Ditemukan 114 dokumen yang sesuai dengan query
Waraouw, Maria Maud Magdalena Theresia, author
ABSTRAK
Kekerasan di sekolah yang dapat dikategorikan sebagai bentuk bullying (Rigby, 1996; Olweus, 1993) sering terjadi terutama di sekolah setingkat SMA (Kompas, 2002; Pikiran Rakyat, 2003; Suara Pembaruan, 2003; Media Indonesia, 2006). Kejadian kejadian seperti perilaku pemalakan, "gencet-gencetan", "senioritas", mewarnai kehidupan interaksi sosial remaja di SMA, dan hal ini dapat terjadi...
2007
T17655
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ani Khairani, author
Sebuah fenomena telah terjadi pada anak-anak di sekolah dan di masyarakat. Fenomena tersebut ditandai dengan perilaku, seperti menyakiti dengan lelucon, ejekan dan perkataan yang kasar. Hal tersebut dapat bertambah parah jika sampai pada panggilan yang buruk, penyerangan secara personal dan mempermalukan orang lain di depan umum (Ross, 1998). Fenomena tersebut...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18641
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Gultom, Junifrius, author
Upaya menanamkan pemahaman dan kesadaran (awareness) di antara guru-guru merupakan sebuah alternatif intervensi dini guna pemecahan masalah bullying di sekolah. Bagaimanapun peran guru sangat strategis sebagai agen perubahan yang memiliki kapital sosial dan kognisi.
Dalam TA ini, intervensi khusus ditujukan kepada para guru-guru di mana dengan cara sharing informasi dan usaha-usaha....
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18791
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Soimah, author
Remaja korban bullying akan mengalami dampak antara lain cemas, penurunan harga diri, penurunan prestasi akademik dan depresi. Dukungan keluarga memainkan peranan penting dalam mengatasi dampak bullying. Bullying yang terjadi pada remaja berhubungan dengan depresi apabila remaja tidak mendapatkan dukungan oleh orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengalaman...
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
T47566
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hoshael Waluyo Erlan, author
Peneliiian ini bertujuan untuk mengetahui efek jangka panjang dari bullyng bagi para individu dewasa yang pemah menjadi korban. Subyek penelitian ini berjumlah 3 orang, 2 orang pria dan 1 orang wanita, yang pemah mengalami menjadi korhan bullying ketika duduk bersekolah di jenjang SMA. Semua subyek penelitian melaporkan pernah di-bully di...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T34209
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Diana Amalia Zein, author
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3426
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hasibuan, Shinta Yuliana, author
Pola asuh orang tua merupakan suatu dukungan ataupun motivasi bagi korban bullying untuk patuh dalam menjalani rehabilitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jenis pola asuh orang tua dengan kepatuhan korban bullying dalam menjalani rehabilitasi. Desain penelitian ini adalah deskriptif kolerasi menggunakan sampel 50 responden (usia rata-rata 16,1) yang...
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46482
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rindya Ayu Murti, author
Skripsi ini membahas hubungan antara family functioning dan keterlibatan dalam perilaku bullying pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Pengambilan data terhadap 302 siswa SMA yang berada di daerah Jakarta dan Depok dilakukan dengan menggunakan dua buah kuesioner. Pertama, Family Assesment Device yang dikembangkan oleh Epstein,...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47460
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bunga Pelangi, author
Penelitian ini membahas salah satu masalah kesehatan mental di kalangan remaja yaitu fenomena bullying. Fenomena ini diteliti untuk melihat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku menghadapi bullying di kalangan remaja Depok. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melakukan pengambilan data secara cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket pada seluruh siswa...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55043
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sherly Mega Paranti, author
ABSTRAK
Studi tentang bullying selama ini lebih banyak membahas hubungan dyadic pelaku dan korban, padahal studi pada saksi mata bullying (bystander) juga penting dilakukan. Studi di ranah kontekstual terutama level sekolah juga dapat mengembangkan pemahaman mengenai bullying. Bullying adalah perilaku agresif atau menyakiti orang lain secara sengaja, berulang-ulang, yang melibatkan ketidakseimbangan...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S55861
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library