Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Umi Fitriati Nasihah
Abstrak :
Penelitian intervensi dalam bentuk pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kebahagiaan psikologis guru dalam masa pandemi COVID-19. Desain penelitian pada pelatihan ini adalah one group pretest-posttest design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang. Materi pelatihan yang diberikan dalam pelatihan ini adalah mindfulness dan komunikasi. Pengukuran dilakukan terhadap ketiga variabel sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan. Meskipun dari perhitungan secara keseluruhan tidak ditemukan kenaikan signifikan, namun jika dilihat perindividu maka terdapat 9 orang mengalami kenaikan nilai pretest ke posttest pada kebahagiaan psikologis, 12 orang mengalami kenaikan pada pengukuran mindfulness dan 9 orang mengalami kenaikan pada pengukuran komunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis statistik tidak terjadi peningkatan yang signifikan pada pengetahuan partisipan terhadap kebahagiaan psikologis, tapi secara kualitatif partisipan pelatihan merasakan pelatihan memiliki manfaat bagi mereka dan berpotensi positif meningkatkan kebahagiaan psikologis. ......The intervention study in the form of training aimed to improve the psychological well-being of teachers during the COVID-19 pandemic. The research design in this training was one group pretest-posttest design with 16 participants. The raining materials provided in this form of training were mindfulness and communication. Measurements were made on the three variables before and after the training held. Although from the overall calculation there was no significant increase, but if the training was viewed individually, 9 people experienced an increase in the pretest to posttest psychological well-being, 12 people experienced an increase in mindfulness and 9 people experienced an increase in communication measurement. Even though there was an increase in the value, it was not significant. The conclusion of this study based on statistical analysis that there was no significant improvement in participants' knowledge of psychological well-being, but qualitatively the training participants felt that the training gave benefits for them and had the potential to positively increase psychological well-being.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eti Masiyati
Abstrak :
Pendidikan berkelanjutan sangat penting bagi kepala ruangan dan staf keperawatan dalam memenuhi kebutuhan kompetensinya. Keterbatasan waktu, beban kerja, dan biaya menjadi kendala untuk mengikuti pendidikan berkelanjutan, sehingga dibutuhkan motivasi untuk pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk eksplorasi terhadap pengalaman kepala ruangan dalam memotivasi diri dan staf untuk mengikuti pendidikan berkelanjutan. Penelitian menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi transenden/deskriptif.. Partisipan sejumlah 10 orang kepala ruangan. Pengambilan data dengan wawancara mendalam dari juli-agustus 2020. Penelitian ini mendapat persetujuan dari Komite etik Penelitian FIK-UI dan rumah sakit X di Jakarta. Penelitian menghasilan 7 tema.yaitu 1) Arti dan manfaat pendidikan berkelanjutan bagi perawat; 2) Dasar dan tujuan perencanaan pendidikan berkelanjutan; 3) Peran dan fungsi kepala ruangan sebagai perawat manajer dalam pendidikan berkelanjutan; 4) Hambatan perawat dalam mengikuti pendidikan berkelanjutan; 5) Faktor faktor yang mempengaruhi motivasi perawat mengikuti pendidikan berkelanjutan; 6) Pengalaman kepala ruangan dalam memotivasi staf; 7) Harapan terhadap pelaksanaan pendidikan berkelanjutan bagi perawat. Kesimpulan dari penelitan ini adalah bahwa pendidikan berkelanjutan memiliki dampak positif yang sangat besar bagi peningkatan kompetensi perawat dan kualitas pelayanan di rumah sakit. Kendala yang sering dihadapi adalah biaya tenaga dan waktu. Perawat berusia muda lebih mudah untuk dimotivasi dalam mengikuti pendidikan berkelanjutan dibanding perawat yang senior terutama yang sudah berusia diatas 50 tahun. Sangat dibutuhkan dukungan biaya dan kebijakan yang mendukung perawat dalam mengikuti pendidikan berkelanjutan. ......Continuing education is very important for the head nurses and nursing staff in meeting their competency needs. Limited time, workload, and logistics costs for continuing education, so motivation is needed for its implementation. This aim is to explore the experience of the head nurses in motivating himself and his staff to attend continuing education. The study used a qualitative design with a transcendent / descriptive phenomenological approach. The participants were 10 heads nurses. Data collection with in-depth interviews from July-August 2020. This study received approval from the FIK-UI Research Ethics Committee and X hospital in Jakarta. The research resulted in 7 themes, namely 1) The meaning and benefits of continuing education for nurses; 2) Basic and objective of continuing education planning; 3) The role and function of the head nurses as a nurse manager in education; 4) Barriers for nurses to follow continuing education; 5) Factors affecting the motivation of nurses to follow continuing education; 6) The head nurses experience in motivating staff; 7) Expectations for the implementation of education for nurses. The conclusion of this research is that continuing education has a very large positive impact on increasing the competence of nurses and the quality of services in hospitals. The syringe constraint is the cost of energy and time. Young nurses are easier to be motivated to follow continuing education than senior nurses, especially those over 50 years of age. There is a great need for financial support and policies that support nurses in pursuing continuing education.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
