Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aulia Andri
"Komunikasi yang efektif akan sangat menentukan kesehatan dan kelangsungan hidup organisasi atau perusahaan. Barnard menyebutkan bahwa dalam setiap organisasi, komunikasi pasti menduduki tempat sentral, karena struktur, keluasan jangkauan dan ruang lingkupnya hampir sepenuhnya ditentukan oleh teknik-teknik komunikasi. Bahkan sesungguhnya dalam organisasi muncul dan dipelihara karena tuntutan-tuntutan komunikasi.
PT Agrakom Multicitra Siberkom, sebuah perusahaan jasa penyedia layanan berita di internet mulai merasakan krisis moneter melanda Indonesia sejak tahun 1998. Semula perkembangan industri internet di Indonesia begitu menggembirakan. Namun seiring dengan kejatuhan harga saham perusahaan dot com di bursa saham Wall Street, Amerika Serikat, maka krisis melanda perusahaan-perusahaan dot com di seluruh dunia. Hal ini juga mempengaruhi kinerja PT Agrakom Multicitra Siberkom.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisa pelaksanaan sistem komunikasi organisasi di PT Agrakom Multicitra Siberkom. Metode yang dipergunakan adalah audit komunikasi. Hasil penelitian akan dianaiisis serta akan dihasilkan sejumlah rekomendasi kebijakan pada pihak manajemen PT Agrakom Multicitra Siberkom, untuk jika perlu memperbaiki sistem komunikasi internal organisasinya.
Untuk melaksanakan audit komunikasi, peneliti menggunakan metode Profil Komunikasi Organisasi yang bersifat kuantitatif. Adapun operasionalisasi variabel dari Profil Komunikasi Organisasi yang akan diukur dalam penelitian ini adalah dimensi iklim komunikasi, dimensi kepuasan organisasi, dimensi kepuasan organisasi dan dimensi budaya organisasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 115 karyawan PT Agrakom Multicitra Siberkom dan wawancara mendalam dengan informan sebanyak 9 orang yang meliputi 4 orang dari jenjang manajemen, 3 orang staf profesional dan 2 orang staf administrasi. Hasil penelitian akan disajikan dan dianalisis secara interpretatif berdasarkan hasil penghitungan statistik dari kuesioner dan hasil wawancara mendalam.
Secara umum dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dimensi iklim komunikasi telah berjalan baik. Hal ini ditandai dengan tingginya mean (nilai rata-rata) kepercayaan diantara pimpinan dan sesama karyawan PT Agrakom Multicitra Siberkom. Sedangkan dimensi kepuasan organisasi, dapat disimpulkan bahwa karyawan di seluruh level umumnya merasa puas dengan rekan sejawat tetapi tidak puas dengan upah dan keuntungan serta penilaian, peluang dan promosi. Dan dilihat dari dimensi kepuasan komunikasi umumnya karyawan merasa kurang mendapatkan informasi dari berbagai sumber informasi dalam perusahaan. Karyawan lebih banyak menerima informasi dari atasan langsung, melalui komunikasi elektronik dan rekan kerja satu unit. Sementara dalam dimensi budaya organisasi terungkap bahwa perusahaan memiliki iklim positif, selalu berupaya untuk unggul, memiliki potensi turnbuh dan praktik-praktik aktif/mendorong. Disarankan kepada pihak PT Agrakom Multicitra Siberkom untuk memperbaiki iklim komunikasi agar menjadi lebih terbuka, demokratis, mendukung dan tetap memberikan perhatian pada tujuan kinerja tinggi. Selain itu perusahaan perlu membuat suatu sistem penilaian, peluang, dan promosi kerja, sistem rentang gaji dari berbagai jabatan, dan sistem hukuman dan penghargaan atas hasil kerja yang komprehensif secara formal."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T12263
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Jannati Rochmah
"ABSTRAK
Salah satu faktor pembentuk reputasi organisasi adalah komunikasi yang menitikberatkan
khalayak eksternal organisasi. Keberhasilan suatu kegiatan komunikasi ditentukan oleh
bagaimana strategi komunikasi itu dijalankan. Maraknya industri media massa komersial yang
selalu mengedepankan profit membuat Lembaga Penyiaran Publik berjuang untuk menjadi
media massa rujukan masyarakat yang mengedepankan independensi, netral, dan balance.
