Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dinda Maharani
"[ABSTRAK
Artikel ini menjabarkan unsur-unsur comedia dell?arte yang terkandung dalam drama berjudul Le Médecin malgré lui karya Molière. Moliére adalah seorang dramawan asal Prancis yang dianggap sebagai salah satu ahli genre komedi. Beberapa karya Molière seperti yang diangkat dalam topik ini kental dengan pengaruh comedia dell?arte. Tulisan ini akan berfokus dalam analisis unsur-unsur comedia dell?arte yang terdapat pada Le Médecin malgré lui melalui metode paratif yang mencakup analisis alur, tokoh, dan tema. Dari hasil analisis tersebut dapat ditemukan bahwa terdapat beberapa persamaan antara comedia dell?arte dengan drama Le Médecin malgré lui pada bagian tema dan alur. Sementara pada bagian tokoh terdapat sedikit perbedaan.ABSTRACT This article describes the aspects of comedia dell?arte in Le Médecin malgré lui a drama written by Molière. Molière was a french playwright who is considered to be one of the greatest masters of comedy. Many works of Molière?s were heavily influenced by comedia dell?arte, and one of them is Le Médecin malgré lui. This article scrutinizes the elements of comedia dell?arte that we may found within the Le Médecin malgré lui. The method to analyze his work mainly emphasizes in the works plot, characters, and theme of drama. Through the analysis, it was find that there is a resemblance between the Le Médecin malgré lui and comedia dell?arte, particularly in the plot and the theme. Meanwhile, in the character?s area there is a slight difference.;This article describes the aspects of comedia dell?arte in Le Médecin malgré lui a drama written by Molière. Molière was a french playwright who is considered to be one of the greatest masters of comedy. Many works of Molière?s were heavily influenced by comedia dell?arte, and one of them is Le Médecin malgré lui. This article scrutinizes the elements of comedia dell?arte that we may found within the Le Médecin malgré lui. The method to analyze his work mainly emphasizes in the works plot, characters, and theme of drama. Through the analysis, it was find that there is a resemblance between the Le Médecin malgré lui and comedia dell?arte, particularly in the plot and the theme. Meanwhile, in the character?s area there is a slight difference., This article describes the aspects of comedia dell’arte in Le Médecin malgré lui a drama written by Molière. Molière was a french playwright who is considered to be one of the greatest masters of comedy. Many works of Molière’s were heavily influenced by comedia dell’arte, and one of them is Le Médecin malgré lui. This article scrutinizes the elements of comedia dell’arte that we may found within the Le Médecin malgré lui. The method to analyze his work mainly emphasizes in the works plot, characters, and theme of drama. Through the analysis, it was find that there is a resemblance between the Le Médecin malgré lui and comedia dell’arte, particularly in the plot and the theme. Meanwhile, in the character’s area there is a slight difference.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Gustaf Daud
"Moliere, pengarang komedi terbesar Francis yang hidup pada abad ke-17, tidak hanya pandai berlakon dan menciptakan lakon. Ia juga pandai memasukkan pandangan hidupnya dalam lakonnya. Pandangan hidup konformisnya menggema pada tokoh Ariste dalam lakon 1 'Lcole des Mans dan Philinte dalam lakon le Misanthrope. Pada lakon I'Ecole des Marls dan le Misanthrope, sikap konformis, yaitu sikap yang menunjukkan perilaku serupa dengan perilaku sesama, dipertentangkan dengan sikap non konformis, yaitu sikap penolakan terhadap adat perilaku dan nilai masyarakat. Pertentangan sikap tersebut bertemakan pendidikan remaja, khususnya remaja gadis, pads lakon 1'Ecole des Marrs. Sedangkan pada lakon le Misanthrope, pertentangan antara konformitas dengan non konformitas mengambil tema kejujuran. Tokoh non-konformis, Sganarelle dan Alceste, dalam kedua lakon menentang adat kebiasaan masyarakat Paris karena mereka masih memegang teguh adat kebiasaan lama yang kasar dan kuno. Sikap mereka itu mengundang kritik dan tentangan dari para tokoh yang mengikuti adat kebiasaan baru di masyarakat Paris. Namun, kedua tokoh konformis tak memedulikan kritik dan tentangan yang diberikan para tokoh non konformis, terutama Ariste dan Philinte. Sikap berkeras pars tokoh non konformis membuat mereka tertimpa kemalangan. Mereka berdua kehilangan cinta mereka dan dikhianati. Kekecewaan membuat mereka menjauhkan diri dari para tokoh konformis. Oleh MoIiere, penampilan yang hampir sama dalam penokohan dan hubungan antar tokoh pada kedua lakon diimbangi dengan pengaluran yang sama. Bila dihubungkan dengan teori segitiga Freytag, alur pada bagian pemaparan kedua lakon menampilkan pertentangan sikap konformis dan non konformis antara tokoh Ariste dengan Sganarelle dalam lakon 1 Scale des Maris dan antara tokoh Philinte dan Alceste dalam lakon le Misanthrope. Pada bagian rangsangan, tokoh non konformis menggerakkan alur cerita menuju gawatan. Alur gawatan pada kedua lakon tampak panjang dan berakhir pada klimaks. Klimaks ini menampilkan kegagalan tokoh non konformis dalam usaha mendapatkan keinginan mereka. Pada bagian selesaian, kegagalan tersebut membuat tokoh non konformis meninggalkan pars tokoh konformis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15091
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library