Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 40 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Handi Pramono
Palembang: Maxikom, 2004
004.22 HAN s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tomek, Ivan
New York : Computer Science Press, 1990
004.2 TOM f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Pfleeger, Charles P., 1948-
New York: John Wiley & Sons, 1982
621.381 9 PFL m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Pfleeger, Charles P., 1948-
New York: John Wiley & Sons, 1982
621.381 9 PFL m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Justine Kael Tanady
"Asuransi Peer to Peer (P2P) didefinisikan sebagai sistem pengelolaan dana yang dilakukan secara bersama di antara sekelompok individu yang berlandaskan asas kepercayaan di antara semua pihak dimana individu-individu tersebut akan menanggung risiko di bawah nilai ambang batas tertentu dan sisanya dapat ditanggung oleh pihak (re)asuransi mengingat adanya keterbatasan kapabilitas membayar individu dalam menanggung risiko. Risiko komunitas asuransi P2P akan dibagikan diantara partisipan dengan menggunakan conditional mean risk sharing rule. Risiko tiap individu akan diperhitungkan dan berpengaruh ke besaran kontribusi yang harus dibayar oleh masingmasing partisipan. Penggunaan conditional mean risk sharing rule memberikan keuntungan dalam beberapa aspek, (1) memiliki sifat risk-averse yang menguntungkan setiap partisipan, (2) individu baru tidak perlu melakukan penyesuaian risiko, sehingga memudahkan proses transfer risiko, (3) dalam skenario tertentu, dimana terjadi kerugian diatas nilai ambang batas yang ditentukan, individu hanya dapat dikenakan biaya tambahan sebesar besaran premium yang dimiliki. Dalam upaya menganalisis konsep penggunaan conditional mean risk sharing rule terhadap asuransi P2P akan dilakukan (1) Analisa literatur terhadap model asuransi P2P, sifat komonotonik, dan conditional mean risk sharing rule, (2) Penjabaran proses penentuan kontribusi dengan menggunakan conditional mean risk sharing rule, (3) menentukan kontribusi risiko dengan model kerugian compound poisson, dan (4) Analisa numerik dari model pembagian kerugian dengan conditional mean risk sharing rule pada komunitas dengan kelompok risiko berbeda. Hasil yang diharapkan akan menunjukkan perbedaan besaran kontribusi dari tiap partisipan dengan risiko yang berbeda melalui pembagian conditional mean risk sharing rule.

Peer to Peer (P2P) insurance is defined as a fund management system that is carried out jointly among a group of individuals based on the principle of trust between all parties where these individuals will bear the risk below a certain threshold value and the rest can be borne by the third party (re)insurance company due to individual limited capabilities in bearing certain amount of risk. The risk of the P2P insurance community will be shared among participants using the conditional mean risk sharing rule. The risk of each participant will be calculated and will affect the amount of contribution that must be paid by each participant. The use of the conditional mean risk sharing rule provides benefits in several aspects, (1) having a risk-averse nature that benefits each participant, (2) new participants do not need to undergo risk adjustment, thus facilitating the risk transfer process, (3) in certain scenarios, where If there is a loss above the specified threshold value, the participant can only be charged an additional fee of the amount of the premium they have. In an effort to analyze the concept of using the conditional mean risk sharing rule for P2P insurance, it will be carried out (1) Literature analysis on the P2P insurance model, its comonotonic nature, and the conditional mean risk sharing rule, (2) Elaboration of the contribution determination process using the conditional mean risk sharing rule, (3) determine the risk contribution with the compound Poisson loss model, and (4) numerical analysis of the risk sharing model with conditional mean risk sharing rule in P2P insurance community with different risk profile. The expected results will show the difference in contribution of participants with different risks from the distribution of the conditional mean risk sharing rule that was made earlier."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aritonang, Nadia Victoria
