Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syamsil Adri
Abstrak :
ABSTRAK
Berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum. Salah satu upaya yang dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Jabodetabek adalah penggantian secara bertahap dan terprogram penggunaan angkutan pribadi dengan angkutan publik dengan kapasitas yang lebih besar seperti KRL. Dengan ditetapkannya PT KCJ sebagai operator KRL Jabodetabek bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang transportasi. Keberlangsungan operasional KRL Jabodetabek tergantung kepada jumlah pengguna jasanya oleh karena itu tesis ini mengkaji persepsi dan kesediaan pengguna jasa dalam membayar tarif (willingness to pay (WTP)) terhadap kereta komersil. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi Metode Valuasi Kontingensi yang secara langsung menanyakan kesediaan dan kerelaan pengguna jasa dalam membayar tarif (WTP) dengan metode tawar menawar (bidding game) Dalam penelitian ini, digunakan metode analisis deskriptif dan analisis crosstab (tabulasi silang) untuk mengetahui hubungan pengguna jasa dalam menentukan besaran nilai WTP yang dipilih. Setelah metode analisis tersebut dilaksanakan, maka diperoleh hasil penelitian bahwa ada hubungan antara jarak, maksud perjalanan, kualitas dan kuantitas pelayanan dan pendapatan responden yang dilakukan responden dengan menggunakan KRL Jabodetabek dengan pilihan dalam menetapkan besaran WTP berdasarkan jarak tempuh.
ABSTRACT
Based on the mandate of the Constitution of the Republic of Indonesia year 1945, road transport plays a strategic role to support the development and national integration of efforts to promote the general welfare. One of the efforts undertaken to resolve problems of traffic and road transport in Jabodetabek, gradually replaces the use of private vehicle programmed with larger public transportation like KRL. With the stipulation of the PT KCJ as the KRL Jabodetabek operator aimed at improving service in the field of public transportation. KRL Jabodetabek operational continuity depends on the number of service users, this thesis will examine the perception and willingness to pay for the comercial train. Method of data collection be done through the study of the contingency valuation method that directly ask for perceptin and willingness to pay tariff (WTP) by the method of bidding games. In this study, used methods of descriptive analysis and crosstab analysis (cross tabulation) to determine the service user relationships in determining the value of the selected WTP. After the method of analysis has been implemented, results of research there is a relationship between the distance, quality and quantity of services and income of the respondents would mean that respondents made using buses KRL with options to determine the amount of the WTP based on the distance traveled.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T39201
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library