San Francisco: Jossey-Bass, 1979
378.1554 PRE
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Corrall, Sheila
London: Library Association, 1999
R 020.715 5 COR n
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Arga Taufiq Fairuza
Abstrak :
Persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis penting untuk diketahui karena mahasiswa akuntansi adalah calon akuntan atau calon pekerja yang akan berhadapan dengan berbagai dilema etika di lingkungan bisnis. Di sisi lain, narsisisme yang memiliki karakteristik kurangnya rasa empati, kebutuhan yang berlebihan akan validasi dan pujian, serta perasaan superior yang berlebihan dapat memengaruhi ethical judgement seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh narsisisme terhadap persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis, serta untuk menguji efek moderasi usia dan gender pada pengaruh narsisisme terhadap persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis. Penelitian ini menggunakan penerimaan perilaku manipulasi laporan keuangan, penerimaan perilaku penyalahgunaan aset, dan penerimaan narcissistic acts untuk mendefinisikan persepsi mahasiswa akuntansi akan praktik profesional yang tidak etis. Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan sebagai metode penelitian untuk menganalisis 292 mahasiswa akuntansi dari beberapa universitas di Indonesia. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum narsisisme berpengaruh positif terhadap penerimaan perilaku manipulasi laporan keuangan dan narcissistic acts, tetapi narsisisme tidak berpengaruh terhadap penerimaan perilaku penyalahgunaan aset. Selanjutnya, usia terbukti tidak memiliki efek moderasi yang memperlemah pengaruh narsisisme terhadap penerimaan akan perilaku manipulasi laporan keuangan dan penyalahgunaan aset, tetapi usia terbukti memperlemah pengaruh narsisisme terhadap penerimaan akan narcissistic acts. Lebih lanjut, gender laki-laki tidak terbukti memiliki efek moderasi yang memperkuat pengaruh narsisisme terhadap penerimaan akan perilaku manipulasi laporan keuangan, penyalahgunaan aset, dan narcissistic acts. Penelitian ini juga menguji hipotesis menggunakan subsampel mahasiswa asal Jakarta dan mahasiswa asal luar Jakarta. Narsisisme terbukti berpengaruh positif terhadap penerimaan perilaku manipulasi laporan keuangan pada mahasiswa asal Jakarta dan mahasiswa asal luar Jakarta. Selanjutnya, narsisisme terbukti berpengaruh positif terhadap penerimaan perilaku penyalahgunaan aset dan narcissistic acts pada mahasiswa asal luar Jakarta ......Accounting students’ perception towards unethical professional practices is important to be investigated because accounting students will deal with various ethical dilemmas in the business environment. On the other hand, narcissism which characterized by the lack of empathy, excessive need for validation and praise, and excessive superior feelings might affect one's ethical judgment. The purpose of this study is to test the effect of narcissism on accounting students' perceptions towards unethical professional practices, as well as to test the moderation effect of age and gender on the effect of narcissism on accounting students' perceptions towards unethical professional practices. Approval of financial statement manipulation behavior, approval of assets appropriation behavior, and approval of narcissistic acts are used to define accounting students’ perception towards unethical professional practices. This study uses Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) as a research method to analyze 292 accounting students from several universities in Indonesia. This study proves that, in general, narcissism positively affects the approval of financial statement manipulation behavior and narcissistic acts, however narcissism has no effect on the approval of assets appropriation behavior. Moreover, this study proves that age has no moderation effect on the relationship between narcissism and the approval of financial statement manipulation behavior and assets appropriation behavior, however age is proven to weaken the relationship between narcissism and the approval of narcissistic acts. Furthermore, this study proves that male has no moderation effect to strengthen the relationship between narcissism and the approval of financial report manipulation behavior, assets appropriation behavior, and narcissistic acts. This study also tests the hypothesis using subsample of students from Jakarta and students from outside Jakarta. Narcissism is proven to positively affects the approval of financial statement manipulation in students from Jakarta and students from outside Jakarta. Furthermore, narcissism is proven to positively affects the approval of asset appropriation and narcissistic acts in students from outside Jakarta.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delphin, Patricia
Virgnia Reston publishing 1983 , 1983
610.730 7 Dol c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: DepartemenKesehatan RI , 1988
610.73 IND st
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: DepartemenKesehatan RI , 1986
610.73 IND s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: DepartemenKesehatan RI , 1986
610.73 IND s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>