"Investasi merupakan kegiatan yang dapat memberikan keuntungan di masa yang mendatang. Salah satu instrumen investasi yang banyak diminati adalah investasi emas. Saat ini, Amartha, aplikasi peer-to-peer (P2P) lending berbasis website dan mobile, ingin mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan layanan investasi emas dalam aplikasinya. Sebagai salah satu cara untuk menarik pengguna berinvestasi emas, layanan investasi emas tersebut akan dibungkus dengan teknik gamifikasi. Sesuai dengan kondisi tersebut, fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk merancang desain aplikasi investasi emas untuk Amartha serta menemukan bentuk gamifikasi yang sesuai untuk layanan tersebut. Dalam penelitian ini, tim penulis merancang tiga macam desain dengan gamifikasi utama yang berbeda-beda, yaitu poin, misi, dan membership, untuk dievaluasi. Ketiga macam desain tersebut juga mengandung bentuk gamifikasi referral code sebagai gamifikasi tambahan. Selain gamifikasi, layanan aplikasi investasi emas tersebut juga mengandung fitur-fitur investasi emas lainnya. Setelah dievaluasi melalui usability testing dan skala System Usability Scale (SUS), penulis menemukan bahwa rancangan aplikasi dapat diterima dan layak secara usability. Melalui wawancara, penulis juga menemukan gamifikasi yang dirasa paling memotivasi oleh responden adalah model poin. Tim penulis kemudian melakukan perbaikan pada rancangan desain berdasarkan hasil evaluasi dengan responden. Hasil perbaikan tersebut kemudian diangkat sebagai rekomendasi rancangan desain antarmuka aplikasi investasi emas Amartha

Investment is an activity that can bring profit in the future. One of the many investment instruments is gold investment. Currently, Amartha, a web and mobile based Peer-To-Peer (P2P) lending application, intends to expand its business by adding gold investment service into its application. As one of the ways to attract users to invest in gold, the gold investment service will be wrapped in gamification. With that being said, the main focus of this research is to design an interface for Amartha gold investment service and find the most suitable gamification model for the service. In this research, three distinct gamification models are proposed and evaluated: points, mission, and membership. These three designs also include a referral code model as an additional gamification model. Aside from gamification, the gold investment service also provides various gold investment features. After undergoing evaluation through usability testing, in-depth interview, and System Usability Scale (SUS) scale, the proposed design solution is found acceptable and good in terms of usability. Through interviews, it is also discovered that the most motivating gamification model is the point model. Design improvements are also made based on the respondents’ evaluation. The result of the improvement is then selected as the final design recommendation for Amartha’s gold investment application"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel
"Savage (1996) berpendapat bahwa ada hubungan antara kemunculan teknologi kunci dengan perubahan perekonomian. Teknologi kunci seringkali merupakan pemicu dari terbentuknya sebuah perekonomian yang baru. Wikipedia (2007a) menyatakan bahwa sejak tahun 2002 beberapa negara sudah memasuki tahapan baru dari Era Informasi, yaitu Intangible Economy, sebuah perekonomian baru dimana aktiva tidak berwujud (intangible asset) menjadi lebih berharga dari sebelumnya dan memiliki kekuatan untuk melahirkan kapitalisme baru. Jarboe (2004) menyebut perekonomian baru tersebut dengan nama I-Cubed Economy (hak paten Jarboe), karena terdapat 3 (tiga) faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing, yaitu: informasi, inovasi dan intangible. Namun teknologi apa yang mengimbangi atau mungkin merupakan pemicu dari lahirnya perekonomian baru ini? Salah satu teknologi yang menarik perhatian saat itu adalah Service Oriented Architecture (SOA), yang dalam waktu singkat sudah menjadi pusat perhatian dan dipertimbangkan karena manfaat yang ditawarkan. Teknologi ini memiliki keluwesan dengan menyediakan arahan kepada pengembangan aplikasi, suatu teknik penguraian aplikasi menjadi service yang diintegrasikan dan dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan proses bisnis perusahaan. Tesis ini berusaha menganalisis kesesuaian SOA dengan I-Cubed Economy dilihat dari faktor keunggulan bersaingnya. Penelitian ini dilakukan melalui teknik penelitian survei literatur, dan memberikan kesimpulan bahwa SOA memiliki kesesuaian yang tinggi dengan I-Cubed Economy. Kesesuaian ini memberi peluang yang besar untuk SOA menjadi teknologi kunci pada perekonomian yang baru tersebut. Penelitian ini melihat bahwa masih dibutuhkannya penelitian lebih lanjut mengenai tipe organisasi dan manajemen yang terjadi; serta seberapa besar nilai intangible mempengaruhi perekonomian di tingkat mikro dan makro.

