Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
[Autonomous robots must carry out useful tasks all by themselves relying entirely on their own perceptions of their environment. The cognitive abilities required for autonomous action are largely independent of robot size, which makes mini robots attractive as artefacts for research, education and entertainment. Autonomous mini robots must be small enough for experimentation on a desktop or a small laboratory. They must be easy to carry and safe for interaction with humans. They must not be expensive. Mini robot designers have to work at the leading edge of technology so that their creations can carry out purposeful autonomic action under these constraints. Since 2001 researchers have met every two years for an international symposium to report on the advances achieved in Autonomous Mini Robots for Research and Edutainment (AMiRE). The AMiRE Symposium is a single track conference that offers ample opportunities for discussion and exchange of ideas. This volume contains the contributed papers of the 2011 AMiRE Symposium held from 23 to 25 May 2011 at Bielefeld University, Germany. The contributions in this volume represent the state-of-the-art of autonomous mini robots; they demonstrate what is currently technically feasible and show some of the applications for autonomous mini robots. , Autonomous robots must carry out useful tasks all by themselves relying entirely on their own perceptions of their environment. The cognitive abilities required for autonomous action are largely independent of robot size, which makes mini robots attractive as artefacts for research, education and entertainment. Autonomous mini robots must be small enough for experimentation on a desktop or a small laboratory. They must be easy to carry and safe for interaction with humans. They must not be expensive. Mini robot designers have to work at the leading edge of technology so that their creations can carry out purposeful autonomic action under these constraints. Since 2001 researchers have met every two years for an international symposium to report on the advances achieved in Autonomous Mini Robots for Research and Edutainment (AMiRE). The AMiRE Symposium is a single track conference that offers ample opportunities for discussion and exchange of ideas. This volume contains the contributed papers of the 2011 AMiRE Symposium held from 23 to 25 May 2011 at Bielefeld University, Germany. The contributions in this volume represent the state-of-the-art of autonomous mini robots; they demonstrate what is currently technically feasible and show some of the applications for autonomous mini robots. ]
Berlin : [Springer, ], 2012
e20397756
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ibnul Gufron
Abstrak :
Dalam skripsi ini akan dijelaskan model dinamik robot beroda dengan kemudi differensial yang dikendalikan dengan pengendali fuzzy. Pengendaii fuzzy menggunakan dua kumpulan aturan pengambil keputusan yang disebut behavior (behavior penghindaran halangan dan behavior pencapaian tujuan). Behavior pencapaian tujuan akan dilaksanakan bila sensor tidak mendeteksi halangan atau bila titik tujuan lebih dekat dibanding jarak halangan yang terdeteksi. Seiain kondisi tersebut diatas maka behavior penghindaran halangan yang akan dijalankan. Komponen-komponen yang dipergunakan dalam membentuk pengendalian tersebut dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni masukan yang terdiri dari jarak terdekat pengukuran halangan oleh sensor, posisi tujuan relalif terhadap sudut heading robot dan jarak tujuan. Sedangkan keluaran adaiah beda tegangan begi motor penggerak roda robot. Pengendali fuzzy yang terdiri dari gabungan dua behavior ini membentuk 66 aturan. Pada simulasi, kecepatan diasumsikan tetap dan jarak maksimum pengukuran sensor adalah 2 meter. Pada bagian akhir akan diberikan algoritrna progam simulasi dan hasil-hasil simulasi pada beberapa kondisi untuk menunjukkan kinerja sistem.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39853
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renaldo
Abstrak :
