Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sundusing, Monalia Sandez
Abstrak :
Salah satu bentuk dari kegiatan perekonomian khususnya dibidang perdagangan adalah keagenan, dalam hal ini keagenan adalah salah satu bentuk perikatan khusus dibidang perdagangan. Masalah-masalah yang biasa atau mungkin timbul didalam praktek keagenan khususnya di Indonesia juga memerlukan pengaturan lebih lanjut. Untuk itu Pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan-peraturan yang berhubungan dengan keagenan di Indonesia, Bentuk hubungan keagenan umumnya tertuang dalam bentuk perjanjian keagenan yang dibuat antara pihak agen dengan pihak prinsipal. Perjanjian keagenan tersebut mengandung berbagai aspek hukum.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2005
T18658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alisa Ardiyati
Abstrak :
Lembaga Keagenan merupakan sebuah lembaga baru dalam Sistem Hukum Indonesia, sebagai sebuah lembaga baru tidaklah tertutup kemungkinan lembaga ini memiliki kekurangan baik dari segi pengaturan maupun pelaksanaannya. Oleh sebab itu adalah baiknya bila dilakukan perbandingan dengan sistem hukum negara lain yang sudah lebih dahulu mengenal lembaga keagenan, demi memperkaya khasanah pengetahuan tentang lembaga keagenan dalam Sistem Hukum Indonesia. Adapun hasil dari perbandingan yang ada diperoleh hasil bahwa lembaga keagenan di Indonesia dan di Australia memiliki banyak kesamaan dan beberapa perbedaan. Kesamaan yang ada disebabkan oleh faktor sosiologis, dimana adanya hubungan yang erat dari bangsa-bangsa yang ada dalam hubungan perdagangan memungkinkan bagi bangsa yang satu untuk mengadopsi lembaga hukum dari bangsa yang lain. Faktor filosofis, dimana manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya, dalam hal keagenan ini, lembaga keagenan adalah sebuah lembaga yang menjadi kehausan logis dalam rangka memenuhi kebutuhan sosial manusia. Sementara perbedaan yang ada disebabkan karena dalam pengadopsian lembaga keagenan di Indonesia ada sedikit banyak hal-hal yang disesuaikan dengan ketentuan hukum yang telah ada. Namun dalam upaya penyesuaian ini justru timbul banyak masalah, yang antara lain menjadi penyebab dari banyaknya perkara yang macet di banyak pengadilan negeri.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2001
S20445
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yusma Dewi Yulianti
Abstrak :

Review oline yang ditulis oleh pelanggan pada saat selesai melakukan pembayaran dan penginapan di hotel, meniliki nilai bisnis yang berpengaruh terhadap pelanggan berikutnya, manejemen hotel, dan OTA atau e-commerce. Ulasan tekstual online memiliki struktur yang sangat terbuka dan sangat luas. Atribut dari ulasan tekstual online berupa subjectivity, polarity, length, dan rating masih sangat sedikit terekplorasi, sedangkan manajemen hotel dan juga peneliti dapat menggunakan atribut teknis tersebut untuk lebih memahami perilaku pelanggan. Penelitian ini menggunakan 1000 sampel review online yang didapat dari salah satu web OTA yaitu Traveloka, sampel hotel yang dipilih adalah hotel yang bersifat popular di situs web tersebut yang berasal dari 5 kota terbesar di Indonesia. Penelitian ini memprediksi kepuasan pelanggan secara keseluruhan menggunakan atribut teknis ulasan tekstual online. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat subjectivity yang tinggi akan menghasilkan rating yang rendah, dan tingkat polarity yang tinggi akan menghasilkan rating yang tinggi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pelanggan yang sedang merencanakan perjalanan membandingkan ulasan yang ada agar hotel yan dipilih sesuai dengan ekspektasi, serta bagi manajemen hotel untuk lebih memahami perilaku ulasan pelanggan online dan menerapkan tindakan manajemen ulasan online yang efisien untuk menggunakan kata-kata elektronik dari mulut ke mulut dan meningkatkan kinerja hotel.