Savage (1996) is in the opinion that there is a correlation between the emerging of new key technology with changes in economy. Key technology often becomes a trigger to reform a new economy. Wikipedia (2007a) states that since 2002 some countries had enter a new stage of Information Age, called as Intangible Economy, a new economy where intangible asset become more valuable than before and have strength to born a new capitalism. Jarboe (2004) named this new economy as I-Cubed Economy (copyright of Jarboe), because it has 3 (three) factors that has effect to the competitive advantage, which is: information, innovation, intangible. Which technology can balance or become the trigger of this new economy? One of technologies that had drawn a lot of attention at that time was Service Oriented Architecture (SOA), which in a short time had become the center of attention and considered for its benefits. This technology have flexibility by giving a direction to an application development, a technique of distributing the application to become services which can be integrated and classified according to company`s business process. This thesis will analyze the SOA conformity to I-Cubed Economy from the view of economy competitive advantage factors. This research is used literature survey technique, and conducts a conclusion that SOA have a high level of conformity with I-Cubed Economy. This conformity gives a big chance for SOA to become the key technology at the new economy. This research found that there is needs to conduct deeper research about organization type and management; and how much intangible value effecting the economy at micro and macro levels.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shiratuddin, Mohd Fairuz.
"Learn the feature-rich software that will help you quickly and effectively complete design building information modeling (BIM) tasks. it begins with a discussion of the current state of BIM, then progresses to architectural site plans, structural drawings, and then HVAC, Electrical and Plumbing drawings. Clear and concise, this is an ideal resource for anyone seeking a working knowledge of BIM design tasks and the Graphisoft ArchiCAD software."
Clifton Park, NY : Delmar , 2011
721SHII001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Mustiannis Syafaah
"Berbagai usaha telah dilakukan oleh para arsitek untuk menghasilkan suatu referensi berbeda mengenai bentuk dan ekspresi arsitektur. Bentuk pun menjadi suatu yang krusial dan patut untuk ditelusuri bagaimana pencapaiannya, sebagai usaha dalam pencapaian suatu maksud serta esensi suatu desain arsitektur.
Folding pun menjadi salah satu alternatif yang mampu memberikan bentuk-bentuk baru dalam bidang arsitektur. Bentuk ini digunakan menjadi salah satu media berekspresi dan berkomunikasi sebagai perwujudan ide secara tiga dimensional. Folding Architecture berpeluang besar menjadi tren baru, dan memperkenalkan cara mendesain yang menyenangkan serta menyegarkan pikiran perancangnya.
Sebagai metode dalam pencarian bentuk arsitektur, folding berkaitan erat dengan isu kontinuitas, yaitu mengenai keterkaitan suatu bentuk yang dihasilkan dengan elemen pembentuknya, baik secara kontekstual maupun konseptual. Bangunan yang memakai metode folding architecture dalam pencarian bentuknya mengusung bentuk-bentuk baru yang intuitif, sehingga mampu menghasilkan ruang-ruang spontan dan tidak diduga sebelumnya. Bentuk ini pun berusaha memperlihatkan kesesuaiannya terhadap lingkungan tempat terbangunnya.
Namun, apakah metode pencarian bentuk arsitektur ini mampu mendukung pegeksplorasian bentuk dan juga ruang dalam arsitektur? Dan bagaimana hasil penerapannya dalam dunia arsitektur saat ini, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia? Skripsi ini adalah sebuah usaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Various efforts have been carried out by architects to create different concerns in forms and the architecture expression. Then form became one thing that were crucial and appropriate to be investigated how the achievement is, as an effort in the achievement of an intention as well as the essence of an architectural design.
Folding then became one of the alternatives that could give new forms in the architecture field. This form was used as one of expression and communication media as the realization of an idea in a three dimensional manner. Folding Architecture has a big opportunity to be a new trend, by also introducing a design method which is pleasing as well as refreshing the minds of the designers.
As a method in the exploration of architectural form, folding is well related to continuity issue, which is concerning the connection of a form that was determined by the forming element, both contextually and conceptually. A building that used folding architecture method in the search for its form carried out new forms which are intuitively, then resulting spontaneous and unexpected spaces like never before. This form then tried to show its compatibility towards the surrounding environment.
However, could this method support the exploration of form and space in architecture? And how is the result of its application in the architectural world at this time, both in and outside Indonesia? This thesis will answer questions above.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S48446
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>