Robot otonomi merupakan robot yang mampu bergemk dengan baik pada lingkungan sekitar tanpa pengendalian menusia. Sebagian besar sistem pengendali robot otonomi yang telah dikembangkan adalah sistem pengendali logika fuzzy yang berbasis pada sebuah komputer pribadi. Fungsi dari komputer ini adalah untuk mengendalikan robot berdasarkan goal-directed behaviour dan reactive behaviour. Melihat dari konsep reactive behaviour, terlalu berlebihan apabila bagian ini ditangani oleh scbuah komputer pribadi; akan lebih sederhana dan lebih ringkas apabila digunakan sebuah sistem mikrokontroler. Pada slcripsi ini dilakukan rancang bangun sebuah sistem pengendali logika fI.lZZy untuk robot otonomi yang memililci reactive behaviour, sehingga mampu untuk melalcukan tindakan penghindaran rintangan. Skripsi ini mencoba penerapan sistem pengendali tersebut dengan menggunakan mikrokontroler AT89C52. Digunakan mikrokontroler jenis ini adalah karena dapat beketja dengan keccpatan yang tinggi,jIa.sh ROM dan RAM cukup besar, Serta harga yang murah dan mudah didapatkan di pasaran lokal. Sistem yang dirancang menggunakan konsep dasar Ioglka fuzzy sederhana, yaitu dengan menggunakan telcnik fasljitzzgfication pada fungsi keanggotaan standar, metode inferensi Mamdani, sorta fungsi defilzziiikasi jenis centroid. Pada tahap uji coba terlihat bahwa robot mampu untuk melakukan tindakan penghindaran rintangan dengan baik dan tanggapan yang cepat terhadap objek statis. Hal ini didukung oleh karakteristik sonar yang dapat mengukur dcngan tlngkat kesalahan rata-rata sebesar 5,67%. Kernulusan pergerakan dan kecepatan tanggapan robot sangat ditentukan oleh penentuan aturan-aturan fuzzy, dan jumlah sonar. Selain kecepatan kerja mikrokontroler, kecepatan tanggapan sangat dibatasi terutama oleh waktu tunda sonar dan kecepatan pergiliran antar sonar. Namun secara umum, tindakan penghindaran rintangan yang dilakukan oleh robot sudah sangat baik.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39933
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridho Alpha Kusuma
Abstrak :
Dalam skripsi ini dibahas mengenai perancangan dan pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak robot beroda otonomi yang mampu bergerak dengan baik pada lingkungan sekitar tanpa pengendalian manusia. Pengendalian robot ini berdasarkan reactive behavior dan goal-oriented behavior. Robot bertujuan untuk bergerak di dalam maze yang menyerupai rumah, mencari api, mematikan api lalu kembali ke tempat awal. Robot ini bergerak dalam ruangan yang mempunyai peta statis, dengan ukuran tiap peta yang tidak sama. Robot otonomi menggunakan pengendali logika fuzzy sebagai pengatur tingkah laku atau pergerakan robot selama bergerak di dalam maze, serta menggunakan teori graph sebagai navigasi robot dalam maze. Robot ini dilombakan di ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2005 di Balairung Universitas Indonesia, 14-15 Mei 2005 sebagai wakil Universitas Indonesia. Selama perlombaan terlihat semua fungsi robot dapat berjalan dengan baik, dan berhasil menyelesaikan tugasnya secara memuaskan. Tetapi ada beberapa kekurangan seperti respons motor yang lambat, kecepatan motor yang kurang dan minimalnya strategi pencegahan (contingency strategy). Namun secara keseluruhan, robot ini memuaskan dengan dibuktikannya menyelesaikan keseluruhan tugas yang diberikan sehingga menempati peringkat ketiga dan mendapat penghargaan robot dengan desain ekonomis.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40078
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roni Setiawan
Abstrak :
Robot adalah salah satu hasil dari perkembangan teknologi, yang dipakai untuk membantu manusia, baik dibidang industri maupun dituar bidang industri. Sistem penggerak yang banyak digunakan pada robot antara lain 2 motor ac, motor dc, motor stepper dan pneumatik. Pada tugas akhir ini sistem penggerak yang dipakai adalah motor stepper. Keuntungan menggunakan sistem ini antara lain mudah untuk mengontrol kecepatannya, dapat diatur gerakannya sesuai dengan jenis motor stepper yang digunakan Serta kontrol program yang sesuai. Pada pembuatan Perangkat Lunak untuk penggerak Robot ini, semua sistem di kendalikan oleh IBM I PC dengan menggunakan rangkaian antar muka PPI 8255 untuk mengaktifkan rangkaian hardware. Bahasa Pemrograman yang digunakan pada tugas akhir adalah Bahasa Pemrograman Turbo Pascal versi 6.00. Pada akhir Pembuatan Perangkat Lunak dan Antar muka PC, akan ditunjukkan dengan aktifnya tiga buah motor stepper sesuai dengan perencanaan dari perangkat Iunak yang diberikan, yang kemudian akan digunakan sebagai penggerak Robot.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38874
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satoshi Murata
Abstrak :
The theme of this book is to examine the feasibility of creating such robots within the limitations of current mechanical engineering. The topics comprise the following aspects of such a pursuit : the philosophy of design of self-organizing mechanical systems, self-organization in biological systems, the history of self-organizing mechanical systems, a case study of a self-assembling/self-repairing system as an autonomous distributed system, a self-organizing robot that can create its own shape and robotic motion, implementation and instrumentation of self-organizing robots, and the future of self-organizing robots. All topics are illustrated with many up-to-date examples.