 


Customer online review by customers have business value that affects future customer, hotel management, and OTA or e-commerce. Online textual reviews have an open-structured form. The attributes of online textual reviews in the form of subjectivity, polarity, length, and rating are still under-explored, while hotel management and researchers can use these technical attributes to better understand about customer behavior. This study using 1000 samples of online reviews from one of the OTA; Traveloka, the sample of this research using popular hotel on the website from the 5 largest cities in Indonesia. This study predicts overall customer satisfaction using the technical attributes of online textual reviews. This study found that a high level of subjectivity would give low rating, and a high level of polarity would give high rating. This research provides recommendations to future customers that comparing existing reviews are important to manage the expectations, and for hoteliers management to better understand customer online review behavior and implement efficient online review management actions to use electronic words-of-mouth to improve hotel performance.
2019
T53961
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zaldy Hakim
Abstrak :
Dewasa ini dunia hiburan semakin marak, terlebih dengan adanya tuntutan konsumen yang sudah dapat menilai dan memilih sendiri acara hiburan sesuai keinginannya. Televisi dan film layar lebar selama ini memang menjadi andalan utama bagi perusahaan hiburan untuk memanfaatkan peluang mendapatkan keuntungan dari masyarakat yang haus akan hiburan termasuk pula pemasukan dari iklan sponsor yang besar sehingga perusahaan film/production house (PH) perlu melakukan variasi dan peningkatan mutu film, termasuk salah satunya perekrutan pemain-pemain (artis) film baru yang bisa didapat melalui perusahaan agency. Atas persetujuan melakukan perjanjian untuk melakukan pekerjaan jasa, artis mengikatkan diri pada perusahaan agency dan hubungan kerja yang timbul tidak seperti adanya majikan dan buruh. Perjanjian tersebut memuat klausula yang mengatur hak dan kewajiban para pihak dan menjelaskan hubungan kerja yang dimaksud. Penulisan ini bermaksud peneliti sejauh mana para pihak yang terlibat dalam hubungan kerja tersebut memahami perannya yang terikat dalam aturan-aturan kontrak, bagaimana tanggung jawa para pihak bila terjadi konflik antara artis dengan perusahaan film.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2000
S20606
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Narang, Alfina Kathlinia
Abstrak :
Prinsip keagenan di Indonesia berbeda dengan konsep keagenan di negara yang menggunakan sistem Anglo Saxon. Keagenan model secara khusus tidak dikenal di dalam ranah hukum Indonesia. Prinsip dari keagenan di Indonesia menggunakan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dan juga Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengenai perjanjian. Perjanjian keagenan dalam keagenan model berbeda juga dengan perjanjian keagenan pada umumnya. Perjanjian keagenan model di Indonesia merupakan peleburan antara tiga jenis perjanjian yang memiliki kemiripan karateristik, yaitu perjanjian kuasa, perjanjian perwakilan, dan perjanjian kerja. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjawab mengenai masalah hukum keagenan model di Indonesia. ......The principal of agency in Indonesia is different than the concept of agency in countries that are using Anglo Saxon law system. Model Agency is not specifically acknowleged in Indonesia's law system. The principal of agency in Indonesia is based on Indonesia Commerce Law and Indonesia's Civil Law about contract. The contract in model agency is different than the common agency?s contract. The contract of model agency in Indonesia is a mixture of three kinds of contract that are having charateristic similarity, which are power of attourney, representative contract, and labour contract. With this research, there is hope to answer the legal problems about model agency in Indonesia.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2013
S45451
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Ketut Oka Setiawan
Jakarta: Ind-Hill, 1995
346.07 KET l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Harnisa
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai praktik monopoli jasa bongkar muat petikemas di Pelabuhan L. Say Maumere oleh PT Pelindo III (Persero) dalam Putusan KPPU No.15/KPPU-L/2018. Majelis Komisi KPPU menyatakan praktik monopoli terbukti berdasarkan kebijakan penataan pelabuhan yang dibuat oleh PT Pelindo III (Persero) selaku operator terminal pelabuhan L. Say Maumere yang mewajibkan penumpukan 100% petikemas di Container Yard sehingga mendapat keberatan dari beberapa perusahan pelayaran selaku pengguna jasa. Penelitian ini membuktikan bahwa PT Pelindo III (Persero) tidak terbukti melakukan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat. Selain itu memberikan saran kepada pemerintah terutama Kementerian Perhubungan, KSOP Pelabuhan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha, dan Pelaku Usaha terkait penyelenggaraan kepelabuhanan
This thesis analyzes the monopolistic practice by PT Pelindo III (Persero) in loading and unloading container services at L. Say Maumere Port. The KPPU RI commission assembly stated that the monopolistic practice has proved based on the port restructuring policy issued by PT Pelindo III (Persero) as the operator of L. Say Maumere port terminal that required 100% stacking of containers in Container Yard. The policy received objections from several shipping companies as service users. This research concludes that PT Pelindo III (Persero) has not proven of monopolistic action and/or unfair business competition. In addition, this research provides advice related to port management to the government, especially the Ministry of Transportation of the Republic of Indonesia, Port KSOP, Supervision of Business Competition of the Republic of Indonesia, and Business Actors.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Christou, Richard
London: Thomson Reuters, 2011
341.2 CHR i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library