Namun popularitas Lembaga Penyiaran Publik masih terkalahkan oleh media massa komersial.
Hasil riset pendengar LPP RRI Tahap I 2011 merekomendasikan perlunya mempertajam
kegiatan komunikasi RRI untuk lebih menguatkan reputasi mereka. Atas dasar itulah RRI
sebagai Lembaga Penyiaran Publik melakukan serangkaian kegiatan komunikasi untuk
memperbaiki reputasinya di mata masyarakat.
Berdasarkan kerangka pikir tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui
strategi komunikasi eksternal yang dilakukan oleh RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik
dalam menguatkan reputasi di mata masyarakat; Mengetahui reputasi RRI sebagai Lembaga
Penyiaran Publik; Dan hubungan RRI dengan publik eksternalnya.
Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dan menghasilkan beberapa
temuan penting. Pertama, strategi komunikasi eksternal yang dilakukan oleh RRI bertipologi
proactive dengan publisitas melalui kegiatan advertising, namun kurang menekankan pada
aktivitas newsworthy information. Strategi komunikasi tersebut belum bisa memenuhi kriteria
yang baik ditinjau dari: Perumusan tujuan yang kurang jelas; Penentuan khalayak sasaran yang
tidak fokus; Serta tidak adanya evaluasi terhadap efektivitas kegiatan komunikasi yang telah
mereka lakukan. Kedua, masih banyak masyarakat yang pesimis dengan kehadiran RRI karena
terstigma dengan pandangan RRI jaman dahulu yang masih merupakan corong pemerintah.
Secara persuasif, komunikasi yang dilakukan RRI tidak membawa dampak yang besar terhadap
keinginan masyarakat untuk mulai menggunakan Lembaga Penyiaran Publik, terlihat dari masih
lemahnya market presence RRI. Penelitian ini memberikan saran kepada LPP RRI untuk
meningkatkan kreativitas dan kapabilitasnya dalam merancang strategi komunikasi agar terlihat
menarik, gampang diingat, dan tidak membosankan.

ABSTRACT
One of the factors which establishes the organization reputation is communications,
which focuses on the external audiences of the organization. The success of a communication
activity is determined by how the communication strategy is executed. The rise of the mass media
industry, which is always profit-oriented, forces Public Broadcasting Institutions striving to be
mass media references for the society in which they emphasize on the independence, neutrality,
and balanced value. However, the popularity of the Public Broadcasting Institutions is still
defeated by commercial mass media. The 2011 first phase research on the LPP RRI audiences,
which was conducted by RRI, shows that RRI needs to sharpen its communication activity in
order to strengthen its reputation. As such, RRI, as a Public Broadcasting Institution, is doing a
series of communication activities to improve its reputation on the society.
Based on such framework of notion, this research has several objectives, i.e. to
understand the external communication strategy undertaken by RRI as a Public Broadcasting
Institution in order to strengthen its reputation on the society, know the reputation of RRI as a
Public Broadcasting Institution and the relationship of RRI and the external public.
This research uses a qualitative descriptive method and yields on several important
findings. First, the external communication strategy undertaken by RRI has a proactive typology
by publicity via advertising, but it lacks of emphasis on the activity of newsworthy information.
The communication strategy is not yet able to meet the criteria of a good communication
strategy, which is reviewed from: unclear formulation of its goal, grouping of the target
audiences which is not focused, and no evaluation activity to measure the effectiveness of its
communication program. Second, many people are still pessimistic on the presence of RRI
because of its track record. In the persuasive communication, this communication strategy
cannot bring an impact on the society to start listening to RRI and use RRI as their publicity
mass media. It is proven by RRI's weak market presence. This research suggests RRI, as a
Public Broadcasting Institution, to enhance its creativity and versatility in designing a
communication strategy."
2012
T30607
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Downs, Cal W.
New York: Guilford Press, 2004
658.45 DOW a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library