Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 3 Document(s) match with the query
cover
Nur Faqih Wirawan
"Masalah utama sistem logistik maritim Indonesia adalah rendahnya tingkat angkutan barang dari timur. Transportasi barang dari dan ke wilayah timur dan barat Indonesia perlu seimbang. Salah satu solusinya adalah dengan meningkatkan skala ekonomi yang ada. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan pelabuhan hub agar barang berada pada satu titik sehingga barang dapat diangkut secara efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis jaringan untuk menentukan lokasi pelabuhan hub di Indonesia bagian timur. Koordinasi port di wilayah tersebut dianalisis menggunakan algoritma Centrality dengan bantuan perpustakaan NetworkX.

The main problem with Indonesia's maritime logistics system is the low level of freight transport from the east. Transportation of goods to and from the eastern and western regions of Indonesia needs to be balanced. One solution is to increase the existing economies of scale. One way is to develop a hub port so that goods are at one point so that goods can be transported efficiently. This study uses a network analysis approach to determine the location of the hub port in eastern Indonesia. The port coordination in the region was analyzed using the Centrality algorithm with the help of the NetworkX library."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Adijatiningsih Wanggita Sirfefa
"Skripsi ini meneliti kepentingan Indonesia dalam mendukung realisasi sentralitas ASEAN di kawasan Indo-Pasifik. Dinamika persaingan kekuatan antara negara-negara besar di kawasan Indo-Pasifik dapat berisiko mengganggu Indonesia dan ASEAN dalam mencapai kepentingan-kepentingannya. Dalam menghadapi tantangan tersebut, Indonesia berupaya untuk mendorong realisasi sentralitas ASEAN di Indo-Pasifik dengan cara mempelopori diskursus mengenai Indo-Pasifik di ASEAN yang berujung pada peresmian ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Namun, konsep sentralitas ASEAN yang menjadi inti dari AOIP merupakan konsep yang masih dipertanyakan efektivitasnya. Penelitian ini menganalisis proses pengambilan kebijakan luar negeri Indonesia dalam mendukung sentralitas ASEAN di Indo-Pasifik menggunakan kerangka analisis unit pengambil keputusan dari Margaret Hermann. Skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian kualitatif lewat studi pustaka dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan Indonesia untuk mendukung konsep sentralitas ASEAN di Indo-Pasifik didasari oleh kepentingan Indonesia untuk mencapai visi menjadi negara maritim kuat yang mampu menghadapi persaingan kekuatan di kawasan Indo-Pasifik.

This study examines Indonesia's interests in supporting the realization of ASEAN centrality in the Indo-Pacific region. The dynamics of competition among major powers in the Indo-Pacific region could risk disrupting Indonesia and ASEAN in achieving their interests. In facing these challenges, Indonesia seeks to encourage the realization of ASEAN centrality in the Indo-Pacific by acting as the pioneer of the discourse on the Indo-Pacific in ASEAN which led to the inauguration of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). However, the concept of ASEAN centrality, which is the core of the AOIP, is a concept whose effectiveness is still questionable. This study analyzes Indonesia's foreign policy-making process in supporting ASEAN centrality in the Indo-Pacific using Margaret Hermann's decision units framework. This study was written using qualitative research methods through literature study and document study. The results of this study indicate that Indonesia's actions to support the concept of ASEAN centrality in the Indo-Pacific are based on Indonesia's interests to achieve the vision of becoming a strong maritime country capable of facing major powers competition in the Indo-Pacific region."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
Unggah4  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Bimo Darmawan
"Cause-related marketing (CRM) disebut sebagai strategi taktis dalam upaya menarik konsumen dan menghasilkan keuntungan yang prosesnya melibatkan berbagai faktor keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari variabel utama moral identity centrality, serta variabel lainnya yaitu brand social responsibility image, brand emotional attachment, dan brand experience dalam memengaruhi intensi membeli. Metode yang digunakan pada penelitian adalah scenario-based survey dengan skenario CRM yang melekat pada 2 brand kosmetik (Wardah dan The Body Shop) dengan scenario pairing yaitu misi (cause) lingkungan dan pendidikan. Dengan jumlah sampel 431 responden dan dengan metode regresi berganda, ditemukan bahwa moral identity centrality, brand emotional attachment, dan brand experience memiliki pengaruh secara langsung terhadap intensi membeli, namun interaksi moderasi dari ketiga variabel tersebut tidak signifikan dalam memengaruhi hubungan moral identity centrality terhadap intensi membeli. Moral identity centrality signifikan memengaruhi intensi membeli hanya untuk CRM brand The Body Shop, yang memang memiliki brand persona yang konsisten untuk ide-ide pelestarian alam dan pendidikan.

Cause-related marketing (CRM) is referred to as a tactical strategy in an effort to attract consumers and generate profits, the process of which involves various factors in consumer purchasing decisions. This study aims to see whether there is an influence from the main variable of moral identity centrality, as well as other variables, namely brand social responsibility image, brand emotional attachment, and brand experience in influencing purchase intention. The method used in this research is a scenario-based survey with a CRM scenario attached to 2 cosmetic brands (Wardah and The Body Shop) with a pairing scenario involving environmental and educational causes. With a sample size of 431 respondents and using the multiple regression method, it was found that moral identity centrality, brand emotional attachment, and brand experience have a direct influence on purchase intention, but the moderation interaction of these three variables is not significant in influencing the relationship between moral identity centrality and purchase intention. Moral identity centrality has a significant influence on purchase intentions only for the CRM of The Body Shop, which has a consistent brand persona for concern towards nature preservation and education."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library