Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dian Taufiqurrakhman
Abstrak :
ABSTRAK
Properti terbentuk oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi ini disebut atribut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemunculan tempat kerja yang dinamakan coworking space yang merupakan tempat kerja yang didalamnya terdapat sekelompok orang dari generasi milenial yang berbagi ruang kerja dan sumber daya bersama seperti internet, peralatan kantor dan penyediaan makanan dan minuman ringan dalam satu ruangan. Coworking space tidak hanya sekedar bekerja pada ruangan yang sama, namun sekalian bertujuan untuk membangun jejaring antara penggunanya. Perkembangan coworking space di Amerika Serikat sangat tinggi tetapi tidak di Indonesia. Penulis mengajukan pertanyaan penelitian. Mengapa perkembangan coworking space di Indonesia lambat dan tidak begitu laku?Untuk menjawab pertanyaan penelitian maka penulis melakukan penelitian dengan metode mencari atribut dari coworking space dan user potensialnya .Metode dalam analisis data menggunakan uji chi square dan melihat ruang-ruang yang mencerminkan atribut fisik coworkingspacenya. Batasan penelitian disini adalah menggunakan responden user potensial coworking space di Indonesia serta objek penelitiannya coworking space yang ada di Jakarta.Kesimpulan penelitian ini adalah perkembangan coworking space di Indonesia lambat dan tidak begitu laku karena kebutuhan penggunanya sudah terpenuhi oleh properti lain.Kata Kunci: atribut,coworking space, jejaring,properti, tempat kerja.
ABSTRACT
The property was formed by factors that influence it. Factors that influence this are called attributes. This research was motivated by the emergence of a workplace called coworking space which is a work place in which there are a group of people from the millennial generation who shared workspaces and shared resources such as the Internet, office equipment and the provision of food and soft drinks in one room. Coworking space is not just work in the same room, but all aim to build networking between the users. The development of coworking space in the United States is very high but not in Indonesia. The author proposes the research question. Why coworking space development in Indonesia was slow and not so salable To answer the research questions the authors conducted research with methods of searching for the attributes of a coworking space and their potential user. Methods in data analysis using chi square test and see spaces that reflect the physical attributes coworking spacenya. Limitation of the study here is to use the potential user respondents coworking space spread across Indonesia and coworking space in South Jakarta.The conclusion of this study is the development of coworking space in Indonesia was slow and not so salable because its needs are met by another property.Keywords attributes, coworking space, networking, property, workplace.
2017
T47011
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shania Firdaus
Abstrak :
Penulisan ini membahas kemungkinan peralihan sebagian sifat ruang first place, second place, dan third place yang saling bersarang. Melihat bagaimana keterhubungan rangkaian affordances di dalamnya mengakomodasi berbagai kebutuhan dan aktivitas manusia. Studi ini melibatkan penerapan persepsi karakter ke dalam ruang berdasarkan teori Gibson tentang rangkaian affordances dalam interaksi antara persepsi dan tindakan. Affordances di sini sebagai kemungkinan interaktif dari objek atau lingkungan tertentu. Penulisan ini menggunakan metode hierarki means-end untuk melihat keterhubungan dari rangkaian bersarang yang terjadi pada setiap tiga data studi kasus. Penulisan ini merupakan studi literatur tentang beberapa coworking space dan ruang kerja menggunakan data sekunder dari artikel, web, dan sosial media. Peralihan sifat tempat yang dilihat adalah antara third place (coworking space) dan second place (tempat kerja) yang menghasilkan beberapa pola komposisi fungsi dari first place, second place, dan third place. Rangkaian affordances yang bersarang ditinjau dari elemen fisik, batasan ruang, sosial dan perilaku, dan interaksi antar manusia. Studi ini mengungkapkan bahwa karakteristik fisik ruang kerja atau coworking space dapat mendukung interaksi sosial dan kebutuhan manusia yang menciptakan peralihan sebagian sifat ruang first place, second place, third place, dan sebaliknya.
This study discusses the shifting function of places between First place, Second place, and Third place in coworking spaces by understanding the relationship of the spatial designs and behaviors by its nested affordances. The study engaged with the implementation of the character's perception into a space based on Gibson's theory of nested affordances in interactions between perception and action, with affordances as interactive possibilities from certain objects or environments. This research employed mean-ends hierarchy method to acknowledge the nested relationship that occurs in each three case studies data collections. The study is a literature study about workspace and coworking spaces using secondary data from articles, web, and social media. The shifted space feature that is seen is between third place (coworking space) and second place (work place) which results in several composition of functions from first place, second place, and third place. Nested affordances can be seen from the physical elements, spatial boundaries, social activities, and interactions between people. The study reveals that the physical characteristics of the coworking space supports social interaction and human needs which creates shifting functions of places from first place, second place, third place, and vice versa.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library