup yang dapat menyebabkan komplikasi pada berbagai sistem tubuh. Salah satu komplikasi yang sering terjadi adalah ulkus kaki diabetik yang dapat dipicu oleh kepatuhan yang rendah dalam melakukan perawatan kaki diabetik, sehingga memerlukan suatu strategi untuk meningkatkan kepatuhan tersebut dengan memberikan edukasi kelompok. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi efektivitas program edukasi kelompok terhadap kepatuhan melakukan perawatan kaki pada pasien DMT2. Desain penelitian ini adalah quasi experimental pre-post test with control group, masingmasing kelompok terdiri dari 19 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya perbedaan kepatuhan dalam melakukan perawatan kaki pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan, dimana pada kelompok perlakuan memiliki kepatuhan yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol setelah diberikan edukasi kelompok (p=0,032). Metode edukasi kelompok ini dapat digunakan sebagai alternatif metode edukasi untuk pasien DMT2 oleh perawat yang bertugas di ruang rawat dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan.
ABSTRACT
Diabetes mellitus (DM) is a longlife chronic disease that can cause complications in a several of body systems. One of the most common complications is diabetic foot ulcers which induced by non-adherence of foot care, therefore it requires a strategy to improve adherence by means group education program. This study aimed to identify the effectiveness of group education program to foot care adherence among type 2 diabetic patients. The study design was a quasy experimental pre-post test with control group, consisted of 19 respondents for each group, recruited uses consecutive sampling. The result of the Chi Square analysis showed there was significant difference on foot care adherence in the control group and the treatment group, whereas in the treatment group indicated higher adherence compared with the control group after given group education program (p = 0.032). This group educational method can be used as an alternative method of education for T2DM patients to improve the quality of nursing care.
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T35878
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library