Tokyo : [, Springer], 2012
e20398794
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Herrmann, Guido
Abstrak :
This book constitutes the refereed proceedings of the 13th Conference on Towards Autonomous Robotic Systems, TAROS 2012 and the 15th Robot World Congress, FIRA 2012, held as joint conference in Bristol, UK, in August 2012. The 36 revised full papers presented together with 25 extended abstracts were carefully reviewed and selected from 89 submissions. The papers cover various topics in the field of autonomous robotics.
Berlin : Springer-Verlag, 2012
e20406315
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Der, Ralf
Abstrak :
The book provides answers by developing a general principle, homeokinesis, the dynamical symbiosis between brain, body, and environment. That is shown to drive robots to self- determined, individual development in a playful and obviously embodiment- related way, a dog-like robot starts playing with a barrier, eventually jumping or climbing over it, a snakebot develops coiling and jumping modes, humanoids develop climbing behaviors when fallen into a pit, or engage in wrestling-like scenarios when encountering an opponent. The book also develops guided self-organization, a new method that helps to make the playful machines fit for fulfilling tasks in the real world. The book provides two levels of presentation. Students and scientific researchers interested in the field of robotics, self-organization and dynamical systems theory may be satisfied by the in-depth mathematical analysis of the principle, the bootstrapping scenarios, and the emerging behaviors. But the book additionally comes with a robotics simulator inviting also the non- scientific reader to simply enjoy the fabulous world of playful machines by performing the numerous experiments.
Berlin: Springer, 2011
e20420048
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Itsuki Noda, editor
Abstrak :
This book constitutes the refereed proceedings of the Third International Conference on Simulation, Modeling, and Programming for Autonomous Robots, SIMPAR 2012, held in Tsukuba, Japan, in November 2012. The 33 revised full papers and presented together with 3 invited talks were carefully reviewed and selected from 46 submissions. Ten papers describe design of complex behaviors of autonomous robots, 9 address software layers, 8 papers refer to related modeling and learning. The papers are organized in topical sections on mobile robots, software modeling and architecture and humanoid and biped robots.
Berlin: Springer, 2012
e20407152
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Philip Hingston, editor
Abstrak :
This book is about computer game bots, virtual companions who accompany us in virtual worlds or sharpen our fighting skills. These bots must be believable, that is human players should believe they are interacting with entities operating at a human level – bots are more fun if they behave like we do. This book shows how to create believable bots that play computer games, and it discusses the implications of making them appear human. The chapters in this book present the state of the art in research on and development of game bots, and they also look beyond the design aspects to address deep questions: Is a bot that plays like a person intelligent? Does it have emotions? Is it conscious? The topic is inherently interdisciplinary, and the work draws from research and practice in many fields, such as design, creativity, entertainment, and graphics; learning, psychology, and sociology; artificial intelligence, embodiment, agents, machine learning, robotics, human–computer interaction, and artificial life; cognition and neuroscience; and evolutionary computing. The contributing authors are among the leading researchers and developers in this field, and most of the examples and case studies involve analysis of commercial products.
Berlin: Springer-Verlag , 2012
e20406324
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>